Cooking Diary: Lumpia Udang Mayonnaise

Berhubung akhir-akhir ini bebe lagi aktif nyoba resep-resep baru, jadilah sekarang post cooking diarynya agak membludak. Apalagi ditambah aku masih semangat foto-foto, komplit deh derita kalian… Semoga ga pada bosen ya ngeliatin postingku isinya makanan melulu…

Sebelumnya aku mau ngasih kabar tentang ebook giveawaynya Chita yang aku ikut minggu lalu… Dan hasilnya adalaaaaah… aku ga menang…. huaaaaa…. hiks hiks… srooot.. sroooooot… *nangis ngejer sampe meleran semua* Ckckck.. drama queen banget ya? 😛 yah, maklumin aja, namanya juga bebe… Eniwei, ya gapapa lah.. menang kalah itu biasa… siapa tau di giveaway berikutnya aku berhasil dapet hadiahnya, ya ga? *berusaha nyenengin diri sendiri* Oh iya, congratulation ya Arman… Ditunggu cupcakenya, pasti ciamik deh..

Kembali ke urusan perut, pada cooking diary hari ini aku mau membahas sebuah resep yang bisa dengan lantang aku bilang adalah salah satu resep tergampang yang pernah aku buat. Mungkin tingkat kesulitannya bisa dibandingkan dengan memasak mie instant. Yah ga sama persis sih, tapi mirip lah… Saya ndak bohong deh… sungguh… asli… serius… gampang banget…

Ga percaya? mari kita lihat list bahan-bahan yang dibutuhkan…

  •  300 gr  Udang Kupas
  • 2 sdm   tepung sagu / Maizena
  • 1 sdm   Minyak Wijen
  • 1 sdt   Garam

Sejauh ini masih ok kan ya? Ga ada bahan yang susah dicari atau terdengar ajaib… Sekarang mari kita liat cara membuatnya…

  1. Udang diberi semua bumbu dan aduk rata
  2. Ambil satu lembar kulit lumpia, isi dengan satu sendok bahan isi, lipat segitiga atau gulung seperti amplop, rekatkan, goreng.

Tuuuh… bener kan bebe ga bohong, buatnya gampang banget teman-teman. Dan sungguh deh, kalo bebe bilang gampang artinya semua pasti bisa… ^__^ Enihooo, hasil jadinya seperti apa? Jeng.. jeng.. jeng… Siapkan perut anda – sementara saya kabur dulu karena biasanya abis ini banyak yang minta pertanggung jawaban.. *ngumpetdibalikselimut* –  Taraaaaaaaaaa….

Pada resep aslinya si penulis ngasih tau juga cara membuat mayonnaise sendiri, tapi berhubung saya malaaassssss… ya kali ini potong jalan aja lah langsung pakai mayonnaise botolan. Toh pada akhirnya yang penting kan lumpianya, bukan mayonnaisenya.. setuju teman-teman? setuju yaaaa…

Oh iya, nyaris lupa.. pasti pada penasaran tentang rasanya. Hmm.. kayaknya ga ada kata lain yang lebih pas selain ENAAAAAAAAAAAAAAAAAAAK!!!!!!!!! hihihihi.. Kulitnya krius-krius garing sementara isinya lembut dan yummy banget. Ditambah wangi minyak wijennya yang walaupun samar-samar tapi masih tercium harumnya. Haaaaaaaaah…

So, sekarang hayo pada langsung jalan ke dapur dan coba resep ini… Enak loh buat ngemil-ngemil sore sambil rebutan sama pacar/suami… *kedip-kedip*

NB: Resep di atas dikutip dari sini.

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

44 thoughts on “Cooking Diary: Lumpia Udang Mayonnaise

  1. niee

    kulit lumpianya yg instan ya mbak? aahh pengen buat jadinya *tapi gak ada waktu.. eh gak niat sepertinya.. hehehehe….

    Reply

    1. Bébé

      ho’oh.. pakai yang instan aja saya… abis dari resepnya juga dimintanya pake yang instant..

      ayo dooong dicoba…. ayooo… *loh, malah aku yang ngerengek.. *

      Reply

  2. ridha

    kok udangnya keliatan kaya digiling gitu?
    tapi kayanya emang enak nih buat nambah berat badan T.T 🙁
    Maaf ya be, kayanya kudu dijauhin ini makanan dari pandanganku, ga usah dikirim ke goteborg ya… lagi diet ceritanya :p (halaaaaaaah, diet kok ga turun2 juga berat badannya) hahahah 😀

    Reply

    1. Bébé

      huhahahaha.. inisiatip tukang masaknya tinggi banget, padahal ga usah di cincang udangnya, tapi sama aku dicincang alus.. 😛 biar keliatan banyak…

      yaaaa, padahal udah disiapin 3 troli loh siap dikirim ke Göteborg… ga usah nih bener? kalau gitu saya makan sendiri deh..

      Reply

  3. nique

    sementara saya catat dulu
    masuk agenda seperti biasa
    menunggu dapat asisten buat jagain warung
    baru deh menjajah dapur lagi hehehe
    melihatnya saja sudah ndegut air liur, gimana makannya cobaaaaaaaaaaaaaaaa
    uhhh …. *pegangin perut, karena penghuninya lagi demo*

    Reply

    1. Bébé

      Ngeroll lumpianya sembari jaga warung aja.. *dilemparmeja

      Btw, diagendanya ada resep ayang bisa dibagi ga? mau doooong…

      Reply

  4. tikka

    waaaa, ada juga hehe. wajib coba ni ^^ makasih bebe ^^

    Reply

    1. Bébé

      Sama-sama… silahkan mencoba..

      Reply

  5. Zilko

    iya ya kalo dipikir-pikir bikin lumpia gitu nggak susah, hahaha . Tapi disini udah ada yang jadi tuh di orientalmarkt. Mini lumpia sekotak gitu yang isi 40 harganya 2,5 euro aja (tapi ini lumpia vegetarian sih, kalau yang lumpia udang 4 euro, hahaha). Jadi kadang males bikinnya dan beli yang udah jadi ada deh

    Reply

    1. Bébé

      Emang paling enak tinggal beli jadi yaaaa.. Tapi coba aja ko, kalo iseng2 gitu.. huahaha..

      Reply

  6. ellalae

    tepok tangan buat kak bebe yang slalu bikin aku pengen nyoba masak..
    tapi endingnya males..
    dan mau minta ajaa….
    kkk~ kirim dong dr swedia.. ;p

    Reply

    1. Bébé

      gpp la, emang yang penting itu niatnya kok… kalo niatnya naik pasti ada jalannya… *eh, ini malah ngomongin apa toh?*

      tapi krim tiket pesawar pp-nya yaaah.. aku anterin langsung deh..

      Reply

  7. Mayya

    Wah, kebetulan lagi ada kulit lumpia nganggur dirumah. Isiannya aku tukar ama ayam, enak juga kali yaaaa?
    Tengkyu ya beee…Lumayan buat cemilan keluarga niiiih ^_^

    Reply

    1. Bébé

      Sama-sama dear… Pasti enak juga tuh May, ayamnya tinggal bumbuin sedikit sama garam dan merica.. ugh langsung maknyusss..

      Reply

  8. ladeva

    Aku suka banget mayonaise Be. Tapi males bikinnya. Hehehe….malas mulu alasannya 😐

    Reply

    1. Bébé

      hahahaha… mayo-nya mah pakai yang botolan aja Dev… lumpianya baru buat sendiri.. ato ga, lumpia beli jadi trus mayonya pake yang botolan.. pasti ga males lagi.. *eh

      Reply

  9. mariskaajeng

    wow rapih banget lumpianya.. 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Iya dooong… bebeeeeeee… *jangan di toyor yaaa*

      Reply

  10. ucil

    wah patut dicoba nih 🙂 menarik juga gambarnya

    Reply

    1. Bébé

      rasanya menarik juga loooh…

      Reply

  11. della

    Pas banget, kemaren baru beli udang 4 ons dan lagi bingung mo diapain, hehehe..
    Makasih ya, Bebe 😉
    Mayonaisenya juga beli aja, ah. Sesuai prinsip hidup: kalau bisa beli, ngapain bikin :p
    Etapi aku biasanya sih, yang goreng-goreng gitu cocolin sambel, pake mayonaise malah blom pernah nyoba 😀

    Reply

    1. Bébé

      Iya, tanteku juga nyaranin cocol ke saos asam manis gitu, katanya lebih enak dan less calorie. Tapi karena si bubu ga suka sambel, jadi kemarin pake mayo..

      Sama-sama… kalo enak, bilang-bilang yaaaa

      Reply

  12. della

    Be, udangnya dicincang kasar dulu kali ya? Kalau dimasukin bulet-bulet, nggak bisa dapet banyak dong. Rugi 😀

    Reply

    1. Bébé

      ho’oh… dicincang aja, aku juga kemarin gitu kok.. Soalnya pake udang yang ukuran sedang dan kulit lumpianya juga yang ukuran kecil, jadi sayang kalo udang utuh..

      Reply

  13. Chita

    Wuaaa Bebe canggih, abis nangis langsung bikin lumpia enak begitu! hehehehehe…

    Aku catet resepnya, siapa tau minggu depan udang lagi murah harganya jadi bikinnya bisa agak banyakan. Kebayang niy bikin dikit ngegorengnya lama, tapi masuk perutnya cepet hehehehehe…

    Reply

    1. Bébé

      Iya Chit, kan abis nangis nyemil lumpia.. 😛

      Bener, kalo bikin langsung banyak aja… kemarin aku buat sedikit-sedikit karena mau nyoba dulu, enak ato ga.. Ternyata enak, jadi rebutan sama si bubu…

      Reply

  14. rina

    Inilah susahnya tinggal di qatar…nyari saos abc aje susah bener, nyari sushi kit gak dapet…nyari kulit lumpia dimenong yah?!! ( ¬͡͡˛ ¬͡͡”) kangkung aja gak ada di sini, padahal carefour biasanya lengkap bgt! ( ¬͡͡˛ ¬͡͡”) masih mending UAE kemana2 deh…*lhokokjadimarah2disini* hihihihihi…kirim sini beee lumpianyaaa!

    Reply

    1. Bébé

      Awwwww…. cini cini.. peyuk duyu…

      Kangkung disini ga ada looooh *biarseneng* Memang di sana ga ada toko asia ya? kirain toko asia dimana2 pasti ada.. >__<

      Reply

  15. Ely Meyer

    Beeeeeeeeeeee ….. mau dong lumpianya, aku sukaaaaaaa sekali , sayang kulit lumpiaku lagi habis jadi nggak bsia praktek langusng deh 🙁

    fotonya bener bener cantik sekali Be, aku paling nggak bisa motret makanan, bisanya cuma motret benda bergerak 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Aku kemarin pas ngabisin kulit lumpia sisa nyoba resep crab ranggonnya si Chita nih mba.. Daripada dibuang.. sayang..

      Aku malah ga bisa foto benda bergerak mba, refleksnya kurang tanggap… hahaha..

      Reply

  16. en-emy

    ngiler sushi kemaren belum terbayarkan (belum sempet nyushi nih), sekarang ditambah ngiler lumpia ini

    Reply

    1. Bébé

      Dirimu mau ninggalin nyusi siiih.. jadi kasih bahan ileran yang lain deh..

      Reply

  17. Anggie

    Kok hampir mirip ya Beb, ma bahan pangsit udangku… Hoo..hoo..hooo…

    Reply

    1. Bébé

      Waaaah.. sama ide kali yaaa… kalau yang pangsit bedanya apa lagi? siapa tau kapan2 iseng nyobain buat…

      Reply

  18. misstitisari

    Sabtu kemarin juga aku bikin lumpia Be! 😀 isinya rebung dan daging giling, soalnya udangnya mahal hahaha *pelit*
    tapi makannya ga pake mayonnaise tapi nyeplus cabe rawit *Indonesia banget* 😀

    Reply

    1. Bébé

      Ugggh mau dong resepnyaaa… eh tapi bahasa inggrisnya rebung apa ya? pingin deh bikin kayak lumpia semarang gitu.. Nyam nyam nyam… Emang lebih maknyus pake cabe.

      Reply

      1. misstitisari

        bamboo shoots kalau ngga salah, pernah baca resep kari orang thailand dia mencantumkan bamboo shoots ini pas aku coba cari ternyata rebung
        gampang Bee, bumbu isiannya cuma bawang putih, merica, ebi, garam, trus ditumis deh tuh si rebung, toge, udang, langsung diisi ke kulitnya, selesai. Ya kalau mau digoreng tinggal digoreng, tapi kalau yang saus semarangnya itu aku ngga tahu, ngga suka soalnya jadi ngga pernah bikin sausnya 😀

        Reply

        1. Bébé

          hmmm berarti misiku harus cari ebi dan rebungnya dulu nih…

          Ntar kalo nemu, coba ah.. makasii yaaa… *kasih bonus kecup*

          Reply

  19. ndutyke

    Aku kok lbh ngiler ngliat mayones-nya ya?

    Reply

    1. Bébé

      mayonesnya emang enak kooook…

      Reply

  20. ShellaTanoto

    Mba, untuk resep diatas, kurang lebih bisa dapet berapa lumpia ya? Thanks :):)

    Reply

    1. Bébé

      Karena aku pakai kulit lumpia yang kecil, jadinya sekitar 12 pcs.. atau malah lebih ya.. aku lupa… 🙁

      Reply

  21. Cut Inong Mutia

    Dear Bebe…

    Salam kenal…

    Saya Inong, salah satu silent readermu sejak bulan lalu…Lupa tahu blog Bebe dari siapa ya 🙂 Kalo gak salah dari blognya Mbak De deh 😀

    Anyway, pas baca postingan resep ini, langsung kepikiran mau komen dan bakal praktekin segera resepnya…Karena memang kelihatan banget gampangnya 🙂

    Thank you untuk sharing resepnya ya 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Hai hai..
      Salam kenal juga.. ^^

      Semoga suka resepnya.. aku sekarang juga sering ngasih potongan daun bawang sedikit ke adonan isinya loh.. Tapi kayak diatas juga udah enak bangeeeet. Selalu rebutan sama suami tiap kali bikin.. :laugh:

      Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P