Cooking Diary: Ayam Kriwil

ayamkriwil

Beberapa hari yang lalu di sebuah post aku nulis kalau gara-gara badai salju akhirnya ga jadi beli ayam KFC di Copenhagen. Di post berikutnya, mba Tintin ternyata berbaik hati ngebagi resep Ayam Goreng Kriwilnya sebagai alternatif pengganti ayam KFC. Mumpung emang lagi keabisan ide mau masak lauk apa buat makan malem plus kebetulan lagi ada potongan ayam yang nganggur di freezer, akhirnya kemarin aku coba juga deh resepnya.

Bahan-bahannya sebagai berikut (ini udah aku modif sendiri dari resep aslinya)

  • 6 potong ayam bagian paha (3 paha atas & 3 paha bawah)
  • 5 siung bawang putih
  • garam + merica
  • Air
  • 1 butir telur
  • 100 ml susu cair putih
  • 8 sendok makan tepung terigu
  • Minyak goreng

Caranya:

  • Haluskan bawang putih dan campur dengan satu sdt garam+ satu sdt merica. Rendam potongan ayam dengan air sampai tertutup semua, tambahkan bawang putih yang sudah dihaluskan bersama garam dan merica. Tutup rata dan diamkan semalamam di kulkas.
  • Campur susu dan telur, kocok rata.
  • Di dalam sebuah plastik bening, tuang tepung terigu + 3 sdt garam + 2 sdt merica. Aduk rata.
  • Buang air rendaman dan tiriskan ayam dari sisa air. Celupkan potongan ayam kedalam kocokan susu+telur. Masukkan ke dalam plastik berisi tepung. Kocok-kocok sampai tertutup rata. Step celup dan kocok ini bisa diulang beberapa kali. Kalo aku sih cuma 2 kali aja.
  • Panaskan minyak dengan panas sedang sampai mendidih. Goreng ayam sampai matang dan kulitnya berubah warna menjadi coklat.
  • Kalau misalnya pas di cek masih belum matang, biasanya aku panggang lagi di oven selama 10 menit supaya dalamnya mateng tapi kulitnya ga gosong.

Aku suka banget resep ini. Abisnya udah hasilnya enak (si Bubu suka banget), bahannya gampang dicari dan yang terpenting tanpa MSG. Next time aku mau coba rendamnya pakai susu ah kayak yang sering dilakuin sama mertua, plus coba tambah gula sebagai pengganti MSG? Pingin tau ada bedanya ga di rasa atau empuknya.

Thank you mba Tintin buat resepnya.. ada lagi yang bisa aku coba ga? :smirk:

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

63 thoughts on “Cooking Diary: Ayam Kriwil

  1. cepy

    *ngileeeerrrr* ini sih kayaknya enakan ayamnya bebe daripada ayam KFC, tanpa MSG lagi!!!

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. semoga yaaaah.. Tapi enaknya emang tanpa MSG-nya itu.. 😛

      Reply

  2. Ristin

    Wah.. Harus dicoba nih.. Soalny aya suka bgt ayam kfc,ini lbh aman ga pake msg. Ditunggu jg ya dep yg resep pake susu itu, nant aku mau coba sama aya, pasti dia suka bgt :good:

    Reply

    1. Bébé

      Ok mba.. tapi aku baru dapet lagi nih resep yang katanya mirip ayam originalnya KFC.. nanti aku coba yang itu dulu yaaa.. ^_^

      Reply

      1. dani

        Aaaak.. mau dong Be resep yang mirip ayam originalnya KFc tapi tanpa msg. Lihat yang ini udah ngiler krucuk-krucuk laper… 😛

        Reply

        1. Bébé

          Hahahaha.. ntar gw coba dulu ya Dan.. tapi kayaknya yg original ini pake msg deh. Cuma ntar gw coba tanpa msg yaa. pingin tau bedanya banyak ga..

          Reply

  3. Una

    Kirain kriwil tuh gimanaaa gitu,
    wah pake susu ya… pengen euy @.@

    Reply

    1. Bébé

      Iya pas balurnya pake susu juga Na.. kalau mertua pas rendem malah pake susu.. tapi aku belum coba.. 😀

      Reply

  4. Melissa Octoviani

    penampakannya persis kayak KFC be hehehe… nanti aku coba ah…

    Reply

    1. Bébé

      Kalau pas coba dan ada masukan, kabar2i yaaa.. oh iya, bisa juga tuh kayaknya tambahin cabe bubuk di tepung terigunya biar agak pedes2 gimana gitu.

      Reply

  5. siimisfil

    @.@ kok jadi ngiler gini ya…
    wahh menggoda sekali……
    tanpa MSG lagi.
    Sedapnya ayam goreng :9

    Reply

    1. Bébé

      Hihihihi.. Mau langsung ke KFC? 😛

      Reply

  6. arman

    look yummy be…
    jadi udah gak ngidam kfc lagi dong? 😀

    Reply

    1. Bébé

      Ahahahahaa.. Pasti masih Man… Kan gw demennya yang ayam original. Tapi kemaren dikasih temen gw resep baru gt deh yang katanya mirip ayam originalnya kfc.. Kalo beneran enak, mungkin rengekkan minta ke copehangen bakalan berkurang nih… 😀

      Reply

  7. Dwiyani (Bunda Samara)

    Endeuss banget kayanya, bentuknya bener2 mirip ayam KFC ya?
    TFS resepnya Be…musti dicoba nih 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Ga sama persis sih Yan.. Cuma yang ini cukup berasa berbumbu lah.. Secara bahannya simpel banget kan?

      Reply

  8. Lidya

    ayamnya menggugah selera apalagi fotonya bagus banget, jauh banget sama foto2 aku hehehe. Thanks ya resepnya

    Reply

    1. Bébé

      Makasih, sama2 mba… Semoga sesuai selera resepnya.. ^_^

      Reply

  9. Ely Meyer

    penampakannya kayak ayam di KFC ya Be, jadi pengen juga

    fotonya seperti biasa keren Be, bikin ngiler deh

    Reply

    1. Bébé

      Lumayan lah mba.. 11/12 kira2 hahahaha.. Abis daripada ngarep terus, mending nyoba bikin sendiri.. 😀

      Makasiiiih..

      Reply

  10. Nella

    Resepnya simpel, besok2 pengen coba ah :good:
    Aku sebenarnya bosan tiap hari makan dagingg mulu, kangen waktu di Indonesia tiap hari menunya ikan :blush:

    Reply

    1. Bébé

      Sama nih.. disini makannya juga daging terus.. kadang2 aja nyari ikan mujair ke toko asia, makan sama kangkung tumis.. haaaaaaah.. jadi pingin deh.. ^^

      Semoga suka..

      Reply

  11. inten

    Dimasukin open selesai di goreng? hmmm.. tips-nya boleh dicoba nih soalnya kalau bikin ayam goreng tepung ini kadang suka melempem kalau gak langsung dihabiskan saat panas. Thanks for sharing.. :good:

    Reply

    1. Bébé

      Iya, aku masukin oven lagi soalnya pas dibelah kadang2 daging ayamnya masih agak kurang mateng gitu deh, tapi kalo terus paksain di goreng malah gosong lama2.. hihihi.. jadinya masukin oven aja.. kalo oven, kulitnya tetep kering dan ga item tapi dalemnya mateng.. ^_^

      Reply

  12. Zilko

    Kadang aku juga masak serupa Be, soalnya simpel ya! Eh, tapi ayamnya nggak aku rendam semalaman, dan perbedaan terbesar: nggak pakai susu!! Hahahaha… . Eh, aku sama sekali nggak kebayang lho untuk menambahkan susu!! Hmmm

    Reply

    1. Bébé

      Pas lagi balurinnya ga pake susu+telur? samaaa.. aku juga baru tau sekarang pake susu. hahaha.. biasanya cuma telor aja :lonely:
      Katanya mba Tintin sih gpp ga direndem, tapi lebih ngeresep aja bumbunya kalau lama direndemnya.. ^^

      Reply

      1. Zilko

        Iyaa, biasanya sih pake telur aja Be, hahaha. Jadi penasaran nih dikasih susu jadi kayak gimana rasanya, hehehe

        Reply

        1. Bébé

          Kalau pake susu, si tepungnya lebih gampang nempel Ko dibanding telur aja. Apalagi pas celupan ke dua, kan di ayamnya udah ada tepung tuh, abis itu ketemu susu lagi.. nah itu bikin makin nempel deh tepung2nya. Jadi pas digoreng ga kabur.. *maling kali kabur*

          Reply

  13. nyonyasepatu

    Serius mesti pake susu ya be?

    Reply

    1. Bébé

      Buat campuran telur sebelum dibalur tepung? iya.. malah jadi nempel tuh.. apalagi setelah baluran ke dua.. tepungnya bereaksi bgt.. ^^

      Reply

  14. dian_ryan

    beneran itu resepnya pake susu?pengen cobain ah dirumah.thanks yah resepnya..

    *pulang langsung beli bahan2nya*

    Reply

    1. Bébé

      Yang untuk celupannya? iyaaa.. hihihi.. aku juga baru pertama kali nih pake susu segala..

      Reply

  15. -hni-

    pagi2 disuguhi foto ayam goreng sukses bikin bengong… lalu pelan2 nelen ludah sambil elap iler *ngences*
    mbok ya suguhi ayam goreng benerannya, gitu…

    #melipir
    #melengos

    Reply

    1. Bébé

      hahahahahaha.. kan jauuuh, jadi kasih liat fotonya ajaa.. :muhaha:

      Reply

  16. randompeps

    waaaa finally! gue selalu penasaran gimana caranya ayam bisa bertepung tebal abisnya kalo gue nyoba gagal mulu. tingkyu dep! muah.

    Reply

    1. Bébé

      Sama2.. semoga suka yaaa.. ^^

      Reply

  17. Allisa Yustica Krones

    Thank u banget, Be buat resepnya! 😀

    Reply

    1. Bébé

      Sama2.. semoga pas ya rasanya di lidah 😀 :good:

      Reply

  18. Epi

    woww be, uda mirip ya penampakannya sama KFC. itu ayam nya pake ayam negeri donk yah? soalnya gue biasa paling males bikin ayam goreng secara pake ayam kampung kudu di empukin dulu pake panci press , ribet benerrr yg dicuci jadi banyak :annoyed:

    Reply

    1. Bébé

      Kayaknya sih itu ayam negeri deh yang gw pake juga.. abis gede banget bok bodinya.. kayak abis fitness.. hahahaha.. tapi empuk sih.. 😀

      Reply

  19. Nadya

    Maaak, aku lapar kak liatnya.. :hungry:

    Aku save resep-resepmu ya Kak :joyful:

    Reply

  20. tintin syamsuddin

    horeeeee dibikin juga.. gampang kan be.. iya bisa dikasih susu ato santan, lebih gurih deh.. dan kalu dikasih gula kudu gula palem coba, cuma harus harus dilapis berapa kali tuh biar lebih kriwil dan ga ada gula yang fermentasi kalu dimasak jadi coklat gitu ayamnya kaya ayam gosong.. ga pake air juga gapapa..
    pernah nyobain loh pake cocacola.. kalo dikasih rendeman soda, ayamnya jadi lebih empuk.. juga anggur deh kalu mau lebih enak, ato angciu [ehtapi yang ini buat muslim ga boleh ya]..
    ayam gini lebih enak dicocol pake selai cabe.. bukan saos sambel ya.. tapi selai cabe.. ini resepnya:
    seperempat kilo cabe pedes [cabe habanero apa jalapeno deh], buang isinya, irisiris..
    4 paprika merah, buang isinya, irisiris..
    sekilo gula..
    sesendok teh kayu manis bubuk [ga pake gapapa]..
    rebus cabe sampe lunak, terus saring.. dan blender kaya pasta.. terus masak lagi dengan gula, sampe jadi jelly, kasih kayu manis..
    udah jadi tuh selai cabe.. enak dimakan pake roti dan coklat.. dijamin hohah hohah..

    Reply

    1. Bébé

      Waaaah bisa ya rendem susu? ya udah deh next time aku coba pake susu ato mungkin cola ya? ahahaha.. tapi kalo cola pasti ada rasa manisnya gitu kan mba? dia kan gulanya tinggi banget.

      Selai cabenya kok kayaknya mantep ya? cuma ga ada temen makannya nih.. si bubu ga suka pedes.. :tears:

      Reply

      1. tintin syamsuddin

        kalu gulanya tinggi, kurangi karbonya aja.. makan pake sayur deh banyakin timun, jangan kentang-nasi-jagung.. ganti sayur saja.. cukup tuh dapat karbo di cola.. ehtapi jangan rendem pake cola sampe pagi ya.. lembeeeekkk banget loh.. cukup 2 jaman dowang..

        Reply

        1. Bébé

          Oh.. ok ok.. kalo pake cola, si bumbu bawang masih juga kan ya? jadi ga cola doang.. hahahah.. 😛

          Reply

          1. tintin syamsuddin

            jaah pada doyan bawang putih nih..
            eh itu be, ayamnya ada 6.. dimakan seorang 3? banyak juga ya.. biar kuwat kaya tulang ayam? :muscle: :gym:

            Reply

            1. Bébé

              Hahahahaha.. Ga mba.. Sisanya buat besoknya kok… Cuma si bubu emang kalo makan langsung dua sendiri >_<

              Reply

  21. Desi

    ihiiyy thengkyuu Bebe….ini dia nih, ayam sehaatt. tanpa msg, pake susu pulaa.. ;))
    manteep inih.. 😉

    Reply

    1. Bébé

      Hihihihi.. iyaa.. lumayan lah buat alternatif kalo lagi iseng pingin masak.. 😀

      Reply

  22. della

    Bebe, tengkyuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu..
    Akhirnya, akhirnya, akhirnya, ada juga resep ayam KFC yang nggak terlalu ribet. Selama ini biasanya ribet mulu. Eh sekalinya ada yang gampang, hasilnya nggak kayak yang diharapkan (iyalah, no pain no gain kan ya :D)
    Yang ini lumayan asik. Moga bisa segera gue praktikkan di rumah 😉

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. semoga yang ini sesuai selera ya Del.. kalo misalnya ntar ada masukan.. bagi2 yaaah.. jangan simpen sendiri.. *ngancem pake tulang ayam*

      Reply

  23. sofi

    waaaw…..mantaaapp…!
    berhubung si papski doyan ayam kfc, kayaknya ini harus segera dipraktekkan…

    tks bebe….

    Reply

    1. Bébé

      Sama2.. semoga papski-nya suka.. ;D

      Reply

  24. deva

    waaaaaaa ga susah bikinnya, boljug di cobaa…. ^__^

    Reply

    1. Bébé

      Kalo suka dan enak, undang2 makan yaaaa… 😀

      Reply

  25. santhy

    wah..ngiler nih be…renyahnya tahan lama ga be?

    Reply

    1. Bébé

      Hmm.. Lumayan sih, kemarin kan aku simpen di lemari es trus dipanasin lagi di oven.. Masih lumayan crunchy.. Cuma emang ga seenak kalo baru jadi sih.

      Reply

  26. niee

    Waahh.. ini perlu dibookmark. Bahannya mudah dicari dan cara membuatnya juga gampang 😀

    Reply

    1. Bébé

      Iya.. aku juga langsung nyoba soalnya bahannya ada di rumah semua.. 😀

      Reply

  27. Bébé

    Jangan lupa dicoba yaaa.. 😀

    Reply

  28. …ini malam tahun baruku | …it's all about…

    […] 2 pagi. Tapi laper kaka…. Akhirnya nekad bikin ayam goreng ala KFC yang resepnya dapet dari sini. Soalnya sumpah mupeng banget liat fotonya. Rasanya pengen digrauk. Dan ternyata resepnya gampang […]

    Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P