Cooking Diary: Semur Bola-bola Daging

Semenjak keluargaku tinggal di Swedia, yang tadinya megang peranan sebagai tukang masak sehari-hari itu kan aku, kali ini tanpa ba bi bu tugasnya langsung diambil alih sama mamaku. Aku sempet berontak juga sih, abisan kan itu teritoriku yang paling absolut. Masa sekarang diacak-acak.. huaaaaa.. Tapi setelah beberapa hari, akhirnya aku nyerah juga. Ternyata lebih enak cuma ngeliatin aja beliau sibuk sendiri masak dan aku tinggal duduk manis nungguin makanannya jadi.

Selain dapur yang udah diambil alih, ruang tv tempat aku biasanya foto-foto juga sekarang udah ga ada lagi karena ditutup tempat tidur. Mau ga mau lokasi foto-foto sekarang pindah ke dapur deh. Berhubung ruangannya jadi sempit kalau pakai umbrella, jadi sekarang cuma modal external flash aja. Semoga hasilnya tetep oceh yaaah..

Eniwei, salah satu masakan yang dicoba mamaku itu adalah semur bola-bola daging yang akan aku bagi resepnya sekarang. Resep ini hasil cap cip cup sendiri tanpa liat buku resep sama sekali. Beda yah kalo yang udah veteran masaknya.. tingkat pede-nya udah ga bisa dibandingin deh sama yang nubie. Udah yakin banget hasil jadinya pasti enak.. and you know what, beneran enak loh hasilnya. Coba Bebe yang nekat capcipcup.. pasti ujungnya keasinan ato hasilnya acak-acakan.

Bahan-Bahan Bola Daging:

  • 600 gram daging giling
  • garam & merica

Bahan-bahan Bumbu yang dihaluskan:

  • 3 butir kemiri
  • 2 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih

Bahan-bahan lainnya:

  • Kecap manis
  • Pala bubuk
  • 1 kotak kaldu sapi
  • Tomat yang dipotong-potong (optional)

Caranya:

  • Campur daging giling dengan garam dan merica secukupnya.
  • Bentuk daging menjadi bola-bola kecil. Rebus di dalam air mendidih sampai mengapung. Tiriskan.
  • Tuang air bekas rebusan daging ke panci lain, jangan lupa disaring supaya sisa2 busanya tidak ikutan.
  • Tumis bumbu-bumbu yang dihaluskan sampai harum. Tuang beberapa sendok air rebusan daging ke dalam wajan tumisan.
  • Masukkan daging yang sudah direbus ke dalam wajan.
  • Bumbui dengan kecap manis, pala bubuk, lada, dan garam.
  • Tuang seluruh bahan dari wajan kedalam panci berisi air rebusan.
  • Tambah kaldu sapi dan diicip sampai rasanya pas.
  • Masukkan tomat dan biarkan mendidih sampai beberapa menit.
  • Sajikan panas bersama nasi putih.

Gimanaaaa? gampang kan buatnyaaa?? Untuk hiasan tomatnya udah pasti hasil kreasi mamaku.. Aku mah boro-boro deh bisa bikin gituan. Kalo tumpahan parshley yang acak-acakan itu baru hasil kerjaku. Nyahahaha..

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

16 thoughts on “Cooking Diary: Semur Bola-bola Daging

  1. applausr

    lihat bola bola itu, mengingatkan diriku waktu susah dulu… itu makanan waktu menghemat dulu… hiks..

    Reply

    1. Bébé

      Wah sering buat juga ternyata dulu.. Bahannya emang gampang dicari yaa.. bikinnya juga ga ribet2 banget

      Reply

  2. Desi

    http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/hungry.gifhttp://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/hungry.gifhttp://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/hungry.gif akyuu juga mau duunks tante diamasakin, heuheuheu..

    emak gue juga sama Be, kalo bikin apa2, udah yang jago bener dah. Masakan apa aja bisa, dan enak pulaa.. tapi ngapa kaga nurun di gue yak bakat masaknya..huhuhuhu..http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/gril_toungue.png

    Reply

    1. Bébé

      Nyahahahahah.. itu dia sama Des… gw juga kadang kalo ngikutin resep suka ga yakin gitu rasanya.. hahaha.. makanya masih stuck sama makanan barat yang gampang2… http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/grin.gif

      Reply

  3. Dani

    Kklo ada Ibu juga gitu Be. Bukaaan. Bukan tugas masak gw diambil alih. Tapi si Teteh gak dibolehin masak. Yang ada si Teteh diajarin masak. Nah pas ditanya takeran bumbunya jawabannya cuman ya secukupnya ajah lah. Nnh lo. Kan si Teteh jadi bingung. Hehehehe.

    Reply

    1. Bébé

      Nyahahahahaha… sama banget tuh Dan.. gw juga gitu.. Kalo nanya “itu berapa banyak ma pakenya?” jawabannya cuma “ya kamu kira2 sendiri aja cukupnya berapa” nah loooooh.. buahahahahahaha…http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/laugh.gif

      Reply

  4. novi

    wahhh kamu libur masak 3 bulan dong Be…udah libur, tetep dapet makanan enak2 pula…..sedapnyaaaaa

    Reply

    1. Bébé

      http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/hungry.gifhttp://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/hungry.gif iyah mba… tinggal makan aja.. enyaaaak.. buat cuci piring ada adekku.. makin lengkap deh nikmatnya.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/dance.gif

      Reply

  5. lulu

    enaknya kalau ada mamah ya! aku kalau mudik juga rasanya di surga bangett!! bangun tidur dah kecium harumnya masakan ibu…..tinggal goler2an nonton TV aja….kalau anakku belum mandi atau belum sarapanpun tar juga di urusin ama ibu (doh…anak durhaka banget deh!) tapi ya begitulah ibu yah……kaya gak ada capeknya! gak tau deh aku bisa gak kaya dia.
    thanks resepnya Be….. 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Iyaaa, enaknyaaaaaa…. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif
      ini juga mamaku gitu.. aku masih belum masuk hyper drive kali yaa.. jadi baru ngapa2in dikit udah bawaannya malesssssss.. masak dikit lemes, nyetrika dikit.. ngantuk.. hahahahaha..

      Sama2..

      Reply

  6. Aninda

    wah kak bebe bikin aku kangen sama ibu ih.. kayanya hampir semua ibu tu kaya gitu ya? malahan aku kalo ke rumah semua-mua dikerjain sama ibu. dari mulai masak sampai nyuciin baju pula. hahahaha.. durhaka banget deh aku ini. jadi kalo di rumah tu enak banget. bangun siang, tiduran depan tv sampai sore.. kalo lapar tinggal buka tudung saji. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/fish_hit.gif

    Reply

    1. Bébé

      Hahahahahaha… berarti emang udah bawaan ibu itu gitu yaa.. Pinginnya ngurus anak, walaupun udah gede2.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif

      Reply

  7. niee

    Tetep cantik kok mbak fotonya.. mau dong diajari fotofoto >_<

    btw.. kelihatab enak bgt yak.. kapan kapan aku mau coba ah 😀

    Reply

    1. Bébé

      Hehehe… maaci…Wah mau sih, tapi gimana cara ngajarinnya yaaa.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/thinking.gif

      Ayo dicoba, bahan2nya kan lebih mudah dicari di sana.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif

      Reply

  8. Ely Meyer

    foto foto masakannya sellau bikin ngiler deh Be 😛

    Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P