Weekend in Malmö

Seharusnya hari ini ada cerita jalan-jalan ke Copenhagen juga. Cuma berhubung Bubu kami berdua ngandelin banget laporan prakiraan cuaca dari SMHI (badan meteorologinya Swedia) dan katanya SMHI itu di Copenhagen akan hujan seharian, jadilah rencana jalan-jalannya diundur deh. Tapi ternyata eh ternyata, sampai post ini dibikin (jam 3 sore waktu Swedia bagian Helsingborg), mataharinya masih bersinar manis dan sedikit ceria aja doooong.. grrrr.. Agak mendung-mendung dikit sih, tapi ga ujan… Hiks.. hiks.. tertipuuuh…

Yah, daripada manyun mending aku cerita jalan-jalan kami ke Malmö aja yaaah…

* * * *

Hari Sabtu kemarin, aku dan Bubu ke Malmö karena adek ipar ulang tahun. Berangkat dari rumah agak cepet karena pingin jalan-jalan dulu sebelum ke rumah mertua. Udara hari itu enak banget. Panaaaasssss tapi kadang ada angin-angin dingin semilir yang bikin adem. Akhirnya aku bisa juga keluar jalan-jalan pake celana pendek dan ga perlu lagi dobel celana jeansku sama legging.. Finally.. yeaaay..

Sekitar jam 1 siang kami sampai di Malmö Centralen. Dari sana kami berjalan menuju daerah Stor Torget atau the big square di depan City Hall. Entah karena emang udah musim liburan atau karena cuacanya yang memang lagi bagus banget (akhir-akhir ini lebih sering ujan mulu soalnya) tapi disepanjang jalan dari Stor Torget ke Gustav Adolfs Torg (GA Torg – City Square yang lain) rame banget orang lalu lalang. Pertokoan di kiri dan kanan jalan pun penuh dengan kata-kata REA/SALE. Haaah menyenangkannya…

Dari GA Torg kami melanjutkan perjalanan menuju sebuah pertokoan bernama Triangeln. Untuk menuju kesana, kami terus melewati daerah yang penuh dengan pertokoan di sebelah kiri dan kanan jalan. Karena emang ga diniatin belanja, aku jadi ga kalap liat papan SALE. Sok lempeng gitulah.. tapi tetep sih kadang masuk toko dan pas keluar-keluar bawa tentengan… nyahahahaha.. teteup..

Di sebuah jembatan, ada 2 orang anak muda yang lagi street performance. Salah satunya bermain drum dan yang lain main gitar sambil nyanyi. Suaranya bagus, lagunya ok, dan si pemain drumnya pun  manis . Aku berdiri ga jauh dari mereka dan mulai foto-foto, sementara si bubu aku minta tolong beliin Root Beer (you know Root Beer-nya A&W ? iyaaah ada juga di Malmö yang kalengan, tapi mereknya beda). Sambil nunggu Bubu balik, aku berkeliling di sekitar jembatan dan foto-foto. Berasa turis banget sih, tapi ah ya sudahlah.. kapan lagi..


Di Malmö pada musim panas cukup banyak hal yang bisa dilakukan. Contohnya naik kapal keliling kanal untuk melihat beberapa sisi kota Malmö. Kita juga bisa rame-rame nyewa sepeda air (yang kayak foto di atas – paling kiri) dan genjot sendiri mengelilingi kanalnya. Aku dan Bubu belum pernah nyoba dua “atraksi” tersebut. Tahun lalu pas cuaca lagi bagus-bagusnya, kami lagi liburan di Berlin selama 1 minggu. Pas pulang, cuacanya cuma ujan.. ujan.. dan ujan… Sekali-kalinya cerah, kami langsung ngabur ke pulau Ven (ceritanya bisa dibaca di sini.. pasti pada langsung jatuh cinta deh sama pemandangannya). Jadi sampai sekarang, belum kesampean tuh naik sepeda airnya. Mungkin kalo ada yang lagi jalan-jalan kesini, kita bisa nyoba bareng? ^__^

Kelar nontonin anak-anak muda nyanyi dan foto-foto, aku dan Bubu melanjutkan perjalanan ke Triangeln. Baru beberapa meter dari jembatan, kami mendengar ada suara street performer yang lain ga jauh di depan kami. Yah begitulah kalau di Malmö.. tiap wiken pasti ada aja yang “ngamen” di sepanjang jalan daerah pertokoan. Tapi bedanya mereka ga keluar masuk toko atau cafe. Jadi cukup mejeng di satu tempat dan tinggal tunggu orang-orang ngasih duit. Ga ganggu dan malah ngasih hiburan ke orang-orang yang lalu lalang.

Street performer kali ini tampilnya solo alias sendirian. Aku pun dengan sigap langsung pasang aksi foto-foto. Eh, doi sadar loooh lagi dipotoin.. nyahahaha.. Setiap kali kameraku udah siap, dia langsung liat ke arahku dan senyum. Aku pun dengan malu-malu senyum balik. Hal itu berulang beberapa kali.. pokoknya setiap aku foto, dia akan pasang senyum. Ga lama si Bubu dateng dan nanya “kok dia senyum-senyum terus sih sama kamu?“. Aku cuma bales “ya kan istrinya Bubu cantiiik, makanya disenyumin” ahahahaha.. iiiiggghh bubu jheleeesss yaaa…  cuit cuit.. so cute deeeeh.. *towel-towel pipi bubu*. Selain si penyanyi ramah itu, ada juga bapak-bapak yang bermain alat musik suling dan saxophone. Sayang pas aku lewat lagi ga dimainin saxophonenya. Padahal pingin tau, jangan-jangan sekeren Kenny G lagi kan… pan lumayan.. ^_ ^

Yang sebelah kiri nih yang senyumin bebe terus.. hihihihi

some random snapshots

Sesampainya di Triangeln, kami berdua hanya berkeliling sebentar di dalam Mall-nya. Jangan bayangkan mall-mall di Jakarta. Ini 1/4-nya pun ga ada. Biasa banget deh pokoknya. Apalagi beberapa bagian lagi dalam tahap renovasi, jadi keliatan kumuh gitu deh. Kami hanya menghabiskan waktu 30 menit kurang lebih di dalam mall-nya sebelum akhirnya pergi ke rumah mertua. Oh iyaaa.. karena kemarin itu hari ultahnya adek ipar, mertua bikin makanan yang spesial banget… yaitu Smörgåstårta… Jeanette, I know that you’ve been asking for this dish quite a while now… I’ll give you my mother-in-law’s smörgåstårta… hihihi… .

Smörgåstårta itu adalah “cake” yang dibuat dari roti tawar yang ditumpuk-tumpuk, cream cheese, timun dan topping sesuai pilihan. Kemarin mertuaku membuat smörgåstårta dengan dua macam rasa udang dan smoked beef. Yang rasa udang dimakan bareng bersama timun, tomat dan telur rebus. Sementara itu yang smoked beef menggunakan bawang goreng dan remouladsås (mirip mayonaise tapi rasanya beda). Super super yummy dan biking kenyang abisssss… Kemarin sih aku udah dapet contekan resepnya dari mertua. Kapan-kapan aku coba buat yaaaaah…

* * * *

Begitulah wikenku… masih sedikit bete karena ga bisa beli KFC di Copenhagen, tapi ya semoga bisa kesampean minggu depan. Apalagi kemarin pulang-pulang ke Helsingborg dapet tentengan banyak. Bener-bener yaaaah, kalo lagi ga niat belanja tuh malah makin menggila beli-belinya. Ckckckckck.. Kebanyakan sih dapetnya properti foto-foto, tapi sempet beli juga pisau merek scanpan sama alat ukur “cups”. Yaks, kali ini saya siap bikin resep yang pake cups-cups-an… hihihi..

Sekarang aku mau siap-siap masak dulu yaaaah… Oh iya, nanti malem final piala Euro Cup kan ya?? hayooo pada dukung yang mana? Itali ato Spanyol? Aku mah ga dukung siapa-siapa sayangnya.. Tapi suka ngeliatin akang Casillas yang ganteng nan rupawan itu sih.. Hmmm… dukung Spanyol aja kali yaaah..

NB: untuk liat foto-foto di post ini dengan ukuran lebih besar, tinggal diklik aja di foto masing-masing yaaa.. 😀

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

32 thoughts on “Weekend in Malmö

  1. ridha

    Wuiiiiiih.. jalan2 teruuuuuus… 😀
    Btw, yang senyum2 itu lumayan juga… hmmmm
    Smorgastortanya kayanya enak yang beef…. ^^

    Reply

    1. Bébé

      Iya doooong.. bentar lagi kan jalan2 sama Alyzza jugaa..

      Iya kaaaaan?? aku juga mikirnya gituu.. tapi tapi tapi.. nyari temen dulu

      Aku malah lebih suka yang udang loh.. si Bubu sih suka dua2nya..

      Reply

  2. Ratih Setiawati

    alhamdullilah akhirnya beli cups juga pengen tau komentar bebe kalo udah pake itu.. mendingan mana sama yang pake ukuran gram2an hehehe 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Ahahahahaha… iyaaa nih.. semoga lebih gampang yaaa.. kalo ga, pasti bakalan ada postingan misuh2 lagi soal cups2an.. LOL

      Reply

  3. della

    Kapan ya di Jakarta ada restoran makanan Swedia? Posting Bebe tentang makanan Swedia bikin ngiler mulu ih 😀

    Reply

    1. Bébé

      Di Bali kalo ga salah udah ada tuh.. *ya kali nanyanya di Bali yah beee..* 😛

      Coba bikin aja Del.. siapa tau suka.. hihihi..

      Reply

  4. ndutyke

    BEBEEEEE…. itu 3 foto yg paling atas, tone-nya keren bangeeeeeet! huhuhuhu… pegimane cara buatnya ituuuuuh?

    Reply

    1. Bébé

      Foto pake iphone, edit di snapseed..

      Reply

  5. Desi

    Deeuh bebe pinter amat si bubu di suruh beli minuman, trus lo bisa puas2in poto2 tuh si street performer.. hahaha dasaar..

    mama mertua canggih juga ya masaknya be.. keliatan endang surendang..

    Reply

    1. Bébé

      Nyahahahahaha… kan kan kan istrinya hauuuuss… *pencitraan istri manja* 😛

      Mertua mah canggih nian masaknya.. makanya nih jadi semangat belajar masak, biar anaknya nempel terus sama gw.. ahahaha..

      Reply

  6. Angel

    cakep tuh musician yg suka senyum2 =)) bagus2 Be poto2nya 😀 ngiler tinggal di swedia jadinya hihihi

    Reply

    1. Bébé

      Ya kaaaaan.. manis yaaaaaah??? Ugh, gw juga mikir gitu kemarin..

      Ayoook.. sini sini..

      Reply

  7. dani

    Hadudududuh Be…

    Poto-potonya itu lohh bikin hati bergetar saking indahnya.
    Seru banget ya wiken pas summer di sana. Kebayang angetnya kayak suhu di Jakarta (setelah didiskon 50%-an lah, hehehe).

    Kalo di Jakarta street performer bakalan digusur ama satpol pp juga kali ya.

    Reply

    1. Bébé

      Aduuuh getaran hatinya nyampe sini looooh..

      Ahahahahaha.. iyaa panasnya musti diskon dulu kalo mau sama.. tapi entah kenapa berasa gerahnya loooh.. mungkin karena anginnya angin kering kali ya di sini..

      Pastinya bakal kena gusur, padahal enak loh dengerin mereka nyanyi.. apalagi kalau cuma diam di satu tempat gitu, ga ganggu siapa2..

      Reply

  8. Allisa Yustica Krones

    Be, kotanya romantis banget yah, trus musisi2 jalanannya juga keren2 yah 😀

    Dan seperti biasa, foto makanannya menggoda banget, Be

    Reply

    1. Bébé

      Iyaaa.. aku suka banget mereka masih pertahanin bentuk klasik facade bangunannya… Jadi keliatan beda. Padahal dalemnya udah modern abis, cuma luarnya klasik.. kereeeen..

      Hihihihi.. kali ini aku ga pake masak, jadi bisa bebas foto2 ajah..

      Reply

  9. novi

    keren ya Be…itu ada bagian Malmo yang mirip sama frankfurt. eh kamu motretnya pake kamera apa sih kok bisa bagus? hehehe aku blajar foto dari dulu tetep aja gak ada bagus2nya, akhirnya back to pocket camera

    Reply

    1. Bébé

      Kayaknya kalau kota2 di Eropa emang kadang suka mirip2 ya mba.. abis arsitektur mereka ga diganti ke modern..

      Yang 3 foto paling atas pake HP, sisanya pake Canon 550D… Tapi pocket camera jaman sekarang juga hasilnya bisa bagus2 kan mba.. mirip DSLR

      Reply

  10. arman

    sukaaa ngeliat foto2nya… berasa di luar negeri banget. huahahaha *apa coba* 😀

    disini juga ada yang mirip2 gitu. ada 1 jalanan panjang yang isinya toko2 dan di jalanannya banyak street performers…

    Reply

    1. Bébé

      Iya ya Man.. berasa di Luar Negeri..

      Waaah daerah mana tuuuh.. Seru dong kalo lagi jalan2 di sana. Di Helsingborg jarang2 street performers gitu..

      Reply

  11. e.r.l.i.a

    biarpun udah komen di grup…tetep mo komen lagi disini. AKUH IRIIIII…..

    tempatnya bagus banget be, kalo disini cuma bisa liat di universal studio kali ya model-model bangunan begitu, hahahahaha.
    smorgastarta juga bikin ngeces. sampe gue browse resepnya bok, ahahahahahahahah

    Reply

    1. Bébé

      Nyahahahaa.. iya juga yaa.. Di SG gedungnya modern2 semua gitu..

      Gue ada nih resepnya.. tapi ntar gw coba dulu yaks.. dipermudah bahasanya.. abis pake bhs swedia.. gw bingung ngikutinnya..

      Reply

  12. fabz

    Be ajarin motrettt. Bagus2 foto kamyu

    Reply

    1. Bébé

      Cini cini… ntar diajarin deh..

      Reply

  13. zilko

    Wuih, disana KFC paling deket di Copenhagen?? Widiw, berarti aku dilarang komplain ya karena KFC terdekat adanya “cuma” di Den Haag (naik kereta 15 menit aja dari Delft), hahaha… .

    Baidewei, ke Copenhagen dari Helsingborg berapa lama sih Be? Aku waktu itu sempet ngecek di Google Map kayaknya nggak jauh tapi kok jaraknya sampe 100an km gitu ya? hahaha. Kan siapa tahu nanti aku ada trip ke Copenhagen gitu trus sekalian keliling-keliling sekitar situ, hahaha

    Reply

    1. Bébé

      Iyaaaah.. jangan komplen kalo 15 menit ajah.. Hihihihi..

      Copenhagen – Helsingborg sekitar 1 jam – 1½ jam kali yaa naik kereta.. Ga terlalu jauh sih sebenernya.. cuma tiketnya itu looooh.. yah namanya juga udah lintas negara yah..

      Reply

  14. mariskaajeng

    iya loh, mall di sini ga sebesar dan seseru di Jakarta. sebesar-besarnya mall di sini, ga sampe bikin betis pegel setelah ngelilinginnya..

    semogaa matahari dateng terus ya, Be, cape ujan dan dingin melulu -____-“

    Reply

    1. Bébé

      Iyaaa.. di Helsingborg ada mall yang lumayan gede tu Jeng.. baru lagi… tapi ya gituuuu deh.. biasa aja isinya.. cuma 1 lantai pula…

      Amiiiin… tapi hari ini ujan lagi nih..

      Reply

  15. Ristin

    Ga banyak kata – kata.. Cuma mau ngomong tante bebe lutu bgt siiihhh… Senyum2 aku pas baca yg pengamen narsis itu hahaha ….

    Reply

    1. Bébé

      Hihihihi.. terlalu imut sih ya mba.. jadinya disenyumin terus deeeh 😛

      Reply

  16. niee

    wah kota malmonya cantik banget yak mbak.. suka deh lihat foto fotonya..

    tapi emang mall yg paling semarak mgkn emang di indonesia ya mbak.. di serawak mallnya juga gak banget isinya.. hmm…

    Reply

    1. Bébé

      iyaaa.. kayaknya mall yang seru itu di Asia deh (Jakarta, Singapore, Malaysia)…

      Minggu2 ini aku bakalan nulis cerita jalan2 lagi looooh… ^_^

      Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P