Mid Week Update 7

A round-up for everything that’s been happening these past few days… ga pake lama, sok atuh mari kita mulai… hihihi..

* * * *

Kado Special dari Bubu

Hari kamis kemarin seperti yang udah aku tulis di post ini, aku dapet hasil ujian SFI-ku dan hasilnya aku lulus. Pas pulang dari sekolah, aku langsung chat sama bubu..

Bebe: ga ada kado nih buat aku, kan lulus SFI? (ngarep tingkat dewa)

Bubu: emang kenapa harus ngasih kado? (#jleb.. dalem ya jawabannya.. hahaha..)

Bebe: Ya gpp sih.. siapa tau udah nyiapin kado buat aku.. (berusaha sok cool)

Bubu: Hmmm…

Abis itu si bubu diem aja. Karena aku kira dia lagi sibuk kerja, ya aku ikutan diem juga. Aku malah sibuk bikin blog post. Kira-kira setengah jam setelahnya, dia ngirim message singkat “liat email“. Pas aku cek, ternyata di sana ada email yang di forward bubu berisikan faktur pembelian iphone 4S. Huaaaaaaaaaaa… Ga salah liat nih? *kucek2 mata* Aku coba baca lagi pelan-pelan. Takutnya udah ge-er ternyata salah baca kan malu ya book. Setelah beberapa kali baca ulang dan mastiin kalau ga salah pengertian, baru aku yakin bener-bener kalau dia baru aja beliin hp baru buatku.

Bebe: Itu apa????

Bubu: Udah dibaca kan?

Bebe: Udah… bubu beliin iphone?

Bubu: Hmmm…

Bebe: (mikir bentar) Ngggg… aku musti nyicil bayar bulanannya ke kamu ga?

Bubu: -_______-

Bebe: Hehe.. hehehehe.. he.. he.. he.. (lama-lama nyengir lebar) Makasiiih bubukuuuu… puss puss

Kenapa aku nanya tentang bayar bulanan? Soalnya udah dari beberapa minggu sebelumnya aku bolak balik buka website provider hp-ku dan liat-liat paket bulanan (plus internet, etc) ipon 4S berapa. Makanya pas tau si bubu beli, jadi kaget gitu.. jangan-jangan eike tetep musti bayar lagi.. wkakakakak…

Enihooo… hari Senin kemarin akhirnya si henpon dateng juga. Kok musti nunggu sampe Senin? Sistemnya disini kalau mau beli hp lebih murah emang mendingan mesen online daripada beli langsung ke toko. Ditambah lagi disini ga ada tempat macam ITC Cempaka Mas ato  Mal Ambassador dimana banyak toko henpon jualan bebas gitu. Mau ga mau lah, daripada bayar lebih mending beli online aja langsung dari operator hp-nya *teteup perhitungan*

Wajah cerah, ceria, gembira plus capek nyampur jadi satu

* * * *

Memulai Babak Baru di SAS

Selain henpon baru, hari Senin kemarin aku juga mulai belajar di kelas baru pada tingkat SAS (Svenska som Andraspråk – bahasa Swedia sebagai bahasa kedua). Karena aku tetap sekolah di tempat yang sama, ga terlalu banyak teman baru di kelasku. Guru-gurunya pun masih sama seperti sebelumnya. Yang berbeda drastis adalah bahan pelajarannya yang super duper syusah. Baru hari pertama aja, aku udah dikasih 7  lembar tugas yang semuanya harus kelar dalam waktu 6 minggu, dan di masing-masing lembaran itu ga cuma satu tugasnya. Kadang ada 2, kadang bisa 10.. macem-macem lah. Memang kedengerannya panjang sih waktu yang dikasih, tapi itu cuma dari satu mata pelajaran. Pelajaran yang lain seperti Skrivträning (latihan menulis) juga ada pe-er sendiri. щ(゚Д゚щ) Musti begimana ini ngerjainnya..?? Uhuk uhuk uhuk.. Itulah alasan kenapa sekarang jadi agak susah blogwalking dan ngepost dimarih..

Semoga sebentar lagi aku udah bisa nemu ritme kerja yang enak. Jadi semua bisa beres dikerjain, baik itu ngurus bubu, sekolah, ngerjain tugas, beresin rumah, plus yang paling penting… mainin hape baru.. jiahahaha…

* * * *

Mencoba Menjadi Orang Bijak

Seperti tahun-tahun sebelumnya, sekitar akhir bulan Februari dan awal Maret gini happening banget orang-orang ngurusin laporan pajak. Dikarenakan diriku udah punya NPWP, mau ga mau aku harus tetap laporan ke kantor pajak walaupun udah ga punya penghasilan di Indo dan tinggal di luar negeri. MASALAHNYA… aku ga tau harus gimana niiiih…

Baca-baca di milis dan grup FB, banyak yang bilang kalau aku harus mendaftarkan diri ke kantor pajak sebagai Wajib Pajak Non-Efektif. Tapi untuk mendaftarnya apakah butuh dateng langsung, atau kirim surat atau malah bisa by email, aku masih ga ngerti. Abis itu aku juga ga tau syarat-syaratnya apa aja yang musti siapin. Udah nyoba nyari form yang bisa diisi di website http://www.pajak.go.id/ tetep ga ketemu. Mau nelp sendiri ke kantor pajaknya juga ga mungkin. Aku juga sempet minta tolong ke ortu sih untuk tanya-tanya tentang WPNE ini, cuma mereka aja bingung pas aku jelasin. Asli clueless gini… Huhuhuhu… adakah yang bisa membantuku?

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

69 thoughts on “Mid Week Update 7

  1. ridha

    Cihuuuuuuuuuy hape baru *suit suit*
    Aku sih jarang pake hape disini jadi pake hp butut aja dah umur udah 3 tahun hihihi..
    Hmm… ngebayangin klo aku yang ambil sas gimana nasib anak sama suami yah?
    WPNE itu juga aku baru denger loh… emangnya wajib gitu yah? buat apa sih? *maap malah nanya balik* 😀

    Reply

    1. Bébé

      Aku juga sebelumnya pake hp soner hihihi.. trus akhir2 ini suka ngilang mendadak gitu tulisannya. Makanya ngincer hp baru.. 😛

      Hahahaha… mungkin kalo udah gedean dikit kali ya, jadi bisa dititip di dagis, baru bisa mulai SAS lagi.. ^^

      Kalau dulu di Indo sempet buat NPWP, ternyata walaupun udah pindah ke LN tetep harus laporan loh. Walaupun bilangannya nol. Tapi aku masih ga tau caranya. T___T

      Reply

      1. ridha

        sebenernya sih aku ga pernah kerja di indo (kebetulan) tapi bikin npwp juga supaya ga bayar fiskan aja waktu itu.
        dan Alyzza udah masuk dagis dari januari lalu. cuman hari2 indah pas dia di dagis itu aku pake buat leyeh2, bikin cemilan yang agak fancy sama bersih2 rumah 😀 pengen nikmatin kesendirian dulu sebelum mulai sibuk lagi hehehe..

        Reply

        1. Bébé

          Jiahahaha… alasannya sama kenapa bikin npwp.. lumayan ya book ngirit 1 juta buat fiskal.. 😛

          Walah, udah masuk dagis toh Alyzza-nya.. Kirain masih kecil banget.. >___< Sebenernya sih SAS ga terlalu perlu juga.. Kalau udah lulus SFI udah cukup buat cari kerja sih. Aku mikirnya daripada bengong di rumah, akhirnya ngelanjutin aja deh.. Sekarang malah pusing sendiri...

          Reply

  2. Djawa

    waah kerreeen., 😀 maaf ya baru mampir ksini lg., 😀

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha.. gpp.. makasih loh udah mampir lagi ^^

      Reply

  3. en-emy

    ah, kadonya bikin iri >.<
    btw, soal SPT, sini-sini tak bantuin.
    besok ya coba aku telpon ke Halo Pajak.

    yang aku mau tanya, selama setahun ini kamu belum ada penghasilan kan? atau ada?
    trus, SPT tahun lalu, arsip digitalnya masih nyimpan kan? takutnya butuh data setahun lalu.

    hmmm besok kali ya lebih jelasnya.
    mudah2an aja nggak lupa. *setting reminder di hp*

    Reply

    1. Bébé

      Thihihi…

      Selama 2011 ini sih penghasilan di Indo sama sekali ga ada. SPT tahun lalu ga ada juga T_T soalnya bingung juga gimana ngurusnya.. >___< huhuhu.. makasih loh mau bantuin nelp... (cozy)

      Reply

      1. en-emy

        Barusan nelpon nih Kring Pajak (021)500200

        Karena sudah tinggal lebih dari 183 hari di Swedia, kamu bisa mengajukan pe-Non Efektif-an NPWP.

        Caranya?

        1. Buat surat permohonan pe-Non Efektif-an NPWP dengan alasan kamu sudah tinggal (….) hari / tahun di Swedia dan terangkan alasannya. Ngga ada bentuk baku suratnya. Bikin sendiri aja Be, yang penting memuat poin-poin di atas.

        2. Melampirkan bukti bahwa kamu sudah tinggal di Swedia lebih dari 183 hari dalam jangka 12 bulan. Kamu nih yang tahu bukti apa yang bisa diajukan. Salinan Visa? Surat pernyataan suami? Atau mungkin ada bukti resmi lain? Pokoknya bukti sahih lah.

        3. Kirim berkas itu semua ke kantor pajak tempat kamu terdaftar. Coba cek di kartu NPWPmu, daftar di KPP Pratama mana? Di google bisa dicek alamat lengkapnya. Tadi udah aku tanya kemungkinan email bisa atau ga? Dia bilang, cuma bisa via pos.

        Nah, setelah diterima, berkasmu nanti akan diproses selama 10 hari kerja. Setelah itu, baru deh kamu bisa dapat salinan berita acara yang menyatakan NPWP kamu sudah non efektif.

        Btw, karena nanti salinan berita acaranya harus diambil sendiri ke kantor pajak, jadi lebih baik untuk ngurus ini semua, kamu bikin surat kuasa (bermaterai, di Swedia ada materai kan? wakakaka) yang menunjuk satu orang di Jakarta untuk urus ini semua.

        Sooo, mending semua berkas di atas, kamu kirim ke alamat penerima kuasa aja. Nanti biar Si Penerima Kuasa yang antar atau kirim ke kantor pajak terdaftar. Begitchu….

        Kalau butuh bantuan lagi, let me know ya Be 🙂

        Reply

        1. en-emy

          biar nggak panjang di sini, kalau mo nanya2 ke emailku aja ya 🙂
          e.n_emy@yahoo.com

          Reply

          1. en-emy

            ralat:
            bahasa resminya pe-Non Efektif-an NPWP—> Wajib Pajak Non-Efektif (WPNE), as you wrote in post.

            Reply

            1. Bébé

              Emy darling… makasih ya info lengkapnya… nih aku kasih cipok yang banyak..

              Ngg… di Swedia ga punya materai.. huaaaa.. masa eike musti ke Stockholm dulu ya buat beli materai di kbri

              Reply

              1. en-emy

                atau gini, biar ga ribet harus ke Stockholm segala,
                udah materainya beli di sini aja.
                nanti kamu ajarin tuh si Penerima Kuasa, niru tanda tanganmu di surat kuasa.
                semoga sih tandatanganmu ga susah ditiru ya Be. Aahahahha.

                menurut aku sih, penting aja ini diurus,
                takutnya, suatu saat, malah bikin ribet atau menghambat urusan lain. who knows?

                soal surat kuasa, dirimu pasti udah pernah bikin kan?
                berarti emang mesti lampirin fotokopi tanda pengenal asli kamu, either paspor, ktp, atau yg lainnya.

                Reply

                1. en-emy

                  Di header, surat permohonannya ditujukan kepada KPP Pratama tempat kamu terdaftar.
                  Ahahaha, ada aja nih yg kurang :p

                  Reply

                  1. Bébé

                    Belum pernah bikin surat kuasa

                    Tanda tanganku susah ditiru pula…

                    Iya sih itu dia.. takut jadi ribet nanti2nya.. belum lagi musti bayar denda pula kan.. Udah ga ada pemasukan, bayar denda… aiih maniis bener..

                    Nanti aku coba tanya orang rumah deh ada yang bisa ga niruin ttd-ku.. semoga sih ada..

                    Reply

  4. zilko

    Asyiknya dapet hape baruu!! Aku juga harus mulai browsing-browsing hape baru nih, tapi entah kenapa kok males mulainya ya, wuakakakaka Btw, kalau beli online gitu berarti bukan yang cicilan tiap bulan? Kalau beli putus (jadi beli hapenya doang gitu), trus per bulannya jadi mesti bayar berapa tuh buat telpon/sms/internetan? Hmmm, penasaran bener saya, hahaha…

    Jaaa, tugas 6 minggu sih standar lah. Kalo di Delft sih tugas PR gitu rata-rata 2 minggu, dan kerjaannya banyak banget dong. Mana tugasnya kan gak cuma 1. Kalo proyek gitu lebih lama lah ya, bisa ada yang sampe 6 bulan, wuakakaka . Dari angkanya memang terlihat lama, tapi kalau gak dicicil bisa gawat tuh.

    Reply

    1. Bébé

      Aku belinya yang bayar cash untuk hp-nya, tapi dilock ke provider 2 tahun. Harga dasar hp-nya jadi beda 1200kr (kurang lebih 1,5 juta) lebih murah daripada harga resmi di apple store Swedia. Trus tiap bulan aku cukup bayar abonemen 109 kr dan udah dapet 0,5 GB internet & Free sms ke seluruh dunia.. Tapi karena belinya pas lagi promo, jadi 3 bulan pertama gratis… hehehe..

      Walaaaah.. ternyata ada yang lebih ribet ya tugasnya.. 😛 jadi malu sayaaah.. Berhubung udah lama ga pernah dapet tugas banyak gini, jadi sekarang dikasih “seabrek” langsung KO deh.. Cuma bener kata dirimu, kalo ga dicicil bisa gawat..

      Reply

  5. arman

    selamat ya buat iphone nyaaaa.. cieeee pake iphoneee…. 😀

    gua untungnya gak punya npwp di indo dulu. jadi gak masalah pas pindah kesini. tapi jadi keinget nih kudu lapor pajak disini. males banget. hahaha.

    Reply

    1. Bébé

      ihiiiy.. prikitiw.. wkakakaka…

      Waaah enak banget… dulu gw bikin supaya ga perlu bayar fiskal bandara.. wkakakaka… ternyata sekarang malah rempoooong..

      Reply

  6. angela

    bebe mukanya sumringah banget dapet hp baru hehehe..
    soal wpne itu, kemaren2 gue ketemu link yang bilang kalo bisa di non-efektif kan kalo uda 3 taun ga tinggal di indo ( kalo ga salah, dan ga tau juga bener atau salah ). gue juga lagi pusing soal isi2an ini, kalo kerja di luar katanya harus punya sertifikat tax payer di LN nya.. nah itu belum tau cari dimana T___T kalo untuk kasus bebe ga tau deh perlu sertifikat begitu juga ga.. coba liat disini deh: http://www.pajakpribadi.com/sunset/wni_yang.html

    Reply

    1. Bébé

      Jiahahaha.. keliatan ya mukanya gembira banget.. 😀

      Ternyata kalau udah lebih dari 183 hari tinggal di LN udah bisa daftar.. Nah tuh dia kalau yang kerja kayaknya lebih rumit lagi ya.. soalnya ada pendapatan dari LN..

      Thank you info linknya yaaa

      Reply

  7. ellalae

    hore-hore..
    lulus SFI dpt iphone..
    semangat buat SAS nya juga ya kak… 🙂

    Reply

    1. Bébé

      hore.. hore…

      Kira2 kalo lulus SAS aku dapet apa yaaa?? *mulai ngelunjak*

      Makasiiih cemangadnyaa..

      Reply

  8. Amela

    mbak bebe.. coba bantu jawab ya.. tapi berhubung aku bukan orang pajak, jadi juga ga tahu detailnya..
    1. kalau memang udah ga menerima penghasilan di Indonesia lagi, bisa ngisi SPT masanya nihil.. ngirimnya bisa lewat pos, ataupun titip orang rumah buat dimasukin ke dropbox SPT, sekarang di mall2 banyak kok dropbox SPT tahunan..
    2. Biar ke depannya lebih mudah, bisa daftar efiling (efiling.pajak.go.id), biar bisa ngisi SPTnya secara onlen. Nanti pinnya bakal dikirim ke alamat rumah yang tercatat di kartu NPWP itu..
    3. Kalau mau ngajuin jadi WPNE, menurut SE-89/PJ/2009:
    fotokopi passpor dan kontrak kerja atau dokumen yang menyatakan bahwa Wajib Pajak berada di luar negeri lebih dari 183 hari dalam dalam jangka waktu 12 (dua belas) bulan, bagi Wajib Pajak sebagaimana dimaksud pada angka 2 huruf g.
    cuma aku juga ga tahu pengajuannya itu bisa diwakilkan atau ngga,,

    Reply

    1. Amela

      eh tapi baru inget.. kalau pake cara yang pertama.. masih ribet lagi.. soalnya butuh tanda tangan mbak bebe.. mesti pake surat2 kuasaan.. -.-”

      oh iya, pengajuan WPNE sepertinya bisa lewat pos ke KPP tempat terdaftarnya, tapi buat lebih pastinya lebih baik hubungi KPP terdekat saja.. hehehe

      baidewei, aku ngiri lho sama hadiahnya :3

      Reply

      1. Bébé

        Huaaaa.. itu dia tuh.. surat kuasa bermaterai.. materainya aja aku ga tau beli dimana – tebakan paling jitu sih pasti di KBRI. Huaaa… bingung nih.. btw, kalau denda ga lapor pajak itu berapa ya? T__T

        Reply

        1. Amela

          kalau ga salah sih dendanya 100rebu rupiah mbak.. cuma mekanisme pengenaanya saya juga kurang ngeh *sering ngelamun pas kuliah perpajakan dulu* hehehe

          Reply

          1. Bébé

            hehehehe… setidaknya tau deh berapa dendanya, soalnya tahun ini kayaknya pass nih.. ga keburu ngurusnya..

            Reply

  9. SarVic

    Be, ini kayaknya beneran aku harus cari suami yang model kayak Bubu gitu deh. Soalnya aku juga pengen ada yang beliin aku 4S (Duileeeeee….)

    Anyway, selamat menikmati iPin-nya yah, selamat mengerjakan PR dan soal Pajak nanti aku bantu ingetin Emy yang katanya mau nolongin kamu soal Pajak

    Have a nice day, Be!! 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Jiahahaha… masih ada ga ya stocknya yang tipe bubu ? 😀

      Makasih ya udah mau bantuin… aku kasih cipok juga yaa…

      Have a nice day juga ya…

      Reply

  10. misstitisari

    ciyeeeeeeeeeeehhh bebe hape baruuuuu, makanmakan! *lho

    heuuhh aku juga belum lapor pajak, nunggu ampe waktu mepet aja, suka mendadak pusing kalo inget harus lapor pajak (-__-“)

    Reply

    1. Bébé

      wah ada makan2?? dimana?? *sok ga ngerti*

      hahahaha.. emang langsung mendadak pusing ya kalo udah ngurusin yang satu itu..

      Reply

  11. ladeva

    Diriku aja mau urus NPWP ke kantor cabang (waktu itu urus ke kantor pusat eh dilempar ke cabang) MALAS KALIIII….iya iya aku belum punya NPWP. Enihoooo….lempar kemarih napah itu henponnya kakak

    Reply

    1. Bébé

      Aku dulu digiring berbondong2 di kantor harus buat… jadi ya gitu deh..

      Waaaah… kalau aku lempar henponnya, lempar balik mac book pro yaaaa… hahahaha..

      Reply

  12. niee

    waaahhh mau dong mbak bebe iphone 4 nya :p

    Reply

    1. Bébé

      saya juga mau loh mba iphone 4nya… *ngomong sendiri* 😛

      Reply

  13. fety

    wajahnya seceria iphonenya 😀

    Reply

    1. Bébé

      hahahaha.. kirain wajahnya seputih iphonenya.. *ngarep dibilang putihan*

      Reply

  14. Mayya

    Mending bebe mikirin NPWP, aku malah cuek aja, nggak ngerti sih…secara kan udah jadi irt -__-

    Mudah2an PR-nya bisa lancar diselesaikan ya be ^^

    BTW, saking senengnya, tuh muka udah mirip aja ama iPhone!

    Reply

    1. Bébé

      hahahaha… tapi enak May.. jadi ga perlu pusing-pusing mikirin lapor pajak tiap tahun..

      Amiiin.. tiap hari nyicil satu-satu nih, biar cepet kelar jadi ga perlu ribet lagi mikirin peer.. hahaha..

      http://www.emocutez.com Ah, masa siiih?? jadi maluuuu

      Reply

  15. Anggie

    Aaahhhhh… senangnyaaaa… mau juga dong Bubu….

    Reply

    1. Bébé

      Aku juga mau doooong om bubu…

      Reply

  16. epi

    waaaaaaaaaaa…. *HISTERIS* mauu ipon nyaaaaaaaa hahahaha… di foto nya sumringah sekali lho beeee 😀

    Reply

    1. Bébé

      Iyaaa.. keliatan ya gembiranya… ga bisa bohong gitu mukanya..

      Reply

  17. kania

    sungguh kerenz sekali perjuanganmu dapetin kado itu mbak..hiihihi,besok dapet kado apa lagi ya?btw mba, aku boleh link blognya ?

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. iya nih.. besok dapet kado apa lagi yaaa.. (thinking)

      Boleh bangeeeet.. makasih ya udah ngelink kesini..

      Reply

  18. Angela

    Asyiknya dapet mainan baru 🙂 good luck ya buat kelas SAS-nya.

    Reply

    1. Bébé

      Hihihi… Jadi maluuu

      Thank you for the support ^_^

      Reply

  19. ca'

    bein…besok ato hr apa gt (lupa) ,,dihotel gw ada orang pajak yg bakalan dateng ngurusin buat spt tahunan karyawan situ,,,ntar gw coba tanyain yaa ke orang pajaknya,,begimana2nya..

    ntar klo udah tau gw ym lo OK (doakan saya g lupa yaaa)

    Reply

    1. Bébé

      Tanyain bisa ga gw bikin surat kuasa tanpa materai? 🙁

      Jangan ampe lupa.. Besok gw teror yaks..

      Reply

  20. mariskaajeng

    cieee ini toh ipon barunyaaa.. selamat juga buat kelulusannya, Beee.. 🙂

    di sini tes tersusah disebut Tes DaF (Deutsch als Fremdersprache/bahasa Jerman sebagai bahasa asing), biasanya dipakai buat ngelamar kerja atau kuliah, mirip toefl kira2, sama kah? aku belum pernah ikutan, belom sanggup deh kayanya, padahal buat nerusin kuliah perlu itu..

    viel Erfolg und viel Spass beim Lernen! 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Kayaknya beda deh.. Test bahasa di sini cuma untuk nyetarain tingkatan sama kayak sekolah atau kuliah gitu sih.. Kalo ga salah yaaa…

      Sementara untuk cari kerja, bagi imigran sebenernya cukup lulus SFI aja..

      Makasiii yaaa.. Hihihi

      Reply

  21. Nova

    Cihuuuy ada yg dpt hp baruuu.. Senengnyaaa.. 🙂

    Selamat belajar kembali ya bebe! Pasti bisa deh ngejalaninnya, kan ada bubu yg siap membantu.. “̮ hehehe “̮ :p..

    Waduw, bingung juga ya soal pajak2 itu. Aku ada sih bbrp temen yg kerja di kantor pajak, nanti coba aku tanya2 ke mereka ya.. 🙂

    Emailnya bebe apa, kalo boleh tau. Jadi nanti aku kasi tau via email aja.. 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Cihuuuuy… ^^

      Iya nih si bubu bantuin sedikit2.. tapi dia agak kapok bantuin, soalnya sering aku marahin.. hahahaha.. saking stressnya malah ngomel2.. 😛

      emailku: me@bebenyabubu.com… makasih bantuannya…

      Reply

  22. katrin

    Bikin ngilerrrr nih iphone nyaaa……hehehhhe…mau niru bebe ah, pura-pura minta kado ke hubby, hahahaha….

    Yang dimaksud latihan menulis tuh gimana,be? kayak writing gitu?kalo kayak writing asik dong be, secara udah biasa nge-blog, jadi tinggal ditemeni kamus aja huehehe… pokoke tetep smangaatttt yaaa….

    Reply

    1. Bébé

      hahahahaha.. iya siapa tau dikasih.. iseng2 berhadiah kan… 😀

      latihannya kayak jaman pelajaran Bahasa Indonesia dulu deh… membuat karangan, artikel, dll.. Cari idenya itu yang susah.. suka mandeq deq deq.. hahaha..

      Pastinyaaa.. makasih dukungannya *berasa jadi kontestan idol2an*

      Reply

  23. Angels

    Senangnya dapat ipon baru

    Oh ya maret udah masuk bulan pajak yah. Pusing yak ngurusnya! Info nya ga jelas.

    Reply

    1. Bébé

      hooh seneng bangeeeeet…

      Itu dia.. info di website kurang lengkap dan agak ga terarah gitu. Coba Ngel, tawarin redesain website pajak.. hahahaha… pasti mantap jadinya..

      Reply

  24. Shelomita

    gw gak pernah ngedaftarin atau ngerubah2 dan ngutak ngatik NPWP tuh..kudu yah? wkwkwk..ntar kalo udah dapet info yg mantabs di post ya be..*gakmaususah* …nanti dikasih hadiah…sama bubu “lho?!*

    Reply

    1. Bébé

      hahahaha… ga sih kalo udah tinggal di LN.. ntar2an aja kalo udah balik.. daripada ribet..

      ntar kalo ga males yaks.. nulisnya.. hihihi

      Reply

  25. Shelomita

    eeeeh kelupaan….congratulation for the iPhone..pinjem dong, si siri bisa disuruh nyupir gak? alias nyuci piring hehe…

    Reply

    1. Bébé

      nyahahaha… diajak ngomong aja ga mudeng dia.. apalagi disuruh nyuci..

      Reply

  26. ndutyke

    Asiiiiiik dapet henpon baruuuuu….

    Eh seneng deh komen disini, soale akeh emotikon lucuk2, hihihi….

    Reply

    1. Bébé

      hahaha… kayak ada mainan baru ya… nyobain semua emotikonnya.. hahaha

      Iya nih.. seruu dapet kado dari bubu… ^^

      Reply

  27. Chita

    Serunya yang dapet HP baru, eh Be, kalo beli HP sendiri nanti plan di sim cardnya tinggal diganti aja yah?

    Bebe, baca post kamu ini aku jadi inget NPWP juga. Be, kalo ada infonya bagi-bagi di blog yah… *ngarep…*

    Reply

    1. Bébé

      Iya, kalau beli yang unlocked.. tinggal pilih mau pakai operator yang mana. Kalau punyaku di locked, biar lebih murah dapetnya.. 😛

      eh coba baca reply-nya Emy, Chit.. dia nulisin syarat2nya tuh disana..

      Reply

  28. Aplikasi Foto Edit Pilihan Bebe{ a Memory Bliss } | { a Memory Bliss }

    […] aku ganti hape jadi si putih, rasanya kegiatan hunting foto jadi jauh lebih ringkes. Tanpa perlu nenteng si DLSR kemana-mana […]

    Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P