Cooking Diary: Korv Stroganoff

Korv Stroganoff using whipped cream

As you may know, selama ini aku jarang masak makanan khas Swedia. Setiap masak selalu memilih untuk nyoba resep makanan Indo atau makanan barat lainnya. Bukannya aku ga suka makanan Swedia. Masalahnya sampai sekarang aku masih belum nemu yang cocok di lidah. Jadi kalau pun pingin bikin, pilihannya ya itu lagi itu lagi deh. Nah resep yang satu ini termasuk salah satu makanan khas Swedia yang paling sering aku bikin. Kenapa? karena gampang buatnya dan rasanya pun (menurutku) enak.. hehehe.. Daripada nekat nyoba yang susah-susah dan gagal, jadi mendingan cari resep yang ga pake ribet aja kali ya…

Bahan-bahannya:

  • 500 g sosis (terserah daging apa, aku sih kemarin pakai sosis kalkun), potong dadu.
  • 1 buah bawang bombay yang dipotong dadu
  • 400 g crushed tomato kalengan
  • 100 ml whipped cream atau crème fraiche
  • 2-3 sendok makan tomato purée
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh merica

Cara masaknya:

  1. Tumis bawang bombay dengan sedikit minyak sampai agak layu, lalu masukkan potongan sosisnya.
  2. Masukkan crushed tomato kalengan dan aduk merata.
  3. Masukkan whipped cream atau crème fraiche dan kemudian lanjutkan dengan memasukkan tomato purée dan bumbu lainnya.
  4. Aduk sampai mendidih dan biarkan di atas api selama 5 menit.

Resep ini cocok banget dimakan bersama nasi putih atau pasta (spaghetti/macaroni). Aku pribadi sih lebih suka makan Korv Stroganoff bersama macaroni, ketimbang nasi putih. Entah kenapa rasanya lebih seger aja. Belum pernah nyoba buat menggunakan crème fraiche, jadi ga bisa bandingin perbedaan rasanya dimana. Di beberapa resep yang lain, bisa juga ditambahkan jamur iris dan mustard dijon. Next time, I’ll try using those ingredients... nampaknya enak..

Added 25-05-2012

Iseng nyoba lagi buat korv stroganoff. Kali ini aku pakai crème fraiche dan mustard paste. Hasilnya agak beda dikit. Saos tomatnya terlihat lebih kental dibanding pakai whipped cream seperti yang sebelumnya. Untuk rasanya ga terlalu banyak berbeda. Tapi setelah itu aku tambahkan mustard paste sedikit, baru deh kerasa bedanya. Walaupun samar-samar tapi tetep kerasa asem-nya mustard. Kesimpulannya sih aku lebih suka yang percobaan ke-2… ^_^

Korv Stroganoff using crème fraiche

Buat yang pingin nyoba salah satu makanan khas Swedia, hayo dicoba jajal resep ini di dapurnya…

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

32 thoughts on “Cooking Diary: Korv Stroganoff

  1. misstitisari

    eh gampang banget ya Be cara bikinnya, bahannya juga ngga anehaneh
    nanti coba kalau jin lidah baratnya adekku lagi nongol, aku coba bikin *mencatat resep*

    Reply

    1. Bébé

      Iyaaa.. gampang banget kan? untuk rasa tinggal di sesuain lidah masing2 deh butuh bumbunya seberapa.. 😀
      Hahahaha.. harus nunggu jin lidah baratnya nongol dulu yaaa…

      Reply

  2. this indonesian

    Klo di Denmark namanya Svensk Pølseret nih, alias masakan sosis ala Swedia 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. ada namanya sendiri toh disana.. Kirain nyebutnya sama, secara tetanggaan..

      Reply

  3. ellalae

    itu kirain yang putih2 tuh nasi, taunya mata aku siwer.. kkk~~ bukan nasi toh..
    gampang euy kak.. kapan2 coba ah.. tar klo udah jadi aku laporan deh 😀

    Reply

    1. Bébé

      Siiiipphh.. Mumpung resepnya ga ribet nih La.. jadi wajib dicoba. hihihihi..

      Emang mirip nasi yaaa?? 😛

      Reply

  4. arman

    ngiler!! secara gua penggemar berat sosis! hahaha

    Reply

    1. Bébé

      Hahahahaha.. pantesan lo suka mainan guling juga ya Man.. kan mirip2 sosis tuh..

      Reply

  5. melissa

    iya be, sekilas diliat kayak nasi putih… hehehehe…

    nanti aku coba ah resepnya… hehehe…

    Reply

    1. Bébé

      Hihihi… gara2 sama putihnya yaaa… 😀
      Kalau udah coba, kabar2i yaaa.. semoga suka rasanyaaa.. ^__^

      Reply

  6. zilko

    Hmmm, bener banget tuh, kalau ngeliat resepnya *sok tau * kayaknya memang cocok dijadiin sausnya pasta gitu ya, hehehe 🙂 Kapan-kapan nyoba ah, hahaha…

    Reply

    1. Bébé

      Ho’oh Ko.. lumayan ganti2 kan saos pastanya…

      Reply

  7. ndutyke

    *muke songong* Kalo masakan beginian doang biasanya cepet sih….

    CEPET ABISNYA…

    bikinin dooooong

    Reply

    1. Bébé

      hahahahahaha…

      wani piro?

      Reply

    1. Bébé

      laper ya? aku jugaaaa..

      Reply

  8. ichy

    waaaaaaahhhh…kayaknya enak+bikinnya juga ga ribet mesti dicoba ini mah

    lumayan dapet resep baru yang bisa dicoba buat reunian sd makasih mbak bebeeeeee

    Reply

    1. Bébé

      Waaaah.. mau dibawa ke reunian SD? hihihi.. semoga pada suka ya rasanya…

      Reply

  9. Padni

    Halo salam kenal 😀 aku ud lama baca blog km, suka banget sama penampilan blognyaaaaaaaaa > 0 < sama suka dg resep2nya… tq for inspiring…..*bakal sering singgah nih kesini…wkwkwk……..

    Reply

    1. Bébé

      Halooo….salam kenal jugaaa makasih udah mampir2 yaaa..

      Hihihi.. jadi tersipu deh baca komennya..

      Reply

  10. niee

    waaahh sepertinya gak cocok dengan selera aku deh mbak.. hehehe

    Reply

    1. Bébé

      waaah.. coba aja dulu.. siapa tau suka loooh (ˆڡˆ)

      Reply

  11. arman

    test test.. kok komen gua kemaren gak masuk ya? apa masuk spam lagi? 🙁

    Reply

    1. Bébé

      Yang kemarin ada kok Man.. udah ga pernah masuk spam lagi…

      Reply

  12. arman

    nah yang ini masuk. kok yang kemaren gak masuk ya? aneh nih…

    Reply

    1. Bébé

      yang kemarin yang mana nih? ada semua kok

      Reply

  13. Candela

    Wah gampang nih, Be!! Asik… ntar coba ah 🙂 Thanks yaaa….

    Reply

    1. Bébé

      Sama-sama… semoga cocok ya rasanya…

      Reply

  14. Cupcakes.on.mylife

    Pas baca postingan kakak , langsung bunyi perut nihh kak..
    Criukk criukk #tsahhhh

    Reply

    1. Bébé

      hayoo cari makanan.. biar ga kriuk kriuk lagiii.. 😀

      Reply

  15. Nova

    waaah ini makanan khas swedia ya.. keliatan seger emang ya be!
    itu rasanya dominan apa tu be? asam manis ya?

    Reply

    1. Bébé

      Hmmm.. Apa yaa.. Lebih dominan rasa asam manis tomat gitu deh.. bingung jelasinnya.. Hihihi

      Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P