Seberapa Jauh ?

Berhubung akhir-akhir ini sering ngepost tentang kejadian jaman kecil dulu, jadi kepikiran.. Sampai sejauh mana ya aku bisa inget kenangan waktu aku masih kecil dulu?

Setelah aku coba inget-inget beberapa hari belakangan ini, bisa aku simpulkan kalau kenanganku mentok sampai jaman TK, mungkin sekitar umur 3 tahunan. Itu juga butuh bantuan foto dulu baru bisa kebayang-bayang kejadiannya. Ada juga sih cerita-cerita yang aku inget sampai sekarang, cuma masalahnya aku ga tau apakah semua itu beneran terjadi atau ga.

Kayak rumah kami dulu di Tangerang dimana aku tinggal dari lahir sampai sekitar umur 5 tahun sebelum akhirnya pindah ke daerah Bekasi. Aku masih hafal banget gimana bentuknya, setiap kamarnya, dan beberapa detail lainnya. Yang lucu aku ingetnya punya kamar mandi yang besaaaaaaaaaaaaaar banget dan sering berenang di dalam bak. Pas aku konfirmasi ke ortu, katanya ukuran kamar mandi dan baknya kecil kok… hahahaha.. Kok ya bisa berasa punya kolam renang ya ? 😛

Rumah pertama keluargaku di Tangerang

Trus inget juga kalau waktu kecil setiap kali papaku pulang kantor, aku selalu lari keluar sambil nyanyi lengkap dengan tepuk tangannya sembari nunggu beliau masukin mobil ke garasi… “horeeee… papa pulang… bawa dakocan” Heeeeeh… kenapa juga gue ngarep banget bokap pulang bawa dakocan ya? huahahahahaha… Serem banget kalo dipikir2..

Aku juga masih kebayang-bayang waktu hari Kartini sempat ikutan pawai keliling komplek. Selesai pawai ditraktir guruku makan es krim. Mamaku selalu menambahkan mengingatkan kalau hari itu aku tiba-tiba ngambek sengambek-ngambeknya entah karena alasan apa.. Wah, masa sih ma ? aku ga inget deh.. *ngeles*

Bebe bersama teman-teman di TK… Hayooo… Tebak bebe yang mana…

Sempat aku tanya si bubu tentang hal yang sama. Sayang dia ga terlalu inget waktu kecilnya kayak apa. Tapi lucunya dia masih hafal beberapa lagu anak-anak yang dulu dia suka denger. Kadang si bubu suka nyanyi-nyanyi sendiri “Satu.. dua.. tiga… si gendut naik kuda..” hayooo ada yang inget ga lagu apa itu? Kalo ga juga gpp kok, soalnya aku juga ga tau.. 😛

Kalau kalian gimana? Sampai sejauh mana inget kenangan waktu kecil dulu?

* * * *

UPDATE 29/01/2012 – Berhubung mini quiz tebak foto di atas (yang sayangnya ga berhadiah) belum ada yang benar, aku umumin aja deh jawabannya…

Jadi bebe itu adalah… anak kecil yang lagi manyun duduk persis di tengah (lengkap dengan pose kedua tangan di dagu), memakai baju bali, dan make-up nya udah acak-acakan.. hahahahaha… Langsung keliatan jelas kan miripnya sama bebe yang sekarang? ^___^ 😛

Semoga lain kali aku bisa bikin kuis lagi yang berhadiah. Udah kepikiran hadiahnya sih, cuma pertanyaannya belum.. (ninja)

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

51 thoughts on “Seberapa Jauh ?

  1. Nova

    aku pernah baca artikel, di situ ditulis konon umumnya manusia bisa inget tentang masa lalunya paling jauh pas usia 4 tahun. bener/nggaknya mungkin relatif ya be. 🙂
    foto rumahnya masih bagus sekali, disimpen di album foto pasti ya?

    mau coba tebak nih, di foto terakhir, bebe yang lagi duduk pake baju merah dan sepatu putih ya?

    Reply

    1. Bébé

      Jaha… aku baru tau.. Berarti ga aneh deh ya aku bisa inget sampai masa2 TK

      Iya, kebetulan kemarin orang rumah lagi bongkar ruang kakek trus ketemu foto ini. Di foto trus kirim ke aku deh. Jadi kangen…

      Hihihi, maaf tebakan anda belum benar… ayo dicoba lagi yaaa…

      Reply

  2. arman

    rumah pas kita kecil emang pasti berasanya gede banget deh. soalnya gua juga ngalamin begitu tuh. rumah gua di sby yang gua tinggalin dari sejak lahir sampe umur 13 th tuh seinget gua guedeeeee banget. lha orang gua ama sepupu2 gua sering lari2an di dalem rumah termasuk bisa main ‘tenis-tenisan’ di dalem rumah! setelah udah gede (udah di jkt) pas balik sby lagi untuk liburan, kok berasanya rumahnya jadi kecil ya? huahahaha. gara2 kitanya membesar jadi merasa rumahnay mengecil. 😛

    lho bubu kok bisa inget lagu anak2 nya berbahasa indo (walaupun gua gak tau sih lagu apa itu)? si bubu bukan orang indo kan ya?

    Reply

    1. Bébé

      Bener tuh… sayangnya pas udah gede gw ga pernah ke rumah pertama dulu, jadi ga bisa liat deh tuh “kolam renang” tempat gw waktu kecil sering nyebur.. hahaha.. Tapi seru ya kalau balik lagi ketempat kita tumbuh, apalagi umur2 imut gitu. Nostagila banget.. 😛

      Ortunya si bubu orang Indo yang pindah ke Swedia. Tapi si bubu lahir disini. Jadi ibunya dulu suka nyanyiin itu buat dia. Ajaib sampai sekarang masih inget.

      Reply

  3. Ely Meyer

    kamu yg duduk dari kanan no 3 pakai baju ungu itu ya be ?

    wuii … senengnya kalau masih punya foto pas Tk ya …. ngebayangin tuh yg pakai baju pengantin terus disanggul, capek boo kepalanya nanggung si konde 😀

    Reply

    1. Bébé

      wah, sayang sekali tebakannya masih salah mba..

      Bener banget tuh mba… kalaudiperhatiin jadi kepikiran juga.. Astaga kok ya pada bisa dikonde semua gitu pagi2.. hahaha..

      Reply

  4. en-emy

    Ahahahha sama, kalau Papaku pulang, aku dan Kakakku hebeoh keluar sambil kompak bilang “Papa pulang… papa pulang… papa pulang…” (nggak pake bawa dakocan tapinya. Papaku kan pakai motor. Sebelum masuk, kami minta diboncengi. Padahal cuma dari pagar sampe masuk ke dalam doang, senangnya minta ampunnnn…

    Soal foto tertantang nebak, tapi fotonya susahhhh abisan pake aksesori yang nutupin muka.
    Yang aku inget di foto posting kangen adikmu itu, Bebe itu waktu kecil rambutnya rada tipis dan disisir belah pinggir. Nggak pakai poni. Jadi nggak mungkin yang paling kiri. Hmmm aku nebaknya yg baju polkadot merah, bukan? [walopun masih kurang yakin].

    Btw, itu yang pake baju Minang, lucu banget matanya ampir ketutup.
    Aku punya foto kyk gini. Tapi pas SD. Nanti pasang ah.

    Reply

    1. Bébé

      hahaha… imut deh minta diboncengin motor.. hihihi

      Waduh, masih salah tebakannya tuh… 😀 dicoba lagi yaaaa…

      kesian yang pakai baju minang.. topinya kegedean kayaknya.. ^__^

      Reply

  5. fascha

    ini kayanya postingan homesick deh , ini nulisnya pake nangis ga nih ? netes air mata dikit yah inget ortu , hehehehe, pulang yuk beee !

    Reply

    1. Bébé

      Alhamdulillah kali ini ga sampe mewek, soalnya pas nulis sambil ngobrol sama orang rumah di skype… jadi amaaaaaaan… apalagi mereka rencana mau kesini, jadi semangat deh…

      Reply

      1. fascha

        wuah senengnya yang mw didatengin family , pasti bakal heboh deh. Menunggu ceritanya ya be …

        Reply

        1. Bébé

          Siph… masih lama sih datengnya.. Tapi pas mereka disini pasti banyak cerita deh..

          Reply

  6. Budiman Firdaus

    wah, kangen waktu TK,
    foto rumahnya menarik mbak, tahun berapa itu mbak?

    Reply

    1. Bébé

      hmmm sekitar tahun 1983 kayaknya… Seingetku sih ini waktu awal baru pindah, soalnya abis itu banyak di pugar halaman depannya.

      Reply

  7. Anggie

    Ahhh… ingatanku pun samar2…. Hihi.. untung kebantu juga ma foto2.. Jadi.. marilah qt berfoto-foto ria utk mengabadikan masa2 utk anak cucu qt… 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Setujuuuuuuh… Insya Allah juga aku nanti kalau punya anak mau foto2 terus.. biar dia banyak kenangannya..

      Reply

  8. ellalae

    pantesan kuliahnya di Tangerang ya kak.. serasa mudik gitu ke masa kecil kkk… 😀
    aku sih inget masa TK tapi itu juga udah mulai siwer.. tp sampe skarang masih inget sih TK nya dimana, soalnya waktu kecil kan aku sempet pindah kota 3x, Bandung-J0gja-Tangerang. jadi 3 kota itu selalu punya kenangan masa kecil buat aku.. hehehe…

    tapi jelas yg paling nampol & banyak kenangannya di Bandung sih.. rumahnya eyang yang di Bandung ini, yg nyimpen banyak kenangan kecil… 😀 dari lahir, pindah, trus liburan balik lagi, sampe 4 tahun ke belakang tinggal di sini.. 😀

    jadi pengen cari foto-foto jaman dulu jg deh.. ayo kak, tanggung jawab (lagi)

    Reply

    1. Bébé

      haduuuh, diminta tanggung jawab lagi… kabur aaaaaaaah…

      waaaah iya dirimu pindah2 yaaa.. tapi hebat masih bisa inget semua…

      ho’oh nampaknya sih gitu, saking kangennya masa kecil, pas kuliah cari kampus yang di tangerang juga… :ap

      Reply

  9. epi

    itu lagu nya bukannga “satu2 aku sayang ibu, dua dua aku sayang ayah, Satu… dua.. tiga… sayang semua nya..”? Kok jd si gendut naik kuda ya? :)) gue malah pas TK dah ga inget, cm inget sampe SD doang 😀

    Reply

    1. Bébé

      bukan lagu yang itu…. lagunya memang “satu.. dua.. tiga… si gendut naik kuda.. Kuda lari kencang…,” abisannya ga tau lagi deh… Aku tanya papaku tau lagu itu ga, ternyata memang lagu anak2 jaman dulu.. waktu ortu masih kecil… >___< Kalau liat foto pas TK jadi keingetan ga? kadang foto bantu banget kan?

      Reply

  10. Angela

    Kalo ingatanku sih payah. Banyakan lupanya. Beberapa hari aja udah lupa apalagi yang udah sejak kecil hahaha…

    Reply

    1. Bébé

      hihihihi…. kalau liat foto siapa tau jadi inget lagi…

      Reply

  11. tikka

    ingatan TK kayaknya apa sebelum TK kurang dikit. paling inget pas upacara aku bagian ngucapin pancasila, terus pernah distrap ama temen2 di lapangan wkt TK, samakejar2an cari telur paskah. wakakaka.

    Reply

    1. Bébé

      astagaaaaaa…. kecil2 udah bandel yaaa, ampe disetrap di lapangan… Tapi malah seru sih, jadi banyak kenangannya..

      Reply

  12. Chita

    Hihihihi… foto pas TK lucu banget Be, apalagi ngeliat yang lagi menguap. Kayanya dia udah cape dan bosen deh ma acaranya, sampe-sampe difoto aja udah nggak semangat. 😀

    Aku pas kecil juga ngerasa kalo rumah eyang ku tuh gedeeee buanget, sampe-sampe aku kalo jalan dari depan ke belakang rasanya cape banget. Ternyata pas udah besar, masih gede juga siy tapi nggak segeeeedee bayanganku pas kecil hahahaha…

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha.. apalagi kayaknya dia di konde juga.. pasti udah gerah banget tuh..

      Seru ya kalo diinget2 gimana kita ngeliat sesuatu waktu kecil sama sekarang… Dulu berasa liliput di negeri raksasa.. ^^
      btw, bisa nebak ga aku yang mana?

      Reply

      1. Chita

        hahahaha… aku nunggu press conference aja. Soalnya ngeliatin yang pada nebak-nebak semuanya salah 😛 Penasaran siy, cuma jawaban tebakanku aku simpen dulu, nanti kalo udah ada pengumumannya baru deh aku cocokin hahahaha… 😀

        Reply

        1. Bébé

          huahahahha.. culaaaaaang…. chita culaang..

          btw, jawabannya udah tuh di postnyah… bener ga tebakannya?

          Reply

  13. Zilko

    Hahaha, kapan-kapan aku tulis juga ah. Ingatan pertama yang aku masih ingat jelas itu ketika aku umur 2 tahun (ya sekitar 2,7 tahun gitu kali ya, hehehe ).

    Dan aku dulu pas TK juga gitu tuh, tiap hari Kartini ada acara pakai baju daerah gitu, hahahaha

    Reply

    1. Bébé

      Huaaaaah masih inget 2 tahun ngapain? siph ditunggu ceritanya yaaaah..

      Masih ga sih anak2 sekarang tiap hari Kartini pakai baju daerah?

      Reply

  14. Mayya

    Hahahaha….klo aku kok ingat yak?

    Ampe lagu anak-anak jaman aku hafal banget trus kunyanyiin untuk si Little Bee (saking gak ada lagu anak2 jaman sekarang hihihi)
    Lagu favoritku dulu yang begini ni
    “Aku sedih duduk sendiri
    Papa pergi Mama pergi
    Oh itu dia mereka datang
    Hatiku senang hatiku riang”

    Hari kartini, aku ingat banget klo minta dipakein baju tentara! Gak mau pakai kebaya ato dokter hahahaha….Udah keliatan tomboynya kan? Biarin!

    Trus, waktu TK, ingat banget sering baca puisi di radio…halah….

    Aku curiga foto si bebe nih, yang poninya rapih tuh…ketutupan setengah mukanya. Tebak-tebak buah manggis… 😛

    Reply

    1. Bébé

      Beuuuh… tomboy bangeeet hahaha..

      Aku juga masih hafal lagu itu, kebetulan kan liriknya pendek jadi gampang ngapalinnya.. Ihiiy keren deh udah sering siaran di radio.. 😛

      Hahahahahaa… masih salah nih tebakannya…

      Reply

  15. en-emy

    *penasaraannn sama tebak fotoo* teruss yang manaa? jangan bilang yang lagi nengok ke belakang atau yang ketutupan di belakang ya Bebe. Cubit nih. Ahahahahaha. apa jangan2 yang paling kiri ya? penasaran

    Reply

    1. Bébé

      Masih salah.. bukan yang paling kiri.. Diriku ga setega itu kok.. pokoknya ga ngumpet2 deh..

      Reply

  16. mariskaajeng

    kamu dulu di Tangerang? ih sama dongs. jangan-jangan dulu TK kita sama, jangan-jangan di foto itu ada aku juga, jangan-jangan kita dulu tetanggaan

    Reply

  17. mariskaajeng

    btw, ga ada ya anak TK yang ga pernah pake baju daerah terus pawai.. hihihi 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Memang jaman sekarang masih ya? kalau dulu sih kayaknya emang udah tradisinya deh… 😀 kalo sekarang ga tau deh…
      Iya, aku tinggal di Tangerang 5 tahun… tapi nama daerah/kompleknya lupa… >___<

      Reply

      1. mariskaajeng

        masih dong, tahun lalu keponakan pake baju daerah sama teman2nya di TK loh..

        Reply

        1. Bébé

          bagoooosss… lucu2 banget soalnya kalau anak TK pakai baju daerah…

          Reply

  18. en-emy

    Tok tok tokk… Bu Joko… Bu Joko… Eh salah, Bebe maksudnya. Mana jawaban tebak fotonya :(( penasaran. Ahahahahhaa (demanding mode: on)

    Reply

    1. Bébé

      hahahahaha.. kasih kesempatan nebak 1 kali lagi deh… siapa tau bener kali ini… ^__^

      Reply

      1. en-emy

        me clueless Be

        masa nebak tapi nggak yakin. yaudin, sabar deh aku nunggu Bebe press confrence soal sayembara foto tk itu. huhuhu.

        (serius Be, aku penasaran. nggak banget yaaa, ginian doang penasaran. ahahahaha)

        Reply

        1. Bébé

          sudaaaaaaaaaaah, jawabannya bisa diliat di postnya yaaaaaaah…

          Reply

          1. en-emy

            baru bacaaaa. ya ampunn, sama sekali ngga ngira itu kamuu… lucu bener sihhhhhhhhh. ahahahaha lagi manyun. hmmm kok beda sama yg di foto kamu sama adikmu. aku aja kali yg kurang jeli.

            *akhirnya bisa tidur tenang* *lebay*

            Reply

            1. Bébé

              Hahahaha… iya, ini masih kecilan soalnya, kalo yang difoto sama adek udah gedean dikit *ga ngaruh yaaa* 😛

              Akhirnya, terjawab juga teka tekinya kan?? hihihi

              Reply

  19. niee

    kalau aku inget bener tuh dr umur 2 tahun aja mbak.. pas aku pindahan rumah ke umah yg sekarang.. eh tapi soal bak mandi besar aku juga loh mbak.. dulu pernah mandi nyemplung di bak mandi sekarang.. kalau sekarang mah boro2 setengah badan udah gak muat.. mgkn karena badan masih kecil jadi berasa punya bak besar ya mbak.. hehehe

    Reply

    1. Bébé

      iyaaa.. enak ya jaman kecil dulu, berasa punya kolam renang pribadi di rumah.. ^___^

      Reply

  20. Nova

    haa serius yg pake baju kuning-ijo??? bebee, ternyata udah bakat mungil dari TK yaaaa.. 😀

    Reply

    1. Bébé

      imut yaaaa… biar memble asal kece… hahahaha…

      Reply

  21. Phe Cupah

    salam kenal Bebe, saya sedang berselancar dengan pencarian “satu dua tiga si gendut naik kuda” tujuannya utk cari lanjutan lirik lagu bersejarah itu, dan thanx god diantar ke sini… aku mohoooon, tolong tanyakan sama bubu-mu apa kelanjutan lagu itu. aku hanya bisa mengingat “Satu dua tiga si gendut naik kuda, kuda lari kencang si gendut hatinya senang…” nah kelanjutannya masih ada empat, lima, enam kuda melompat jatuh… bla…bla… bla *tak mampu mengingat lagi* lanjutan lagu itu menceritakan peristiwa si gendut nya jatuh, kakinya dut endutan.. sumpah lagu itu kocak banget :laugh: tolooooong tanyakan pada Bubu, aku mohoooon 🙁 lagu itu menjadi sangat penting beberapa hari ini…

    Reply

  22. Ega

    penasaran lagi nyari lagu yg si gendut gk ketemu ketemu.. lagu favorit jaman kecil dulu 🙂 satu, dua, tiga si gendut naik kuda, kuda lari kencang si gendut ajlut ajlutan.. kalo ada yg nemu, infoin ya pliss.. buat anak ku 😀

    Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P