Memory Box: Kuis

Mumpug hari ini ijin ga masuk sekolah karena lagi ga enak bodih, daripada luntang lantung ga juntrung di rumah mending saya mulai aja kegiatan cerita-cerita tentang jaman dulu.

Sedikit kata pembuka untuk yang baru baca… jadi aku dan salah satu blogger nyentrik yang bernama Emy sepakat untuk posting rutin tentang hal-hal seru yang berhubungan dengan kenangan tahun 90-an. Entah itu musiknya, acara tv-nya, mainan, dll. Apa aja yang berkesan hingga kebayang-bayang sampai saat ini. Kalau mau ikutan.. ditunggu juga loh postingannya.. ^___^

Untuk cerita perdana, aku mau membahas tentang kuis-kuis yang sempet muncul tahun 90-an dulu. Rasanya pada masa itu acara kuis belum terlalu banyak ya? Dari beberapa, yang berkesan buatku adalah Kuis Jari-jari dan acara tengah malam yang bernama Insomnia (kalau ga salah).

* * * *

Kuis Insomnia

Dari jaman SMP, entah kenapa aku punya penyakit insomnia alias ga susah tidur. Jam 12 – 1 malem dimana yang lain udah pada pules, aku masih sibuk nonton tv atau baca buku. Karena insomnia inilah jadi sering liat acara kuis di RCTI yang berjudul sama (atau mirip-mirip, aku lupa persis nama kuisnya apa). Kuis ini ga ada hostnya dan hanya berupa tabel berisikan nomor peserta dan poinnya diiringi lagu-lagu barat. Untuk bisa ikutan, kita harus telpon ke nomor yang tertera di layar tv dan menjawab pertanyaan yang diajukan di line telefon. Cara menjawabnya cukup menekan tombol angka di gagang telpon yang sesuai dengan jawaban kita. Kok aku bisa tau? Hihihi.. soalnya sempet nyoba sendiri nelpon ke sana.. hahahahaha..

Pertanyaan yang diajukan ga terlalu rumit, cenderung mudah banget, buktinya aku masih SMP juga bisa jawab. Tapi karena penilaiannya itu ga cuma berapa banyak jawaban kita yang benar, juga dihitung kecepatan dalam menjawab, jadinya aku kalah deh.. Hahahaha.. Lucu aja pas ngeliat nomor peserta-ku muncul di layar TV.. serasa gimanaaaa bangeeet.. Untungnya cuma sekali nyoba ngikut kuis gituan. Abis tau sendiri kan, rates telpon yang mereka pakai biasanya jauh lebih mahal per-menitnya.. Jadi ga ketauan deh kalo pernah nyoba.. 😛

 

Kuis Jari-jari

Pasti masih pada inget dong sama kuis telefon yang satu ini.. Jargon “jari-jariiiii” yang dilontarkan Pepeng lengkap dengan gerakan jarinya itu memorable banget. Kuis ini seingatku hanya muncul pada saat-saat tertentu dan hadir di sela-sela waktu antar program. Dan biasanya punya tema tertentu untuk setiap pertanyaannya. Bener ga sih?

Eniwei, acara ini berkesan banget buatku karena suatu malam aku dan keluarga sedang menghabiskan waktu nonton tv bareng. Seperti biasa muncul kuis ini di layar TV. Aku yang lagi iseng nyoba nelpon-in dong, siapa tau aja menang. Hadiahnya kan lumayan tuh. Tapi tentu aja ga semudah itu sampai bisa masuk linenya. Berkali-kali aku coba tetep gagal. Pas aku capek dan bosen sendiri, adek-ku si Ca’ gantian ikut-ikutan nyoba.

Setelah beberapa menit mencoba, tiba-tiba aja dia buru-buru tutup gagang telponnya. Aku dan ortuku langsung kaget, loh kenapa nih.. Apa dia udah bosen gagal terus atau salah nelp ato gimana? Pas ditanya, jawabannya bikin mau nyekek dia saat itu juga *kakak sadis*. Si Ca’ bilang dengan muka polos “abis tadi ada yang jawab telponnya” heeeeeeeh.. menurut loooo Caaaaaa…

* * * *

Teman-teman yang lain pernah juga nyoba nelp ke Kuis Jari-jari? ato jangan-jangan malah ada yang pernah menang lagi? hihihi… Selain dua kuis di atas, kira-kira kuis apalagi ya yang tenar banget tahun 90-an? Aku cuma inget Famili 100 bersama Sonny Tulung (kalo yang ini sampe sekarang masih ada ya?), Tak Tik Boom jaman Dede Yusuf, dan yang paling legendaris… kuis Siapa Dia? dengan host yang lucu banget, Alm. Aom Kusman. Lenggang mengorak menarik hati serentak, hei, hei, siapa dia. Wajah sembunyi di balik payung fantasi, hei, hei, siapa dia… *malah nyanyi*

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

51 thoughts on “Memory Box: Kuis

  1. en-emy

    ahahahahaha, daku ga pernah berhasil nelpon jari-jari

    kuis siapa dia aku sering ikutan nebak. Paling kesel pas sesi 3 orang, tapi 3-3 nya meyakinkan semua. Sukaaa sama kuis siapa dia!

    hmmm kalau kuis yg lain… tau kuis Apa Ini Apa Itu?, Kuis Keluarga Lifebouy dengan Chatty Bonn nya? Berpacu Melodi juga masih eksis tahun 90-an, Aksara Bermakna-nya Kepra. Hihihihi.

    Reply

    1. en-emy

      Berpacu Dalam Melodi*

      Reply

      1. Bébé

        Seru tuh kuis siapa dia..
        Aksara bermakna yang mana ya bok? lupa euy formatnya kayak apa…

        Reply

  2. arlyntina

    Wah… seru ni kayanya.. Nanti aku coba posting dech di blog aku.. hehehe.. 😉

    Reply

    1. Bébé

      hahaha.. ditunggu postingnya.. ^_^

      Reply

  3. Zilko

    Kuis “Apa Ini Apa Itu” juga lumayan terkenal tuh, di RCTI siang-siang gitu tayangnya (aku nonton habis pulang sekolah, huahaha ).

    Kuis Jari-Jari aku juga inget kalau kuis ini pernah ada dan lumayan heboh. Tapi aku lupa cara mainnya gimana, wkakakakaka

    Reply

    1. en-emy

      #nyamber
      Bener banget Ko (sok kenal. met kenal Zilko),
      Aku juga inget banget nonton Kuis Apa Ini Apa Itu siang-siang sekitar jam 12:30 atau 13:00 gitu. Ahahaha ada tebak suaranya segala kan ya?

      Reply

      1. Bébé

        Itu yang mana lagi….
        Namanya familiar.. tapi lupaaaaaaa… uhuhuhuhuhu..

        Kalo Jari-jari sistemnya si Pepeng kasih pertanyaan, dan kita tinggal telp untuk jawab deh.. Gitu aja.. hahaha.. Biasanya sih harus nyebutin password “jariiii-jariiiiii”..

        Reply

      2. zilko

        Yup! Tapi aku nggak ingat tebak suaranya. Yang aku ingat itu ada gambar (biasanya sih foto orang terkenal) yang harus ditebak sama kontestannya. Tentu aja fotonya nggak di-reveal semua tapi cuma beberapa bagian/pixel-nya aja gitu (aduh, apa sih istilahnya? Jadi fotonya kayak dibagi-bagi dalam persegi yang banyak gitu, trus cuma beberapa persegi aja yg ditampilin, hahaha). Trus kalau kontestannya nggak bisa jawab, bakal lebih banyak pixel lagi yg ditampilin, hehehe….

        Reply

        1. Bébé

          *mulai inget dikit-dikit* huaaaaaaaaaa… iyaaaa… aku inget bagian itu.. tapi cuma yang dirimu jelasin itu aja.. sisanya ga..

          Reply

  4. Angela

    Ada 1 kuis yang aku inget banget! Kuis Keluarga Lifeb*oy! Karena dulu aku sama keluargaku pernah jadi kontestan pas tahun 1994. Tapi nggak menang hehehe… Terus mau pernah ikutan Kuis Rahasia Keluarga, tapi terus nggak ada kejelasan dari pihak penyelenggara.

    Reply

    1. Bébé

      Waaaaaaah… seruuuu.. Paling suka bagian tebak gambar.. (eh itu ada ga ya?) Asik ga ikut2 kuis gitu?

      Kalau Rahasia Keluarga malah lupa sama sekali…

      Reply

  5. ristin

    Kuis apa ini apa itu, kuis.. Lifebuoy.. Trus apa lg ya dep? Selama ini sih aku lebih sering jd penonton hehhee..

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha.. tenang mba.. samaan kok kita.. hihihi.. Jadi penonton juga enak kok, tinggal liat aja, kalo bosen.. ganti channel deh.. hahahaha..

      Reply

  6. ndutyke

    Aduh jaman dulu banyak acara kuis yg seru dan beneran bikin mikir ya… Yg dibawain ama Nico Siahaan juga seru tuh. Piramida seingatku tmasuk salah satu yg nggemesin krn lumayan susah. Trus Kata Berantai ya, yg di TPI itu? “TETOOOOT…. mengulang kata ‘Marah’…!” dsb.

    Kalo Famili 100aku ga suka. Justru sukanya sama versi aselinya, yaitu (cmiiw) Family Feud

    Reply

    1. Bébé

      Waaaaah piramida seru juga tuh.. sekarang udah ga ada ya.. Tapi emang kuis jaman dulu rasanya lebih seru aja daripada sekarang.. Beda generasi kali yaa.. hahahah..

      Sempet ditayangin ga sih Family Feud di Indo? Pernah ya kayaknya… abis itu baru dibuat versi lokalnya.. ^__^ *nanya sendiri, jawab sendiri*

      Reply

  7. arman

    berpacu dalam melodi – koes hendratmo
    gita remaja – host nya lupa gua… tapi band nya karimata kalo gak salah
    kuis keluarga liefbuoy – cathy bon
    who wants to be a millionaire – tantowi yahya

    Reply

    1. Bébé

      gita remaja yang acara apaan ya Man? tebak lagu gitu juga bukan sih? >_< Who wants to be a millionaire bukannya udah masuk thn 2000 ya? hihihi

      Reply

  8. Zippy

    Saya agak lupa mbak dengan Kuis Insomnia 😀
    Tapi kalo kusi Jari2 jangan ditanya, dulu itu kuis favorit banget.
    Kalo udah tayang, langsung deh nempel di depan TV 😀

    Reply

    1. Bébé

      yang kuis insomnia kayaknya ga banyak yang ngeh ya.. abisnya udah tengah malem, acaranya agak ga jelas gitu deh.. Cuma keliatannya tabel2 nilai sama lagu-lagu aja.. hahahaha…

      Pernah nyoba ikutan telpon ke kuis jari-jari juga ga? hihihi

      Reply

  9. Amela

    owow siapa dia.. itu yang paling terkenang.. inget jargonnya doang sih, kalau kuisnya cuma samar2. hahaha
    maklum ya kakak. .90an kan aku masih anak bawang. hahah

    Reply

    1. Bébé

      aaa.. macaci? hahaha..

      Di kuis siapa dia kita harus nebak seseorang, kadang artis atau penyanyi yang suaranya disamarin.

      Reply

  10. Mayya

    Aku malah ingat kuis Apa Ini Apa itu, bener gak sih be? Hahaha..
    Trus satu lagi kuis Rahasia Keluarga yang dibawain ama Izur Muchtar.

    QUIZ, I miss that!

    Reply

    1. Bébé

      Beberapa temen yang komen di sini juga bilang kuis Apa Ini Apa itu, tapi aku lupa May yang mana bentuknya..

      Yang Rahasia Keluarga juga samar2 ingetnya nih.. Mekanisme permainannya kayak apa ya?

      Reply

  11. bella

    aku punya saudara sampe pernah dimarahin abis2an..
    ckckck,,
    gara2 mainin telp waktu mamahnya lagi mau nelp ke kuis itu..

    ckckck kasiann bgt diaa..
    parah banget soalnya..
    pasti skrg ketawa2 klo inget jari2..
    inget kejadian itu..

    Reply

    1. Bébé

      Hahahahahahahaha… dulu masih jaman telpon rumah sih yaa.. belon ada hp.. jadi cuma bisa nelp dari situ doang..
      kesian sodaranya.. semoga ga kapok..

      Reply

  12. Nila Lazuardi

    taun 90an masih dalam angan2 mamapapa.
    kalo sekarang setau aku insomnia itu adanya di mtv music deh hihi

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha.. emang MTV masih ada acara musiknya ya? hihihi.. tapi rasanya sempet liat juga tuh yang MTV insomniac.. cuma ga suka.. X_X

      Reply

  13. misstitisari

    paling inget kuis Apa Ini Apa Itu garagara yang jadi hostnya itu Elmo hahahaha, sayang cuma sebentar dia jadi hostnya terusnya diganti Jeffrey Waworuntu dan sejak itu males nontonnya 😛

    Reply

    1. Bébé

      Huaaaah… banyak yang nyebut kuis Apa ini Apa itu, tapi kok aku ga inget yaaa…

      Inget Elmo-nya juga.. tapi ga tau dia ngapain… *jadi hostnya kali be*

      Reply

  14. Neng Rina

    *langsung flashback*
    Kuis Insomnia aku gak pernah tau. kalau kuis insomnia itu adanya pas tahun 2000an mungkin aku bisa kenal kali ya.
    dulu paling suka kuis Jari-Jari, ow, ow siapa dia, Kata berantai *kalau ini jadi bahan mainan sama temen2 kalau lagi pas istirahat di sekolah*. sama kuis keluarga Lifebuoy karena salah satu pesertaya keluarga sahabat aku, jadi satu sekolah heboh waktu dia tampil di tivi.

    Reply

    1. Bébé

      Waaaah.. seruuuu… emang kayaknya gimana gitu ya, kalau liat orang yang kita kenal masuk tipi.. hahahaha..

      Kata berantai aku lupa juga *ini sok2 nulis soal masa2 90-an, tapi malah lupa semua* hahaha..

      Reply

  15. Nova

    keluargaku sempet beberapa kali ikut kuis Family 100 dan kalah! tapi lumayan lah pernah ngeliat anggota keluarga di tv.. hihihi..

    Reply

    1. Bébé

      Waaaaaaaaaah.. aku selalu pingin ikut Famili 100.. hahaha.. kayaknya seru aja ikut-ikut gitu..

      Reply

  16. Shelomita

    kuis siapa dia sukaaaa banget! dulu jaman kuliah malah pernah ikut audisi kuis Kata Berantai…masuk sih tapi pas waktunya syuting aku harus berada di Manado karena udah mulai training, jadilah temen lain yang gantiin posisi daku hiks…waktu itu episodenya kampus2 gitu..jadi kita ngebawa nama enhaii hehehe…ancuurr!

    Reply

    1. Bébé

      Yaaaaaah.. ga jadi masuk tipi dooong? hahaha

      Reply

  17. febe fernita

    kayaknya sekarang di tv udah jarang yaaa, padahal pas jaman kecil saya banyak banget acara kuis di setiap siaran televisi.

    Reply

    1. Bébé

      Kayaknya gitu ya… masih ada sih games show gitu, tapi kebanyakan pesertanya artis, bukan “orang biasa” lagi.. hihihi.. ya ga sih?

      Reply

  18. Angels

    ahaha gua tau semua kuis2 yg lu bilang 😀 Jari2 sering bgt nongol tuh kalo gua nonton siang2 :)) jam pulang sekolah.

    insomnia baru denger. ga pernah bobok malem dulu hihihihihi :”>

    Reply

    1. Bébé

      Huaaaa.. kirain insomnia itu pada tau.. hahaha.. soalnya gara2 acara itu jadi tau sama istilah insomnia.. hahahaha..

      Jari2 mah dulu sering banget ya… malem juga kayaknya ada deh..

      Reply

  19. Leny

    baru denger juga kuis insomnia. taunya mtv insomnia, hehe
    kuis jadul favoritku: kuis apa ini apa itu, kuis piramida, kuis kata berkait
    kalo pengalaman nelfon interaktif gitu pernah nelp ke kring kring olala dan AMKM di tpi, tapi dodolnya pas nelp AMKM malah salah sambung, hahahaaa

    Reply

    1. Bébé

      Ternyata memang lebih banyak yang ga tau kuis insomia yaaa… jangan2 tenarnya cuma dikalangan kalong aja nih..

      emang akhirnya malah nelp ke siapa? hahahaha…

      Reply

      1. Leny

        salah sambung ke rumah orang.. udah gitu begonya saya ga bilang halo langsung nyebut password AMKM! Anda meminta kami memutar!! haloo teh rinaaa???

        Reply

        1. Bébé

          OMG… huahahahahahahaha… asli kocak banget…

          Reply

  20. della

    Aku kok malah ingetnya Tralala Trilili sih, hihihihi.. soalnya jatuh cinta banget sama Agnes Monica dan giginya yang waktu itu masih gede-gede, ngegemesin ih.. >O<
    Sama kuis piramida. Temen kakakku dulu pernah ikutan kuis piramida, abis itu kata berkait, dengan niat hadiahnya buat biaya nikah. Mungkin karena niatnya baik ya, dia menang lho di dua-duanya, akhirnya bisa deh nikah 😉

    Reply

    1. Bébé

      hebaaaaaatnyaaa.. dapet biaya nikah dari ikutan kuis.. Emang yah kalo udah rejeki mah ga kemana..

      Hihihi.. tapi tralala trilili bukan kuis kan ya? tapi video anak2 gitu? bener ga sih?

      Reply

  21. dina budi

    Neeeek…hahahaha….si Caca itu memang punya peruntungan alami natural sejak lahir kali yah? setiap yg namanya kuis pastilah dia mujur…mulus lancar bisa lolos…!Kuis favorit gw tahun 90an adalah yg dengan theme song: O’ o’ siapa dia… 😀 sering kecele nebak orangnya

    Reply

    1. Bébé

      Hahahahahaha… eims.. kayaknya sih gitu na… cuma kadang polosnya minta ditabok juga.. wkakakakak..

      Gw juga dulu suka sok-sokan ikut nebak, tapi ngarang soalnya ga tau artis2 lawas..

      Reply

  22. niee

    aku juga suka kuis “kata berkait..” kalau gak salah di RCTI juga.. jam jam sore atau malam gitu.. …

    Reply

    1. Bébé

      kata berkait cara main gamenya gimana ya Niee? aku lupaaaa.. T____T

      Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P