My So-Called User Review: The New iPad

Jumat, 23 Maret 2012 adalah hari rilisnya generasi terbaru iPad keluaran Apple di Swedia. Berhubung kami berdua emang udah niat untuk beli gadget ini sejak pertama kali diumumin beberapa minggu sebelumnya, jadi pas hari H rilis di Swedia dari pagi si bubu udah siap nongkrongin setiap website toko elektronik untuk melakukan pemesanan. Sebenernya sih bisa pergi langsung ke toko-nya, cuma si bubu males karena harus bayar ongkos bus kesana -___-“. Untungnya, di salah satu toko menawarkan free delivery yang sampai dalam waktu 1-2 hari. Sayangnya karena hari itu udah Jumat – sementara di Swedia kantor pos ga buka kalau wiken, aku dan bubu baru bisa menikmati new iPad-nya hari Senin kemarin.

Eniwei.. setelah sebelumnya kami beli iPad 2 16 GB + 3G, kali ini aku dan bubu beli versi 32 GB Wifi ajah… Abis setelah dipikir-pikir, fasilitas 3G (atau 4G di new iPad) bakalan jarang di pake juga. Nah, mumpung iPad 2-nya belum dijual, aku kepikiran bikin “review” untuk membandingkan antara iPad 2 dan New iPad. Harap diingat, review ini akan sangat subjektif, karena aku menilainya sebagai user. Jadi ya jangan berharap ada penjelasan teknis seperti para reviewer professional yaks…

So… mari kita mulai aja bahasannya…

* * * *

Retina Display

Fitur yang paling dijual di generasi yang terbaru ini adalah kemampuan retina display yang membuat layarnya semakin jelas dan ngecling. Dan mereka ga bohong. Setelah aku bandingkan kedua-nya secara bersebelahan, memang keliatan banget perbedaan kepadatan pixel antara iPad 2 dan New iPad.

pictures taken with 550D

pictures taken with iphone 4s

Tampilan di New iPad terlihat lebih halus kan? Memang sih selama pakai iPad 2 pun aku juga ga terlalu ngaruh soal layar.. karena toh ngeliatnya dari jarak yang cukup jauh (walaupun kadang memang keliatan jagged di icon-iconnya). Tapi setelah ngeliat kemampuan layar yang baru… langsung ga bisa balik lagi ke yang lama.. Apalagi aku lebih banyak menggunakan iPad untuk membaca teks dan blogwalking, jadi layar yang baru ini sangat-sangat menyenangkan mata untuk dilihat.

Satu hal tentang New iPad yang agak ganggu adalah warna layarnya yang yellowish, ga putih bersih seperti layar iPad 2. Padahal tingkat brightness-nya udah di set sama persis. Perbedaannya bisa diliat pada foto di bawah…

Setelah baca-baca di internet ketemu cukup banyak post dengan komplen yang sama dan beberapa bilang kalau setelah beberapa hari warna kuningnya akan hilang. Agak sedikit lega sih, karena ternyata emang masalah umum, cuma nyebelin aja liatnya.. Kayak barang defect gitu. Sekarang sih aku dan bubu masih nungguin beberapa hari seperti yang dibilang di internet. Tapi kalau  masih gitu juga, bakalan balik ke toko juga nih.

* * * *

Kamera

Waktu pertama kali nyoba kamera-nya iPad 2, asli kesel banget. Abis hasil fotonya ga banget aja (apalagi foto indoor) untuk gadget yang seharusnya canggih itu. Makanya pas Apple bilang kalau New iPad ini menggunakan kamera dengan kemampuan 5 MP dan teknologi iSight, aku cukup berharap banyak. Gimana kenyataannya? Kamera di new iPad ternyata cukup lumayan juga peningkatannya.

foto outdoor

foto indoor dengan kameran belakang

foto indoor dengan kamera depan

Untuk pemakaian di dalam ruangan, pas aku liat hasil foto new iPad di komputer ternyata cukup halus juga. Masih tetap grainy karena ISO yang tinggi, setidaknya gambarnya ga pecah seperti sebelumnya. Cuma yang aneh malah hasil kamera depan itu menurutku lebih bagus iPad 2 loh. Ato itu hanya perasaan saya aja? hihihi..

Eniwei, yang paling aku suka dari kamera di new iPad adalah posisi shutter-nya yang berada di sebelah kanan tengah. Kalau dulu kan setiap kali mau foto pakai iPad agak-agak rempong tuh, karena letak shutternya di bawah. Kali ini setiap kali mau moto bisa megang lebih stabil dan lebih cepat. Aku ga tau apakah ini bawaan IOS atau memang fitur baru. Semoga sih bawaan IOS aja yaa.. jadi kalau upgrade ke 5.1 bisa nikmatin juga posisi shutter yang baru.

* * * *

Lain-lain

Secara dimensi ukuran sih antara keduanya bisa dibilang sama persis. Perbedaannya cuma di ketebalannya aja. Tapi itu pun secara sekilas ga keliatan kecuali keduanya diletakin sebelahan. Masalah bobot, banyak yang komplen karena new iPad ini lebih berat. Nyaaaaaah… kemarin aku nyoba bandingin dengan megang keduanya bersamaan, ga terlalu berasa tuh. Entah karena aku selalu sebelumnya selalu megang iPad 2 + cover jadi mungkin pas megang yang baru udah kebiasaan. Yang pasti sih menurutku ga terlalu pengaruh.

Setelah aku baca beberapa review, banyak yang bilang kalau new iPad cepat berasa panas di bagian belakang. Setelah aku mainin terus-terusan menggunakan cover, yang baru ini lebih hangat dibanding iPad 2, cuma ga sampe panas gimana banget. Apalagi sekarang iPad yang baru langsung disarungin, jadi aku ga ngerasa bedanya juga.

Oh iya, fitur yang kayaknya udah ga ada di new iPad ini adalah iPad cover lock/unlock. Biasanya kalau kita menggunakan sarung untuk menyimpang iPad-nya, pas ditutup langsung otomatis ke lock kan.. Tapi kali ini aku udah ngubek-ngubek settings, tetep ga ketemu tuh tombolnya.. huhuhu..

* * * *

Kesimpulan

Apakah new iPad ini layak beli? jawabannya… ya terserah situ.. (hahaha.. ngeselin ya jawabannya?). Menurutku beberapa fitur tambahan yang ada di generasi terbaru ini cukup lumayan juga sebagai upgrade. Terutama fitur retina display-nya yang sangat amat berguna untuk orang-orang yang memakai iPad untuk membaca. Soalnya perbedaannya keliatan jelas banget. Kalau iPad-nya lebih banyak dipakai buat main game… rasanya iPad 2 juga udah cukup sih. Untuk fitur-fitur yang lain menurutku kurang lebih sama lah. Well, setidaknya sampai sekarang aku sih ga ngerasain banyak perbedaan (kecuali urusan layar dan kamera).

Yang pasti dengan keluarnya new iPad, harga pasaran iPad 2 akan jadi lebih terjangkau, dan artinya?? Saat yang tepat untuk orang-orang yang memang pingin punya untuk beli gadget ini. Di Helsingborg sendiri seminggu sebelum new iPad di rilis, ada sebuah toko elektronik besar yang ngasih penawaran khusus untuk iPad 2 16 GB Wifi yang dijual dengan harga 2999 kr (sekitar 3,9 juta) selama beberapa hari. Lumayan banget yaaa… ($_$)

* * * *

Hmm.. kayaknya itu dulu yang bisa aku bagi. Kalau ada yang penasaran untuk perbandingan fitur-fitur yang lain, bisa tulis di kolom komen. Nanti aku tambahin di post ini.

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

32 thoughts on “My So-Called User Review: The New iPad

  1. ladeva

    Beli gak ya? Mmm…duh…beli gak ya? *ceritanya galau padahal emang gak mau beli kecuali dikasih*

    Reply

    1. Bébé

      Amiiin, semoga dapet hadiah ya Dev..

      Reply

  2. tikka

    bebe ipad 2nya buatku aja XD haha

    Reply

    1. Bébé

      boleh, masih bisa ditawar kok harganya kalo mau.. *malah jualan* hahaha..

      Reply

  3. Mayya

    Gak bisa komen krn gak punya -__-

    Reply

    1. Bébé

      kunjunganmu lebih berarti kok May.. ^__^

      Reply

  4. Maya

    Hebaaaaatttt. Mertua ku juga punya. Hasil fotonya memang lebih tajam dari ipad 2. Sampai kemarin mertua coba kirim foto. Dia foto hp nya pakai ipad3 dari deket, debu aja sampai kelihatan. Sangking tajamnya. Jadi mikir nih…….hahahahahahahha

    Reply

    1. Bébé

      waaaah… sekarang bisa lebih gampang facetime dong mba sama yang di Jakarta…? ^__^

      Tapi tajamnya belum setajam silet kan? *apaaseeeeh*

      Reply

      1. Maya

        Hahahahhaha iya dep bs face time will sm oma opa nya. Kangen mrk sm cucunya hihihihi.

        Reply

        1. Maya

          Hahahahahaha ndk setajam silet. Hahahahahhaha. Serem kalau setajam silet hahahahahah

          Reply

          1. Bébé

            Waaaah.. teknologi emang bikin makin deket yaaa..

            Reply

  5. Ristin

    waaaahhhhhhhh…. asik ipad baru lagi… mau.. mau.. haahahahahaha… tp ga bisa.. wong yg ipad 2 aja belum lunas hahahaahha… ya udah.. ipad 3 nya pinjem bebe aja ya??

    Reply

    1. Bébé

      hmmm… kayaknya lumayan nih buat dijadiin lahan bisnis.. 😛

      Reply

  6. ellalae

    uuu ipad baru uuu… *celingak celinguk nyari org yg mau beliin.. 😛

    Reply

    1. Bébé

      Kalo ketemu.. aku juga nitip satu ya La… 😛

      Reply

  7. arman

    gak terpikir untuk ganti new ipad. berhubung ipad 2 juga dapet kado, jadi nunggu dikadoin lagi aja dah. hahaha

    Reply

    1. Bébé

      Enaknyaaaa… gw juga mau kalo ada yang ngadoin.. sayangnya ga ada.. 😛

      Reply

  8. Shelomita

    oh wow that’s nice…tapi jujur aje nih yee rada nyesel beli iPad wkwkwk…soalnya gak bisa ngapa2in..maksudnya kalo ngeblog males juga karena autocorrectnya ngeselin banget hehe, abis itu nge-styling di Polyvore juga gak bisa 🙁 ya tapi cukup berguna juga sih kalo lagi nyari tempat/daerah/jalan sama buat blogwalking…tapi mau komen juga autocorrectnya lagi2 bikin kesel … harusnya dibeliin mesin jahit aja tuh duitnya huhuhu…(jauh amat yak?!!) hehehe…well, but I love my iPad deh, belum mau beli yang new.. ngeles, padahal maksudnya belum mampu hahaha..congrats ya, have fun dengan iPad baunya eh barunya ;P

    Reply

    1. Bébé

      Autocorrect-nya dimatiin aja… Gw juga dimatiin kok… abis emang ngeselin.. Suka sotoy gitu kan? wkakaka..

      Iyaaa.. maaciii.. masih mesra2nya nih sama ipad bau.. thihi..

      Reply

  9. zilko

    Hmmm, belum merasa membutuhkan iPad nih, tapi kalau ada yang ngadoin ato ngasih gratis sih tetep mau menerima dengan senang hati lah ya, huahahaha

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. pinginnya sih ada yang ngadoin juga Ko.. tapi apa daya.. akhirnya musti beli sendiri deh..

      Reply

  10. Angels

    karna gua baru beli ipad 2 jadi ga beli ipad 3 dulu deh hahaha. beda nya masih blum terlalu jauh jg ya kayaknya. Bagus nya produk apple, ios nya sama semua mau pakai yg gadget versi manapun, meskipun klo udah terlalu lama ada bbrp filtur yg ga bisa dipakai. tapi it doesnt matter sih menurut pengalaman gua. i love apple deh. *lama2 turning into apple fangirl*

    Reply

    1. Bébé

      Iyaaa.. .ga terlalu beda banget kok Ngel..
      Bener tuh.. enaknya produk Apple tinggal upgrade ios aja, biasanya jadi kurang lebih sama.. kecuali ngomongin layar ato kemampuan kamera ya..

      Reply

  11. katrin

    wah hasil potona lebih oke ya, memang pas liat hasil foto Ipad2 gw ngerasa agak kecewa gitu….beli gak yaaa??nunggu dikasi aja….hahahaha….

    Reply

    1. Bébé

      Iya.. agak2 pelit nih apple naro kamera di iPad 2.. padahal kan mereka udah ada teknologinya..

      Hihihi… iya, nunggu dapet kado ajaaaah..

      Reply

  12. niee

    *blm prnh pegang ipad*

    tapi emg warna kuning itu ngeganggu yak.. soalnya ada laptop aku yg lm juga gt.. dan sk pusing bacanya.. mdh2an bs putih lg deh..

    Reply

    1. Bébé

      Iyaaa.. Lama2 emang terbiasa sih sama warna kuningnya, cuma agak2 gatel aja liatnya.. Berasa barang rusak..

      Reply

  13. ndutyke

    RETINA DISPLAY.

    suami: wah udah ada retina displaynya nih bun…
    istri: oh retina display tuh yg kayak scanning sidik jari gitu ya? Yg kayak di film Charlie’s Angels? Nanti retina mata kita discan?
    suami:

    Reply

    1. Bébé

      huahahahahahahaha….

      Reply

  14. en-emy

    beliin satu donggggg! hadiah ulang tahun gw yak! *dih, siapa gw yak?* buahahahaha.

    Reply

    1. Bébé

      Tapi beliin gue iphone 5 yaks kalo nongol nanti… yah yah yah..

      Reply

  15. Kan jarang-jarang Be… | { a Memory Bliss }

    […] Be: Hiiiiiiiiih, ngeyel banget siiiih. Nih aku tulis kok soal si iPad di blog. Bentar yaaa (klik.. klak.. klik halaman blog sampai ke posting yang ini) […]

    Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P