Potongan Cerita2 Masa SD

Dapet PR dari si Ellalae untuk cerita2 tentang jaman SD. Sebenernya ini tugas yang agak2 sulit karena ternyata setelah dipaksa2 pun otak ini ga nyampe memorinya untuk inget semua.. Alhasil ya ga terlalu banyak deh cerita yang bisa dibagi.. Tapi daku coba aja yaa..

Semua berawal waktu aku berumur 5 tahun

Keluargaku pindah ke Bekasi waktu aku berumur 5 tahun. Saat itu aku udah “lulus” dari TK sebelumnya jadi ortuku berencana langsung aja masukin aku  ke SD. Ternyata kebanyakan SD ga terima siswa baru dibawah umur 6 tahun, baik sekolah negeri maupun swasta. Hampir aja aku nganggur ga sekolah, sampai akhirnya ada 1 SD yang mau nerima aku sekolah disana asalkan aku lulus tes masuknya. Jadilah aku baru umur 5 tahun udah harus ikutan ujian masuk SD.. Ujiannya sih seingetku cuma tes IQ aja, jadi ga heboh2 banget. Pada akhirnya aku masuk juga.. Karena itulah setiap tahunnya aku selalu jadi yang paling muda dibanding teman2ku yang lain. ^__^

Tempat dimana aku menemukan “My Inner Diva”

Setiap akhir tahun pelajaran, di sekolah diadain acara pentas seni sekalian pesta perpisahan untuk murid2 yang lulus sekolah. Biasanya dari tiap kelas memilih jenis pertunjukan mereka sendiri2. Ada yang teater, nyanyi, tari daerah, dll.. Aku sendiri udah jadi langganan naik panggung setiap tahunnya. Pokoknya banci tampil banget.. 😀

Satu waktu sekolah ngadain pertandingan nyanyi yang 3 pemenangnya akan tampil di acara pentas seni itu. Ga tau aku yang ganjen atau disuruh sama temen2 sekelas (atau malah dua2nya), pokoknya tiba2 aja pada hari H aku disuruh ikutan lomba. Boro2 latihan, milih lagu aja belum. Karena didorong2 terus untuk maju akhirnya aku asal pilih aja satu lagu dari kaset2 karaoke yang ada disana. Mo tau lagu apa yang aku nyanyiin? Chrisye yang Pergilah Kasih. Saat itu aku baru 7-8 tahun dan udah mengharu biru nyanyi lagu tentang mau ditinggal pacar.  *facepalm*

Masa SD adalah saat aku belajar masak

Waktu kelas 5 & 6 murid2 diharuskan untuk aktif di extra kurikuler pramuka. Salah satu kegiatannya adalah berkemah. Kelas 5 kita masih berkemah di sekolah. Ruangan2 kelas disulap jadi tempat tidur dan kegiatan cari jejaknya keliling2 sekitaran sekolah aja. Kelas 6 agak di upgrade sedikit. Lokasinya pindah ke Cibubur, tidurnya beneran di tenda, dan cari jejaknya… hmm aku ga tau soal cari jejak karena saat itu aku dikasih tugas untuk tinggal di kemah sama temanku Dina dan menyiapkan makanan untuk teman2 yang lain di grupku.

Menu hari itu simple banget kok, cuma nasi dan kornet. Tapi tentu aja aku berhasil ngeledakin kompor minyak yang kita pakai untuk masak. No one got hurt.. Thank God.. tapi ya tetep aja bikin parno sampe sekarang

Pertama kalinya aku naksir guru

Kejadiannya pas kelas 3 SD. Korbannya adalah seorang guru olahraga yang bernama Pak Agung. Orangnya kurus, rambut pendek dan saat itu tampak luar biasa ganteng bagi seorang anak berumur 7 tahun bernama Bebe. Pak Agung ini adalah orang yang pertama kali bikin si bebe belajar berenang di kolam yang dalam untuk dewasa. Karena beliaulah si bebe bisa jadi atlit renang untuk sekolahnya waktu SMP. Sayang si Pak Agung ini cuma ngajar 1 tahun. Jadinya kenangan bersamanya cuma saat renang itu doang deh..

Pertama kalinya harus ke UGD

Bentuk sekolahku waktu awal2 berdiri itu agak2 aneh. Lokasi lapangan bermainnya lebih rendah dari ruangan kelasnya dan untuk turun ke lapangan dibangun “tangga” yang memajang ke samping dan bisa dijadikan tempat duduk juga (seperti di stadion gitu deh, tapi tanpa ada tempat duduknya). Selesai jam istirahat, aku dan teman2ku kembali kekelas dengan menaiki tangga2 itu. Tiba2 aja ada salah satu temenku ga sengaja mendorong dari belakang. Aku pun terjatuh dengan bagian dagu terbentur paling keras. Sampai dikelas, rasa sakit di dagu itu makin perih. Nyelekit2 gimana gitu.. Tapi karena aku pikirnya paling cuma baret2 aja, jadi ga aku apa2in.. Tiba2 aja temen satu mejaku nangis sambil nunjuk2 ke arahku. Sekelas cuma bisa bingung ngeliatin dia kenapa. Aku juga bingung, kenapa juga ni bocah tiba2 mewek. Trus dia bilang ke guruku dagunya bebe bu… sambil terus nangis. Aku pun akhirnya  ngusap daerah daguku yang nyelekit2 tadi. Pas aku liat tanganku yang udah berdarah2, tiba2 aja aku ikutan nangis.. hahahaha…

Langsung guruku bawa aku ke klinik UGD yang ga terlalu jauh sekolah. Sampai sana baru ketauan kalau ternyata daguku itu robek dan butuh dijahit. Uhuhuhuhu… sakit ya ternyataaa.. Aku ga tau apa emang ga pake bius atau biusnya ga mempan, tapi berasa banget sakitnya. Mana si dokter terus2an ngomong nangis boleh, tapi gerak ga boleh yaaa… iiighhh situ enak dok, sini kan perih..

* * * *

Guru Favorit

Ibu Murtini, wali kelasku di kelas 6. Orangnya cantik deh. Kulitnya putih, langsing, dan baiiiik bangeeet.. Saking sayangnya kita sama ibu Murtini, aku dan teman2ku janjian bikin kejutan buat beliau dengan bikin puding coklat dan bawa ke kost2an-nya. Sempet2nya salah turun angkot pula. Kirain udah sampe ternyata masih lumayan jauh. Masih kebayang2 ekspresinya si Ibu waktu kita sampe rumahnya. Sampai sekarang kalau lewat daerah situ, pasti otomatis nyari2 rumah kost2annya si Ibu M yang dulu…

Guru Killer

Ga punya.. sama sekali ga punya memori tentang guru killer pas SD.. bahagia yaaah.. 😛

Temen Bolos

Ga pernah bolos bareng2 temen sih.. Tapi pernah satu hari males banget sekolah cuma keburu udah berangkat. Sampai tempat biasa aku diturunin sama abang becak langganan,tapi bukannya jalan ke sekolah aku malah balik lagi ke arah rumah. Si abang becak ternyata ngeliat aku balik lagi dan nanya kenapa.. aku bilang aja sakit perut. Si abang nawarin nganter pulang lagi..Karena emang ga pingin kemana2 ya ngikut si abang aja..  Pas di rumah si abang bilang ke mamaku bu, anaknya tadi udah sampe sekolah tapi jalan pulang lagi, katanya sakit perut.. Mamaku ngeliatin aku penuh curiga gitu.. kebaca kayaknya kalo anaknya males.. 😛

Teman Berantem, Sepatu dan Tas Favorit lupa semua.. >__<

Makanan Favorit

Arum manis / rambut nenek…

Minuman Favorit

Susu yang ditaro plastik trus dibekuin itu apa ya namanya.. lupa.. Suka bikin sendiri di rumah pakai susu coklat…

* * * *

Yah begitulah masa2 indah jaman SD dulu.. Ga berasa udah lama juga yaa.. ^^ Jadi kangen pingin liat SDnya lagi.. Oh iya, selamat hari guru… Semoga kehidupan para guru bisa jadi lebih baik kedepannya…

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

20 thoughts on “Potongan Cerita2 Masa SD

  1. Zilko

    hahaha, abang becaknya baik dan polos sekali ya, gak curiga gitu, huahaaha .

    Dan yang UGD itu kebayang banget deh seremnya. Orang dewasa aja juga serem kali ya kalau menghadapi situasi gitu, apalagi anak SD, hmmmmm

    Reply

    1. Bébé

      Iya, padahal udah sembunyi2 loh dari si abang.. ternyata masih kepergok juga.. 😀

      Iyaa.. sekali2nya tuh dijait gitu.. ga mau lagiii

      Reply

  2. Neng Rina

    Wah, Kak Bebe tinggal di Bekasi ya? aku juga di Bekasi kak 😀
    ternyata sekolahnya di TJS ya, banyak tetangga aku sekolah di TJS juga kak, tetanggaan ternyata sama SMA aku.

    ikh, itu yang ke UGD serem banget sih kak. untung cepet dibawa ke UGDnya.
    Yang ngeledakin kompor pas kemah juga aku pernah ngalamin, untungnya gak ada yang kenapa-kenapa,
    tapi traumanya cukup lama juga buat bisa hilang.

    Reply

    1. Bébé

      Waah rumahnya deketan don kita.. Ntar pas aku pulang ketemuan yuks ^__^

      Iyaa kapok banget dijait, ga mau lagi 🙁
      Dan kejadian kompor meledak itu bikin takut kalau ada kompok minyak di deketku.. Bahagia bgt sekarang pakainya kompor listrik, jadi ga perlu liat api.. 🙂

      Reply

      1. Neng Rina

        hihihi, hayuks kak hayuks.

        Hari Minggu kemarin aku masak kompornya meleduk, wuhaaa. seremmm.

        Reply

        1. Bébé

          waaaaa… kok bisaaa?? semoga ga kenapa2 ya.. ga ada yg rusak/luka.. tapi itu dia kenapa aku takut banget pake kompor gas/minyak… suka bunyi meletup gitu..

          Reply

  3. ellalae

    kak. SD nya jaman kapan kak? *minta dilempar sendal dari swedia

    aku dulu pas SD sempet jg tuh ujian praktek masak.. masak sop.. tp curang dong, pake penyedap rasa. huahahaha… ;p

    ngmg2 kompor meledak, td siang aku diceritain sm tanteku, di sekolah sepupuku, pas lagi ada ekskul masak, ada kompor meledak jg dong.. gara2 spiritus gt. gurunya mah gapapa.. eh taunya ada 2 murid yg kecipratan.. kasian.. 🙁

    Reply

    1. Bébé

      Waaah kesian banget muridnya sampe kena.. :(( Waktu aku dulu kompornya terbang vertikal gt..

      Hahaha gpp pake penyedap rasa, yang jualan aja juga sering pake kok.. ^__^

      Reply

  4. Ely Meyer

    emang seringnya belajar masak itu pas SD ya, pernah nggak waktu SDngikuti lomba masak antar kelas ? …. ntar dinilai yg paling bagus dan enak kelas mana, terus bu gurunya ngambil bagian bagian yg enak enak hahahahaha .. jadi inget masa itu

    btw, serem juga ya kompor meledak gitu , untung kalo ndak ada korban lukanya

    Reply

    1. Bébé

      Hmm.. kayaknya sih pernah ada mba.. tapi aku udah lupa persisnya.. Cuma inget kalau pelajaran ketrampilan biasanya belajar bikin telur asin 😀

      Iyaaa.. sampe sekarang aku takut sama kompor minyak atau gas.. serem aja.. (cry)

      Reply

  5. epi

    hebat amat be masih inget jaman SD, gue uda hampir lupa semua loh :)) cm inget first crush doang *ganjen* lol. makanan favorit kita sama ternyata yaa arum manis, 😀 jaman sekarang arum manis rasanya udah beda, keknya ga seenak dl :))

    Reply

    1. Bébé

      Ini juga susah payah banget inget2.. Seringnya ketuker2 sama jaman SMP, abisan sekolahnya kan sama, jadi suka nyaru gitu… Iya.. agak2 beda ya.. baru inget juga suka banget sama anak mas.. aduuuh itu yummy bangeeeet.. MSG-nya ngepoolll

      Reply

  6. Angels

    wahh sampe skrg g juga masih demen arum manis 😀 sama permen yg dibuat dg cara ditiup2 sama abangnya *ga tau namanya apa* trus kue leker :))

    Reply

    1. Bébé

      huaaa.. apa ya namanya… iya aku juga pernah makan itu, tapi lupa.. manis2 gitu juga ga sih?
      kue leker yang mana ya?? lupaaaa…

      Reply

  7. Award Pertama-ku : a Memory Bliss

    […] siapa yaa? Waktu SD aku pernah tulis di post yang ini. Namanya Pak Agung, guru olahraga yang ngajarin aku berenang. Trus waktu jaman kuliah, sukaaaa […]

    Reply

  8. tissa

    Halooo..nemu blog ini pas lagi browsing soal “fotoprewed” dan seruuu kaya baca cerpen..hehe..eh tau” anak tjs.aku juga sd di tunas..salam kenal yaaa..

    Reply

    1. Bébé

      Hai hai.. Salam kenal.. Tadi aku udah ngintip blognya sebentar loooh.. Fotonya bagus2 deh..

      Wah anak TJS angkatan berapa kah?

      Reply

      1. Tissa

        angkatan berapa ya?haha,,pokok nya kalo kuliah angkatan 2003 (ketauan otak nya baru dipake pas kuliah).foto nya juga bagus baguuuss,,Scandinavia emang keren banget ya,,huhu,,mengiri,,aku link blog nya yaaa,,

        Reply

        1. Bébé

          Waaah.. Kita cuma beda 3 tatahun aja kok…diriku angkatan 2000 ^_^

          iyaa, negara2nya masih keliatan kuno-nya.. Jadi ga berasa tinggal di kota besar 😀

          Waah.. Thank u udah di link.. (heart)

          Reply

  9. erika

    Kalau boleh tau alumni sd tjs tahun brapa?dulu aku skolah di sana,trus pndh ke luar kota.

    Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P