Cooking Diary – Macaroni Schotel ala Bebe

Yeaaaay… akhirnya bisa posting juga tentang resep pertama yang dibuat di dapur sendiri… (dance)

Resep ini dapetnya dari mamaku waktu ngobrol di Skype. Karena dikasih taunya sambil ngobrol gitu, jadi ga dapet ukuran pasti untuk setiap bahan2nya. So, waktu kemarin nyoba cuma berdasarkan hasil googling aja untuk resep yang sama. Bagusnya udah ngecek beberapa site, kurang lebih ngasih tau ukuran yang sama.

Untuk resepku ini pakainya:

  • 250 gr Macaroni – rebus dengan air yang dikasih garam+minyak sedikit
  • ½ Bawang bombay yang besar – dipotong kecil2
  • 1 kaleng kornet
  • 400 ml susu
  • 4 butir telur (difoto cuma 3 karena yang 1 telur terakhir jadi last minute decision waktu lagi ngemixer) X_X
  • keju parmesan – diparut (kalo aku sih sesukanya) 😛
  • keju cheddar – diparut (sama ini juga sesukanya)
  • garam, merica, pala bubuk (secukupnya aja sampe rasanya pas)
Bahan2 Macaroni Schotelnya

Naaah, waktu ngobrol itu ternyata ada miskom deh antara aku dan mamaku. Entah gimana, pokoknya di catatanku itu tulisannya susu+telur di mixer baru dimasukkan ke dalam campuran macaroni+bawang bombay+kornet+bumbu2… Dimana seharusnya susu dulu, baru telur dimasukkan. Hasilnya pas aku masukin hasil mixer susu+telur jadinya langsung penuh gt deh.. 😛 Tapi tetep udah kepalang tanggung, hajar bleh aja di panggang di oven.

Setelah nunggu hampir sejam, akhirnya puas juga dengan tingkat “kecoklatan” bagian atas macaroni schotelnya dan si macaroni keluar juga dari oven. Abis itu lupa lagi kalau harus dibiarin sebentar biar si telur bikin semuanya nyatu.. si bubu langsung main ngambil aja deh.. ya udah jadinya pas awal kayak macaroni campur kornet biasa gt.. Setelah kita berdua kenyang, akhirnya si macaroni schotel dibiarin aja sampai agak dingin. Pas kita balik ke dapur mau nyimpen sisanya, ternyata udah mulai nyatu adonannya.. yeaaaay.. berhasil.. berhasil.. berhasil…

Hasilnya? ya kayak gini deh..

Fresh from the oven
Dicomot pas baru keluar dari oven...
Setelah dibiarin beberapa lama... berhasiiiil

Gimanaaaa?? Lumayan kan buat percobaan pertama? Apalagi pake ada acara miskom segala lagi (doh) Masih cantik kan ya bentuknya? hehehehe…

Rasanya gimana? Enaaaaaak banget deh.. Serius nih, ga cuma berusaha menghibur diri sendiri 😛 Pertama sih agak kebingungan untuk ngakalin rasa si kornet yang beda banget sama kornet di indo, tapi setelah beberapa kali ngasih garam, merica dan terutama pala bubuk, akhirnya mulai mirip juga sama rasa macaroni schotel yang biasa dibuat mamaku.. Uuuugghh seneng banget nih bisa buat sendiri…

Naaah cara bikin yang seharusnya itu begini:

  • Nyalain oven, panasin di suhu 225 C
  • Rebus macaroni
  • Tumis bawang bombay dengan mentega sampai sedikit layu, kemudian masukin kornetnya.
  • Setelah kornet + bawang bombaynya menyatu, masukin macaroni.
  • Kasih garam+merica+pala bubuk secukupnya (bagian ini puas2in nyoba sampai rasanya pas.. abis itu masukin susu & telur ga bisa lagi)
  • Masukin susu dan kemudian diaduk
  • Masukin telur, tapi jangan semua. Sisain untuk nanti di tuang terakhir
  • Diaduk sampai rata semua, masukin ke piring yang mau dipakai untuk dipanggang. Masukin ½ dulu, taburin keju parmesan sesukanya, kasih lagi campuran macaroninya sampai penuh.
  • Kasih keju lagi dibagian atasnya sampai menutupi seluruh lapisan atas. Aku pakai 2 keju.. parmesan & cheddar untuk bagian atas.. ^_^
  • Terakhir tuang sisa telur secara merata.
  • Panggang deh sampai bagian atas mulai kuning kecoklatan

Setelah dikeluarin dari oven, diemin dulu sebentar… Jangan kayak aku kemarin langsung napsu aja, akhirnya ya gitu deh.. liat sendiri kan.. 😀

Ok… masih ada beberapa resep lagi nih yang udah siap ditulis.. Supaya lebih gampang cari post resep2 ini bisa ke menu diatas yaa..

kram

/bebe

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

4 thoughts on “Cooking Diary – Macaroni Schotel ala Bebe

  1. rina

    Kalo aku dapet warisannya schotel kentang (dari nyokap juga) macaroninya tinggal diganti kentang sama ditambah wortel…nyam nyam…

    Reply

    1. Bébé

      wuiiih… kapan2 ah nyoba.. ^__^ kentangnya tinggal di rebus biasa gt atau diapain dulu ya?

      Reply

  2. Angela

    Wah udah mulai masak-masak… It looks super yummy!

    Reply

    1. Bébé

      Iya nih.. abis mau ga mau harus mau masak.. kalo ga hubby cuma makan indomie terus setiap hari.. 😛

      Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P