And So It’s Done

Hari ini aku  dapet hasil ujian akhir sekolah bahasa Swediaku di tingkat SAS (Svenska som andraspråk). Ujiannya sendiri udah aku lewatin hari kamis minggu lalu dan hari senin kemarin. Sebelum aku kasih tau hasilnya, aku mau cerita dulu ya tentang ujiannya… biar tambah misterius gitu loh ceritanya..

* * * *

Mulai bulan Februari yang lalu, setelah lulus sekolah bahasa di tingkat SFI (Svenska för Invandrare – Swedish for immigrants) aku memutuskan untuk lansung lanjut ke tingkat SAS ini. Jatah waktu yang diberikan oleh Lärcentrum (pusat pendidikan di Swedia) untuk tingkat SAS hanya 6 bulan aja. Misalnya aku butuh waktu lebih dari jatah yang diberikan itu, aku harus melapor ke Lärcentrum dan minta perpanjangan waktu. Prosesnya ga sulit sih, cuma ya males aja harus berurusan sama birokrasi gitu lagi.

Beberapa minggu yang lalu, tiba-tiba aja guru di kelasku bilang ke aku dan beberapa teman di kelas yang masuknya bersamaan denganku kalau pada tanggal 21 Juni 2012 kami disarankan untuk ikut ujian nasional untuk lulus dari SAS. Alasannya karena bulan Juli besok ini sekolah akan libur musim panas selama 1 bulan dan ketika kami masuk nanti di akhir bulan Juli, jatah tes berikutnya hanya ada di pertengahan bulan September. Dan itu artinya kami akan melewati jatah waktu yang diberikan oleh Lärcentrum. So.. sang guru pun nyaranin agar kami ikut tes sekarang aja supaya ga perlu pusing harus perpanjang waktu lagi. Dia juga nambahin kalau sebenernya kami udah siap ikut tes kok, jadi ga perlu nunggu sampai September.

Aku sendiri karena emang ga kepingin kepikiran sekolah selama liburan musim panas, langsung setuju ikut tes. Ternyata beberapa teman-temanku juga berpikir sama dan akhirnya pada tes nasional kali ini ada 7 orang dari SAS yang ikut ujian. Aslinya sih seharusnya lebih dari 7, tapi beberapa nolak ikut dan memilih memperpanjang waktu.

Bagian 1 – test percakapan (Kamis, 21 Juni 2012)

Pada tes ini kami dibagi menjadi beberapa grup dengan jumlah 2-3 orang/grup. Aku masuk ke grup yang jumlahnya ber-3. Pasangan ngobrolku hari itu adalah teman-teman sekelasku yang berasal dari Polandia dan Mesir. Pertama kami harus mendengarkan sebuah text. Lama text ini sekitar 5 menitan. Kemudian kami harus diskusi bersama tentang apa yang kami dengar. Ga harus plek-plek bahas sih, setidaknya ambil temanya dan kemudian bisa bicara bebas. Setelah itu kami diberi waktu untuk berunding bersama tentang text yang kami sudah dengarkan tadi dan kemudian memberi presentasi singkat ke teman-teman yang lain.

Tes ini ga terlalu susah sih. Intinya cuma ngobrol aja. Cuma aku kan kadang suka deg-degan kalo disuruh ngomong, jadi kadang suka glagapan sendiri kayak kelelep. Tema yang kami dapat membicarakan masalah agama di sekolah. Jadi kami hanya membahas perbedaan sistem pengajaran agama di negara masing-masing. Cukup mengagetkan dalam diskusi kali ini ga pake gontok-gontokan. Padahal seringnya kalo udah tema agama, suka agak-agak sensitip gitu deeeggh pada-pada.

Bagian 2 – test pemahaman dan menulis (Senin, 25 Juni 2012)

Pada bagian ini ada dua test yang harus kami lalui. Bagian pertama adalah pemahaman teks. Jadi pada hari kamis sebelumnya, kami dikasih liat teks-teks yang akan digunakan pada waktu test. Jumlah halaman teksnya ada 12 halaman bolak balik dengan berbagai macam cerita, puisi, berita, dll… dll. Pada waktu test yang benerannya, kami diberikan lembar pertanyaan yang jumlahnya sekitar 12 halaman juga, dan setiap pertanyaan berhubungan dengan teks yang sudah kami baca. Selain menjawab pertanyaan, kami juga harus menulis mini essay dengan menggabungkan sebuah cerita dengan gambar atau puisi yang ada di lembaran teks-teks tersebut.

Waktu yang diberikan untuk test pertama ini? 80 menit + 30 menit tambahan. Yuppi hanya 110 menit aja untuk nyelesein semuanya. Kayaknya lumayan lama ya 110 menit. Tapi boooook.. asli deh itu pas ngerjain, udah buru-buru kayak setan gila juga pas aku kelar jawab pertanyaan terakhir, berakhir juga waktu ngerjainnya.. Wuedaaaaaaann!!! Ga ada lagi tuh waktu untuk ngecek jawaban-jawaban sebelumnya. Pokoknya pasrah aja lah hasilnya apa.

Setelah istirahat 30 menit, kami melanjutkan ke ujian ke-2, yaitu tes menulis. Bagian ini kami akan diberikan tugas menulis sesuai tema hari itu. Bisa menulis artikel, cerpen, surat pembaca, dsb. Waktu yang berikan kali ini lebih lama.. 3 jam ajah.. nyahahahaha.. puas banget ga sih tuh.. Tes menulis ini adalah bagian tes yang aku ga deg-degan sama sekali. Bukan kenapa-napa sih, tapi setelah berkali-kali latihan test menulis, hasilku pasti selalu lulus. Jadi ya udah cukup yakin lah kalau aku siap.

Pas lembaran soalnya dibagikan, aku cuma bisa bengong sesaat. Kepalaku udah siap untuk nulis artikel atau setidaknya surat pembaca. Pokoknya yang resmi-resmi gitu deh. Eh ternyata… eh ternyata… saya disuruh bikin surat untuk nenek tercinta dong sodara-sodaraaaaah.. Jadilah selama 2 jam aku berusaha memeras otak untuk nulis surat ke nenekku. Supaya makin dramatis, aku bohong-bohong dikit lah.. Contohnya nambahin kalau aku sekarang lagi sibuk ngurus anak, trus dia udah bisa ngomong mama, endebrey… endebrey… ngarang abis judulnya. Tapi sepertinya ceritaku itu cukup meyakinkan. Soalnya beberapa hari setelah tes, guruku nanya “kamu ga punya anak kan be?” Waktu aku bilang “ga kok, belum punya“, guruku langsung bereaksi “ah.. bener kaaaan.. waktu aku sama Jonna (guruku yang lain) ngecek ujian kamu, sempet bingung gitu… Bebe udah punya anak ato belum sih? perasaan belom.. Ini pasti dia ngarang deh” buahahahahaha… yah, kalo boong di ujian gitu mah gpp lah yaaa.. yang penting ga di kehidupan nyata.. ya ga seeeeh??

* * * *

Ok.. saatnya kasih tau hasil ujian kemarin…

Aku LULUS teman-teman…

Hasil persisnya seperti ini:

  • Test Percakapan – G (godkänd)
  • Test Pemahaman teks – VG (Väl godkänd)
  • Test Menulis – G+

Secara keseluruhan : G

Not bad lah yaaaa… udah ga ngarep juga sih dapet VG, jadi aku puas banget dengan hasilku.. apalagi test pemahaman aku bisa dapet VG dan menulis aku aslinya dapet bisa dapet VG, cuma grammarku masih agak-agak berantakan.. jadinya cuma G+… so I’m pretty satisfied with the result.

Sekarang? Dengan resmi bisa saya umumkan kalau saya PENGANGGURAN… hahahaha.. ada yang mau ngasih kerjaan foto-foto?

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

68 thoughts on “And So It’s Done

  1. unni

    Selamaat ya Mbaaakk

    Senyum2 sendiri pas baca sesi tulis surat ke nenek.. eh, ga , ketawaa malaah

    Reply

  2. arman

    congrats yaaaa
    cieee udah jago dong nih ngomong sweden nya berarti… 😀

    Reply

    1. Bébé

      Thank you Man.. (gw tiap kali nulis cuma ‘Man’.. berasanya kayak nulis “yoo, man.. watzuupp!!” hihihi)

      yaaaaa… little little I can lah.. nyahahaha..

      Reply

  3. yeye

    Congrats yesss..
    Canggih dah ngmgnya skrg 😀

    Reply

    1. Bébé

      Thank you… yaaaah.. lumayan lah…
      Lo kenapa ga pernah ngomong bahasa Swedia lagi? kan sayang bok, bisa lupa lama-lama kalo ga dipake gitu…

      Reply

      1. Yeye

        Emang udah amnesia bow….
        Tar tunggu pepih belajar dulu biar barengan ngmgnya yakk… hohohoho

        Reply

        1. Bébé

          yah sayang banget.. sama nyokap aja sering2 ngomong lagi.. ato sama adek lo… Setau gw bahasa itu kalo udah bisa, biasanya cuma butuh dilatih lagi dikit kalo uda lupa.. pasti langsung lancar..

          Nah lo kan udah lancar.. tinggal inget2 doang.. Ato ajarin ke Millie… lumayan tuh..

          Reply

  4. ndutyke

    “ah.. bener kaaaan.. waktu aku sama Jonna (guruku yang lain) ngecek ujian kamu, sempet bingung gitu… Bebe udah punya anak ato belum sih? perasaan belom.. Ini pasti dia ngarang deh” buahahahahaha… yah, kalo boong di ujian gitu mah gpp lah yaaa.. yang penting ga di kehidupan nyata.. ya ga seeeeh??

    >> huahahaha, lucu banget kamu bebeeeeeeb! abis ini dapet kerjaan baru sebagai MAMA ya beb

    Reply

    1. Bébé

      Amiiiiin.. tenkyuuu… Semoga ya semogaaaa… 😀

      Reply

  5. Allisa Yustica Krones

    Horeee!!! Selamat ya Be! Hasil ujiannya bagus!

    Aku juga ikut ngaminin doanya Tyka deh, habis ini dapat kerjaan jadi mama yaaaa

    Reply

    1. Bébé

      Amiiiiin.. amiiiiin.. 😀 Makasih doanyaa… *peyuk peyuk*

      Reply

  6. aninda

    ikut mengamini doa2 sebelumnya ya kak bebe.. semoga surat buat neneknya cepet jadi kesampaian. ga sabar pengen liat bebe kecil atau bubu kecil..

    Reply

    1. Bébé

      Amiiiiin.. amiiiin.. makasih banyak doanya..
      Aku juga ga sabar niiih.. pingin liat mibu sama mibe.. 😀

      Reply

  7. ~Amela~

    selamat ya mbak bebe..
    dan semoga segera dikasih momongan juga..
    kebayang deh kalau mbak bebe punya anak nanti.. bisa nyaingin koh arman foto2nya.. hehehhe
    dan semoga segera dapat kerjaan.. biar ga kelamaan nganggurnya
    traktirannya mana nih?

    Reply

    1. Bébé

      Amiiiin…

      Ahahahaha.. mirip2 Emma lah pastinya.. dipotoin mulu sama ibunya.. jadi model cilik.. ahahahaha..
      Amin amin amin lagi…

      Traktirannya… hmm mau parmesan cupcakes gaa? aku masih punya banyak nih.. 😀

      Reply

  8. kittenholic

    eh nama yg komen di atas sama kaya gw hihihi. jd gw ganti deh namanya :p

    gratisssss bebe! (eh bener kan itu artinya congrats?? hihihi. malu bener deh kl salah). akhirnya perjuanganmu kelar juga

    asiknya yang sekarang udah liburannn.. berarti udah ga ada skolah2an lagi donk ya? tinggal cari kerja?

    happy holiday!!

    Reply

    1. Bébé

      Ahahaha… karena diganti, akhirnya masuk folder spam deh tuh.. 😀

      Meleset dikiiiitt.. ahahaha.. Grattis-nya pake 2 T.. ^__^ kalo 1 T, jadi gratisan free.. ahahaha.. 😛
      Iya nih.. setelah setahun lebih, akhirnya kelar juga.. fiuuuh.. Sekarang nganggur aja deh.. uhuk uhuk… semoga cepet dapet kerjanya..

      Makasiiiih…

      Reply

  9. Ely Meyer

    senengnya yang sudah lulus, ikut senang Be, selamat ya
    semoga segera dapat kerjaan deh, soalnya foto fotomu keren !

    Reply

    1. Bébé

      Makasih mba.. Amin semoga yaaah..

      Reply

  10. Rifi

    Hebat Bebeee!!
    Congrats!!

    Reply

    1. Bébé

      Ma’aci neng Rifi… *kecup*

      Reply

  11. ladeva

    Ada Be kerjaan poto-poto. Potoin aku dan GERATIS

    Anyway, selamat ya Bebeeeee….selamat! 🙂

    Reply

    1. Bébé

      hahahahahahaha.. tapi jauh Dev kalo motoin dirimu..
      Thank you yaaa… 😀

      Reply

  12. ridha

    Horeeeeeeee.. alhamdulillah kelas juga akhirnya ya sekolahnya
    Giliran aku dong abis summer.. huhuhu

    Reply

    1. Bébé

      Waaaah.. dirimu lanjut SFI atau SAS Dha? Ayooo cemungudh kakak…

      Reply

  13. melissa

    waaaa…. congratz bebe…

    semoga cepet dapet kerjaan dan momongan ya… hihihihi….

    Reply

    1. Bébé

      Thank youuu.. Amiiin.. amiiin.. ^__^

      Reply

  14. Desi

    hihihi ..once again syelamat yaaa ..
    bener kata tyka, abis ini dapet kerjaan sebagai mama.. amin..

    btw, kalo VG itu artinya nilainya A ya
    kalo G + itu B, gitu bukan sih ?? *sotoy yak*

    Reply

    1. Bébé

      Ma’acii… amin semoga cepet jadi Mama.. Nanti kan siapa tau tenar.. jadi Mamah Bebeh.. 😛

      hmm.. bandinginnya gimana yaaa.. aku juga bingung… mungkin sih gitu yaa.. yah anggep aja kurang lebih gitu deh.. ahahahaha..

      Reply

  15. lulu

    selamat ya Bebe….
    tulisannya semoga menjadi doa yang segera dikabulkan. aamiin…..

    Reply

    1. Bébé

      Amiiin.. semoga nih.. Makasih yaaa..

      Reply

  16. epi

    kasih selamat lagi ahhhhhhhhh be, terima jd potohgraper prewed ga wkwkwkwkw

    Reply

    1. Bébé

      ma’aci epiiii… Mauuu mauuu.. tapi kita foto2nya jauh2an gini gimana ceritanya pi? ahahaha..

      Reply

  17. della

    Slamat ya Beeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee.. 😀
    Sekarang tinggal tagih McBook ke Bubu dong ya :p

    Reply

    1. Bébé

      Makasih..

      Iyaaaaaaaah.. udah nagih nih.. tapi masih gagal euy usahanya..

      Reply

  18. Angel

    Selamaattttt, Be 😀 Akhrnya lulus juga 😀

    Reply

    1. Bébé

      Thank youuu… Akhirnyaaaa.. sebenernya sih panjang lagi perjalanannya kalo mau diterusin.. tapi saya udah ga mau.. cukup.. cukup..

      Reply

  19. tikka

    hore sudah lulus ^^
    Kalau jadi freelance photografer bisa thu be hehehe ^^

    Reply

    1. Bébé

      Iya pinginnya jadi freelance fotografer gitu deeeeh… biar ga keiket jam kerja.. abis bocen saya kera 9-5 terus.. 😀

      Reply

  20. Leony

    Bravooooooo. Slamet ya Beeee! Jadi boleh dong kerja kerasnya bubu gembleng kamu dikasih ciuman mesraaa hahahaha. Wah kl nganggurnya di indo, lgsg dipromoin deh buat foto2. Sayangnya jauh benerrrrr.

    Reply

    1. Bébé

      Nyahahahahaha… udaaaah kok.. tai paling seneng sih sekarang udah ga ada sistem point lagi.. jadi bebas deh tuh dari tugas cupir sama bersiin kamar mandi.. ahahaha

      Reply

  21. Mayya

    Yippppieeeeee! Selamat! Selamat! Selamat! *cipika-cipiki*

    Pengangguran ya be? Sini sini banyak kerjaan loh, nyuci piring, nyapu rumah, ngepel, ngasuh Little Bee…hohoho *ketawa licik*

    Reply

    1. Bébé

      Makasih Mayya…

      Mana sinih kalo butuh2 babysitter… *siapin mainan buat lil Bee*
      btw, so sorry about your lost ya Dear… *peluk Mayya*

      Reply

  22. randompeps

    Syelamat ya sayangkooooo semoga berguna igu bahasa di kemudian hari huooo dan gue doain cepet dapet momongan :*

    Reply

    1. Bébé

      Amiiiiiin.. makasih neng pepiiiiih…

      Mau belajar bahasa Swedia juga ga pep? cini cini sama tante…

      Reply

  23. Angela

    Congrats ya Be! Jadi udah fasih bahasa Svenska dong?

    Reply

    1. Bébé

      Thank youu.. Belum fasih kok… Tapi half fluent kali yaaa.. Ahahaha.. Vocab-nya masih belom banyak.. ^_^

      Reply

  24. novi

    selamat bebe! smoga bentar lagi punya anak kayak teks karangan di ujiannya jadi kan tercapai dua skaligus (yg ditulis di ujian jadi kenyataan dan status penganggurannya ilang hahahaha)…eh tapi ibu RT itu pengangguran juga ding yah, ga jadi deh. doain moga2 kamu cepet dapet kerja aja sesuai passion mu di desain grafis (bukan gratis) hihihi

    Reply

    1. Bébé

      Thank you mba… Ahahahahaha iyaaa.. Semoga ga jadi design gratis nih…

      Reply

  25. Jeanette @ Mary's Pastry Lab

    uhuy congratssss!!! hebat yuk bagi2 puisi svenska skrg beeee ehuehuehuehuehue… gimana bisa kasih job foto2 kalo kamunya jauh pisan gitu…

    Reply

    1. Bébé

      Ahahahaha.. mau puisi Svenska nih?? hahahaha… thank you yaks..

      Iyaaa.. gimana yaaa? padahal pengeen..

      Reply

  26. Rina

    YAIY! congratulation! and celebration!! traktir hayooo!!

    Reply

    1. Bébé

      Huwaaaaa… mau brownies aja gaaa???

      Reply

  27. dani

    Selamat Be!. Baru baca aja ni postingan.

    Cerdas banget ya nulisnya, naroh hasilnya di paragraf menjelang terakhir biar baca semuanya. Hehehe.

    Guru-guru di sana akrab-akrab yah? 😛
    Eh bahasa Indonesia ga laku ya? Kalo laku kan lumayan tuh buka kursus bahasa Indonesia di sana. 😀
    *Selain moto-moto*

    Reply

    1. Bébé

      Ahahahaahah.. kan kan kan… biar seru dulu baca ceritanya.. baru akhirnya.. ahahahahaha..

      Guru2nya asik.. kebanyakan seumuran, atau lebih muda. Ada juga sih yang lebih tua, tapi ga ada gap senior-junior.. jadi asik aja..

      Bahasa Indo ga laku.. soalnya orang Indo di Swedia aja cuma 800 orangan.. Kalau bahasa Thailand mungkin malah laku tuh.. Mungkin harus lebih dibanyakin pasangan campuran Indo-Swedia dulu nih..

      Reply

  28. Fety

    Horeeerr, bebe sudah lulus :))

    Reply

  29. zilko

    Selamat ya udah lulus tesnya. Hebat euy!! Aku juga ntar kalau berniat menetap di Belanda juga kayaknya mesti ikut tes-tes semacam ini nih, salah satunya ya (pastinya) bahasa, hehehe

    Reply

    1. Bébé

      Ahhh.. iyaa.. emang di Belanda kalau mau dapet resident permit harus bisa bahasanya dulu kan ya? Enaknya di Swedia berarti.. ahahaha.. belajar bahasanya setelah pindah kesini.. 😀

      Reply

      1. zilko

        Kalo cuma residence permit mah gak harus Be. Aku udah ada kok residence permit gitu semenjak tiba dulu, hehehe. Cuma kalau mau apply permanent resident gitu deh baru kayaknya mesti ikutan tes bahasanya, hehehe… . Jadi ya memang bisa juga belajarnya setelah pindahan kemari, hihihi

        Reply

        1. Bébé

          Ahaaa… ga harus ternyata? abis dulu kan waktu ngurus RP sering liat2 di komunitas kawin campur – temen2 yang mau pindah ke Belanda.. dan syaratnya ya itu ada tes bahasanya dulu.. Mungkin mereka mau cari permanent resident kali yaa..

          Berarti ga niat pulang donk Ko?

          Reply

  30. ristin

    Weleh.. Aku baru baca postiingan ini.. 🙂 selamat yaa.. Udh lulus.. Smoga cpt tercapai yg dicita2kan hehe.. Btw.. Msh pengangguran kan dep? Bantu aku deh.. Urus baby fa.. Hahahahhaha…

    Reply

    1. Bébé

      Makasih mbaaa… Hahahahaha.. aku bantuin Aya belajar masak aja boleh ga? biar aku ga kalah saing sama Aya.. udah pinter masak sekarang..

      Reply

  31. niee

    selamat mbak be… udh bisa nawar belanjaan pk bahasa swedia dong 😉

    Reply

    1. Bébé

      ahahahahaha.. yoiiih.. sayangnya barang2 disinj kagak ada yang bisa ditawar.. :((

      Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P