Kompilasi Info Dokumen Untuk Menikah Dengan WN Swedia (RP, KUA, Legalisir)

NOTE: KARENA POSTING INI SUDAH LAMA, MAKA KOLOM KOMEN AKU TUTUP KARENA AKU JUGA UDAH GA UPDATE LAGI AKAN PROSES-PROSES YANG TERSEBUT DI BAWAH. MOHON LANGSUNG LIHAT WEBSITE-WEBSITE DEPARTEMEN/LEMBAGA YANG BERSANGKUTAN UNTUK INFO TERBARU.

Sebenarnya info-info ini udah ada di blog, tapi di dalam post yang berbeda2. Jadi sekarang aku jadiin 1 aja disini supaya lebih jelas alurnya.. Dimulai dari Resident Permit, Surat2 untuk KUA, Legalisir Surat Nikah, dan yang terakhir Mendaftarkan diri di Swedia.


RESIDENT  PERMIT

Pertama, jika memang ingin menikah di Indonesia dan kemudian akan pindah ke Swedia ada baiknya mengurus Resident Permit terlebih dahulu. Karena jika hanya bermodal visa kunjungan keluarga saja sayang di waktu dan juga uang (setiap 3 bulan musti kembali ke Indonesia). Dengan mendapatkan Resident Permit otomatis kita juga mendapatkan work permit, jadi bisa langsung mencari kerja.

Proses mengurus Resident Permit Swedia sebenarnya cukup mudah, dokumen2 yang dibutuhkan adalah:

  • Formulir Aplikasi RP yang bisa didapatkan di http://www.swedenabroad.com/Page____16595.aspx
  • FotoKopi Paspor Kita (bagian yang ada foto dan keterangan diri)
  • Photo 4×6, background putih.
  • Fotokopi paspor dari calon suami
  • Personbervis (akta lahir) dari sponsor ->> calon suami tinggal mengisi form yg ada di website tax office (skatteverket)

> Note : Untuk personbervis & fotokopi paspor calon suami tidak perlu dikirim aslinya dari Swedia, hasil scan & kemudian di print disini juga diterima oleh kedutaan. Jadi bisa menghemat ongkos kirim dokumen.

Fee untuk membuat Resident Permit adalah Rp. 1.150.000,-. Fee ini harus di transfer terlebih dahulu ke rekening kedutaan sebelum kita datang untuk apply karena walaupun kita sudah apply tapi tanpa bukti transfer, aplikasi tidak akan dimulai. Untuk rekening Kedutaan Swedia, aku dulu di bank RBS, tapi karena sekarang bank RBS sudah diakusisi oleh ANZ Panin Bank, jadi aku ga tau no rekening terbarunya. Bisa ditanyakan ke Kedutaan. (IMPORTANT NOTE : Ternyata sekarang biaya aplikasi Resident Permit ke Swedia udah berubah. Jadi lebih baik telp langsung ke kedutaan sebelum transfer)

Sebelum datang ke kedutaan, semua dokumen di atas dicopy rangkap 2, karena akan menjadi dokumen di Indonesia dan satunya di kirim ke Swedia. Setelah apply, biasanya hari yang sama akan langsung bertemu dengan staf kedutaan untuk cek kelengkapan dokumen dan janjian Interview. Dari pendaftaran ke proses interview kira2 1-2 minggu, tergantung waktu dari stafnya. Pada proses interview ini, sebaiknya kita tanda tangan surat kuasa untuk calon suami di Swedia agar bisa mewakili kita dalam proses mendapatkan RP. Soalnya kalau ga, kita yang harus urus sendiri dari Jakarta. Prosesnya pasti akan lebih lama.

Setelah proses interview, dalam waktu kurang lebih 4 minggu calon suami di Swedia akan mendapat surat yang isinya antara dipanggil untuk interview atau hanya diminta mengisi form yang ada di website saja. Setelah itu proses menunggu keputusan.

Misalnya pada keputusan pertama RP ditolak (seperti kasusku), kita diperbolehkan “protes” dan mengajukan banding. Dalam mengajukan banding, tidak ada fee lagi. Apabila setelah banding, aplikasi kita masih ditolak lagi kita bisa mengirim surat keberatan atau tidak. Namun walaupun kita tidak mengajukan surat keberatan atas keputusan migrasi Swedia, aplikasi kita otomatis akan diberikan ke Migration Court.

Lama proses mendapatkan RP biasanya kurang lebih 6 bulan.

Untuk info lengkap bisa dilihat di http://www.migrationsverket.se/info/flytta_en.html atau http://www.swedenabroad.com/Page____16595.aspx

****

SURAT-SURAT UNTUK KUA

Setelah mendapatkan Resident Permit, baru mengurus surat2 untuk menikah resmi di KUA. Surat2 yang dibutuhkan oleh calon suami adalah:

  • Foto copy paspor lengkap sampai cap kedatangan terakhir
  • Izin menikah dari kedutaan (Certificate of No-Impediment) yang sudah di translate ke bahasa Indonesia oleh penerjemah tersumpah. Untuk mendapatkan Certificate of No Impediment ini, kita tinggal datang ke kedutaan Swedia di Jakarta dan menyerahkan personbervis + marriage permit calon suami yang didapat dari tax office. Fee untuk CNI-nya Rp. 150.000,- dan bisa dibayar cash di kedutaan. Proses jadinya bisa ditunggu hari itu juga.
  • Surat lapor dari kepolisian
  • Akta lahir (personbervis) yang sudah di translate ke bahasa Indonesia oleh penerjemah tersumpah.
  • Pas foto 2×3 – 4 lembar
  • Mengisi surat BP4 (dapat dari KUA waktu mendaftar)
  • Surat keterangan menjadi mualaf (fotokopi)

Misalnya calon suami datangnya berdekatan dengan waktu akad, ada baiknya kita tetap daftar dulu dan kemudian surat2 calon suami menyusul.

> Note : Link untuk mendapatkan marriage permitnya. http://www.skatteverket.se/privat/blanketterbroschyrer/blanketter/info/7881.4.39f16f103821c58f680007100.html

> Oh iya, marriage permit itu berlaku 3 bulan dari tanggal dikeluarkan, tapi proses untuk mendapatkan marriage permit bisa lama, tergantung load di tax officenya. Kemarin bubu butuh waktu 1 bulan dari waktu sumbit form untuk mendapatkan permitnya.

> Surat lapor dari kepolisian setempat biasanya bisa makan waktu lama, jadi kalau bisa calon suami jangan datang terlalu mepet (harus ngurus surat2 ke KUA juga kan).


AFTER THE WEDDING  – LEGALISIR BUKU NIKAH !!

Setelah proses akad, buku nikah di legalisir di 3 Departemen (Depag, Dephukham ama Kemlu). Karena kemarin aku ga ada waktu, jadinya pakai jasa agen dengan biaya Rp. 475.000,- Nanti buku nikahnya penuh sama cap dan tanda tangan.. hehehhe..

Berkas2 yang perlu disiapkan untuk dikasih ke agen adalah :

  • Buku nikah asli (salah satu aja, aku pakai punyaku karena toh yang orang indo adalah aku)
  • Buku nikah di fotokopi 3x. Fotokopinya 2 halaman yang berisi foto dan keterangan dibelakang di fotokopi di lembar yang sama. (ada baiknya tanya ke orang KUA untuk lebih jelas)
  • Fotokopi tersebut harus dilegalisir oleh KUA tempat kita mendaftar. Aku fotokopi 5x untuk jaga2, dan 5-5nya di legalisir di KUA.. Biaya ‘sukarela’..
  • Fotokopi surat ijin nikah dari kedutaan Swedia (Certificate of No-Impediment)
  • Fotokopi paspor suami 2x
  • Fotokopi KTP 2x

Agen yang aku pakai adalah yang kemarin di sarankan oleh teman KKC..

Louis Liem & Partners
Jl. Melawai XI/188
Telp. 7252869 – 71

> Hasil kerja agen-nya sangat baik. Surat2 semua selesai dalam waktu 5 hari. Agen ini juga melayani jasa terjemahan tersumpah surat2.


Untuk mengurus legalisir buku nikah di Depag, DepHukum dan Ham, dan Kemlu sendiri juga bisa, surat2nya adalah berikut ini (hasil pengalaman teman yang nikah dengan WN Swedia juga)

  • Departemen Agama (tutup jam 4 sore dan lokasinya di lantai 6)
  1. Legalisir buku nikah di KUA (aku legalisir 3 copy) dan (PerSyaratan untuk Legalisir di Depag)
  2. Bayar administrasinya serelanya.
  3. Prosesnya 1-2 hari
  • DepHukum Dan Ham (tutup jam 2 siang)
  1. 2 Copy-an asli buku nikah yang telah di legalisir dari KUA dan Depag
  2. 1 Foto Copy Buku nikah yang sudah dilegalisir dari KUA dan Depag
  3. Bayar administrasinya Rp. 25.000/copy buku nikah
  4. Materai Rp 6000 1 lembar
  5. Prosesnya 2 hari kerja
  • Kementrian Luar Negeri
  1. 2 Copy-an asli buku nikah yang telah di legalisir dari KUA dan Depag dan DepHukum dan Ham
  2. 1 Foto Copy Buku nikah yang sudah dilegalisir dari KUA dan Depag dan DepHukum dan Ham
  3. Bayar administrasinya Rp.10.000/copy buku nikah
  4. Materai Rp.6000 1 lembar
  5. Prosesnya 2 hari kerja.

WHEN YOU ARRIVED IN SWEDEN – DAFTARKAN DIRI & PERNIKAHAN

  • Bagi yang setelah menikah pindah ke Swedia, sewaktu baru sampai di Swedia langsung mendaftarkan diri dan pernikahan ke Tax Office. Aku kemarin langsung mendaftar dan katanya untuk mendapatkan Personnumber butuh waktu 8 – 10 minggu. Selama belum dapet itu, belum bisa buat bank account (butuh Swedish ID – Swedish ID butuh personnumber) dan mendaftar di SFI.
  • Untuk mendaftarkan pernikahan, aku kemarin cuma butuh isi form, kasih paspor + buku nikahku yang sudah dilegalisir (mendaftarnya juga di tax office). Form2nya semua dalam bahasa Swedia, jadi ada baiknya jika kesana ditemani oleh keluarga atau suami, jadi bisa bantu untuk proses daftar dan tanya2.
  • Kita bisa juga mengganti atau menambahkan nama belakang dengan nama belakang suami. Daku kemarin cuma nambah aja karena kebetulan nama belakang suami pendek banget, jadi ga ada masalah di tambahin aja. ^_^
  • Jangan lupa daftarkan diri ke KBRI Indonesia di Stockholm. Kadang2 KBRI Swedia mengadakan acara di setiap kota2 besar di Swedia. Beberapa bulan lalu mereka mengadakan acara kumpul2 di Malmö sekalian juga mereka menyediakan waktu untuk warga Indonesia yang belum sempat ke Stockholm untuk lapor diri. Jadi coba telp mereka aja untuk tanya kapan mereka ada acara lagi. NB: jangan pernah email KBRI, pengalaman ga pernah dibales emailnya.

Akhirnya… Itulah surat2 yang musti kita urus sebelum dan sesudah menikah dengan WN Swedia. Kalau diliat2 memang kayaknya super repot, tapi dijalanin aja 1-1. Ga terlalu rumit kok. ^___^

Advertisements

More about Bebe

39 thoughts on “Kompilasi Info Dokumen Untuk Menikah Dengan WN Swedia (RP, KUA, Legalisir)

  1. mey

    wew…it is…repot 😀
    yg daftar setelah nikah ini…alamatnya dimanakah? dijakartanya kan yak?
    di greja katolik, catatan sipilnya langsung ke greja…nah klo gitu gimana yak….:D
    huaaaaaaaaaaa…wish me lak

    1. Bébé

      Yang daftar apa nih? setelah nikah surat2 nikahnya yang dari catatan sipil harus dilegalisir dulu sama 3 departemen di atas. Untuk ngurus itu mau ga mau harus ke Jakarta. Tapi kalau ga mau repot, pakai agen aja dan minta dikirim ke daerahmu kalau sudah selesai.

      Nanti setelah sampai Swedia baru pernikahannya di daftarin di kantor pajak setempat.

  2. mrs brunier

    hallo mba bebe, aku mau tanya. aku baru sebulan kemarin menikah dengan warga negara belanda and sekarang sedang sibuk-sibuknya apply visa schengen. tapi aku baca di blog mba, untuk di swedia bisa pakai RP sebelum menikah ya? kalo dibelanda bisa ngga ya aku apply? soalnya rencanya suami ku, kalau sudah berkunjung selama 90 hari di belanda (rencana dari april sampai july) dia mau urus MVV visa.

    mau tau aja, beda ya kalau swedia dan belanda tata caranya?

    trims jawabannya yaa

    1. Bébé

      Hi hi.. congrats for the wedding..

      Hmm.. setauku sih persyaratannya beda jauh antara Belanda dan Swedia. Aku ga tau detailnya untuk belanda, tapi sempat baca di grup kalau untuk dapet ijin tinggal harus bisa bahasa belanda dulu, dll karena akan di test di kedutaan… Sementara di Swedia cukup ngasih bukti bahwa hubungannya benar dan serius, biasanya langsung dapet resident permit. Untuk urusan bahasa, setelah pindah ke Swedia baru ikut sekolah bahasa di sini..

      Semoga membantu..

  3. Mama Sedja

    Hihihihi..baru ngeh kalo Bubu ini WN Swedia..
    pas baca halaman ‘about’ kirain bubu cuma kerja disana aja..

    1. Bébé

      hihihi… abis di sana bingung naro info-nya dimana..

  4. sekar

    Halo bebe…
    KSeptember ini insyaAllah aku mulai kuliah di Stockholm dengan beasiswa SI. Berhubung Juli aku mau married, dan calon suamiku juga mo ikut ke Sweden, aku sebaiknya bikin visa atau RP ya untuk calon suamiku? Bolehkah aku minta YM/email? Pengen ngobrol langsung sama bebe 🙂 Makasih

    1. Bébé

      Hai Sekar…
      Hmmm.. aku ga tau apa calon suamimu bisa langsung apply RP atau ga. Soalnya kamu sendiri pun baru akan berangkat ke Stockholm bulan Sept nanti. Setauku sih salah satunya harus udah tinggal dulu di Swedia, baru nanti di susul keluarganya. Tapi yang paling aman sih memang langsung tanya ke kedutaan supaya dapet jawaban paling pasti.

      Kalau mau kontak aku bisa di bebe@bebenyabubu.com… ^__^

  5. Laili Yagsa

    Hi ka Bebe cantiik, numpang ngupdate info ya ka. :yes:
    Kebetulan kemarin aku baru selesai ngurus CNI-nya si bebep ka.
    Dan ternyata ada update info seputar biaya CNI, RP, dan dokumen utk buat CNI nih ka.
    Fee utk buat CNI sekarang Rp 160.000,- ka.
    Trus klo buat CNI selain personbevis dan marriage permit, kita jugua harus bawa copy-an passport pasangan kita ka.
    Dan fee utk buat residence permit sekarang Rp 2.000.000,- , ditransfer ke :

    PT Bank ANZ Indonesia
    ANZ Tower, Jl. Jend Sudirman Kav 33-A
    Jakarta 10220 – Indonesia
    Swift ID : ANZBIDJX
    Account No. : 4033 6001 00012
    Beneficiary : Embassy of Sweden

    Oh iya ka, kemarin buat nerjemahin dokumen2nya si bebep aku pakai jasa agen ini ka, mereka melayani jasa penerjemah tersumpah 26 bahasa asing.

    Hamim Thohari Musa & Partners
    hamimsby@gmail.com
    081388994444

    Fee utk dokumen berbahasa Inggris Rp 50.000,-/dokumen , dan utk dokumen dg bahasa asing selain bahasa Inggris Rp 150.000,-/dokumen.
    Fee kita transfer klo dokumen sudah jadi dan sudah diterima ditangan.
    Transaksi bisa via email, dan hasilnya dokumen akan dikirim via JNE/TIKI dg cap penerjemah tersumpah bahasa Inggris disetiap dokumennya.
    Hasil kerja mereka cepat dan bagus kok ka, dokumen paling lambat selesai 3 hari. :good:
    Semoga bermanfaat ya kaa, 😉

    1. Bébé

      Waaaaah.. makasih info tambahannya yaaaa.. pasti temen2 yang lain, yang butuh info2 di atas bisa kebantu banget nih..
      Sekali lagi makasih looooh.. ^^

  6. dee ahokas

    Ya ampun mba bebe dkk thanks banget buat Infonya, 2 thumbs up buat kalian semua! Hehee

    1. Bébé

      Sama2… semoga lancar urusan surat2nya yaaa.. 😀

  7. Vira

    Hi mbak…salam kenal 🙂
    Aku ada pertanyaan seputar apply RP di sweden embassy nih mbak, kebetulan aku merencanakan menikah dengan WNA Swedia tahun depan. Di migrationverket kan dijelaskan apabila applicant-nya membutuhkan visa untuk masuk swedia maka kita dianjurkan untuk apply visa juga selain residence permit. Itu gimana tuh mbak? apakah kita harus apply visa dulu baru RP ataukah apply RP saja yang kemudian otomatis akan dapat visa juga? Kan Indonesia masih diharuskan punya visa untuk masuk Swedia. Saat ini aku masih belum tau apakah akan menikah di Indonesia ataukah di Swedia karena masih memikirkan bagaimana baiknya yang berhubungan dengan proses persiapan pengajuan syarat2 menikah campur di Indonesia yang super repot dan ribet :-D. Jadinya belum tau juga akan mengajukan RP untuk menikah ataukah RP untuk mengikuti suami ( setelah menikah). Terima kasih sebelumnya 🙂

    1. Bébé

      Resident Permit (RP) berlaku juga kok sebagai visa masuk ke Swedia. Jadi kalau udah apply RP sih setauku ga bisa apply visa secara bersamaan. Karena selama kita nunggu keputusan dapat RP atau ga, kita ga boleh travel ke Swedia.

      Oh iya, RP di Swedia itu ga dipisah2 seperti negara lain. Jadi even though kita belum nikah sama pasangan, kita appy RP yang sama dengan yang udah nikah. Secara simplenya sih, mereka cuma mengkategorikannya sebagai “Moving to live with a Swedish citizen”. Syarat2nya juga setauku ga ada bedanya antara ngikut suami / untuk nikah di sini.

      1. Vira

        oh gitu ya mbak…sepertinya kalau RP yang ngikut suami harus menyertakan akte surat nikah dari indonesia , kalau gak salah sih hehe. Sworn translatornya ditentuin/ditunjuk dari embassy atau kita bisa cari sendiri di law firm mbak? Aku belum pernah berkunjung ke swedia sebelumnya, apakah itu akan mempengaruhi approval RP atau gak ya? soalnya aku gak dapat ijin keluarga untuk ke sana sebelum menikah resmi, yah maklumlah masih terikat norma dan kebudayaan 🙂 ya diikuti saja 🙂 Mau dong mbak share pertanyaan apa saja yang diberikan pada saat interview RP…biar sekalian persiapan hehe

        1. Bébé

          Hmm.. berarti sekarang peraturannya udah berubah lagi yaa.. Soalnya waktu aku apply dulu, ga diminta akte nikah (kalau yang udah nikah) atau surat belum nikah (kalau yang mau nikah di sini).. :unsure2:

          Sworn translator sih aku cari sendiri. Di beberapa komen di atas ada salah satu temen Indo juga yang baru aja ngurus RP dan ada keterangan sworn translator yang dipakai. Dulu sih dari kedutaan ga ada penterjemah yang ditunjuk khusus. Jadi bisa pake siapa aja.

          Aku dulu waktu apply RP juga belum pernah ke swedia kok. Tapi alhamdulillah dapet juga. Yang penting sih keliatan kalau hubungannya serius.

          Hmm pertanyaannya? dulu sih cuma ditanya kenalan dimana, ditanya soal keluarganya, pernah dikirimin uang atau ga, temen2nya siapa aja. Ya sekitaran situ kok. Interviewnya juga dalam bahasa Indonesia dan orang kedutaannya ramah banget. Oh iya, kalau ada beberapa yang ga tau (kayak nama temen2nya), ga usah gugup. Dibawa santai aja..

          Good Luck yaaa

          1. Vira

            hihihi iya ada syarat akte nikah kl udh nikah di sini…kl nama2 temennya aku tau mbak soalnya kami udah pacaran lbh dari 2 tahun hehe. Tapi yang aku gak tau tuh warna gorden rumahnya atau cat kamar mandinya wkwkwkwk…menurut pengalaman dari beberapa orang pertanyaan itu juga ditanyakan hadewww…yah we’ll see aja lah. Lycka till for me aja deh :mrenges: Makasih buat share infonya ya 🙂

            1. Bébé

              Hahaha kalo ditanya gitu mah jawab aja jujur ga tau. Kan emang belum pernah ke rumah dia. Oh iya jangan lupa bawa foto berdua kalo ada. Kali2 aja perlu.. 😀

              Sama2.. 😀

              1. Vira

                kalau foto berdua yang untuk syarat pernikahan di capil aku belum punya, tapi kalau dokumentasi foto2 berdua sama keluargaku pas dia berkunjung ke sini ada banyak…ada baiknya nanti ditunjukkin aja ya kalau diminta, siapa tau berguna untuk memperkuat disetujuinya RP 🙂

  8. Vira

    oh iya…misalnya aku menikah di Indonesia untuk CNI-nya harus datang sendiri ya mbak? kalau diwakilkan saudara bisa gak ya? soalnya aku tinggalnya di Solo jadi gak bisa ijin kerja lbh dari 2 hari. Pastinya CNI butuh waktu lbh dari 2 hari kan ya buat ngurusnya?

    1. Bébé

      Hmm.. kalau untuk dateng sendiri atau ga sih aku ga tau ya.. Tapi dulu sih aku ngurusnya cuma 20-30 menit udah langsung jadi tuh. Emang enaknya janjian dulu sama orang kedutaan sebelum dateng. Cuma berdasarkan pengalaman sih aku dalam sehari jadi.

  9. fifi_ikayati

    Be, aku kok pusing ya baca ini smua, ini cowokku si calon suami pede bgt bilang residence permit diurusnya habis nikah. I think we shud visit you in Helsinborg buat tanya yang lebih jelas. Btw kita rencana married April tahun depan, bulan depan aku ke sweden n balik januari. Kamu ada whats app gak Be? is it ok to visit you in Helsinborg?

    Im waiting your good news

    1. Bébé

      Sebenernya sih RP bisa diurus sebelum atau sesudah nikah sih setauku yaaa.. Cuma masalahnya banyak yang bilang kalau ngurus RP itu ngabisin waktu lama, makanya aku sih saraninnya sebelum nikah, daripada setelah nikah ternyata harus pisahan lama karena RP ga kelar2. Apalagi kan kalo lagi ngurus RP ini kita ga bisa masuk Swedia.

      Info2 di blogku sayangnya udah ga update lagi nih, soalnya pas aku baca di website kedutaan ternyata syaratnya banyak yang berubah. Jadi lebih enak sih nanya ke kedutaan kali ya untuk berapa lama, dll-nya..

      Aku ada BBM.. kalo mau email aja PIN-nya ke emailku question@bebenyabubu.com

      Kalau mau dateng ke Helsingborg boleh aja kok, nanti kita bisa ketemuan di kota ^_^

      1. vira

        Hi mbak Bebe, beberapa waktu yang lalu aku mampir di sini untuk tanya2 soal RP hehehe. Nah, sekarang aku lagi persiapan untuk ajuin visa kunjungan ke Swedia atas undangan ayah pacarku. Rencananya nanti aku ke sana bulan Mei tahun depan untuk kenalan dengan semua keluarganya sebelum menikah. Semoga bisa menikah akhir tahun depan. Amin.
        Persiapan untuk apply visa agak membingungkan ya soalnya lain orang lain pula jawabannya. Contohnya, soal harus tidaknya rekening tabungan si pemohon untuk disertakan ke Kedutaan pada saat apply visa. Ada yang bilang harus disertakan walaupun pakai sponsorship dari Swedia. Kebetulan aku pakai undangan +surat sponsor dari calon mertuaku. Dari pihak Kedutaan dan authority di Swedia bilang katanya gak perlu melampirkan rekening bank-ku tp kok nyatanya ada juga yang diminta untuk melampirkan.Jadi bingung 🙁 . Ada pengalaman tentang ini gak mbak?
        Untuk apply RP memang sekarang ada perubahan, kalau diajukan sebelum menikah memang harus menyertakan surat keterangan belum menikah/ masih single tetapi kalau diajukan setelah menikah berarti harus menyertakan surat nikah. Itu update terakhir yang aku tahu dari migrationverket dan Kedutaan Swedia di jakarta.
        Btw, grup yang di fb namanya apa mbak? biar aku bisa gabung untuk tanya2 info untuk persiapan menikah tahun depan.
        Thanks in advance 🙂

        1. Bébé

          Kalau aku, waktu ngundang ortu kesini aku selalu ngelampirin slip gaji suami (sebagai pengundang) dan keluargaku juga bawa slip tabungan 3 bulan terakhir. Dan ternyata diminta juga tuh. Jadi mendingan sih over prepared deh, daripada kurang surat2nya..

          Grup di FB namanya MCSI https://www.facebook.com/groups/group.MCSI/
          Disitu kumpul semua yang nikah campuran sama orang Swedia.. ^^ Jadi bisa dapet info lebih lengkap pastinya.. 😀

  10. vira

    oh gitu ya mbak…baiklah nanti aku lampirkan juga deh.
    Sebenernya bapak camer sama si mas juga udah telp ke Kedutaan yang di Jakarta, terus yang menerima Sekretaris Kedutaan bagian migrasi namanya Ibrahim katanya gak perlu lagi melampirkan rekening 6 bulan terakhir karena sudah ada surat sponsor tapi kok aku kurang yakin ya sama yang dia omongin soalnya banyak orang yang sudah apply visa diharuskan melampirkan bank account. Wah jadi harus menyediakan dana gedhe dong ya 🙁 Padahal tabungan juga isinya gak seberapa.
    Kalau asuransi perjalanan / kesehatan yang digunakan apa ya mbak? boleh gak kalau pakai insurance company yang di Swedia? ataukah harus Indonesian insurance company yang valid untuk Swedia?

    1. Dwi

      Mbak bebe yg baik bentar lagi aku akan menikah dengan warga negara swedia, trus yg jadi pertanyaan saya waktu kita interview oleh embassy Sweden untuk mendapatkan RP itu apa saja mbak? Rumit tidak mbak?terima kasih atas jawabannya mbak

      1. Bébé

        Pertanyaannya biasa aja kok.. Kyk kenal dimana, berapa kali ketemu, ttg keluarga si pacar.. Dll.. Pertanyaannya dlm bhs Indonesia kok jadi ga perlu takut. Petugas kedutaannya juga baik banget.

        Good luck yaaa..

        1. Dwi

          Terima kasih atas jawabannya mbak,terus aku mau tanya mbak umpamanya apply RP pihak embassy Sweden minta surat kelakuan baik dari kepolisian Indonesia tidak?soalnya aku tidak diindonesia ,terima kasih atas jawabannya mbak

  11. Putri

    Boleh minta alamat departemen agama,dep hukum& ham, kementerian luar negeri dong. Soalnya aku mau legalisir sendiri ke sana biar tau
    Thx

    1. Bébé

      mba.. di google aja langsung muncul loh alamat2nya

  12. richard

    mbak ,,biasanya nunggu interview brapa lama ,,,qo aku lama ya ,,,,,udah ampir 3bln lho ,, :blush:

  13. Putri

    Hi mbak bebe.. Aku kan baru apply visa RP, katanya jadinya lama hampir 14 bulan! Boleh gak aku apply visa kunjungan sambil tunggu visa RP nya jadi? Thx

  14. Sherlina

    Tack så mycket atas info2nya Mba Bebe, semoga berguna dan memperlancar usaha buat yg sedang ngurus termasuk saya, amin. Saya insha Allah bulan April 2016 di Indonesia, kebetulan calon juga dari Swedia. Nah, adik saya (yang calonnya juga dari Swedia) masalahnya tiba-tiba memutuskan akan menikah bulan Mei 2015 ini, kira-kira keburu ga yah? Secara mau dimualafin dulu sebelom menikah.

    1. Bébé

      Keburu aja kok. Asal diurus dari sekarang semua suratnya. Prosesnya ga makan waktu lama kok semua. Semoga lancar yaaa..

  15. Marya Nellom

    Mba…kasih aku info dong gmn caranya buat identification paper bahwa aku sudah ganti nama dari Marya Nellom jadi Marya Nellom Paulsson …tax office minta itu surat..aku bingung kan Indonesia ngga ada seperti itu

    Urgent reply mba

    1. Bébé

      kamu ganti namanya dimana? setauku kalau ganti di indonesia, berarti suratnya dikeluarin sama pengadilan karena kl ganti nama harus sampai pengadilan dulu. tapi kalo ganti di swedia, ga perlu surat karena gantinya kan di skatteverket

  16. intan fuji

    Hello mbak bebe ..

    Aku mau tanya dong kalo punya resident permit untuk sweden.
    Trus kita mau liburan ke US, ngurus visanya bisa di US embassy di sweden kah?

    Thanks

    1. Bébé

      Kalau tinggalnya udah di Swedia ya bisa langsung ngurus di Stockholm. Kalau masih di Indonesia, ngurusnya di US Embassy Jakarta.

Comments are closed.