Ngurus Surat Nikah di KUA – Part 1

Hari ini mulai beranjak buat ngurus surat2 numpang nikah di KUA deket rumah. Berangkat langsung ke KUA setempat, ternyata gue lupa ngurus surat dari kelurahan (doh) . Jadilah musti ke kelurahan dulu. Sampai sana, ternyata gue harus bawa tanda bukti lunas pembayaran PBB kalau mau surat2nya di urusin.. OMG.. grrrr.. ngeselin.. Soalnya dari RT/RW juga ga ada yang ngasih tau kalau memang butuh bawa. Mana ternyata orang rumah belum bayar PBB-nya.. Jadilah harus ke Bank BRI dulu deh..

Selesai bayar PBB, ke kelurahan trus langsung dikerjain berkas2nya. Nunggu sekitar 20menitan kali ya, suratnya udah jadi. Bayar uang Administrasi Rp. 30.000,-. Dari kelurahan balik lagi ke KUA. Kasih surat N1-N4 nya, langsung diketikin surat pengantar untuk KUA Setiabudi tempat gue nanti ngurus surat2 semua karena gue nikah di Gedung Bulog. Surat keterangan numpang nikahnya jadi kira2 10menitan lah. Memang lagi sepi banget sih, jadi ga terlalu banyak nunggu. Jangan lupa bayar uang Administrasi Rp.  50.000,-.

Tapi ada yang gue ga suka, uang2 Administrasi ini resmi ga seeeh?? Kalau resmi kenapa ga ada papan pengumumannya ya? Kalau resmi kan setidaknya pas kesana tuh dah siap bawa duit gt loooh.. (nottalking)

But yeah.. setidaknya part 1 dari pengurusan surat2 udah selesai.. Tinggal ke KUA Setiabudinya nih..   (gym)

~ 0OOO0 ~

Prosesnya:

  1. Ke RT/RW minta surat keterangan akan menikah.
  2. Ke Kelurahan bawa Surat pengantar dari RT/RW, Fotokopi KTP dan KK, Akte Kelahiran, pas foto, bukti pembayaran PBB. —> untuk dapetin surat N1 – N4. Biaya Admistrasi, kemarin sih cuma diminta Rp. 30.000,-
  3. Ke KUA (kasus gue minta surat numpang nikah), yang dikasih Surat N1 – N4 (nanti dibalikin, karena dikasih ke KUA tempat nanti kita akan nikah), Akta Lahir, KK —> nanti ditanya nikah dimana, trus bayar administrasi (kemarin Rp. 50.000,-)
Advertisements

More about Bebe

8 thoughts on “Ngurus Surat Nikah di KUA – Part 1

  1. Nuke

    hai mba, rencananya ak mau nikah di gedung Bulog juga dan denger2 kalo pake KUA Setiabudi penghulunya mahal2, Mba masih punya contact personnya Pak Andaman ngga? thank youuu

    Reply

    1. Bébé

      Hi hi… Aku udah kirim by email yaaa… Tapi coba aja langsung ke KUA-nya. Soalnya yang ngatur dapet penghulunya yang mana dari KUA..

      Semoga lancar persiapannya

      Reply

  2. Siti

    Mba.. sudah beberapa hari ini saya berkunjung di blog mba…
    ada yg mau di tanyakan hehehe… saya domisili bekasi barat,, mba bekasi nya dimana
    rencananya saya mau ke KUA bekasi barat…. kalau boleh tau ada rekomendasi untuk penghulunya yg di bekasi 🙂

    makasih 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Aku di Bekasi Selatan..

      Kemarin aku nikahnya ga di Bekasi, jadi ga tau penghulu2nya siapa aja di sana.. maaf ya ga bisa kasih info..

      Reply

  3. siti

    Ok, mba nggak apa2 heheh makasih ya 🙂

    Reply

  4. Neng Iti

    Allow Mba Bebe, lam kenal yah… aq rencananya mw nikah di bulog juga, boleh minta contact personnya Pak Andaman ngga mba? makasiiii :wink2:

    Reply

    1. Bébé

      Nanti aku cari dulu ya nomornya… 😀

      Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P