Renting A Car

Untuk beli mobil di Swedia itu sebenernya ga semahal yang dikira. Dengan modal sekitar 25 juta udah bisa dapet mobil second dengan kondisi yang bagus dan tahunnya pun ga tua-tua amat (2005 masih dapet). Tapi diluar harga mobilnya itu lah yang bikin males punya mobil. Faktor pertama… harga parkir yang luaaaarrrrrr binasa mahalnya. Kayak misalnya hari Rabu lalu sewaktu aku dan Bubu parkir di stasiun kereta mau jemput keluargaku, kami harus membayar sekitar Rp. 100.000,- untuk lama parkir 4½ jam doang. Udah gitu setiap isi bensin pun rasanya pingin garuk-garuk tanah karena harga per-liternya yang mahal banget (± Rp. 17.000,-/liter). Selain itu masih ada asuransi dan pajak tahunan kendaraan yang harus dikeluarin setiap tahun. Pokoknya pas diitung semua bukannya seneng malah stress. Belum lagi beda dengan di Indo dimana kita bisa parkir di tempat parkir depan rumah atau di komplek apartemen, di sini untuk parkirnya harus pinter-pinter cari tempat yang gratis. Sukur-sukur kalo dapet yang deket, kalo lagi sial musti jalan dulu beberapa menit untuk sampai ke tempatnya. Kenapa harus repot cari yang gratis? soalnya ya kayak yang aku bilang di awal-awal tadi, biaya parkirnya lumayan juga. Karena itulah kami berdua berpikiran bahwa sekarang ini pilihan yang paling tepat untuk kami kalau lagi butuh mobil adalah dengan nyewa aja.

Sampai saat ini sih cukup banyak keuntungan yang kami dapetin dengan nyewa mobil dibandingkan punya sendiri. Pertama kami hanya perlu bayar ongkos sewa dan mikirin bensin serta parkir selama kami pakai mobilnya aja. Ga perlu mikirin biaya asuransi, maintenance, pajak, endebrai-endebrei lainnya. Keuntungan kedua adalah jenis mobil yang kami dapat biasanya adalah mobil-mobil keluaran terbaru dan kondisinya masih bagus banget. Keuntungan ketiga (yang masih nyambung sama nomor dua) adalah kami bisa nyoba berbagai macam model mobil sebelum akhirnya nanti mutusin punya mobil sendiri. Soalnya jenis mobil yang disewain bener-bener beragam banget. Mulai dari mobil keluarga bertipe station wagon sampai mobil gaya (model 2-seaters atau atap terbuka) juga ada. Tinggal liat butuhnya apa saat itu. Lumayan kan berasa makelar mobil, tiap kali jalan-jalan mobilnya beda-beda mulu.. 

Mitsubishi Colt & Volvo V70 yang pernah kami pinjam, dua-duanya dapet tipe yang lumayan baru

Di Swedia cukup banyak layanan peminjaman mobil. Kebanyakan sih konsumennya itu para pekerja dari luar negeri atau luar kota yang lagi dinas dan butuh mobil supaya lebih gampang transportasinya. Apalagi kan pemegang SIM Eropa bisa dengan bebas nyetir di negara mana aja di daratan eropa. Jadi udah ga ribet lagi urusan ijin nyetirnya. Gara-gara itu lah biasanya harga sewa pada hari kerja lebih mahal daripada weekend. Malah seringnya untuk waktu wiken ada paket khusus yang bikin harga sewanya makin murah lagi. Muuantaaap!! Secara seringnya kami berdua butuh mobil saat wiken dibanding hari kerja. Aseeeek lah!

Pastinya sih setelah nanti ada Mibu atau Mibe, kami berdua tetep berencana untuk punya mobil sendiri, karena gimana pun kalau udah ada anak akan lebih enak punya mobil. Cuma mumpung sekarang masih berduaan kan.. kenapa ga sekalian pake buat nyoba berbagai macam mobil sebanyak yang kami bisa, daripada terobsesi kepengenan beli pan.. mending nyewa aja deh… Ya gaa???!!

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

36 thoughts on “Renting A Car

  1. Paramitha Nasimova

    Hihihi…, iya ya emng paling enak apa2 di Indonesia yah http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/mrenges.gif

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. iya Mit.. tapi anehnya aku masih ga pengen pulang kecuali buat liburan.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/laugh.gif

      Reply

      1. Paramitha Nasimova

        Pengalamanku pulang taun lalu, pusing, cepet bosen, trus kyk gk ngrasa home sweet home lg. Makanan yg ku pingin makan rasanya kyk jd beda di mulut. Dn pingin cpet2 pergi lg dri Indo. Aneh ya hehehe…, tp tetep slalu kangen pingin balik :p

        Reply

        1. Bébé

          Karena udah ga biasa kali ya Mit? Reverse culture shock ato apa tuh namanya… aku juga rasanya bakal gitu juga.. Harus lama lagi biar bisa adaptasi sama lingkungan…http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/sad.gif

          Reply

  2. Leony

    Hahahaha…. kondisinya mirip bener sama di Jepang. Harga mobil gak seberapa, SISANYA??? Masyaampun!!! Tapi lebih parah lagi di Spore. Mobilnya mahal, pajaknya mahal, parkirnya mahal, SEMUA MAHAAALLL. Tapi public transportnya untungnya juara 😀

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. ternyata ada juga yang satu tipe kayak di Swedia. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/big_eyed.gif Nasib ya yang tinggal di Spore.. tapi setidaknya kan transportasi umumnya masih ok..

      Reply

  3. Rina

    Di doha bensin cuma 1 riyal lhoo hihihi beli mobil murah nyewa mahal..lebih mahal daripada di UAE..di UAE parkiran susah n mahal di doha rata2 parkir tuh gretong …aah indahnya hidup di doha hehehehe

    Reply

    1. Bébé

      Heeeee.. murah amat… ya namanya juga negara penghasil minyak yaaaah.. nyahahaha..
      UAE ternyata mahal juga? kirain murah2..

      Minta cuami balik ke Doha lagi.. ^^

      Reply

      1. Rina

        Belum bisa balik dalam 2 tahun ini soalnya kan kita kabur hahahaha…pengennya malah balik ke Dubai..let see lah maybe in two years from now…ngaso dulu di indo hehehehe

        Reply

        1. Bébé

          Buahahahah.. kok ngabur? aduh drama banget nih kayaknya.. jadi penasaran ceritanya.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/thinking.gif

          Reply

  4. niee

    Mungkin itu trik dr pemerintah buat orang gak mau beli mobil ya mbak.. menurut penglihatan aku.. negara yg public transportasinya udh bagus rata rata emang biaya parkirnya mahal yak..

    Reply

    1. Bébé

      Hmm.. bisa juga gitu sih Niee. Tapi sayangnya kan di Swedia banyak daerah2 perumahan yang agak jauh dari pusat kota, nah transportasi umum ke arah sana biasanya jarang2. Bisa cuma beberapa jam sekali dalam 1 hari. Jadi mau ga mau orang2 yang tinggal di pinggir kota harus kudu punya mobil, kalo ga susah banget aksesnya. Nah mereka deh tuh yang kena harus bayar parkir mahal.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/sad.gif

      Reply

  5. nique

    aiii matek mahal bener yak itu ongkos parkirnya
    kalau itu diterapkan di Jakarta, kayaknya bakal berkurang deh kemacetan hehehe
    siapa juga yang mau buang duit cuma buat parkiran ‘kan

    jadi apa kabarnya mibu dan mibe? xixixi kaboooooooooorrrrrrrrr

    Reply

    1. Bébé

      Hahahahahahahaha.. tapi tapi tapi.. kalo sistem transportasi umumnya masih kayak sekarang, mungkin bakalan pada bela2in Nique. Bensin naik aja walaupun awalnya protes, tapi lama2 juga biasa aja kan?http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/evil_grin.gif

      Mibu & Mibe? Lagi on process.. hahahaha.. Insya Allah dikasih dalam waktu depan yaa.. Amiiin.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif

      Reply

  6. arman

    iya punya mobil itu yang mahal insurance ama maintenancenya.

    kalo nyewa mobil disana berapa duit be?
    disini kalo biasa (gak pas lagi ada promo), untuk mobil yang kecil sekitar $30-an per hari. kalo van bisa $100-an per hari. jadi mahal juga. 😛

    Reply

    1. Bébé

      Nah kaaaaan.. belum lagi di sini kan karena ada winter, jadi harus punya ban winter juga Man. Kalau nekat pakai ban summer, bisa kena denda gede dan juga bahaya banget kan. Itu nambah lagi deh biayanya.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/tears.gif

      Kemarin si bubu nyewa si volvo dari hari selasa sampai minggu (6 hari), perharinya kira2 cuma 350kr ($53). Lumayan lah… Dapet yang station wagon. Kalau yang mobil gaya emang lebih mahal lagi perharinya.. tapi ya namanya juga mobil gaya yaa.. hahahaha.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/grin.gif

      Reply

  7. Ely Meyer

    aku kok baru tahu ya Be, kayaknya belum dengar deh di sini ada sewa mobil bgt

    Reply

    1. Bébé

      Mungkin karena emang belum pernah butuh kali ya mba… jadi ga keliatan. Walaupun liat cuma ga ngeh.. Tapi kayaknya sih kalau di kota besar gitu rasanya ada deh.. ^^

      Reply

  8. Zilko

    Udah ada SIM Eropa kah Be?? Aku berpikir kapan-kapan gitu pengen nyoba ambil tesnya nih, huahaha http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif . Tapi entah kapan terlaksananya.

    Btw, di Belanda juga sama deh. Harga mobilnya sendiri gak mahal (malah aku kaget lho waktu pertama lihat harga mobil baru gress di showroom kok “murah bener” (dibandingin di Indo gitu), hahaha), tapi memang biaya yang keluar dengan memiliki mobil itu ya yang bikin sakit ati. Temanku ada yang pernah pergi ke Amsterdam gitu naik mobil dan nginep disana kan, masa semalam biaya parkirnya sampe 70 euro dong. Dia langsung ngomong: “Tau gitu mending naik kereta aja”, huahaha http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/laugh.gif

    Iya ya, nyewa mobil memang oke. Jadi kan bisa gaya-gayaan gitu mobilnya tiap hari ganti, huahaha… http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/lmao.gif

    Reply

    1. Bébé

      Belum bikin Ko.. hahahaha.. pengen cuma males tes-nya… >___< Nyahahahaha.. mahalan bayar parkirnya yaaaa.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/laugh.gif keciaaaaaan… ^^ Aku juga tadinya kepikiran mau nyewa mobil di Amsterdam, cuma kayaknya kok mahal di parkir yaa.. hahaha.. jalan kaki aja deh.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/haha.gif

      Ya kaaaaan!!?? http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/laugh.gif

      Reply

  9. Dani

    Enaknya kalo sewa mobil murah dan bisa ganti-ganti. Kalo di sinj mah sewa mobil dapetnya mibil sejuta umat mulu Be. Jadi ya gitu lah ya. Ga ada seru-serunya. Tapi harga sewa pasti beda kan ya tergantung merek dan tipe mobilnya? kalo public transport oke sih keknya males juga ya punya mobil Be.

    Reply

    1. Bébé

      Di Indo memang pilihan mobilnya dikit yaa?
      Hmm.. iya sih, mobil “gaya” kayak contohnya morris mini dengan atap terbuka gitu harganya agak sedikit lebih mahal. tapi bedanya ga gimana banget kok.

      Yuppi, transportasi umumnya untung dukung banget Dan.. cuma kadang kalo belanja banyak suka jadi kepengena pingin punya mobil sih.. hahahaha. maleeessss nentengnya jauh2.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/mrenges.gif

      Reply

  10. Fety

    Bebe, kirain Mibu dan Mibenya udah akan diproses:D Saat aku balik ke jakarta kemarin dan ketemu dengan macetnya Jakarta, wuah serasa gak sabaran, Be. Ditambah lagi saat kita terjebak macet itu Fatah BAB dan karena tidak nyaman dia nangis2 🙁

    Reply

    1. Bébé

      Iyaaa.. sedang proses kok.. cuma ga tau jadinya kapan.. hahahahaha.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/blush.gif

      Yaaaah kesian si Fatah. Tapi kalau udah kebiasaan ga pernah macet trus ketemu macet parah pasti awal2nya stress deh.. aku rasanya juga bakalan gitu.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif

      Reply

  11. Desi

    apaaaah… bensin seliternya 17.000?? ghttp://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/big_eyed.gif
    gilingan mahalnyooo..

    kalo kek gitu ya mendingan nyewa sih Be.. udah keren banget model mobilnya..http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/like_food.gif

    Reply

    1. Bébé

      ho’oh.. harganya sih naik turun, tapi kurang lebih segitu lah Des.. lemes yaaaaa… hahaha..

      Iyaaaaa.. apalagi selalu dapet mobil2 tipe baru.. yang kalo mau beli juga ga bakalan mampu deh.. mahal beneeeer!!

      Reply

  12. novi

    sama dong kitaaaa….aku juga gak punya mobil di jerman, abis gak punya garasi dan kalo ninggalin mobil di jalan, sayang mobilnya.

    Reply

    1. Bébé

      Toss dulu dong mba.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/drinking.gif

      Aku kadang suka ga abis pikir juga mba disini.. orang2 kok bisa ninggalin mobil2 mewah mereka dipinggir jalan gitu.. Ga sayang apa yaa.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/unsure_002.gif

      Reply

  13. dea

    waaaa itu harga bensin bikin aku cekukan xixixixxi 😀

    Reply

    1. Bébé

      Hahahahahahaha… minum dulu biar cekukannya ilang.. tapi jangan minum bensinnya yaaa… http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/evil_grin.gif

      Reply

  14. Rani

    embeeeer… singapur juga mahal bgt kalo mau punya mobil. bukan harga mobilnya doang, plus COE, plus pajak, plus asuransi, plus parkir, plus maintenance blablablanya..

    inget waktu lahiran keira, parkir mobil di RS sekitar 8jam abis $46 ato sekitar 360ribu. parkir di mall di orchard 4jam ampir 100rb. parkir di kantor 8jam sekitar $17 ato 130ribu (non-CBD). sadis ya, hahahaha…

    Reply

    1. Bébé

      Hiiiiiiiii… Spore kenapa mahal amat yaaaa.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/unsure_002.gif Berarti emang lo harus banyak jalan Ran, biar seksiiiiiiiih.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/evilsmirk.gif

      Reply

  15. Bibi Titi Teliti

    astagaaaaa…
    mahal amay parkiran nya yak?
    yah tapi minimal disono kan public transportation masih nyaman kan yah?
    Kagak kayak angkot atau metro mini disinih?

    Ya udah lah…nyewa dulu aja beeeee….

    Reply

    1. Bébé

      Angkotnya enak mba.. cuma kadang suka lama aja nongolnya.. musti jalan deh.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/mrenges.gif

      Iya nih nyewa dulu.. pingin ngerasain naik mobil yang ga mungkin dibeli sendiri sampe puas.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/grin.gif

      Reply

  16. neldasjourney

    D kota sini kalo gak salah parkirnya sejam 22kr Bu, hihi… kadang ke kota sama temen saweran buat parkir 🙂 kalo malam minggu kalo gak salah gratis, tp org gak bawa mobil soalnya pasti minum. Wah, udah lama gue gak berkunjung kesini. News: gue mau ke Bekasi dong, makan2! 🙂

    Reply

    1. Bébé

      O_O 22kr? hiiiii makin horor bacanya.. hahaha..

      Eeeeeeh, mau ke Bekasiii?? kok enaaaaak?? *iri abisss*

      Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P