After a month learning Swedish…

Setelah 1 bulan belajar bahasa Swedia, ternyata lumayan juga udah mulai ngerti orang lain ngomong apa, baca koran atau majalah juga sudah bisa dikit2 (walau kadang2 masih suka nebak – ngira2 dari keseluruhan kalimat). But I felt satisfied with all the progress I’ve made. Ga kebayang ternyata udah mempelajari bahasa baru.. ^_^ Walaupun grammarnya masih ancur2an. Cuma sekarang kalau lagin nulis sehari2  juga agak acak2an, karena kebiasaan tiap hari ngomong pakai bahasa inggris sama bubu, jadi otomatis setiap mikir kata/kalimat pakai bahasa inggris, tapi kalau lagi ngobrol sama temen2 di Indo balik lagi pakai bhs Indonesia, sementara kalau ngomong sama temen2 di sekolah, nyampur2 bahasa Inggris + Swedia. Jadi kadang beberapa kata spontan kepikiran dalam bahasa Indonesia, kadang Inggris kadang Swedia. Hadeeeuuh.. Kebayang deh yang bisa 5 bahasa.. ga puyeng apa ya.. >__<

Sekarang di sekolah,  baru dapet tambahan anggota. Jadi minggu lalu beberapa murid dari kelas yang biasa naik kelas ke grup berikutnya, jadi murid2 yang baru masuk mulai belajar bareng kita. Tapi karena jumlah mereka lebih banyak, jadi berasanya kelas yg lama yang pindah ke kelas baru.. -___-”  Tapi lumayan sih seru juga, apalagi cukup banyak yang masih muda dan banyak yang bisa berbahasa inggris, jadi komunikasinya lebih lancar. Jadi kelas yang sekarang muridnya ada yang dari China, Polandia, Uganda, US, Pakistan, Iraq, Rusia… apalagi ya.. hmmm…. lumayan nano2 deh. Karena ada murid baru, jadi pelajarannya ngulang lagi dari awal. Kadang ngerasa bete juga sih.. cuma setelah dipikir2 lumayan juga biar makin pinter.. 😛

Selain murid2nya yang baru, gurunya juga ikutan baru. Guru kita yang lama berhenti dari sekolah karena alasan kesehatan. Jadi beliau ga bisa ngajar lagi. Penggantinya masih muda banget. Curiga kalo umurnya lebih muda dari gue. 😛 Tapi so far, ngajarainnya lumayan. She definitely needs a lot of input. But she’s ok..

Semoga bisa ikutan naik kelas ke grup berikutnya… (dance)

Advertisements

More about Bebe

2 thoughts on “After a month learning Swedish…

  1. Lia

    waaaaaaah seneng bs nemu blog kamu. samaan kita cross cultural marriage 🙂 tp bagus yaah km baru blajar bhs 1 bulan uda ngerti, aku les 5 bulan baru bisa ngobrol daily conversation aja yg simple2. slm kenal sist!

    Reply

  2. Bébé

    Hallo Lia.. salam kenal.. Tadi aku juga berkunjung ke blog kamu.. ^__^ Congrats for the pregnancy. Thank you sudah mampir2 & komen..

    Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P