Cooking Diary: Macaroni Schotel – Versi 2

[dropcap style=”3″ size=”5″]U[/dropcap]ntuk resep yang satu ini sebenernya udah pernah aku taro di cooking diary. Malah resep ini adalah resep pertama yang aku tulis di blog ini. Bedanya waktu itu aku nulisnya masih asal-asalan dan fotonya pun juga masih seadanya gitu dwwweegh… Jadi sekarang aku tulis ulang lagi yaaa.. apalagi kemarin sempet ngedit cara masaknya dan foto ulang yang hasilnya jauh lebih ciamik… 😀

Bahan-bahannya:

  • 250 gram macaroni – direbus sesuai dengan petunjuk kemasan, tiriskan.
  • 1 buah bawang bombay – potong dadu.
  • 1 kaleng kornet.
  • 1 kaleng jagung manis.
  • 1 kaleng jamur champignon atau jamur kancing yang sudah dicincang.
  • 400 ml susu putih.
  • keju Parmesan parut.
  • keju mozzarella parut.
  • 3 telur – kocok kasar.
  • garam – merica – biji pala halus

Cara pembuatan:

  • Panaskan oven pada suhu 170 °C
  • Tumis bawang bombay sampai warnanya berubah transparan. Masukkan kornet dan campur rata.
  • Masukkan macaroni yang sudah direbus dan ditiriskan airnya. Dilanjutkan dengan jagung manis dan jamur.
  • Tuang susu. Aduk dan bumbui dengan garam, merica dan biji pala halus sampai puas. Pastikan rasanya sudah pas karena setelah dimasukan telur, tidak bisa diicip lagi.
  • Matikan kompor dan aduk macaroninya perlahan beberapa menit sampai uapnya keluar.
  • Campurkan telur yang sudah dikocok kasar ke dalam macaroni schotel-nya sambil terus diaduk sampai rata.
  • Tuang ke dalam loyang tahan panas sampai setengah penuh. Taburi dengan keju parmesan sepuasnya. Tutup lagi dengan macaroni sampai penuh.
  • Taburi keju mozzarella secara merata. Panggang selama ± 20 menit sampai lapisan kejunya berubah coklat.
  • Keluarkan dari oven. Biarkan sebentar sebelum disantap.
  • Untuk ± 6 porsi besar 😀

Selamat Menikmati…

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

27 thoughts on “Cooking Diary: Macaroni Schotel – Versi 2

  1. ridha

    tsaaaaaah.. emang keren fotonya beeee ^^

    Reply

  2. ~Amela~

    aku kemarin juga makan makaroni skotel.. tapi yang instan..
    tinggal keluarin dari freezer terus diangetin (karena ga punya oven jadi digoreng aja)
    moga kapan2 kalau udah ada oven bisa nyobain ini resep 😀

    Reply

    1. Bébé

      Wah memang ada Mel yang instan gitu? aku baru tau loh.. Beli dimana?

      Reply

  3. Dina

    Makin keren keren loooh foto masakannya dee…. Sukses yaaa

    Reply

    1. Bébé

      Makasih mba.. Kemarin abis dibeliin properti foto sama Bubu… jadi semangat moto2nya..

      Reply

  4. ichy

    fotonya makin kece..makin sukses bikin laper saat dibuka jam setengah sembilan pagi di kantor

    Reply

    1. Bébé

      Ahahaha.. lumayan ngasih ide buat makan siang nanti kan? 😛

      Reply

      1. ichy

        hahahah..iyaaa..ini jadi ide buat makan siang..lumayan ga pusing2

        Reply

        1. Bébé

          Hahahaha.. bagus.. bagus.. 😀

          Reply

  5. Desi

    Itu mangkok putihnya bagus banget ih.. hihihihi
    Dan seperti biasa, lo sakses bikin gw mupeeng pengen makan makaroni schotel..

    Reply

    1. Bébé

      Akhirnya untuk pertama kalinya tu mangkok dipake buat panggang macaroni.. ahahahaha.. biasanya buat makan puding mulu.. thihihihihi…

      Aseeeek.. langsung menuju dapur terdekat dan bikin macaroninya..

      Reply

  6. Ely Meyer

    tanggung jawab Be .. aku jadi laper lihat fotonya !

    Reply

    1. Bébé

      Jurus ninja *puff* *menghilang*… hihihihihi

      Reply

  7. nicil

    wuaaah aku suka banget macaroni schotel tapi ga bisa bikin karena ga punya oven haha
    ngiler liat fotonya,icip doong

    Reply

    1. Bébé

      Sini.. sini.. masih ada 2 potong nih…

      Reply

  8. selly

    ampuuuunnnnn.. sooooo mouthwateringggggggg

    Reply

    1. Bébé

      Hayooo ikutan buat juga..

      Reply

  9. Jeanette @ Mary's Pastry Lab

    mauuuuuuuuuu…. eh bikin smorgastarta euyyy!!!!! ditunggu!!!!

    Reply

    1. Bébé

      Iyaaa… minggu ini baru ketemu mertua.. nanti gw mintain resepnya yaa.. biar bisa nyoba buat sendiri.. ^__^

      Reply

  10. epi

    be beeee… gue bingung deh tiap moto itu kebingungan nyari bekgron nya:)) itu emg lo da siapin properti buat foto2 ya? gue suka nyari2 kertas kado gt berakibat kertas kado nya lebih rame dr obyek foto nya sendiri

    Reply

    1. Bébé

      Kadang dadakan, kadang udah nyiapin dulu sebelum foto pi… Gw baru aja beli kertas karton bermotif gitu deh buat latar.. Udah gw pake di foto ini sama yang foto mango milkshake…

      Kalau yang di foto green velvet cupcakes, gw malah pake kertas tisu bermotif untuk latar.. seadanya banget deh pokoknya…

      Reply

  11. niee

    lihatnya udah buat laper mbakbe.. emang foto mempemgaruhi yak.. soalnya aku kurang suka sebenarnya dengan macaroni.. hehehe

    Reply

    1. Bébé

      Hahahahaha.. ya siapa tau lama2 jadi suka sama macaroni.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/grin.gif

      Reply

  12. Niar Ningrum

    Habis baca resep ini sama di tempat mbak maya langsung deh kesini liat resep nya mbak bubu, pingin coba aahh 😀

    Ituh fotonya menggiurkan 😀

    Reply

    1. Bébé

      Makasih.. ^^ ayo dicoba juga.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/mrenges.gif

      Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P