Cooking Diary – Veal Teriyaki

Huaaaaah.. kayaknya sekarang nge-postnya resep masakan mulu ya? hihihi.. abis gimana dooong.. ga punya kerjaan karena masih nunggu surat untuk bisa sekolah lagi ditambah sakit pula, jadi males keluar rumah. Akhirnya ya cuma bisa masak dan nge-post di blog deh..

Hari Kamis kemarin aku masak Veal Teriyaki untuk makan malam. Nyari resepnya di internet ternyata lumayan beragam juga caranya. Tapi kebanyakan pakai sake dan mirin.. Setelah nyari2 lagi, ketemu juga yang bahannya lebih gampang dicari. So inilah resepnya…

  • 300 gr daging (bisa beef, veal atau ayam) –> kalau beef banyak yang nyaranin pakai bagian sirloin. Kemarin si bubu pas aku minta tolong beliin daging sapi eh dia malah beli veal (daging sapi muda).. >_<
  • 1 buah bawang bombay ukuran kecil
  • ½ sdm minyak wijen
  • 150 ml air
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/4 sdt garam

 

Saus Perendam:

  • 3 cm jahe yang dikupas dan kemudian iris tipis. Abis itu peres2 ambil airnya.
  • 2 siung bawang putih, cincang halus.
  • 3 sdm saus teriyaki
  • 2 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap manis
  • 1/4 sdt garam

 

Caranya:

  • Potong daging tipis2 dan kemudian direndam di saus perendam selama 1 jam. Masukin lemari es juga gpp..
  • Tumis bawang bombay dalam minyak wijen sampai bawangnya lemes, masukin daging dan bumbu perendam. Untuk minyak wijen bisa disesuain aja sih sesukanya. Kemarin karena bawang bombayku banyak banget akhirnya aku tambah sedikit minyak wijennya.
  • Setelah daging berubah warna, masukkan air, gula dan garam sampai matang. Pas air dimasukin pasti keliatannya cair banget.. Tapi lama2 juga akan ngentel sendiri kok..
Sausnya enak bangeeeeet...

Verdict:

Makanan favorit sampai saat ini.. Kalau kata bubu rasanya mirip sama yang ada di resto2.. yipppieee… (dance). Biasanya makan malam itu ada sisanya buat si bubu bawa besoknya ke kantor. Kali ini kita berdua malah sibuk ngabisin sampai saus terakhir di piring.. hahahaha.. yuuuummmyyy…

Habiiisss blassss... nyisanya bawang bombay doang.. 😛
Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

4 thoughts on “Cooking Diary – Veal Teriyaki

  1. rina

    wah kudu nyoba nih….asiiiik….

    Reply

    1. Bébé

      Ayooo dicoba… ^__^ kayaknya aku bakalan sering2 juga nih masak teriyaki, tinggal ganti dagingnya aja.. 😛

      Reply

  2. pholam

    dsna byak yah jual bumbu2 kek gt yah be?
    g jg pngen jajal bkin teriyaki2 gt, tp search resepny ribet2 bgt bahannya..
    nyontek resep ini aja d, gak ribet keknya hehehhee

    Reply

    1. Bébé

      Saus2 gitu ada di supermarket, soalnya orang sini suka makanan thailand.. Jadi ketolong deh 😛 Di toko asia jg kadang2 jual bumbu2 gt, cuma pilihannya terbatas.
      Iya ini juga setelah muter2 di google, akhirnya ketemu juga resepnya.. >__<

      Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P