The Holiday (Part 6: Oslo)

Woooaaaah.. ga berasa yaaa, udah bulan November aja sekarang. Rasanya baru kemarin keluargaku dateng kesini, sekarang tinggal 1 bulan lagi sampai akhirnya mereka harus balik pulang ke Indo… (tears) . Yaaaah, ini begimana nulis cerita jalan-jalan tapi awalnya malah ngasih suasana haru biru mellow gini *tepok2pipi* *lap air mata*.

Enihooo *balik ceria*, kemarin aku dan keluargaku (minus bubu) liburan ke Oslo selama 3 hari 2 malam. Jalan-jalan kali ini asli dadakan banget karena rencana aslinya itu kami akan pergi rame-rame ke Stockholm pas wiken. Tapi ortuku bilang kenapa ga ke Oslo aja sekalian, biar ngerasain keluar negeri lagi. Ya udah, setelah itu aku dan bubu cek harga transport PP dan ternyata ongkosnya lebih murah ke Oslo daripada ke Stockholm dan juga jauh lebih cepet. So Oslo, here we come!!

The Royal Palace – Oslo

* * * *

How we got there

Sama seperti perjalanan sebelumnya ke Göteborg, kali ini kami juga menggunakan bus dari Bus4You untuk sampai ke Oslo. Lama perjalanannya sekitar 6 jam dengan 1 stop di Göteborg selama 30 menit. Busnya juga sama, pakai kursi empuk nan enak pluuussss fasilitas wifi sepanjang jalan. Enak yaaah?

Interior bus-nya

Bedanya kali ini adalah pemandangan selama perjalanan Göteborg – Oslo. Kalau dari Helsingborg – Göteborg kan agak-agak bosenin tuh. Kali ini ampuuuuun, baguusss banget. Kita bisa liat laut, bukit-bukit, tebing, sungai, dll di sepanjang jalan dari dan ke Oslo. Kadang saking bagusnya, aku suka kebengong-bengong sendiri dan baru sadar “kenapa ga difoto ya?” pas udah lewat jauh dari tempatnya.. (doh)

Pemandangan kece yang bisa diliat dari bus

* * * *

Places we visited

Karena rencana jalan-jalan ini bisa dibilang dadakan, jadi aku agak-agak males ga punya waktu untuk browsing info wisata. Tetep sih buka website resmi Visit Oslo, tapi ya cuma gitu aja baca-bacanya. Mikirnya cuma… “oh ok, nanti naik tur bus aja kayak kemarin lah.. biar ga ribet“. Yea rite

Pas hari ke-2 kami di Oslo ternyata dari pagi ga berenti ujan. Cuacanya mulai ok pas udah nyaris jam makan siang dan kami pun langsung buru-buru cari gedung Tourist Information supaya bisa beli tiket bus Hop On/Off yang udah aku rencanain sebelumnya. Sampai di sana…

Bebe (B): Pak, kalau bus Hop On/Off tiketnya bisa dibeli di sini kan?

Petugas (P): Iya, tapi mereka ga beroperasi kalau musim dingin.

B: o_o

(Masih shock karena rencana A gagal, akhirnya bebe ngeluarin rencana cadangan).

B: Kalo gitu kami mau ikut tur bus panorama ini aja deh (nunjuk poster deket kasir).

P: Oh itu ada, cuma busnya udah berangkat tadi pagi jam 10.30.

B: O_O… Memang ga ada lagi setelah itu? (mulai panik).

P: Ada sih, tapi itu cuma ke museum maritim aja, abis itu balik lagi.

B: (pingsan)

Ga ding.. ga pingsan.. cuma kesel aja sama diri sendiri kok ya ga baca-baca detail soal masalah waktu-nya #selftoyor. Akhirnya aku cuma tanya tempat-tempat apa aja yang setidaknya masih bisa dikunjungi dengan berjalan kaki dari sana dan untungnya ada beberapa tempat yang lumayan bagus.. haaaaaaaah..

  • The Royal Palace

Gedung megah yang berlokasi ga terlalu jauh dari pusat kota ini ternyata adalah tempat kediamaan keluarga kerajaan yang masih dipakai sampai sekarang. Uniknya, ga kayak Buckingham Palace yang gerbangnya gede buanget itu, istana ini lempeng aja loh tanpa pagar atau gerbang. Cukup taman aja mengelilingi tempat ini. Siiiiph. Karena gedungnya masih jadi tempat tinggal, jadi kami ga bisa masuk kesana dan harus puas hanya liat dari depan aja.

Patung di depan istana | Pemandangan dari Istana

Seperti layaknya istana kebanyakan, pastinya ada pasukan penjaga dong yang mejeng manis di depan gedung. Kali ini pun ga ketinggalan, di beberapa titik di depan gedung istana persis, berdiri mas-mas berseragam lengkap dengan senjatanya masing-masing. Nah, dari beberapa orang penjaga, entah kenapa ada satu orang yang terus-terusan di kerubungin sama para turis yang ada di sana. Terutama oleh kaum hawa. Aku pun iseng deketin karena penasaran sama si mas-nya. Eternyataaaaaa.. doi ganteng bener bok. Badannya yang bidang bikin adekku langsung klepek-klepek.. sampe-sampe dia komentar “duuuh mas, pingin deh rasanya bobok2 di dada situ“.. haiyaaaaah..

Aku pun ga mau ketinggalan poto-poto sama si mas ganteng. Waktu kami mepet-mepet di dekatnya dia, aku berbisik “sorry” (maksudnya minta maap gangguin dia lagi tugas) dan dia pun menjawab “it’s ok” dengan suara pelan nan merdu.. Huaaaaaah.. *peluk masnya* *ditoyor bubu*.

Sama mas ganteng

Hayooo siapa yang ga kenal Penghargaan Nobel? Pasti pada tau lah ya.. Nah kemarin waktu di Oslo, aku nyempetin mampir ke depan (cateeet.. cuma sampe depannya aja ya) gedung Nobel Peace Center ini. Tadinya pingin masuk, tapi karena ga ada yang nemenin, jadi aku batalin niatku itu. Sayangnya karena aku ga masuk, jadi ga terlalu banyak yang bisa aku ceritain dari tempat ini deh.. Mungkin lain kali yaaah.. ^_^

Gedung ini lokasinya ga terlalu jauh dari City Hall dan sejalan dengan daerah Aker Brygge di dekat pelabuhan. Untuk melihat berbagai macam koleksinya, kita harus membayar 80 NOK/orang. Lumayan lah, ga terlalu mahal.

Cukup liat-liat dari depan aja
  • Karl Johans Gate

Kalau Paris punya Champs-Élysées, Malmö punya Södergatan, nah Oslo punya Karl Johans Gate. Jalan yang jaraknya deket banget dari central station Oslo ini merupakan daerah belanja yang kayaknya paling ngehip di Oslo. Berbagai macam toko baju, restoran, dll ada semua. Kalau kita jalan lurus terus menyusuri Karl Johans Gate, pada akhirnya kita akan sampai ke jalan menuju The Royal Palace.

Hmm.. mau pilih toko yang mana yaaa..
Oslo at night | otw to Royal Palace
  • Aker Brygge

Daerah yang terletak di pinggir pelabuhan ini katanya terkenal sebagai tempat hangout dan belanja. Katanyaaa… Waktu aku kesana kemarin, rasanya kok sepi-sepi aja ya? Ada sih mal, tapi kok keliatan kecil dan bentuknya biasa. Malah kayaknya daerah ini lebih mirip komplek perumahan elit pinggir laut yang ada di Malmö. Hmmm…

Daerah Aker Brygge

Oh iya, di jalan ini kita juga bisa melihat sebuah monumen perdamaian “The Eternal Peace Flame” yang berbentuk sebuah patung Biarawan dengan posisi berdoa di depan sebuah bunga yang mengeluarkan api. Bagus deh bentuknya.

The Eternal Peace Flame

Kalau kita terus jalan sampai ujung pelabuhan, kita bisa liat sebuah gedung bernama Astrup Fearnley Museum yang bentuknya keren banget. Lagi-lagi aku ga masuk karena udah terlalu kecapean pas jalan-jalan sebelumnya, jadi cuma bisa foto-foto aja sedikit. Oh iya, foto di bawah ini diambil pakai iPhone dengan aplikasi Blux Camera tanpa edit tambahan sama sekali loh. Fresh from the phone. Unyu yah aplikasinya..

Astrup Fearnley Museet

Bangunan megah yang satu ini awalnya aku kira agak jauh dimanaaaa gitu. Eh pas diliat-liat ternyata ada di sebelah gedung centralstation persis. Alhamdulillah, lumayan ga perlu cape jalan kesana.

Gedung ini bentuknya manis banget deh. Efek cahaya minimalis dengan kaca dimana-mana bikin tampilannya makin keren. Sebel banget lagi ga ada Bubu yang bisa bawain tripod buat foto malem, pasti bisa lebih ngepol nih foto-fotonya. Huhuhu.. lain kali kita kesana lagi ya Bu..

Oslo Opera House

* * * *

Walaupun ceritanya 3 hari 2 malam, kenyataannya sih kami hanya punya satu hari penuh untuk jalan-jalan karena kami sampai di sana udah sore dan pada hari terakhir di sana kami pulang jam ½ 2 siang menuju Helsingborg.

Hal yang menyebalkan dari jalan-jalan pas musim dingin gini adalah matahari yang muncul cuma sebentar. Contohnya waktu kami baru sampai Oslo pada hari pertama, baru kelar proses check-in jam 3 sore, istirahat sebentar di hotel dan kemudian keluar cari makan.. ga lama langitnya langsung gelap. Sama juga hari berikutnya. Karena ujan, kami baru bisa keluar jam ½ 12 siang. Baru jalan dan makan siang sebentar.. ga lama udah sore aja. Kondisi kayak gitu bikin badan rasanya cepet cape dan males mau keluar lama-lama. Ditambah lagi kan udaranya juga dingin, harus keliling pakai jaket tebel. Akhirnya sekitar jam 6 sore biasanya kami udah balik lagi ke hotel. Alhasil ya ga bisa ngepol deh liburannya.. (tears)

Btw, jangan lupa Giveaway perdanaku yang hadiahnya oleh-oleh selama jalan-jalan ini masih dibuka sampai tanggal 16 November besok. Karena sampai sekarang jumlah pesertanya udah lumayan banyak, makanya waktu kemarin ke Oslo aku beli oleh-oleh tambahan biar makin banyak hadiahnya… So jangan lupa ikutan yaaa.. ^_^

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

49 thoughts on “The Holiday (Part 6: Oslo)

  1. Ristin

    Hmm.. Mau pake ipad, kamera, iphone… Apapun itu.. Tetep aja foto bebe itu keren keren yaa… Bisa banget ambil posisi yg jadi enak diliat… Oslo bagus juga yaa… Bagus kotanya… 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Ahahahah.. jadi malu dech.. (blush)

      Iya mba.. ternyata kotanya bagus.. sayang ga bawa suami, jadi ga ada yang bawain berat2.. ^_^

      Reply

  2. Chita

    Keren Be, cantik arsitekturnya…
    Whahahaha si Mas cakep udah terbiasa kali ya banyak cewe ngerubungin… 😀

    Reply

    1. Bébé

      Iyaa.. gedungnya bagus2 deh Chit.. sebel kemarin ga sempet keliling.. (tears)

      Ahahahahaha.. curiganya sih gitu, abis sebelum aku juga udah numpuk banyak banget yang pengen foto.. 😀

      Reply

  3. Zilko

    Huaa, itu busnya keren gitu Be! Kalau busnya kayak gitu sepertinya aku bisa lebih betah deh kalau naik bus yang jarak jauh, huahaha B-) . Pas ke Paris kemarin Mei/Juni ini busnya kan bus biasa gitu deh (nggak ada wifinya juga). Jadi bulukan deh setelah naik bus 7 jam berturut-turut, hahaha.

    Huahaha, iya sih ya, survey sebelum memulai liburan itu memang penting banget supaya bisa memaksimalkan waktu. Sudah survey pun aja kadang-kadang masih ada info-info yang salah atau info yang kita belum tahu kan, hehehe. Eh, tapi memang sih ya kalau dadakan gitu juga rada malas juga mau survey, hehehe

    Lho Be, disana sekarang matahari terbenam jam berapa sih? Kalau di Eropa (agak ke selatan dari Skandinavia, huahaha B-) ) bulan-bulan gini masih oke deh kalau pergi. Karena matahari terbenam ya masih jam 6 atau jam 7an gitu deh. Lumayan lah ya. Tapi memang sih kalau udah winter nanti nggak enaknya ya itu: cepet banget terbenamnya!!

    Reply

    1. Bébé

      Huaaaah.. 7 jam? aku aja udah ada wifi segala masih suka bosen. Akhirnya tidur mulu deh. Tapi emang busnya bagus banget Ko.. makanya aku selalu milih naik bus daripada kereta, abis udah lebih murah, dapet wifi pula.. hihihi..

      Nah iya itu dia.. maksudnya sih go with the flow ajah, eeee.. malah ga ada semua.. nyahahaha..

      Sekarang jam ½ 6 juga udah gelap Ko.. kemarin karena lagi ujan makanya mendung terus, jadi tambah gelap deh.. :((

      Reply

  4. niee

    Wahh seru mbak be.. dan tetep ya fotonya keren banget..

    Kalau masalah winter susah ya mbak klo udah gelap. soalnya malam walau berapa lamapun tetep aja hitungannya mau tidur (ituseh elo niee! hehehe)

    Reply

    1. Bébé

      Hahahahahah.. tapi bener kok Niee.. kalo udah gelap gitu, biar kata baru jam ½6 atau ½ 7, rasanya udah cape. Bawaannya pingin istirahat.

      Reply

  5. Desi

    hwaaaaaaaa….mas2 penjaganya cakeeeeeebbb…:D
    trus..bisnya juga kereen banget ya Be..itu mah perjalanan 10 jam juga nyaman2 aja gue rasa..;p

    Reply

    1. Bébé

      Iya yaaaa… pingin bawa pulang tapi ga bisa.. 🙁

      Bangeeeeet kerennya… nah itu dia, kalau ke Stockholm lamanya ya 10 jam itu.. Makanya lumayan kan jalannya.. ^_^

      Reply

  6. Dani

    Ya ampuuunn. Blux cameranya bagus banget hasilnya Be.
    Meskipun aplikasi sama toolsnya sama kalo ga punya sense dan taste nya bakalan beda Be hasilnya.

    Soal liburan emang suka ga kerasa ya waktunya. Enjoy the rest Be. Maksimalin waktu bareng keluarganya.. 😀

    Reply

    1. Bébé

      Naaaaah.. pake si blux itu udah ga perlu ngedit lagi Dan.. cuma tinggal point and shot doang.. udah ada setting warna dll-nya langsung..

      Iya niiiih.. sedih deh kalo dipikir2 tinggal sebulan lagi.. :(( thank you yaa..

      Reply

  7. yance

    wihh bisnya bagus yahh..kayak pesawat malahan kursinya….Royal palacenya juga keren ..puas dahh be..kelalang keliling europe…mumpung tinggal disono ya

    Reply

    1. Bébé

      Lebih enak dari kursi pesawat malah mba.. Kayak kursi kelas bisnisnya gitu deh.. soalnya bagian kaki pun ada yang buat naik gt deh.. 😀

      Hahahahah.. iyaaa nih.. abis yang deket juga kesitu2.. kalo mau ke asia malah mo nangis rasanya liat harga tiket.. 😀

      Reply

  8. Rezki Anggita

    Si mas gantengnya topi nya emang miring kayak gitu ya be? hehee… :thinking:

    Reply

    1. Bébé

      Ho’oh.. biar gaya kali yaaa.. (haha)

      Reply

  9. nabilasaidaherdiana

    wahhhh jalan-jalan hahha *bancijalan-jalan*

    Foto-fotonya bagus bangettt mbaaaa, seriusan dehhhhh kereeennnnn. Kalo ikutan kontes jadi fptpgrafer gitu pasti menang deh mbaknya hahha :yahoo:

    Reply

    1. Bébé

      Hihihihi… udah pernah ikut kok. tapi belum menang.. harus belajar lagi nih kayaknya… 🙂

      Ngabisin jatah jalan-jalan nih.. ahahahah..

      Reply

  10. this indonesian

    Senang baca ini, soalnya Oslo dilihat dengan mata yang “fresh”, soalnya saya udah kurleb “muak” sama yang namanya Oslo hahaha secara sebulan sekali minimal harus kesana :/

    Reply

    1. Bébé

      Huaaaaah.. iya sih, kalo sebulan sekali kesana mah.. lama2 udah biasa aja ya liatnya.. 🙁

      Reply

  11. angela

    Diulang lagi: Mau itu dibungkus satu mas mas bulenya.

    Reply

    1. Bébé

      *kasih bungkusan* kalo karet dua yang pedes ya mba.. karet satu yang biasa.. (lmao)

      Reply

  12. jenn

    Itu seriusan bus disana kayak gitu,,
    ampunnn bagus amat, betahh deh kalo naik bus kayak gitu #mupeng 😥
    Indonesia kapan yaa ?? masih mimpi dehh . hahahha :lonely:

    Reply

    1. Bébé

      Iyaaaa.. bagus yaaaa.. harganya juga ga mahal lagi.. Bener2 alternatif murah buat jalan2 selain kereta sama pesawat. 😀

      Reply

  13. applausr

    setiap kali kesini selalu terkagum kagum dengan fotonya….. luar biasa.
    saya tidak terlalu pandai memfoto pemandangan… jadi kalau melihat hasil foto dirimu terpacu buat mencoba lagi nih…

    By the way busnya keren banget ya….

    Reply

    1. Bébé

      Makasih.. seneng deh kalo fotonya emang banyak yang nikmatin. Jadi makin semangat foto2 kalau lagi jalan-jalan.

      Iyaaaah.. busnya emang bagus banget. Udah gitu tepat waktu juga. Selalu sesuai jadwal, kalaupun telat paling lama cuma 5 menit.

      Reply

  14. arman

    tau gak sih be.. tiap kali baca postingan lu, gua tuh selalu speechless. scroll up scroll down scroll up scroll down.. ngeliatin poto2 lu tuh… gileeeeeee keren banget!!!! 😀

    itu bus nya keren banget ya… dan view dari bus nya juga…. kayak lagi di film2 imajinatif gitu… keren abeesssss

    Reply

    1. Bébé

      Hahahahaha.. saya jadi merah merona ini mas Arman bacanyaaaaaa… (blush)

      Yoih, busnya bagus, bersih.. terawat banget.. udah gitu harganya terjangkau pula.. Lengkap deh. Sayang sih gw ga bisa moto2in pemandangannya lebih banyak.. 🙁

      Reply

  15. ichy

    mbak beee,, mas2 penjaganya tampan :heart_beat: *salah fokus*
    ah, tetep, foto-fotonya kece! *langsung berimajinasi kapan bisa kesana* :tongue:

    Reply

    1. Bébé

      Iya kaaaaaaaan.. aku juga sukaaa.. Unyu abissss.. hahaha

      Insya Allah Chy.. dapet rejekinya bisa jalan2 kesana.. amiiin.. ^_^

      Reply

  16. Orin

    eyampun, itu si mas penjaga gantengnya keterlaluan emang ya hahahaha. dan foto2nya Bebe emang selalu keren deh, ga bosen bolak2 balik liat, kadang aku sampe suka lupa komen qiqiqiqi…

    Reply

    1. Bébé

      Banget Rin… aku juga langsung lupaaaaak semua pas liat masnya *cieeh heboh bener*
      Eheeem.. ma’aci loooh.. 😀

      Reply

  17. mrscat

    aku ngakak2 baca soal kalian foto sama mas ganteng….mana tinggi lagi ya…oh sungguh gagah. aku aja yg cuman liat fotonya klepek2…eh tapi masih kalah ganteng sama bubu kok be *berusaha mengembalikan bebe ke jalan yg lurus*

    Reply

    1. Bébé

      lebih ganteng bubu yaaa.. ya udah deh.. *ceritanya pasrah* hahahaha

      Reply

  18. Nella

    Kalau di istana presiden Jakarta mas nya ganteng ga ya?, trus blum pernah liat ada yg foto disamping penjaganya :D. Foto2 perjalananmu bagus2 Bebe, sayang ya matahari cepat sekali terbenam ditambah udara dingin brbbrr.. :tears:

    Reply

    1. Bébé

      (thinking) … hmm bener juga.. siapa tau ada yang ganteng juga yaaah.. hihihi..
      Makasiiih.. iya ga enaknya musim dingin gitu yaaa, ga bisa ngepol jalan2nya.. tapi kalau turun salju pasti jadi bagus banget deh pemandangannya.. :yes:

      Reply

  19. Fety

    Be, klo jalan2 ke LN disana, bagi para pemegang visa turis gak butuh visa lg yah? Be, aku udah keder duluan untuk ikut GA mu:)

    Reply

    1. Bébé

      Kalau udah punya visa schengen udah ga perlu lagi ngurus visa, kecuali kalo mau ke UK.. harus bikin visa lagi.

      Kok keder duluaaaan.. mengapa kah?? :cry2:

      Reply

  20. ~Amela~

    masnya beneran ganteng mbaak.. pingin ikutan foto bareng juga.. hehehe..
    sempet kenalan ga mbak beb?

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha… Masnya unyu ya Mel… :heart_beat:

      Ga kenalan.. Aku kan anaknya pemaluuuu.. :blush:

      Reply

  21. Una

    Hihihi sabar ya mbak kecele gitu…
    Emang kadang nyesel ya kalo nyari info setengah2 hihihi 😀
    Aku juga kemarin mau ke Dialogue in the Dark, baca webnya cuma gitu gitu doang. Eh sampe sana ternyata kudu booking 🙁

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha… iya ya Na.. kadang udah anggep enteng aja gitu.. ternyata ampe tempatnya.. kecele.. 😛

      Reply

  22. charissarhanie

    aku pernah ke aker brygge!!! tapi emang yah, pas dibilang itu tempat yg ngeheits bgt di oslo, aku sama emir langsung, “errrr…..” hahahaha…

    lah ngomongnya sama orang singapur, jadinya bandinginnya sama orchard road deh, wkwkwk…

    Reply

    1. Bébé

      Ahahahaha.. Aku kesana juga gara2 dirimu yang nyaranin say.. Agak ngedrop ya tempatnya.. Lol

      Reply

  23. sarip2hamid

    Busettt deuhhh itu foto-fotonya keren amat yahh ?? 🙂
    Hemm,..,., mantapzz dehh, bakalan ndak bosen2 nih maen ke sini. thanks yah sudah mau berbagi dan menginspirasi ttg liburan. heh

    Reply

    1. Bébé

      Makasih.. semoga jadi semangat jalan2nya juga yaa.. ^_^

      Reply

  24. PaPoY! | { a Memory Bliss }

    […] yang satu ini gue foto waktu liburan ke Oslo. Pas banget waktu jalan ke sana posisi matahari persis di belakang gedungnya. Jadi gampang bikin […]

    Reply

  25. bhellabhello

    wah beruntung banget deh nyasar ke blog mbak bebe. pas banget lg ngerencanain scandinavian trip. btw, kalo pas christmas break kesana, dingin ekstra menggigil lebay ga mb?

    Reply

    1. Bébé

      Hmm.. kayaknya sih ga akan berasa beda banget yaaah. Tapi ga enaknya kalo kesana pas musim dingin, cepet banget gelapnya 🙁 Mau liat2 kayaknya susah gitu. Keburu2 waktu.

      Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P