Cooking Diary: Sup Daging

Akhir-akhir ini aku lagi napsu makan yang berkuah dan anget. Setelah mikir-mikir sedikit dan kebetulan kemarin abis beli daging potong, akhirnya hari ini aku putusin untuk masak sop daging aja deh. Resepnya hasil karangan sendiri. Bahan isinya juga asal cap cip cup. Pokoknya kalo berasa nyambung ya dimasukin ke panci. Dan hasil jadinya ya seperti di bawah ini deh…

Bahan-bahan:

  • 250 g daging sapi yang dipotong dadu (aku ga tau bagian apa namanya, tapi sebutannya stewing steak kalau dalam bahasa inggris)
  • 250 g kembang kol yang udah dipotong kecil-kecil
  • 1 daun bawang potong tipis
  • 3 buah wortel, potong bundar
  • 5 buah kentang ukuran kecil, potong bagi 4
  • 1½ kaldu rasa sapi blok
  • 1 kaldu rasa sayuran blok (kalau ga ada, pakai 2 blok kaldu sapi)
  • garam & merica secukupnya sesuai selera
  • telur puyuh (kalau suka)
  • 2 siung bawang putih, digeprek dan cincang halus
  • 2 liter air

Caranya:

  • Didihkan 2 liter air, kemudian masukkan daging sapi yang sudah dipotong ukuran sedang. Masak dengan api sedang.
  • Masukkan potongan kentang, wortel dan bawang putih. Masak kurang lebih 20 menit sampai kentang lunak.
  • Setelah ±20 menit, masukkan sisa bahan yang lain dan biarkan mendidih selama 10 menit supaya dagingnya matang.
  • Taruh di piring saji dan makan bersama nasi putih.

Menurutku sih hasilnya enak… hihihi.. kuahnya berbumbu banget dan dagingnya juga empyuuuuk. Kali ini aku tambahin telur puyuh karena beberapa hari yang lalu iseng beli telur puyuh kalengan di toko asia dan ga tau mau dibuat apa. Daripada kelamaan disimpen doang, ya aku masukin aja di sop ini. Setelah dicoba sih rasanya nyambung-nyambung aja tuh. Si bubu juga suka banget sopnya, tapi dia ga begitu demen sama rasa telur puyuh. Aseeeek, jatahku jadi makin banyak deh. 😀

Btw, sekarang aku bakalan pasang watermarknya seperti yang ada di foto-foto di atas. Bagus ga? Abisnya setelah dipikir-pikir kalau tulisan nama makanannya jadi berasa ganggu fotonya banget, kalau gini kan tetep ada “pengaman”-nya cuma ga terlalu keliatan. Watdayathink?

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

19 thoughts on “Cooking Diary: Sup Daging

  1. ~Amela~

    pingin nyobaiin ah kapan2.. tapi aku baru denger deh mbak kalau ada kaldu rasa sayuran. apa di Indonesia aja kali ya ga ada.. 😀
    *moga komenku ga masuk spam

    Reply

    1. ~Amela~

      Horeeee berhasiiil *melet2 sama satpam askimet*

      Reply

      1. Bébé

        ahahahahahahaha… jadi sensitip ya Mel sama askimet.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/laugh.gif

        Disini sih ada Mel.. tapi pas aku cari2 di google kok kayaknya di Indo emang ga ada ya.. ahahaha.. 😛

        Reply

  2. niee

    Iya yak.. baru ngeh juga ada kaldu rasa sayuran.. hehehehehe…

    Aku juga suka deh makan sop waktu puasa.. berasa seger aja gt..

    Reply

    1. Bébé

      ahahahahah.. iya ternyata ga umum ya di Indo >__< Apalagi sup bening gitu biasanya kan ga berat rasanya. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif

      Reply

  3. Allisa Yustica Krones

    Aku juga suka Be bikin sop asal-asalan, daripada musti masak dua jenis lauk dan sayur, mending disatuin aja deh dua-duanya 😀

    Btw, watermarknya bagus tuh Be 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. bener. aku sekarang juga jarang masak 2 lauk. Biasanya cuma 1 aja. Males masaknya. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/tears.gif

      Reply

  4. Zilko

    Pas banget nih kalau buat winter ntar Be, hehehe http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif. Kadang gitu aku ingin bikin soup tapi kurang pede gitu deh karena aku pikir bumbunya buat kuahnya itu bakal ribet banget, huahaha http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif

    Reply

    1. Bébé

      Aku sih buat kuahnya ngandelin dari kaldu aja Ko. Sama air rebusan dagingnya. 😀http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif

      Reply

      1. Zilko

        Dua hari ini aku jadi ikut2an bikin sup loh Be, huahahaha. Posting ini ngasih ke-PD-an ke diriku nih soalnya kan nggak kayak ribet gitu ternyata bikin kuahnya. Jadinya aku nggak pakai kaldu sih, cukup pakai air rebusan dagingnya aja dan main bumbu-bumbuan gitu, hahaha. Nanti kapan aku posting deh http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif Trims loh atas idenya http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif

        Reply

  5. Leony

    Duh Be, sop daging itu, kalo di sini…. kalo dagingnya gak direbus lamaaaaaaa…. itu KERAS! kalo di luar punya, dagingnya bisa langsung empuk! Btw, lagi summer kok ngidamnya yang panas2 sih? hihihih..

    Reply

    1. Bébé

      Haiks.. beda ya dagingnya? http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif kirain samaaaa.. T_T

      Hahahahhaa.. lagi males masak, jadi pingin yang gampang aja bikinnya.. hihihi..

      Reply

  6. applausr

    kelihatanya supnya enak… clean… watermark difotonya bagus banget tuh.. ajarin dong bikinnya…

    Reply

    1. Bébé

      Pingin bikin tutorialnya sih, tapi illustrator dan photoshop kira2 banyak yang pakai ga ya? http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/thinking.gif

      Reply

  7. Dani

    Tetep bahaya ternyata Be buka blog ini kapan pun. Sukses bikin gw laper! Hehehe. Dari sesorean dah pengen bikik mie tapi ditahan-tahan. Elakok baca soal sup daging. Haha.

    Btw manis watermarknya. Kayak poto dari restoran manaaa gitu.

    Reply

    1. Bébé

      Hahahahahaha… jadi bikin mie-nya ga? 😛

      Asiiiiik… jadi seneng deh kalo suka.. 😀

      Reply

  8. Zipora Maria

    Enyakkk…hehehe…Bebe selalu sukses membuat yang maen kesini pada kelaparan. Watermarknya juga bagus beb… simple…keren http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif

    Reply

    1. Bébé

      Hihihihi… makasih.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/blush.gif

      Reply

  9. #1114 – Soup A La Zilko and Kripik Tempe | A Little Piece of Zilko's Life

    […] and I kinda thought that I had not consumed that much veggies lately . Then, some days ago I read this Bebe’s post about meat soup and it encouraged me to try to cook one myself […]

    Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P