Cooking Diary – Beef Lasagna

Minggu kemarin si bubu tiba2 minta dibikinin Lasagna.. Kayaknya doi lagi kangen sama makanan mama-nya jadinya sampe pasang pose mata genit andalan supaya aku bikinin. Sebenernya beberapa minggu lalu udah sempet bikin lasagna juga, yang resepnya copas dari sini. Tapi hasilnya kurang gitu ok (secara bentuk fisik), akhirnya ga jadi ditulis di blog deh.. Yaa setelah dipikir2 sekalian latihan lagi lah, akhirnya aku buat juga deh..

Bahan2nya sendiri ada beberapa yang aku ubah dari resep yang aku dapet , tapi ubahnya ga terlalu banyak sih.. Kali ini aku tambahin wortel yang aku potong kecil2 supaya ada teksturnya aja. Trus aku juga ga terlalu banyak pakai gula karena saus tomat-nya udah bikin lumayan manis, nutup rasa asem dari crushed tomatonya. Kali ini baru puass sama rasanya.. Practice makes perfect itu bener banget..

lasagna

Bahan dasar:

  • 250 g lasagna – ada yang bilang kalau perlu direbus dulu. Tapi aku langsung taro aja di baking dish tanpa direbus dulu.

Saus Merah / Saus bolognese:

  • 2 sendok makan minyak zaitun,
  • 1 siung bawang putih – cincang,
  • 1 bawang bombay – potong dadu,
  • 500 g daging cincang,
  • 1 wortel – potong dadu
  • 1 kaleng crushed tomato (400g) – tomatnya aku blender lagi biar bongkahan tomat yang besar2 jadi halus.
  • 3 sendok makan tomato puree – aku pakai yang di tube gitu deh,
  • 4-5 sendok makan saus tomat,
  • 1 sendok teh oregano,
  • 1 sendok teh basil,
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sdt gula,
  • 1 sendok teh lada

Saus putih / Saus Béchamel :

  • 50 g mentega,
  • 3 sendok makan tepung terigu,
  • 500 ml susu cair,
  • 125 gram keju cheddar yang telah diparut,
  • 1 / 4 sendok makan lada.

Bahan untuk topping:

  • 150 g keju mozzarella parut,
  • 1 sendok teh oregano,
  • 1 sendok teh basil

Caranya:

  • Panaskan oven sampai 180 derajat.

Pertama kita membuat saus merah (saus bolognese):

  • Panaskan minyak dalam penggorengan, tumis bawang putih sampai harum
  • Kemudian lanjutkan dengan bawang bombay. Tumis bawang bombay sampai layu kemudian masukkan daging cincang.
  • Masukkan wortel dan dicampur semuanya.
  • Masukin basil, lada, oregano dan garam.
  • Tuang crushed tomato-nya, dicampur dengan rata
  • Tambahkan saus tomat secukupnya sampai puas. Kemudian tambahkan tomato puree.
  • Cicip sampai puas dengan rasanya. Masukkan gula untuk pengganti penyedap rasa.

Abis itu buat saus putih / Bechamel:

  • Panaskan mentega ke dalam panci.
  • Setelah meleleh, tuangkan tepung dan aduk sampai membentuk adonan.
  • Tuang susu. Aduk terus dan tambahkan lada.
  • Akhirnya tambahkan keju cheddar ke dalam adonan, dan terus aduk sampai mengental.
  • Icip lagi sampai puas dengan rasanya.

Setelah ke-2 saus selesai, saatnya mengatur lapisan di baking dish. Pertama lasagna-nya dulu, kemudian saos bolognese, lanjut saus putih, baru lasagna lagi. Diulang terus sampai saus habis atau baking dishnya penuh. Pastiin kalau saos putih selalu paling atas. Selesai bikin lapisannya, tabur dengan keju mozzarella sampai merata nutupin lapisan atas. Setelah itu tabur lagi dengan oregano & basil. Panggang di oven selama kurang lebih 30 menit.

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

17 thoughts on “Cooking Diary – Beef Lasagna

  1. ellalae

    bookmark ah.. 😀 😀

    Reply

    1. Bébé

      asiiiik deh.. kl bikin, kirim2 kesini yaaa.. 😛

      Reply

  2. Clara Croft

    Kelihatannya enaakk, Mba hobi masak ya? Hehe… Saya sih sukanya makan, kalo masak, hehe… belum ada panggilan jiwanya :p

    Reply

    1. Bébé

      Lebih tepatnya terpaksa hobi masak sih.. Hehehe abis ga mungkin beli makanan ato minta org masakin.. Akhirnya ya musti masak sendiri deh.. ^__^

      Reply

  3. epi

    dari dulu pingin bikin lasagna ga kesampean nih *nasib anak kos ga punya oven* 🙁 sekilas keliatan kayak tahu goreng isi yaa? *kucek2 mata* hihihi simpen ahh resepnya buat nanti kl da punya oven 😀

    Reply

    1. Bébé

      (lol) iya nih, ga bisa tegak lasagna-nya.. Abis baru keluar dr oven langsung gragas.. Jadinya gt deh bentuknya.. 🙁

      Reply

  4. Neng

    Waahhh…kayanya uenak nih, harus dicoba…tapi, kalorinya gimana mbak? susah kalo lagi diet…hahahhaha

    Reply

    1. Bébé

      🙁 aku ga itungin kalorinya, abis ga pernah rencana diet.. baru denger kata diet-nya aja udah nyerah duluan.. (blush)

      Reply

  5. angela

    nice recipe! ini lasagnanya kering2 langsung dimasukin ke baking dish ya?
    selama ini takut nyobain lasagna soalnya sering denger ngerebus nya susah, lengket2, etc karena ukurannya yang bagong itu ^_^

    Reply

    1. Bébé

      Iya aku pake yang masih kering. Pertama kali nyoba bikin lasagna aku rebus dulu, eh pada nempel semua. Padahal udah aku kasih minyak pas ngerebus dan udah diaduk2.. tetep aja nempel. Udah gitu pas aku taro di baking dishnya, ternyata jadi lebih banyak daripada yang diperluin, sisanya dibuang deh.. 🙁 sayang bangeeet..

      Kalau masih kering, bisa dipatah2in untuk nutup bagian yang masih keliatan dan hasilnya pas selesai di panggang empuk juga kok.. Aku baca sih katanya lasagna yang dipasaran itu udah pre-cook.. ga tau deh bener apa ga.. ^__^

      Reply

  6. Ely Meyer

    wow .. fotonya bagus sekali, sampe ngiler yg ngeliat nih 🙂 ….. aku jarang amsak lasagna, seringnya spagheti ala jawa xixixixixi 😀

    Reply

    1. Bébé

      makasih mba.. spaghetti ala jawa itu mie goreng yaa?? *nebakasal* hihihi.. aku juga udah nyoba bikin bihun goreng, tapi salah beli bihunnya.. (tears) soalnya agak lengket2 gitu pas di rebus.. huhuhuhu…

      danke udah berkunjung balik yaa.. .

      Reply

  7. Neng

    I am making this one 2moro! Nyari resep online ribet2 semua, punya dirimu seems to be quite simple…and looks gooooddd…forget diet, its sunday!

    Reply

    1. Bébé

      good luck… ga terlalu susah kok ^___^

      hahahaha… iya dietnya ntar2 aja.. 😛

      Reply

  8. nicil

    whoa, it looks so delicious
    pengen coba tapi nggak punya oven :p

    Reply

    1. Bébé

      makasiiih.. iya nih sayangnya lasagna musti dioven Insya Allah nanti bisa punya yaa… 😀

      Reply

  9. anya

    Ya ampun bikin ngileeer :hungry: bakal sering-sering mampir ke cooking diary-nya Bebe deh sepertinya.
    Izin mencoba-coba resepnya 🙂

    Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P