Cooking Diary: American Risoles

Mamaku dulu sering banget bikin risoles isi ragout di rumah karena banyak pesanan dari teman-temannya. Isi ragout buatan beliau enyaaaaaaaak banget, sampe sering aku gadoin kalo lagi iseng. Dan pastinya aku sering diusir-usir dari dapur sama mamaku supaya rogutnya ga abis aku kemilin. Thihihi.. Saking seringnya bikin, aku jadi suka meratiin cara buat ragout sama kulit risolesnya. Tapi ga tau kenapa ampe sekarang ga pernah berani nyoba bikin sendiri.

Sampai akhirnya beberapa minggu yang lalu, temen-temen di WA entah kenapa lagi seneng banget bahas soal makanan — yang salah satunya bahas soal bikin risoles. Karena saking seringnya dibahas, lama-lama jadi kepengen makan juga deh. Tadinya aku mau nyoba bikin yang isi ragout, tapi pas liat bahan-bahannya jadi males sendiri. Bukan apa-apa, tapi bahan-bahannya kan kebanyakan harus di potong kecil-kecil supaya enak. Aduuuuuh.. saya kan pemalaaaaass.. mana betah bikin begituan. Akhirnya pilih isi risoles yang gampang aja.. American Risoles.

American Risoles ini isinya simple banget. Cuma butuh keju, daging, mayo dan telur. Untuk resep aku nyontek dari NCC Indonesia dan resepnya Erlia. Hasilnya seperti di bawah ini deh:

Kulit risoles:

  • 100 gr  tepung terigu
  • 1 sdt garam
  • 3 btr telur
  • 250 ml susu cair
  • 1 sdm mentega, lelehkan

Caranya:

  • Ayak tepung terigu dan campur dengan garam di dalam mangkuk.
  • Buat bulatan ditengah-tengah, masukkan telur. Campur rata satu arah sampai halus.
  • Masukkan susu sampai adonan halus. Tambahkan mentega yang sudah dicairkan.
  • Tutup adonan dengan plastik, biarkan 30 menit.
  • Lumuri loyang dengan mentega dan dadar risoles selama kurang lebih  2-3 menit.

* * * *

Isi American Risoles:

  • 3 telur rebus
  • 2 sendok makan mayo
  • 2-3 lembar daging salami (bisa diganti daging asap, ham – terserah sukanya apa), potong kecil-kecil dengan ukuran ± 1 x 3 cm
  • keju cheddar parut, potong kecil-kecil

* * * *

Cara membuat American Risoles:

  • Hancurkan telur rebus dan campur dengan mayo.
  • Ambil lembaran kulit risoles, taro campuran egg mayo, kemudian tambah daging dan keju.
  • Lipat kulitnya berbentuk amplop.
  • Kocok 1 buah telur, celupkan risoles kedalam telur sampai rata.
  • Tutup dengan tepung panir/breadcrumbs.
  • Diamkan risoles di dalam lemari es selama 1 jam atau lebih.
  • Goreng di minyak dengan panas sedang sampai warna kulitnya berubah keemasan. Ga perlu lama-lama gorengnya.

Sama kayak Erlia, masalah terbesarku dalam bikin risoles ini adalah di kulitnya. Sewaktu lagi nyampur mentega ke adonannya, entah kenapa kayak ga nyatu gitu deh. Mungkin karena waktu nyampur adonanku dingin (pengaruh susu yang masih dingin), sementara menteganya panas karena baru dicairin, atau gimana. Apalagi aku ngaduknya pakai tangan dan ga pake mixer. Jadinya malah bergumpal gitu. Akhirnya sebelum di masak aku aduk kenceng dan lama kelamaan gumpalan-gumpalannya sedikit demi sedikit ilang juga.

Nah masalah adonan yang ga alus pun sedikit terpecahkan, masalah berikutnya muncul lagi. Kali ini soal proses ngedadar. Percobaan perdana, hasilnya tebeeeeeeeeel banget udah kayak telor dadar. Trus nyoba-nyoba lagi masih berasa tebel juga. Padahal kayaknya udah naronya dikit. Hiks hiks.. rasanya perlu minta ajarin mamaku deh nanti pas kesini, supaya bisa bikin kulit yang tipis-tipis gitu.

Selain itu sih ga ribet-ribet banget. Untuk masak telur, si bubu udah beli alat perebus telor yang cuma masukin air 1 gelas trus alatnya yang bakal masak telurnya sampai tingkat kematangan tertentu yang kita mau. Dagingnya, karena di sini aku ga pernah ketemu smoked beef, akhirnya aku pakai daging salami aja yang kebetulan ada di rumah. Hasilnya? Enaaaaaaaak. Asli enak banget! Si bubu sampe nanya-nanya masaknya susah ga? bahannya ribet ga? Curiga sih dia bakalan minta bikinin lagi nih… hihihi

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

28 thoughts on “Cooking Diary: American Risoles

  1. arman

    alat perebus telor? kayak apa tuh be? jadi bisa otomatis kita mau semateng apa gitu?

    gua sih fans nya risoles. mau isi ragout atau american risoles (btw kenapa namanya american risoles ya padahal di amerika gak ada deh makanan begini.. hehehe) gua doyan!!! bagi dooonnngggg 😛

    Reply

    1. Bébé

      alatnya kayak gini man
      ..
      lumayan ga perlu pake air banyak2 buat ngerebus telornya.

      nah itu dia Man, gw juga bingung kenapa disebutnya american risoles. Mungkin karena isinya daging, keju gitu yaa.. mirip hamburger. *ngarang* hahahaha..

      Kesini nanti dibikinin deh.. 😀 http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/grin.gif

      Reply

      1. arman

        lucu banget alat perebus telornya. baru kali ini liat.. hehehe.

        Reply

        1. Bébé

          Ini juga si bubu yang ngerti2nya aja ada alat beginian. Ga tau tuh dia tau darimana.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/thinking.gif

          Reply

      2. e.r.l.i.a

        kalo gue dirumah adanya foolproof half-boiled egg maker. maklum gue rada oon kalo masak telor setengah mateng, hihihihihihi

        Reply

        1. Bébé

          Bentuknya kayak apa tuh? kalo ini bisa 3 settingan gitu deh. Suka2 maunya ½ mateng ato mateng penuh. Cocok buat gw yang instingnya masih dodol kalo urusan rebus2an.. 😛

          Reply

  2. nique

    iya tuh Be
    patut dicurigai klo pertanyaannya udah seperti itu
    hampir pasti mau minta dibikinin lagi
    modusnya sudah tercium hahaha

    aku juga penggemar risol, dan segala yang goreng2an deh
    kapan ya bisa icipin masakanmu Be 😀

    Reply

    1. Bébé

      Hahahahahahaa.. iyaaa.. pasti ntar minta lagi.. 😀

      Kapan yaaaaa… semoga kapan2 kita bisa ketemu yaaah.. ^^

      Reply

  3. niee

    aaahh.. baca ini jadi terinspirasi juga deh buat risoles sendiri.. tapi enakan yg isinya rogut kali yak.. soalnya gimana rasanya pake keju tuh? *lidak orang melayu* hehehehe

    Reply

    1. Bébé

      Enak kok niee pake keju, soalnya kan temennya telor sama daging. Jadi matching. Kalo ragout sama kejunya sih mungkin ga nyambung.. hihihihi.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/cool.gif

      Reply

      1. e.r.l.i.a

        ragout pake keju juga enak koooooooooooook. pake mozarella aja 😀

        Reply

        1. Bébé

          Heh, bisa yaaa??? mau cobaaa.. tapi bikinin ragoutnya dulu dong Er… 😛

          Reply

  4. e.r.l.i.a

    bebeeee, tissue kita samaaaaaa, tapi gue beli yang ungu *salah fokus, gyahahahahahah*.

    gue malah jadi pengen beli wajan dadar itu be, hihihihihihi

    Reply

    1. Bébé

      Hahahahahahahahaha… pasti belinya di IKEA deh.. 😛

      Uuugh gw juga mau.. tapi fokus minta pressure cooker dulu aja deh.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/devil.gif

      Reply

  5. Zipora Maria

    Pengen coba tapi takut banget ngedadar adonan kulitnya…takut gagal, gimana ya http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif

    Reply

    1. Bébé

      Coba aja pelan2.. aku juga masih belum bener nih hasilnya. ketebelan muluk.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/unsure_002.gif jadi pingin nyoba lagi tapi.. penasaran.. 😀

      Reply

  6. Tikka

    waaa, kalau adonan kurang alus, saring aja be hehehe nanti jadi alus d :p.
    mamaku suka bikin ini tapi sekarang ga hehehe :p

    Reply

    1. Bébé

      http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/doh.gif iya juga yaaaaa… buahahahahahahaha.. ga kepikiran gituuu.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/laugh.gif

      sama… sekarang juga udah ga pernah lagi buat, gara2 ketemu tempat yang bikin filling risolesnya enak banget, bukan ragout/american gitu.. hahahahttp://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/hungry.gif

      Reply

    1. Bébé

      http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/hungry.gif Enak juga loh mbaa rasanya.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/grin.gif

      Reply

  7. Zilko

    Wuih keren juga ya ada alat perebus telur gitu. Baru tahy saya, huahaha… .

    Btw Be, memang kalau beli kulit risoles gitu nggak ada ya?? Kalau kayak kulit pangsit dan lumpia gitu suka ada kan?? Hmmm… http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/thinking.gif Soalnya memang kayaknya yang susah banget bikin kulitnya tuh. Nah, kalo kulitnya bisa beli, kayaknya selanjutnya mah enak lah ya, huahahaha *mau gampangnya http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif*

    Reply

    1. Bébé

      Iya.. harga alatnya ga terlalu mahal loh Ko.. kemarin si bubu beli sekitar 20€. Lumayan ga ngabisin air kalo lagi pingin bikin telor. Dan bisa disetting mateng telurnya seberapa. Mantap lah pokoknya.. hihihi

      Setauku sih kulit risoles ga ada. Belum pernah liat juga. Coba2 buat aja ko.. latihan bikin pancake, siapa tau lama2 jadi pede 😀

      Reply

  8. Rifi

    kalo gue selalu disaring lagi be, biar ga ada gumpalannya

    Reply

    1. Bébé

      nah itu dia fi.. kok gw ampe ga kepikiran ya.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/doh.gif

      Reply

  9. Angel

    aaaa american risoles~~ aku juga suka xD disini ada penjualnya yg enakk banget. tapi judes bgt penjualnya. klo mo nelpon mau pesen lempar2an tugas =))) takut disemprot engko nya hahaha

    Reply

    1. Bébé

      BUahahahahahaha… tapi saking enaknya, biar kata yang jualan judes tetep laku yaa? hahahaha..

      Reply

  10. Dani

    Klo disini udah bisa dibungkusin dijual di kantor kkli ya Be. Dua kali jadi kepengen berat ama risol. Pertama buka blognya erlia dan yang kedua dimari…

    Reply

    1. Bébé

      Iyaaaah.. Nah itu dia gara2 si Erlia tuuuuh.. makanya jadi napsu sendiri pingin bikin.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/lonely.gif

      Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P