Cooking Diary: Homemade Ravioli with Tomato Sauce

Sejak pertama kali aku liat salah satu peserta Masterchef Junior Australia berhasil membuat ravioli dari awal, aku langsung terobsesi untuk bisa bikin ravioli sendiri. Yah kalian tau kan kalau aku itu suka ga tahan mau ikutan kalo liat sesuatu, apalagi kali ini anak kecil aja bisa buat. Membaralah niat dan tekad di hati untuk nyoba juga.

Aku udah mulai percobaan pertamaku beberapa bulan yang lalu. Sibuk banget cari resep dan turorial cara membuat ravioli dough di youtube dan beberapa blog. Pas diliat sih keliatan gampang banget. But O.M.G.A.S.T.A.G.A.H… kalau dicoba beneran, aslinya susah beneeer.. Kayaknya aku buang 2 porsi bahan mentah karena hasilnya selalu berantakan. Pembelaanku sih karena aku ga punya pasta machine (alat penggiling adonan pasta supaya tipis secara merata) jadi adonannya masih ketebelan untuk dipakai. Tsaaah nyalain keadaan emang paling enak yaaa… 😀 Eniwei, setelah percobaan tersebut akhirnya aku nyerah. Yaaah, mungkin ilmu saya belum nyampe sana..

Belajar dari pengalaman, untuk percobaan kali ini aku pakai kulit wonton yang aku beli di toko asia. Oh ya.. aku baru tau looh kalau kulit wonton itu bisa dipakai juga untuk membuat siomay dan pangsit.. *hiiiih kemana aja neeeeng?!*

Berhubung aku ga perlu pusing mikirin adonan ravioli, aku bisa konsen untuk membuat isinya. Hasil browsing di mbah google, ketemu sebuah blog makanan yang astagaa.. ciamik banget.. Di blog tersebut dijelasin cara membuat ravioli dough dari awal. Untuk teman-teman yang mau mencoba buat sendiri bisa langsung menuju ke TKP yaaa…

filling ravioli – spinach with ricotta cheese and mushroom (I added the mushroom myself)

Resep filling ravioli:

  • 1 sendok makan olive oil
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 260g bayam segar
  • 250g ricotta
  • kulit lemon yang di parut kulitnya ½ bagian.
  • 1/4 sendok teh pala bubuk
  • 1/4 cup keju parmesan yang sudah diparut
  • garam dan lada secukupnya
  • 1 kaleng jamur champion yang dicincang kecil-kecil (hasil improvisasinya bebe)

Cara membuat filling ravioli:

  • Panaskan penggorengan, tumis bawang putih sebentar.
  • Tambahkan bayam dan masak keduanya sampai bayam agak layu.
  • Pindahkan bayam dan bawang putih yang sudah digoreng ke wadah dan biarkan dingin sebentar, setelah dingin peras bayam dan buang sisa air.
  • Cincang kasar bayamnya dan kemudian masukkan ke dalam mangkuk.
  • Campurkan seluruh bahan menjadi satu dan bumbui dengan garam dan lada secukupnya sampai pas.

cover the filling with another dough and glue it together with water

Setelah isinya jadi, taruh satu sendok teh adonan filling ke adonan. Basahkan permukaan adonan dengan air, kemudian tutup dengan lapisan adonan baru. Oh iya setiap kali selesai membuat satu ravioli, pastikan jangan sampe menindih satu sama lain, karena kadang kalau ditumpuk-tumpuk raviolinya suka nempel. Sesudah siap dimasak cukup masukkan raviolinya ke dalam air mendidih selama beberapa menit sampai adonannya lembut tapi tidak terlalu lembek.

Untuk saus tomatnya aku pakai resep pribadi… prikitiewww.. saus tomat spesial ala bebe niiih…

Bahan-bahannya:

  • 2 sendok makan olive oil
  • 2 siung bawang putih yang dicincang halus
  • 2 kaleng crushed tomato
  • 3 sendok makan saos tomat botolan
  • 3 sendok makan tomato puree (kalau ga ada, bisa diskip)
  • oregano
  • crushed basil
  • 1 sendok teh gula
  • garam, merica secukupnya

Cara membuat saos tomat ala bebe:

  • Tumis bawang putih dengan olive oil sampai harum.
  • Masukkan crushed tomato dan campur rata dengan bawang putih.
  • Masukkan saos tomat botolan dan tomato puree.
  • Tabur gula dan aduk secara merata.
  • Bumbui dengan oregano, basil, gula, garam dan merica secukupnya.
  • Hasil jadinya adalah rasa saos agak mirip saos bolognese tapi jauh lebih fresh dan sedikit lebih asam.

Don’t forget to put some shredded parmesan on top.. hmmm.. yummy

Oi.. oi.. oi.. ga berasa posting ini udah panjang banget yaaaa… Semoga ga pada bosen bacanya. Akhir kata… selamat mencoba membuat ravioli sendiri..

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

29 thoughts on “Cooking Diary: Homemade Ravioli with Tomato Sauce

  1. ridha

    Intinya, ravioli ini pake kulit wonton? keren beneeeeeeer.. aku juga udah lama pengen bikin pasta sendiri. belum ada alatnya T.T
    masih ngerayu misua dulu.. hehehe… 😀

    Reply

    1. Bébé

      ho’oh… udah panjang2 nulis, intinya sih emang itu ajah..

      Sebenernya bisa kan ya manual gitu tanpa mesinnya, tapi susahnya ampuuuuuun dije..

      Reply

  2. ristin

    Wew.. Lama2 jadi chef beneran nih jeng ddp.. Keren dep.. Dan kayaknya yummy bgt.. ^ ^

    Reply

    1. Bébé

      hahaha.. udah jadi chef kok mba.. chef di dapur bebe..

      Rasanya enak looooh… sungguh.. kalo kata suami sih gitu… 😛

      Reply

  3. nique

    aku baca mpe kelar kok.
    ngeces liat penampakannya.
    tapi ga tau deh mau nyobain apa engga 😀
    gpp deh, sementara ini mbayangin dulu aja huehue …

    besok, masak apa lagi Be?

    Reply

    1. Bébé

      Haaah.. terima kasih udah baca sampai kelar..

      hmm… kalo resep baru yang udah dicoba sih ada lumpia udang mayonnaise, sop daging, sama beef yakiniku… besok2 ga tau nih mau masak apa.. Masih penasaran buat pempek sendiri sih.. (thinking)

      Reply

  4. tikka

    waaaa, hebatnya hehe. lumpia udang mayone. yummmy, mau dong resepnya hehe

    Reply

    1. Bébé

      Ma’acii… Resep lumpia-nya bisa diliat di.. http://ncc-indonesia.com/detail.php?aid=387

      Reply

  5. Zilko

    wonton itu memang bukannya pangsit ya?? hehehe

    Ugh, kayaknya enak raviolinya!!

    Reply

    1. Bébé

      eh.. iya yah..? ah jadi malu sayaaaa… hahahaha…

      enak dan mudah Ko, kalo lagi iseng lumayan loh buat cemilan…

      Reply

  6. misstitisari

    tanggung jawabbb!!! saya laparrr liat penampakannya >,< #eluselusperut
    enak banget yah be keliatannya

    Reply

    1. Bébé

      huaaaa.. disuruh tanggung jawaaaab.. kabuuuuur…

      ho’oh enak banget benerannya juga kok… sungguh…

      Reply

  7. elfarizi

    kayak pastel yang belum digoreng hehehe #KatrokModeOn 🙂
    yummy …

    Reply

    1. Bébé

      hahahhaha… kirain pangsit.. 😀

      Reply

  8. SarVic

    Huwoooww, itu terakhirnya merah merona nan menggoda sekali.. *ngeces*

    Itu rasanya seenak penampilannya nggak, Be?? Hahahaaa… #kabooorrrr

    Reply

    1. Bébé

      ya ampuuuuun.. segitu ga percaya dirimu padaku… oh, hariku terluka… pedih rasanya… pediiiih… *drama queen: mode on*

      Reply

  9. niee

    mbak bebe.. aku baru denger makanan yg namanya ravioli.. *katrook* hehehhee

    Reply

    1. Bébé

      Waaah… yah setidaknya sekarang udah denger kan? berarti langkah selanjutnya tinggal cobain deeeeh.. Enak looooh..

      Reply

  10. rumah kOpi

    kaloada master chef indonesia lagi, ente ikutan ya be

    Reply

    1. Bébé

      hahahaha… nampaknya seru tuh, sayangnya aku gampang demam kamera *eh

      Reply

  11. fety

    kayaknya mudah nih, mbak 🙂 gak tau nnt klo udah dipraktekkan hi..hi..btw, ricottany abs diganti dengan keju lainkan, mbak?

    Reply

    1. Bébé

      hmmm… kayaknya sih ga ya.. Tapi selama ini aku belum pernah coba pakai keju jenis lain sih.. ^__^

      Reply

  12. angela

    bebe, kreatif banget pake kulit wonton.. ga pernah kepikiran kalo pasta sama wonton beda2 tipis aja ya haha… patut dicoba nih..

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha.. aku juga taunya gara2 apa ya… baca di blog siapa gitu.. trus pas liat di bungkus wontonnya ada tulisan buat ravioli juga.. klop deh.. Iyaaa.. harus dicoba..

      Reply

  13. ndutyke

    Sepertinya enak 😀 semoga di surabaya ada restoran italia yg jualan ravioli 😀

    Reply

    1. Bébé

      Semoga bisa mencicipi… ^^ Kalo ga salah di PHD ada loh ravioli.. Seingetku sering beli ravioli di PHD (pizza hut)

      Reply

  14. Cooking Diary: Homemade Pizza : { a Memory Bliss }

    […] sih bisa aja bikin adonan pizza sendiri, tapi setelah kejadian bikin adonan ravioli yang katastrof banget itu.. aku pikir kayaknya lebih bijak untuk beli adonan jadi aja. Bebas pusing! Bener […]

    Reply

  15. mira

    mbak….ada saran gak, kulit wontonnya yg cocok pake merk apa? thx yaa

    Reply

    1. Bébé

      Aku pakai merek yg nemu di toko cina aja. Mereknya lupa

      Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P