Posting Iseng.. Tips on Planning a Hanimun

Lagi bingung mau ngapain sambil nungguin waktu sekolah, saya bikin post tentang tips2 merencanakan hanimun aja yaah.. hahahaha.. (gaya ga seeeeh… kayak sering aja hanimun :P)

Planning hanimun itu sebenernya mirip dengan merencanakan liburan biasa. Bedanya, hanimun biasanya direncanakan ditengah kesibukan dan kerempongan persiapan pernikahan lainnya (hanimun pertama yaaa.. ga berlaku untuk hanimun ke 2, ke 3, 4, 5 dsb.. >__<). Jadi ngurusinnya ga santai, penuh konflik dll dll.. (udah mirip iklan sinetron belum?) 😀 Jadinya kadang2 si hanimun ini suka terlupakan ataupun sengaja jadi last minute decision. Oleh karena itu, saya kasih tips2nya biar bisa plan lebih asik ^__^. Btw, ga semua pasangan pingin hanimun setelah acara di hari H dengan alasannya masing2, tapi karena ini untuk yang memang pingin hanimun… so, mari kita mulai tips2nya.. ^__^

  1. Brainstorming bersama pasangan dari awal rencana kalian mau nikah. Waktu mutusin mau nikah dan mulai ngomongin masalah biaya, ada baiknya si hanimun ini sekalian diomongin juga dari awal. Jadi budgetnya bisa sekalian masuk ke dalam keseluruhan biaya pernikahan. Biar nanti pas total2in semua biaya nikah ga ngomong “oh iya lupa… hanimunnya gimana??? duitnya udah kepake buat pesta semua..” (dengan ekspresi melongo + kedua tangan di pipi). Hal ini penting untuk yang biaya pernikahannya ditanggung sendiri (bukan dari ortu). Kalau dari awal udah tau mau hanimun kan bisa ngatur2 budget keseluruhan lebih baik.
  2. Setelah itu tentukan mau kemana. Mau ke gunung, laut, luar negeri, dalam negeri? terserah sesuai dengan kesukaan kalian ber-2.
  3. Kalau udah ketemu mau kemana, mau pakai gaya apa hanimunnya? Maksudnya mau backpackeran kah? ato mau high-end style kah? atau ditengah2 keduanya?
  4. Pesen tiket dulu.. Harga tiket pesawat sekarang semakin jauh mesennya makin murah harganya. Apalagi kalau lagi ada promo2.. ya kan? ya kan? 😀 Lumayan bisa ngirit ongkos, artinya makin banyak aktivitas yang bisa dilakukan atau akomodasi yang bisa diupgrade.
  5. Bikin itinerary day per day. Dengan bikin rencana perharinya mau ngapain aja, bisa bantu nyesuain budget hanimunnya. Biasanya sih para pria males2an ngurusin beginian, jadi kita2 cpw yang biasanya harus banyak2 googling & banyak nanya tentang tempat2 wisata/aktivitas2 yang asik di tempat tsb. Tapi based on personal experience, begitu malah lebih enak. Si pacar tinggal liat planningnya mau ngapain aja, kalo dia ga suka tinggal coret.. (macam bos kali ya mereka.. hahahaha).. tapi daripada ngabisin waktu debat mending begitu deh.
  6. Ngurus sendiri atau pakai vendor? Keunggulan ngurus sendiri adalah kita puas bisa cari sampai yang termurah rah rah rah.. tapi tentunya untuk dapat yang murah bisa menghabiskan banyak waktu juga. Belum lagi harus ngurus2 semua sendiri nanti di tempat tujuan (nyewa mbl, tiket2 tempat wisata, dll dll). Tapi kalau kita yakin punya cukup banyak waktu dan ga keberatan pusing ga ada salahnya juga. Alternatif lain adalah menggunakan vendor travel honeymoon. Sekarang udah semakin banyak travel2 yang khusus melayani paket2 honeymoon baik di dalam negeri maupun luar negeri. Menggunakan bantuan vendor tentu ga ngabisin waktu, semua langsung diurus. Tapi tentunya harga pasti lebih mahal daripada cari sendiri. Cuma sebelum deal dengan vendor coba aja cari2 harga di internet. Kira2 bedanya berapa, kalau ternyata masih dalam batas “ah, ya sudahlah…” 😛 ya coba aja pakai vendor. hehehe..
  7. Kalau udah sampai tahap menjalani honeymoonnya.. nikmati lah perjalananmu.. Jalan2 (atau traveling bahasa kerennya) katanya adalah waktu yang tepat untuk mengenal sifat asli seseorang (dalam hal ini pasangan), yang tadinya ga pernah ketemu 24 jam penuh, pas hanimun ketemunya dia lagi dia lagi.. Macem2 konflik pasti ada (contohnya: suami dikasih tau yang bener megang kameranya, nanti bisa nyemplung ke kolam.. tapi ga dengerin.. eh beneran kejadian.. untungnya kameranya ga ilang -___-“) tapi nikmatin aja.. (sadiisss.. udah cukup bijaksana belum nih nulisnya?)
  8. Honeymoon pertama ga usah muluk2.. yang penting sempetin aja jalan2 bareng pasangan awal2 nikah. Biar kata ke Bandung doang bawa mobil sendiri. Yang penting kan kenangannya. Biar kalo lagi berantem atau pusing ngurus anak bisa inget2 masa hanimun trus bilang ke suami deh.. “inget ga jaman kita lagi honeymoon dulu… ” siapa tau jadi seneng2 lagi.. malah siapa tau diajakin suami honeymoon ke dua… huaaaa.. mau juga kalo itu.. 😀

So yeah.. itu lah tips2 merencanakan hanimun dari saya. Kalau ada yang baca trus kepikiran.. “yaaah.. gitu aja mah ane juga tau..“.. ya maap deh.. abis apalagi dong.. (lonely)

Anywaaaaaay… seperti biasa, semoga tips2nya berguna ya…

Advertisements

More about Bebe

2 thoughts on “Posting Iseng.. Tips on Planning a Hanimun

  1. Mama Sedja

    Saya dulu hanimunnya di rumah aja..hihi..
    Sehari setelah nikah sempat jalan-jalan ke Pantai Senggigi sih..eh tapi itu namanya rekreasi bareng keluarga kali ya? wong jalan-jalannya bareng 11 orang

    Reply

    1. Bébé

      hahahahaha… seru banget rame-rame gitu jalan2nya… aku malah belum pernah nih sama suami jalan2 bareng keluarga rame..

      Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P