Cooking Diary: Es Cendol

Waktu kemarin jalan-jalan ke Amsterdam, kami nyempetin mampir ke salah satu restoran Indo yang cukup tenar dikalangan orang-orang Indo, yaitu “Si Joe“. Di sana aku mesen ketoprak dan es cendol yang lumayan enyak, apalagi udah 2 tahunan ga ngerasain lagi makanan Indo kayak gitu jadi tambah endus aja rasanya di lidah.

Berhubung di Amsterdam lebih gampang cari bumbu Indonesia dibanding di Swedia, pas udah hari terakhir di sana kami pergi ke salah satu toko asia yang letaknya ga terlalu jauh dari hotel. Sekalian nyetok pasokan bokk. Pas aku lagi sibuk cari bumbu Indo, mamaku liat tepung hunkwe yang sering dipake buat bikin cendol. Abis itu beliau bilang “yuk kapan-kapan kita nyoba bikin cendol sendiri”. Hayuuuuuuk, sapa takuuuut!! *tepok-tepok dada*. Sayangnyaaaaa, di toko yang sama ga jual alat untuk bikin cendolnya. Mereka cuma punya tepungnya aja. Yah memble deh. Untungnya pas kemarin lagi browsing di Toko Indonesia, ketemu tuh alat bikin cendolnya. Langsung aja dibeli deh. Sik asik… kesampean juga pingin nyoba bikin cendol sendiri.

Untuk bikin cendol itu ternyata gampang looooh… beneran deh, ga pake boong.

Bahan-bahan cendol:

  • 1 bungkus tepung hunkwe (120 gram)
  • 600 ml air
  • 1/2 sendok teh garam
  • pewarna pandan (hijau tua)
  • Baskom berisikan air dingin + es batu

Caranya:

  • Campur tepung + garam. Masukkan air aduk rata.
  • Tuang beberapa tetes pewarna pandan sampai warnanya sesuai selera. Kemarin kami ga pake ukuran, cuma main tuang aja pewarnanya ampe puas.
  • Panaskan di atas api sedang sambil di aduk terus sampai adonan menjadi kental seperti foto di atas.
  • Pindahan adonan yang masih panas ke loyang cetakan cendol. Letakkan loyang di atas baskom berisi air.
  • Dorong adonan menggunakan bagian bawah gelas minum (atau pakai sendok kayu juga bisa) sampai adonnannya turun.

And that’s how you make Cendol. Gancil kaaaan??!!

Selain pakai tepung hunkwe, kita bisa juga bikin cendol pakai campuran tepung beras dan tepung kanji. Tapi pasti rasa dan juga konsistensinya bakalan beda (walau paling beti sih). Tinggal kitanya aja lebih suka cendol yang kayak gimana. Kalau keluargaku lebih suka cendol yang dibuat hanya memakai tepung hunkwe, tanpa tambahan apapun. Kalian sukanya gimana?

Eniwei, untuk minum cendolnya kita juga harus nyiapin bahan-bahan tambahan seperti air santan dan air gulanya. Untuk bikin kedua bahan tersebut juga ga susah kok.

Bahan-bahan air gula merah:

  • 250 gr gula merah (aku pakai campuran gula merah jawa + palm sugar Thailand)
  • 50 gr gula pasir
  • 100 ml air

Caranya: Didihkan semua bahan sampai larut dan mengental.

NB: Alasanku nyampur antara gula jawa + palm sugar Thailand itu bukan supaya dapet rasa yang lebih enak. Tapi gara-gara persediaan gula jawaku itu kan cuma dikit dan jauh lebih susah dicari dibandingkan palm sugar Thai yang bisa didapet di semua toko asia di sini. Jadi ya gitu deh.. hihihi

NB²: Supaya lebih wangi dan enak, bisa tambahin beberapa lembar daun pandan ke dalam campuran gulanya sewaktu di aduk. Berhubung di sini kalau beli daun pandan harus dalam jumlah besar, akhirnya aku skip aja deh.

* * * *

Bahan-bahan kuah santan:

  • 1 liter santan
  • 1 sdt garam
  • Beberapa tetes essense vanila

Caranya: Didihkan semua bahan sampai mendidih.

NB: Di bahan ini juga banyak yang nulis pakai beberapa lembar daun pandan, tapi karena ga ada jadi aku ganti dengan essense vanila aja.

* * * *

Setelah semua bahan udah lengkap, tinggal ditata manis di dalam gelas. Kalau caraku sih seperti ini… Cendol + air gula merah + santan + es batu. Hmmmm.. yummih.

So, siap mencoba bikin sendiri di rumah masing-masing dan menikmati ijo-ijonya gan? :cendol:

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

98 thoughts on “Cooking Diary: Es Cendol

  1. ristin

    :drinking: mari kita ber cendol ria.. Hi hi hi..

    Reply

  2. cepy

    ini mah pasti jauh lebih enak dibanding asli indonesia bebe :cendol: *ngiler*
    pengen bikin juga euy, tapi pasti entar palingan malah jadi bubur haha :laugh:

    Reply

    1. Bébé

      Hahahahaha.. jadi bubur ijo dong.. 😆
      Kalo lebih enak sih belum tentu, tapi setidaknya lebih sehat.. soalnya kan bikin sendiri.

      Reply

  3. mrscat

    baru tahu kalo bikin cendol itu kayak gitu….kirain adonan dimasukin plastik yg ujungnya dibolongin trus adonannya dipencetin biar kluar (kayak bikin kue sus/profiterol) hahahaha

    Reply

    1. Bébé

      ahahahahaha… itu bisa juga sih mba kalo mau, tapi bikinnya lama bgt tuh pastinya.. ^_^

      Reply

  4. arga litha

    Mbak Bebe, ini pertanyaan penting. Itu gelas namnay gelas apa? Bukan gelas wine kan? 😀 Udah tahu beda gelas sekarang? Siip . :dance:

    Reply

    1. Bébé

      loh kalo yang ini mah pake gelas apa aja bisa… mau gosreknya pake gelas wine juga bisa kalo mau.. 😆

      Reply

  5. Memez

    Jujur ya… baru tahu kalau bikinnya kayak gini *tepok jidat….

    Reply

    1. Bébé

      waaa.. kirain udah umum. aku juga baru pertama kali sih bikinnya.. hihihi

      Reply

  6. AmeL

    Ngacuung pernah bkin cendool!! Bikinnya pake campuran tepung hunkwe sama tepung beras, sama ditambah santen kental dikit biar warnanya lebih doff sama rasanya lebih gurih.. Cuman bikin sekali doang coz rempong bener bikinnya yaah ceu.. Mending tinggal gelundungan aja beli cendol Elizbeth deket rumah! hahahha

    Reply

    1. Bébé

      Ahaaa.. kemarin juga nemu tuh resep yang dicampur tepung beras lagi, tapi ortuku ga mau. Katanya tepung hankwe aja cukup… yaokedeh.. 😛

      Iyaa, bikinnya sih musti pake tenaga dikit, apalagi bagian bentuk cendolnya. Kalo di sana mah lebih enak tinggal beli yaaah.. 😀

      Reply

  7. Una

    Cendol gan…
    Sumprit aku baru tahu cara nyetak cendol tuh begono tho…
    Nasib gak pernah masak hihihi 😀

    Reply

    1. Bébé

      Ahahahaha.. ini yang cara barbarnya Na.. ada lagi sekarang cetakan cendol yang bentuknya kayak gelas gitu, tinggal di teken aja udah keluar deh adonannya.. ^_^

      Reply

  8. sofi

    ternyata ga susah juga ya be buat es cendol hehe….jadi pengen nyoba *tapi niat untuk mulai nyobanya itu yang susah :mrgreen:

    Reply

    1. Bébé

      Ho’oh ternyata ga ribet. Semoga cepat muncul niat nyobanya… 😉

      Reply

  9. santril

    sluuuurrrpp…pagi-pagi udah ngiler aja liat cendolnya *ngileer*
    contek resepnya ya..siapa tau ntar hati ini tergerak untuk berpraktek juga hehehe 😎

    Reply

    1. Bébé

      Silahkan… Semoga hasilnya sesuai selera yaa… :yes:

      Reply

  10. Epi

    be…. gue kok serem liat yg masih berasep2 panas trus ada tangan yg lagi aduk2 itu ya… ga panas itu be? 😐 ternyata bikin cendol sama kayak cara bikin locupan 😀 saringan nya juga beti :))

    Reply

    1. Epi

      Eh baru sadar, kok di comment gue bisa nongol recently post blog gue ya be? padahal kagak masukin apa2.

      Reply

      1. Bébé

        Itu gara2 gw pakein plugins baru. Jadi keliatan posting terbarunya apa.. :wink2:

        Reply

    2. Bébé

      Karena nyokap ga ada komen pas ngaduknya, curiga sih ga panas pi… Tapi disini apa2 cepet dingin siiih.. >__< locupan itu kyk gimana pi? Coba gw google dulu yaks.. 😀

      Reply

  11. Desi

    mau cendolnya gan… :like_food:
    kalo gue mah maunya tinggal minum doang Be..heuheu.. ;p

    Reply

    1. Bébé

      Hahahahahha… Iya kalo disana mah tinggal cari abang yang jual cendol yaaah.. Murce pula.. ^_^

      Reply

  12. arman

    gua suka ama es cendol, selama gak ada nangkanya… 😀

    Reply

    1. Bébé

      Emang karena ga suka nangka ato kombinasi cendol+nangka Man?
      Kemaren nyokap udah kepinginan tuh nambah nangka, tapi di rumah lagi ga nyetok, ga jadi deh.. Hahaha

      Reply

  13. agus suryanto

    mba, bagi cendolnya doonkk…. hehehee,,, :good:
    salam kenal aja ya, mba..

    Reply

    1. Bébé

      Salam kenal juga… Makasih udah mampir… 😀
      Nih cendolnya… :cendol:

      Reply

      1. asuryanto99

        cendolnya enak bgt mba…. makasih yuaa…. :mrenges: :mrenges:

        Reply

  14. kadel

    tak bisa berkomentar banyak karena lagi puasa, tp cendolnya itu maknyus, semoga kelak nanti bisa berbuka dengan cendol 🙁

    Reply

    1. Bébé

      Selamat berpuasa… Insya Allah ya nanti ketemu yang jualan cendol.. 😀

      Reply

  15. Mayya

    Kyaaaa..bebe mengingatkanku pada masa laluuuu!
    Si itu sering banget ngajak minum cendol (doang) hihihi… Tapi mungkin emang gak jodoh, soalnya aku kurang suka minum es cendol *keplak*
    Eh, tapi cetakannya beda deh sama yang pernah aku temuin di pasar, cetakannya bentuk gayung kecil yang bolong di bawahnya….Klo cetakan begitu, kayaknya kukusan aku mirip deh hihihi…

    Reply

    1. Bébé

      Cieeeeee… Siapa si itu May? Cuit cuit… :p

      Cetakannya emang ada 2 macem May, kemaren karena cuma ada yg model itu, jadinya belinya itu deh. Sekarang ada juga tuh yang dirimu bilang mirip gayung. Tinggal diteken atasnya.. :yes:

      Ahahaha.. Yah multifungsi kan berarti, kali2 bisa juga dipake jadi kukusan… 😛

      Reply

  16. Woro Indriyani

    Warna cendolnya cantik amat :big_eye: perasaan yang dijual abang abang disini warna ijo ijo lumut ini bisa ijo toska gitu yah? (eh toska kan yah? ahahah)

    Cendolnyaaa dong gaaaaan! ahahhaha :cendol:

    Reply

    1. Bébé

      Hmmm warna aslinya agak terang dikit, tapi ga ijo lumut. Mungkin pengaruh tepung ato pewarnanya kali yaaa… Diriku masih malu2 makenya.. padahal ngirit, takut abis

      Reply

  17. Pholam

    mantepppp.. kliatan segerrrr :drinking: bebe rajin deh bikin2 ini itu, hslnya lgsg okeee pula :good:

    Reply

    1. Bébé

      Ini juga gara2 dibantu nyokap bikinnya.. jadi niat deh.. kalo sendiri mungkin kegedean males juga 😀

      Reply

  18. lulu

    Jadi…pake tepung hunkwe aja juga bisa ya! kamu telaten banget Be!
    trus emoticonnya itu kok yo dapet aja yang bawa es cendol, komposisinya tepat kaya punyamu lagi! 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Ho’oh aku pake hunkwe ajah.. ga dicampur lagi. Ahahaha itu emoticonnya udah ada lama, cuma baru ditambah sekarang, soalnya pas momen-nya.. Nemu dari plugins gitu deh mba Lu.. 😀

      Reply

  19. Orin

    Errr….keknya aku mah beli aja deh Be cendolnya, riweuuuuh qiqiqiqiq *dasarmalesmasak*

    Reply

    1. Bébé

      Hahhahahhaa… sekali2 boleh loh dicoba.. siapa tau malah ketagihan 😛

      Reply

  20. Ceritaeka

    Silly question sih, tapi di sana ada daun pandan gak?
    i mean wangi pandan kan enak dan kalau asli lebih sehat…
    *jadi pengen cendol* :yahoo:

    Reply

    1. Bébé

      Ada sih sebenernya, cuma dijualnya jumlah banyak gitu deh. Trus kepikirannya sayang kalo kebuang2. Akhirnya di skip deh.. 🙁 padahal pasti lebih wangi kalo pake daun pandannya yaaa..

      Reply

  21. nyanya

    jagoaaaaaannn! Kalo gue pasti males walaupun tinggal nun jauh di sana 😀

    Reply

    1. Bébé

      :muhaha: iya dooong kan jagoan neon… 😆

      ini mumpung banyak yang bantuin, jadi susah malesnya.. 😀

      Reply

  22. zilko

    Kayaknya enak Be. Tapi disini sih enak tinggal beli aja deh ya, huahahaha B-)

    Reply

    1. Bébé

      Ahahahah.. iya.. dirimu mah tinggal kabur bentar ke Amsterdam udah dapet Ko.. :laugh:

      Reply

  23. me chan

    Huaaa menggiurkan banget be es cendolnya… Simple ya ternyata resepnya, tapi males ya kalo masak sendiri trus makan sendiri hahaha

    Reply

    1. Bébé

      Sebenernya sih gituuu.. cuma apa dayakuuuu.. 😥

      Reply

      1. me chan

        bubu ga suka cendol ya be? tonce ga terlalu suka soalnya, lebih seneng cincau..cincau ijo resepnya sama ga ya sama cendol kira2 hehehe kan sama2 ijo 😛

        Reply

        1. Bébé

          Si bubu sih biasa aja kalo sama cendol.. Tapi kalo sama cincau dia malah ga suka banget.
          Aku ga tau cara buat cincau, soalnya bisa beli.. ahahaha

          Reply

  24. Haya

    Keliatannya gampang ya cara bikinnya, tapi di tempatku kayaknya susah cari tepung hangkwe. Ntar deh nyoba bikin yg pake tepung beras ∂άn kanji. Makasih respnya 😀

    Reply

    1. Bébé

      Sama2.. semoga bisa cepet nyoba bikin sendiri juga.. 😀

      Reply

  25. applausr

    waduh cendolnya warnanya bagus banget ya… izin bookmarked ya… mau di coba buat weekend nih.. kayaknya tidak terlalu sulit buatnya.. thanks ya Be.. sudah sharing

    Reply

    1. Bébé

      Sama2… semoga berhasil percobaan bikin cendolnya. Kalau ada masukan, jangan lupa bagi2 yaaa.. 😀

      Reply

  26. Nella

    Pinjam cetakan cendolnya dong Be :D.

    Reply

    1. Bébé

      Cini.. cini.. nanti kita bikin bareng ajaaaaah.. ;D

      Reply

  27. deva

    aakkhh langsung kebayang cendol termasyur di Bandung, cendol Elizabeth bwihihihi…
    bisa buka usaha cendol niy disana, kali2 para bule doyan mwihihiihi… salam kenal ya be ^__^

    Reply

    1. Bébé

      Waaaaaah.. enak ya yang di bandung itu? kalau pulkam nyobain ah.. 😀

      Hmmm boleh dicoba nih, kali2 yaaa.. hihihi

      Salam kenal juga, makasih udah mampir :bye2:

      Reply

  28. saidah

    Jd inget bibi yg jualan cendol deket rumah nenek dikampung, dulu aku sering nontonin si bibi bikin cendolnya…persis ky gitu tuh alatnya mbak be, tp cendolnya si bibi cendol dr tepung beras terus ngwarnainnya pake air perasan daun suji begitu dimasak wanginya amboooooyyy :like_food:
    Kalo aku sih males bikin2 gitu, ribet hihihi untung pas pindah ke banjarbaru ada pak’lik yg jualan cendol enak dipasar hwahahaha jd kalo lg kepengen ya beli aja deh 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Disini aku ga nemu daun suji… eh ga tau deh ada apa ga.. jangan2 namanya yang aku ga ngeh kali yaaa..

      Hahahahaha.. paling enak kalo udah nemu yang murah dan enak yaaa.. ga perlu cape, tinggal beli aja deh.. :laugh:

      Reply

  29. Dani

    Jadi inget Be waktu diajakin Ibu bikin cendol jaman dulu. Di bawah saringan besi itu dikasih air dan gw disuruh memoles-moles bubur hongkwenya. Cendol berjstuhan dari saringan dulu rasanya lucuu gitu.

    Trus jadi inget kenangan masa kecil pas lu bilang gancil. Ah me miss old times

    Reply

    1. Bébé

      Hihihi.. gw juga demen tuh pas bagian cendolnya jatoh2 dari loyangnya… lucuuu.. 😀
      Haaaah.. old times.. jadi kangen juga.. *ikutaaan ajah*

      Reply

  30. niee

    Kalau aku lebih suka yg pake tepung beras mbak. mudah ditelen soalnya *alasannya gak banget* hihihi

    Reply

    1. Bébé

      Hahahahahah.. kalau pake tepung beras kayaknya lebih kenyel ya teksturnya? *sok teuuuu bener*

      Reply

  31. dea

    waaa resep baru nihhh ..
    mau cobaaaa aaaaaaahhhhh… 😀

    Reply

  32. tinsyam

    daku lebih suka cendol pake tepung beras loh.. rasanya lebih padat.. sering juga dicampur tepung hunkue..
    ohiya kalu beli daun pandan emang emang kudu beli banyak.. simpen aja di freezer? awet tuh setahun dua tahun.. kan bisa buat bikin ayam pandan? ato blender, trus saring, terus masukin dalam plastik kecilkecil buat campuran hunkue biar ga pake pewarna gitu, asli rasa pandan..
    cetakan cendol bisa diakalin loh, pake saringan sayur ato baskom nasi yang gedegede juga bolongannya juga kukusan..

    Reply

    1. Bébé

      :big_eye: huaaaa… makasih banyak sarannya mba.. iya juga yaa.. bisa buat bikin yang lain2.. :mail: *dicatet yang manis*
      Tadinya juga udah mau diakalin pake buat kukusan nasi tuh, eh pas banget dapet cetakannya.. hihihi

      Reply

      1. tinsyam

        gegara baca ini jadi pengen bikin akhir pekan ini deh.. mana banyak nangka di pohon udah mo panen.. pun daun suji musim hujan tumbuh subur..

        cendol cendol..

        Reply

        1. Bébé

          Huaaaaaaaaaah… Enak tuh kayaknya kalo pake nangka… Yum yum yum…
          Semangat mba bikin cendolnyaaaa… :gym:

          Reply

    2. Julia

      sama kaya mbak Tinsyam aku suka yang pakai tepung beras lebih padat gak terlalu kenyal B-) dannn sama juga aku cetak pake saringan kukusan nasi magic com :good:

      Reply

      1. Bébé

        Huaaaaa… ternyata bedanya gitu yaaa.. 😀 Hmmm.. next time ah coba bikin pake tepung beras.. ^__^
        Hihihi, saringan nasi pun ok ya hasilnya? :joyful:

        Reply

  33. tinsyam

    ehiya, pernah daku bikin karamel gegara ga ada gula merah.. sama enaknya..
    gula pasir dimasak sampe hangus gitu, pake air dikit..

    Reply

    1. Bébé

      Berarti pake karamel juga ok? siiiph.. :mail: *catet lagi*
      Makasiiiiih masukannya..

      Reply

    1. Bébé

      Aku juga pengen kue2muuuuuuuuu… :cry2:

      Reply

  34. roel

    segerrrrrr…. gw sering makan nih waktu kecil dulu *komen gk penting

    Reply

    1. Bébé

      sekarang udah gede masih nyobain ga? 😛

      Reply

  35. dessy

    baru sempet mampir meski dari kemarin penasaran sama resep cendolnya… dan ternyata kok keliatan gampang ya. ciyus nih kaka?
    tapi blm punya cetakan?? cari di pasar dulu ah, mudah2an ada

    Reply

    1. Bébé

      Katanya bisa pake saringan sayur yg bolong2 Des, atau kukusan… Tapi semoga nemu ya cetakannya di pasar…
      Ini yang versi gampangnya Des, cuma pake 1 tipe tepung aja… Ada yang sukanya pake campuran tepung gitu deh. 😀 tapi gampang kok… Cungguh… 😛

      Reply

  36. Lidya

    keren mbak yang jauh udah bisa bikin cendol , aku belum pernah hehehe. thanks resepnya. btw salam kenal ya mbak

    Reply

    1. Bébé

      Hallo Lidya… Salam kenal juga, makasih udah mampir..

      Ini bikinnya juga karena mamaku yang semangat… Jadi nurut aja deh ikutin… Hahahaha :blush:

      Reply

  37. Candela

    Eh be, kmrn2 gw juga abis bikin cendol. Tapi kok kayanya gak semulus elo yah proses bikinnya? Gw punya buat ngelewatin cetakannya itu mesti ditusuk2 sekuat tenaga, sekalian bakar lemak tangan gitu, hehehe^^

    Reply

    1. Bébé

      Wuiiih, masa? Apa kekentelan kali ya adonannya, jadi susah. Lo pake tepungnya apa ajakah?
      Ahahahahahaa.. Tapi gpp lah, sekalian olahraga kan? :gym: :muscle:

      Reply

  38. Allisa Yustica Krones

    Bikin es cendol tuh sebenarnya emang gampang banget ya Be, tapi berhubung di sini gampang banget nemu cendol di mana-mana, jadilah tetep lebih nyaman beli daripada bikin sendiri, hehehe….

    Reply

    1. Bébé

      Bener banget Lis… Kalo disini banyak yang jual juga pasti aku milih beli ajah… Ahahahaha… Ga harus ngacak2 dapur soalnya.. :yes:

      Reply

  39. De

    yampunnn bebe, kamu niat banget sih sampe bikin cendol sendiri. Yah secara disana susah nyari cendol sik ya. Hehehehe

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. Iyaaaa, demi segelas cendol.. Ampe rela2in bikin… :hehe:

      Reply

  40. Angela

    Jadi pengen cendol. Tapi males bikin sendiri, beli aja ah *ditimpuk Bebe*.
    Btw… Daun pandan tanem sendiri aja Be, kaya kalo di Indo.

    Reply

    1. Bébé

      Cara nanemnya gimana ya Jel? Ahahahahaha…
      Iiih kamu kok gitu sih? Kok gitu siiih? Kok gituuuuuu? Ahahahahahha

      Reply

  41. Rezki Anggita

    asiiiikkk…mo nyoba ahh….thanks be.. :good:

    Reply

    1. Bébé

      Selamat mencobaaa.. Kalo enak cerita2 di blog yaaa.. Kalo ga, bisik2 aja di sini.. Hihihi

      Reply

  42. Haya Najma

    wah pas banget ada hungkwweee, besok bikin ah

    Reply

  43. Cook – Es Cendol Hungkue | étoile filante

    […] saya terngilerisasi  dari postingan Ka Bebe tentang es cendol yang cakep itu, dan kebetulan punya hungkue, tercetuslah rencana bikin ini buat buka puasa […]

    Reply

  44. It’s week 41 | { a Memory Bliss }

    […] bikin cendol (lageeeeeh… perasaan tiap kali ortu kesini pasti nyempetin bikin cendol yaaa? Dulu juga udah pernah :P). Trus lanjut bikin sate ayam+saos kacangnya dan yang masih dalam rencana adalah bikin chiffon […]

    Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P