Cooking Diary – Ayam Goreng Mentega

Untuk makan malam kemarin, aku nyoba resep yang dikasih sama mamaku. Sebelumnya udah niatan bikin ayam goreng asam manis, tapi ternyata lupa beli tepung kanji. Aku kira tepung maizena itu tepung kanji, ternyata bukan yaaaaa.. (doh) Ya udah deh, harus ganti rencana. Untungnya pas kita belanja sebelumnya, dapet juga kecap inggris yang udah nyari2 kebeberapa supermarket, tapi ga ketemu2. Pas banget deh bisa bikin resep ini…

So.. ini dia bahan2nya..

  • 1 ekor ayam
  • 2 sendok makan jeruk nipis
  • 1 sendok teh garam
  • 1-2 buah jeruk limau
  • 1 buah bawang bombay
  • 1 sendok teh bawang putih cincang
  • 3 sendok makan kecap inggris
  • 2 sendok makan kecap manis
  • merica hitam bubuk kasar

Caranya:

  • Lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan garam
  • Ungkap sampai agak lunak, dinginkan.
  • Goreng sampai kecoklatan, tiriskan.
  • Panaskan 5 sendok makan mentega, tumis bawang putih hingga kuning & kering. Angkat dan sisihkan.
  • Masukkan bawang bombay, aduk sampai layu. Angkat dan tiriskan.
  • Dengan sisa minyak, masukkan kecap inggris, kecap manis dan merica. Didihkan.
  • Masukkan ayam goreng dan bawang bombay.
  • Aduk rata, angkat dari api
  • Tuang ke piring saji, taburkan bawang putih cincang.

Verdict:

Ayam Goreng Mentega... hmmmm...

Aku sendiri kemarin pakai 2 potong ayam fillet yang aku potong besar2, kemudian aku cuma pakai 1 buah limau besar yang aku peras airnya dan kasih garam dan diaduk2 sebentar. Abis itu ayamnya aku rebus di penggorengan sampai kira2 agak empuk sedikit. Setelah kayaknya hampir matang, aku angkat dan kemudian aku masak lagi di penggorengan sampai mulai kecoklatan.

Hasilnya adalah salah satu makanan favorit si bubu, selain si bumbu teriyaki.. Rasanya pas, jadi ga perlu ditambah2 lagi.. Ayamnya pun setelah beberapa kali proses masak gitu ternyata empuk juga. Cuma kayaknya pas bumbuin pertama dengan limau & garamnya kurang, jadi kalau ayamnya dimakan sendiri tanpa bumbunya masih agak bland rasanya. Trus ternyata kata si bubu bawang bombay-nya kurang juga.. O_O padahal aku udah pake ½ lebih dari bawang bombay yang besar. Weeew…

Untuk proses masaknya sendiri sih agak2 ribet, karena si ayam musti dimasak beberapa kali dengan cara yang beda2.. Jadi buat nubie kayak aku ribet aja.. T_T

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

5 thoughts on “Cooking Diary – Ayam Goreng Mentega

  1. rina

    hallooow..today mau bikin teriyaki yang kemaren ada resepnya itu…hhh…moga-moga berhasil, kalo iya gw foto trus gw taro link ke sini..kalo gak ya udah gw makan aja 😛 …anyway busway, ikutan blog hop yuuk…ke sini ya: http://myshelomitashop.blogspot.com/2011/09/weekly-blog-hop.html

    Reply

    1. Bébé

      Pasti sukses deeeeeh.. 😀
      Aku lagi baca nih ttg blog hop-nya… kayaknya seruuuu… ^___^

      Reply

  2. pholam

    hihihiiii iya samaan masaknya nih.. looks nyammm nyammm be :p

    tp kmren itu ayamny g jg pk fillet, d potong2 seukuran sekali hap… trus d lumurin bawang putih, lada n goreng pk tepung bumbu, jd ayamny gak usah d ungkep2 lg, mao d mkan gt aja ud enak hehehee

    Reply

    1. Bébé

      Hmmm… lain kali gw coba ayamnya udah dibumbuin dulu deh.. hehehe.. ^___^

      Reply

  3. Semur Sayap Ayam & Kentang | Bukan Koki

    […] beberapa bahan yang tidak tersedia. Sempat melirik kumpulan resepnya Bebe . Saya tertarik dengan ayam goreng mentega-nya. Tapi entah kenapa masih belum pede. Besok-besok […]

    Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P