Cooking Diary – Ayam Panggang Kentang

Resep kali ini juga masih ngambil dari aplikasi masak apa, atau bisa juga diliat di webnya detikfood. Berhubung si bubu itu angin2an orangnya, hari ini pingin banget nasi, besokan bisa minta kentang akhirnya suka random waktu milih menunya. Tumben2an seminggu ini dia lagi pingin makan kentang terus. Setelah browsing beberapa koleksi menu, akhirnya ketemu juga resep yang satu ini – ayam panggang kentang.

Tuh kan, kali ini juga masih lebih OK fotoku daripada di web resep aslinya.. 😛 *makinsongong* *mintadikeplak*

Secara teori resep ini sebenernya gampang. Tinggal goreng ayamnya, rebus kentangnya, bikin saos mayonisenya, campur semua di piring tahan panas abis itu panggang deh. Tapi realitanya…. capeeee bener bikinnya sodara2.. Masalah utamanya sih sebenernya cuma satu, yaitu proses goreng ayamnya bener2 bikin pegel. Untuk goreng ayamnya sendiri aku ngabisin waktu hampir 30 menit (mungkin lebih), semetara untuk rebus kentang dan campur saos mayonya cuma beberapa menit aja.

Apa hasilnya memuaskan untuk membayar segala macam kerepotan saat masak? BANGEEET!!! Resep ini salah satu dari beberapa resep yang dapet empat jempol dari si bubu. Yang paling juara dari semua komponen makanan kali ini adalah saos mayonya. Wuenaaaaak tenan. Sayang banget ukuran yang dikasih di resep menurutku kurang banyak. Agak ga imbang sama jumlah ayam dan kentangnya. Jadi lain kali aku bakalan nge-double ukuran saos supaya lebih manyuuuusss…

Masukan lain yang aku bisa kasih kalau mau nyoba resep ini adalah:

  • Waktu motong ayam filletnya lebih baik ukurannya kecil2 aja, jadi gampang matengnya. Kemarin aku belang2 ada yang gede, ada yang imut, jadinya pas digoreng yang gede keburu garing luarnya, tapi dalemnya masih kurang mateng.
  • Menurut resep, langsung masukin bawang bombay ke piring tahan panas. Nah, kalau ikutin resep hasilnya adalah bawangnya masih setengah matang. Jadi agak2 krius2 gitu deh. Kalau pada suka kayak gitu sih berarti ga perlu diapa2in lagi, tapi kalau suka bawangnya agak lemas mending di tumis sebentar sebelum dimasukkan ke piring tahan panasnya.
  • Tambahan 14/1-2012. Di resepnya, jenis mustard yang dipakai adalah mustard dijon. Aku waktu buat resep ini cuma paakai mustard biasa, dan rasanya sih menurutku enak2 aja. Jadi kalau memang adanya cuma yang biasa, gpp sih pake itu. Btw, rasa mustard dijon itu kayak apa ya? >___<

Apalagi ya… kayaknya sih cuma itu aja masukan yang aku bisa kasih. Jangan lupa tentang ukuran saos mayonya. Dikira2 aja sama jumlah ayam & kentangnya. Kalau perlu di dobel.. ya dobel aja.. ^__^

Selamat mencoba teman2.. Kalau udah kirim2 kesini yaaa.. Ditunggu paketnya..

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

36 thoughts on “Cooking Diary – Ayam Panggang Kentang

  1. Mayya

    Slurrrrrp….Jadi lapeeeeer…..!

    Ih bebe bikin laper pas sore-sore gini lagi…. ^^ *bukakulkas
    Klo gak ada mustard gimana dong? Maklum disini kota kecil, susah nyarinya
    Masih enak kali ya hahaha *maksa

    Linknya perlu diedit dikit say….kurang html aja kok

    Reply

    1. Bébé

      Hmm…. kayaknya sih masih enak ya.. hahahaha.. mungkin beda2 dikit lah rasanya..

      Ahh.. makasih yaaa.. baru ngeh ternyata tadi ga bisa diklik linknya..

      Reply

  2. mariskaajeng

    wooowww.. *sorak sorai si perut*

    kalo ayamnya dipanggang di oven aja bisa ga ya? biar engga pegel, bisa sambil nyambi tidur-tiduran.. :p

    Reply

    1. Bébé

      hmm.. mateng sih, tapi kan ayamnya musti dilumurin tepung tuh, nah gara2 itu harus di goreng deh..

      Reply

  3. Zilko

    Wuih, kayaknya enak banget tuh. Yang bikin lapar mata terutama adalah sausnya! Arrggghh, susah nggak bikin sausnya?? hehehe

    Reply

    1. Bébé

      ga susahkok.. saosnya cuma campur2in bahannya aja di mangkok kecil, trus tuang ke kentang dan ayamnya deh… asiiik kaaaan..

      Reply

  4. Chita

    Mauuuu… tapi nggak mau bikinnya, cz ditempat aku tinggal sekarang nggak ada oven, iihh nggak seru banget deh masa di Aussie dapur nggak ada oven 🙁 *lho jadi curhat hihihihi….*

    Aku catet dulu deh resep dan tipsnya nanti kalo udah pindah ke tempat yang dapurnya ada oven baru aku cobain. 🙂

    Reply

    1. Bébé

      haaaaa.. memang dari apartemennya ga dikasih atau di Oz ga biasa ada oven? kayak di Indo kan juga ga biasa tuh punya oven..

      Kalo ga coba buat di microwave aja, kadang2 kan ada yang punya fungsi oven tuh… walaupun aku ga tau beneran bisa atau ga.

      Reply

  5. djawa

    Ngilllllllerrrrrrrrrrrr., makanan mulu disini.,
    kaya’nya klo aku gi males makan langsung ksini deh hehe., 😀

    Reply

    1. Bébé

      iya nih, kemarin2 lagi males bikin post masak, sekarang dikeluarin semua deh hasilnya… hahahaha…

      Reply

      1. djawa

        mbaaaaa., aku request resep nasgor dong., hehe., soalnya itu yang praktis buat masak para cowo., 😀 tapiyang beda ma yg lain ya resepnya.,
        klo dah ada resepnya kabari aku., 😀

        Reply

        1. Bébé

          walaaaah… nyar ya dicoba dulu… hahaha… biasanya modal bumbu instan aja yang gampang.. 😀

          Reply

          1. djawa

            pake bumbu instan mah dah bosan mba., pengennya yg baru dan beda ma yang lainnya gt deh mba., 😀

            Reply

            1. Bébé

              (lol) wah selama ini aja aku ngandelin bumbu instan… 😀 udah paling bener soalnya. Rasanya enak trus gampang lagi..

              Reply

  6. Amela

    e tapi bener lho mbak,, fotonya bikin ngiler ini udah kayak foto yang di daptar menu restoran2 itu..
    wah,,, lain kali kalau mau maen ke sini habis makan aja deh, biar perut ga gerubukan minta makan

    Reply

    1. Bébé

      huhuhu aku terharu… seneng banget dibilang fotonya bagus…

      gpp abis makan, biar makin berisi badannya..

      Reply

  7. alaya

    kayaknya enak.
    mau coba bikin juga ah 🙂

    Reply

    1. Bébé

      selamat mencoba… ^__^

      Reply

  8. epi

    lagi suka yg panggang2 yah be? hihihi. keknya yummy nih ayam panggangnya, ngiler liat saos nyaaa…. gue ga ada oven sih, jd terbatas pake kompor doang T_T kl ga di goreng, ya di kuah :))

    Reply

    1. Bébé

      kebetulan sih lagi panggang2 terus. Hasilnya yang bagus yang panggang doang sih.. wkakakak…

      Reply

  9. niee

    aahh sepertinya lebih baik lihat cara masaknya disini yak.. lebih komplit 😀

    Reply

    1. Bébé

      pastinyaaa.. kan udah masuk dapur uji cobanya bebe..

      Reply

  10. armae

    eh iya beneran, bagusan di foto itu daripada yg di web aslinya. hihi…
    Hwidiwww.. masakan luar yaa.. ada beberapa bahannya yg aku gak ngerti itu apa. tapi kalo dilihat dari gambarnya, mau deh kalo disuruh nyicip. 😛

    Reply

    1. Bébé

      Ga tau nih masakan mana, abis cuma modal nyontek aja.. hahaha..
      Kalo urusan nyicip aku juga mauuuuu..

      Reply

  11. Angels

    kalau liat postingan ttg resep, jadi pengen cepet2 punya dapur sendiri trus masakin buat pacar hihihi :p

    Reply

    1. Bébé

      ya ya.. saya mengerti sekali perasaanmu nak… *soktuir*
      Dulu sebelum pindahan, setiap liat temen2 pada bikin kue atau masakan juga mupeng abis.. Pas beneran pindah langsung all out masaknya..

      Semoga cepat jadi dapurnya.. di apartemen yang waktu itu bukan?

      Reply

  12. Ely Meyer

    kamu pinter masak ya Be, pinter motret hasil masakannya, jadi yg baca pasti ngiler deh 😀

    Reply

    1. Bébé

      amiiiiin.. ini juga masih belajar mba.. Baru mulai masuk dapur aja september tahun lalu… Tapi lumayan sekalian buat belajar food photography.. ^_^

      Reply

  13. Dyah

    hihiyyy.. enak ni mba Bebe… thanks sharingan resepnya. kapan2 dicoba ngoven2…

    Reply

    1. Bébé

      Hayoooo.. mumpung baru dapet hadiah ultah kaaaan.. harus dikaryan ovennya

      Reply

    1. Bébé

      Huaaaaaaaaah.. dapet kado lagiiiii…. makasiiiih….

      Reply

  14. kania

    Aduh apa daya mba, rakyat jelata ini enggak punya oven…di kukus gak bisa ya?. enak banget keliatannya……

    Reply

    1. Bébé

      Aku juga untungnya dapet nih dari apartemen langsung.. Kayaknya orang sini emang demennya manggang sih.. yaaah..kayaknya ga bisa deh dikukus..

      Reply

  15. ridha

    Hehehe.. emang top markotop fotonya bebe drpada yang aslinya… 😀

    Reply

    1. Bébé

      ihihihihi.. jadi tersipu bacanya…

      Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P