Akhirnya, Sekolah Lagi…

Tadi pagi akhirnya ketemu sama study counselor. Intinya sih dia ngabarin kalau aku bisa mulai lanjut SFI tanggal 21 November nanti. Akhirnyaaaaaaaaa… setelah nunggu 2 bulan dapet kabar juga.. Si konselor-nya sih tadi bilang kalau batas kurs yang baru ini cuma 14 minggu. Tapi aku niatnya harus bisa selesai kurs D ini dalam waktu 2 bulan. Kalau sebulan bisa malah lebih bagus deh. Bukannya ga suka sekolah lama2, cuma lagi ngejar SFI bonus nih.

SFI bonus itu adalah insentive dari pemerintah Swedia untuk para imigran yang bisa nyelesein kurs SFI-nya sampai level 3D dalam waktu 12 bulan dari mulai belajar atau 15 bulan dari waktu kedatangan di Swedia. Dapetnya lumayan, bahkan untuk ukuran Swedia sendiri. Sekitar 8000 – 12.000 kr (kaliin aja sama Rp.1300).. mayan kaaaan??!! makanya napsu nih pingin selesai buru2.

Belajar bahasa swedianya sendiri sebenernya susah2 gampang, cuma entah kenapa kalau dirumah suka males aja gitu ngobrol pakai svenska. Laaah.. bahasa inggris yang belajarnya udah dari jaman SD aja baru berani ngomong sejak 2 tahun lalu – itu juga gara2 ketemu si bubu – apalagi svenska.. mulai belajar aja dari bulan Februari tahun ini.. (tears) Tapi harus mau ga mau sih ya.. namanya juga tinggal dinegara orang.. (lonely)

Selain ngomongin masalah sekolah, si konselor-nya juga nanya tentang rencana masa depan setelah lulus SFI. Mau sekolah lagi kah? ato mau langsung cari kerja kah? Aku bilangnya sih mau langsung cari kerja aja. Abis itu dia tanya tentang transkrip nilai2 waktu dulu di universitas.. Udah di legalisir di Stockholm  belum? Aku bilang belum.. Trus ditanya lagi.. Transkripnya dalam bahasa inggris kan? *krik* ngek ngok… kagaaaa huhuhu.. Pas jaman dulu pas mau lulus2an ditanyain mau transkrip dalam bahasa inggris ato indo.. aku pilih dalam bahasa indo. Ya ga kepikiran juga ya bo mo pindah ke Swedia gini.. Sekarang malah bikin memble.. 🙁 Terpaksa deh harus cari penerjemah tersumpah dari Indo trus baru ngirim surat2nya ke sini lagi deh.. huaaaa.. rempoooong… (taser)

Ah sutralah.. urusan transkrip nanti dulu mikirinnya. Sekarang harus mulai was wes wos lagi nih pakai svenska.. Gara2 2 bulan ga sekolah udah mulai karatan gini ingetannya, banyak yang lupa2.. Semangaaaaaaaaat!!!!!! (gym)

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

12 thoughts on “Akhirnya, Sekolah Lagi…

  1. ellalae

    ayo semangkaaa… semangat kakak!!! 🙂

    Reply

    1. Bébé

      iya nih.. semangaaat!! (gym) .. (gym)

      Reply

  2. arman

    sfi itu sekolah bahasa ya?
    wah asik banget dapet bonus segala.. moga2 bisa lulus cepet ya… 🙂

    penerjemah tersumpah di indo ada banyak kok, dont worry, gampang nyarinya. 😀

    Reply

    1. Bébé

      Iya. Sekolah bahasa untuk imigran gitu deh tapi dari pemerintahnya, jadi gratis. Ada juga sekolah bahasa yang swasta, cuma lumayan juga biayanya.. cuma 14x pertemuan sekitar 2,5juta.. Ga dapet Sfi bonus lagi.. ^__^

      Ribetnya karena musti ngirim2 kesini.. Huhuhu mahal di ongkos.. Tapi mau ga mau sih.. 🙁

      Reply

  3. amela

    wooow.. asiknya.. yang sekolah lagi..
    wah, berarti nanti2 kalau aku dikasih opsi transkripnya bahasa indonesia atau inggris, pilih inggri aja kali ya

    Reply

    1. Bébé

      hahahaha.. iya bahasa inggris aja.. siapa tau kan nanti2 butuh.. Ini juga lagi nyesel banget, hari gini yaa… mendingan yang bahasa inggris aja kayaknya

      Reply

  4. Ely Meyer

    bener kata Arman, penerjemah dr indonesia nggak susah deh nyarinya 🙂

    good luck ya !

    Reply

  5. arqu3fiq

    Selamat ya mau masuk sekolah lagi, semog tambah lancar jaya ngerumpi pake bahasa Svenska, nanti aku di ajarin ya kalao sudah fasih. (mengharap) Hehehehe….

    Reply

    1. Bébé

      siph.. semoga nanti bisa bagi2 ilmu disini..

      Reply

  6. agnes

    hi be..malu nih ternyata senior desain grafis yah hihi..ini lanjut sekolah di swedia, sekolah bahasa atau lanjutin design? aku baru aja lulus TA lagi nunggu wisuda..kepengen deh cari-cari beasiswa ke eropa, pengennya sih belanda tapi kudu belajar bahasa belanda lagi ribet ya, aku bisanya jerman..jadi mungkin pengen ke jerman aja..

    Reply

    1. Bébé

      Sekarang masih ngelanjutin sekolah bahasa dulu, setelah itu sebenernya kalau mau bisa sih lanjut sekolah lagi, cuma bingung juga mau lanjut kemana.. hehehe.. paling langsung cari kerja aja deh.. ^__^

      Wow, udah bisa jerman kereeen.. Iya, coba cari2 aja ke Jerman dulu, tapi kalau udah punya base bahasa Jerman sih sebenernya kalau mau ambil belanda juga bisa2 aja, karena bahasanya ga terlalu beda.. lebih gampang belajarnya. Kalau udah bisa Jerman, belajar bahasa Swedia juga gampang.. At least kata temenku yang orang Jerman sih.. 😀

      oh iya.. kalau udah ketemu nama font-nya mau yaaah.. udah ngubek2 dafont.com ampe bosen, ga nemu2 juga.. huhuhu..

      Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P