Pulang Sana Ke Cina!!

NB: Sebelumnya mau ingetin, jangan baca judulnya aja yaaa… tapi dibaca ceritanya dulu baru komentar..

* * * *

Sebenernya ini cerita tahun lalu, tapi tiba2 aja keingetan sekarang… ^_^

Jadi selama di Swedia aku jarang/hampir ga pernah denger komen2 rasis dari orang2 yang ga dikenal di jalan. Tapi sempet kejadian juga satu kali waktu aku sama bubu lagi jalan2 di taman dekat stadbibliotek di Malmö. Waktu itu aku baru dapet kamera jadi lagi semangat2nya jalan2 ke luar padahal lagi musim dingin. Karena aku belum pernah jalan2 ke taman itu akhirnya si bubu ngajakin untuk liat2, kebetulan disana ada windmollen yang udah ga berfungsi.

Sesampainya kita di sekitaran windmollen, aku langsung sibuk foto2 lari2 kesana kemari. Si bubu cuma berdiri aja ngeliatin istrinya udah kayak anak kecil kebanyakan gula. Ga jauh dari aku dan bubu ada seorang nenek2 yang ga tau lagi ngapain. Tiba2 aja si nenek ngomel2 dengan bahasa Swedia ke arah kami berdua. Karena waktu itu aku masih baru di Swedia, jadi ga mudeng sama sekali si nenek itu ngomong apa. Cuma tumben2an si bubu kok balesnya dengan nada yang ketus dan agak berteriak. Sama nenek2 gitu.. Aku cuma nangkep kata “Indonesien”, tapi tetep ga ngerti sama sekali ada apa. Ga lama akhirnya si nenek pergi sambil misuh2 dan sedikit2 berteriak ke arah kita, yang di bales lagi sama si bubu. Aku bolak balik nanya ke bubu… “kenapa sih bu?” tetep ga dijawab. Pas liat mukanya, ternyata udah betekuk2 absurd..

Setelah beberapa menit, ekspresi wajahnya si bubu mulai balik lagi normal, barulah dia cerita kenapa dia teriak2 sama si nenek tadi. Ternyata waktu aku sibuk foto2, si nenek tiba2 teriak ke arah ku dan bilang “Ngapain kamu foto2 ? Kamu mata2 dari Cina ya? Pulang sana ke Cina!!” Nah si bubu dengernya jadi naik darah.. dia bales lagi dengan bilang kurang lebih “Memang kenapa? apa urusannya? btw, kita bukan dari Cina, tapi dari Indonesia..” tapi kayaknya si bubu sensor kata2 aslinya deh, soalnya dia cerita sambil ngedumel2 kesel. Trus di bales lagi sama si nenek yang sampai sekarang aku ga ngerti apa, soalnya si bubu udah males cerita. Dia cuma bilang kalo dia teriak “Dasar nenek2 tua rasis!” huahahaha.. *eh kok malah ketawa*

Ternyata masih ada aja orang2 kayak gitu.. Sebenernya sih agak2 kesian sama si nenek diteriakin si bubu, cuma ya dianya sendiri yang bikin ulah, mau gimana lagi dong.. Alhamdulillah sih cuma kejadian sekali aja. Tapi kalaupun mungkin pernah selain kejadian itu, aku-nya yang ga mudeng… 😛

Ada yang pernah ngalamin dapet komen2 rasis juga?

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

27 thoughts on “Pulang Sana Ke Cina!!

  1. ellalae

    ktawa dulu boleh ya kak. hehehe.. 😉
    penampakan si neneknya swedia bgt ya? kalo kata aku sih, si nenek itu sm kayanya cetakan jaman dlu deh.. yg cuma tau klo asia itu cina doang.. jd aja matanya agak siwer. cara pikirnya jg ikutan siwer.. smoga bsk2 ga ktmu yg ky gt lagi ya.. 😉

    Reply

    1. Bébé

      Iya orang Swedia gitu lah si nenek… Hahahaha.. mungkin juga dikira bentuknya sama semua.. 😛

      Amiiin, ga mau lagi juga ketemu orang kayak gitu..

      Reply

  2. Angela

    Karena aku keturunan Cina, jadi Mayan sering jadi bahan rasis-rasisan Di negeri sendiri *sedih*.

    Yang paling kuinget itu pas aku kecil, umur 12-an. Waktu itu aku masih race blind, belum tahu kalo keturunan Cina. Dan Emang orang tuaku nggak pernah ngebahas2 soal ras. Yang kutahu ya aku orang Indonesia. Terus pas aku lagi jalan2 naek sepeda, tiba2 ada anak2 yang teriak: Cina!!! Jelas aku bingung setengah mati, wong namaku Angela kok hehee…

    Tapi anyway, sekarang mah udah cuek aja lah sebodo setan, anggep aja orang bego.

    Dulu pas di Aussie juga sempet kena bahan rasisan supir bus. Cuekin aja belagak bego.

    Semangat yaaa… Cuekin aja orang2 rasis itu.

    Reply

    1. Bébé

      Iya lah ya.. kalo dipikirin malah stress sendiri kalo ngadepin orang2 yang emang dasarnya rasis.. Harus masuk kuping kiri keluar kuping kanan…

      Thank u.. memang harus cuek2..

      Reply

  3. Zilko

    Kayaknya sih nenek-nenek stress tu kali ya .

    Reply

    1. Bébé

      Curiganya sih gitu… hehehe…

      Reply

  4. Winnie

    Hi .. salam kenal ya …

    Aku sering sih mengalami kejadian seperti itu, biasanya di negeri sendiri … kalau di luar orang Indonesianya lumayan kompak, regardless of race

    Reply

    1. Bébé

      Hallo.. salam kenal…

      Iya, mungkin karena sama2 merasa jadi minoritas dan setanah air juga kali ya.. jadi kompak.. Btw, memang tinggal dimana?

      Reply

      1. Winnie

        Hi Bebe … thanks ya dah main ke blogku …

        dulu aku di U.S. & Germany … tapi sekarang lagi di tanah air …

        Anyway, blogmu aku pasang di blogroll ya, mudah2an nggak keberatan …

        Reply

        1. Bébé

          Sippph.. thank u… Aku juga yaaaa taro di blogroll.. ^__^

          Reply

  5. arman

    huahahaha
    emang paling ngeselin kalo ketemu orang rasis ya…. 😀

    gua sih rasanya gak pernah ngalamin sendiri yang secara terang2an gitu…
    tapi kalo rasis secara treatment… rasanya pernah deh… kecuali kalo itu cuma gua aja yang sensy. hahaha.

    Reply

    1. Bébé

      eeeimmms.. ngeselin beneeer… 😛
      sekali2nya tuh terang2an ampe ditunjuk2 gitu… untung nenek2…

      Reply

  6. bubbles

    Paling sebel ya kalo ketemu orang rasis gitu, bikin naik darah aja. Dulu pernah waktu gue jalan kaki di trotoar, ada cowok yang lg nyetir di mobilnya, pas dia lewatin gue dia buka kaca jendela terus bilang “Hey! I like sushi!” Ngeselin gue banget karena : pertama, di benua Asia itu bukan cuman satu negara, Jepang doang. Kedua, apa urusan lo? Tapi daripada jadi macem2 berulah gue cuekin aja. Abis tampangnya begundal gitu si cowok sinting.

    Reply

    1. Bébé

      Astaga.. niat banget tu orang… Kadang suka dilema ya kalo ngadepin orang kayak gitu. Kalo di labrak balik malah takutnya macem2, tapi kalo didiemin malah ngelunjak.

      Reply

  7. Candela

    Sebagai orang indonesia keturunan cina yang ga bisa ngomong mandarin, everywhere I go, pasti kena ginian. Pas di Indo ya biasa lah, diteriak2in cina. Apalagi sama anak2 kampung yg suka lewat depan rumah waktu gw masih kecil. Terus pindah ke Singapore, kena juga, karena ga bisa ngomong mandarin, jadi anggepannya aku bukan “golongan mereka”. Sekarang di Ausi, sepertinya sebagai orang asia, gw juga warga kelas 2 yah disini (nomer 1 bule). *sigh*

    Reply

    1. Bébé

      Awww.. sini sini peluk…

      Kalau udah urusan begini emang harus kitanya yang tebel kulit alias cuek bebek..

      Reply

  8. Ely Meyer

    blom pernah sih ngalamin spt itu, rata rata org di sini menurutku sopan sopan, dan nggak suka mencampuri urusan org lain ….. kali neneknya lagi byk masalah ya, terus dilampiaskan bgt saja ke org lain

    Reply

    1. Bébé

      Mungkin mba… Sejauh ini juga aku baik2 aja sih.. cuma kejadian sekali itu doang yang bener2 frontal..

      Reply

  9. Angels

    Kalo sama orang ga dikenal ga pernah ngalamin diteriakin langsung sih, tapi ya perlakuan berbeda ada sih, klo lagi ga sensi sih gua cuek2 aja, anggep aja angin lalu :)) kadang kesel juga tpi ya mo gimana hahaha. kalo ama temen/lingkungan sekolah/kerja sih ga pernah tuh ^^ baik2 semua orangnya ^^

    Reply

    1. Bébé

      waaaa… beruntungnyaa dirimu.. ^__^ kalau lingkungan sekitar positif gitu, bikin kita jadi lebih nyaman yaa…

      Reply

  10. Neng Rina

    kalau di omongin rasis gitu sih gak pernah kak, pernahnya di perlakukan rasis gitu.
    karena pakai jilbab, huah aku langsung kasih muka jutek aja deh

    Reply

    1. Bébé

      Wah dimana? Semoga ga pernah lagi yaa..

      Reply

  11. Mayya

    Suerrringggg! Waktu kecil suka diejekin waktu di madrasah….”Amoy-amoy!” Bahkan gurunya juga, waktu manggil nama, bukannya namaku, malah dipleset2in pake bahasa China!

    Tetangga juga, ampe aku teriakin: ” Emangnya kenapa klo gw Cina? Gw gak minta makan dari bapak lo!”

    Kadang dilemparin air, aku lemparin balik pake BATU hahaha….

    Tapi setelah pake jilbab, malah gak ada yg tau lagi klo aku keturunan cina..hehehe

    Salam kenal ya say….aku suka cerita2nya… dan berniat juga pengen sekolahin anakku di luar negeri…mdh2an kesampaian…amin…

    Reply

    1. Bébé

      walaaah.. ampe gurunya gitu juga? kok ngajarin yang ga2 sih?

      amiiiiin… semoga tercapai ya cita2nya… salam kenal juga.. semoga jadi rajin kesini.. 😀

      Reply

  12. Here, There or Everywhere | { a Memory Bliss }

    […] yang ga ngenakin yang bikin kepinginan pulang lagi ke Indonesia. Yah, well sempet sekali sih diteriakin nenek-nenek stress disuruh pulang ke Cina, tapi kayak gitu ga dibisa dijadiin contoh kali yaa. Dan semoga sih sampai nanti juga jangan […]

    Reply

  13. Ridha

    Huahaha.. Aku baru liat post yg ini. Alhamdulillah so far ga ada kejadian2 yg ky gitu (jgn sampeee *ketokmeja3x) tp klo pas aku yg digituin dan ada suami, mungkin seisi kebun binatang langsung dikeluarin semua sm dia… :ngakak:

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. Crazy tant ya Dha.. Semoga jgn sampe ketemu org kyk gt deh. Malesin bgt

      Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P