Äntligen Stockholm (Part-3)

Setelah sempet mandeg ngeposting dan kepotong sama pasukan banana alias minions yang lucuk itu, mari kita lanjut lagi cerita jalan-jalan di Stockholmnya. Semoga belum basi yaaa.. Kalo pun udah, yaaa kasih kucing aja lah.. 😛

* * * *

∞ GRÖNA LUND ∞

photo-(27)

Taman bermain tertua di Swedia ini adalah salah satu tempat liburan yang sayang banget dilewatin kalau sedang berkunjung ke Stockholm. Emang sih kalau ada yang komentar “ah paling mirip-mirip Dufan” ga bisa disalahin. Toh namanya juga taman bermain. Tapiiii walaupun gitu tetep berasa bedanya koook.. Sungguh deh. Contohnya nih, kalau di Gröna Lund kita akan temui banyak banget permainan yang ga ada di Dufan.

stockhom25

stockhom26

Selain roller coaster dengan berbagai macam bentuk, ada lagi sebuah permainan seru yang baru aja dibuka tahun ini, yaitu Eclipse. Eclipse ini bentuknya 11/12 sama ontang anting di Dufan, tapi kalau ontang anting kan ga terlalu tinggi ya naiknya? Eclipse membawa para pengunjungnya naik ke ketinggian 121 meter dan berputar-putar di atas sana. Neeeek, gue aja naik ontang anting bawaannya pingin nangis minta setop sama mas/mba operatornya, kalo disuruh naik ini bisa sampe ngompol kali.

stockhom23

Eclipse otw to the top

Tapi setelah gue perhatiin selama di sana ya, ditengah-tengah berbagai macam permainan seru dan menegangkan seperti Ecplise itu, ternyata permainan favorit orang-orang lokal malah game-game pertandingan berhadiah gitu deh. Stall-stall permainan ini banyaaak banget bentuknya dan hadiahnya pun beragam banget. Dari boneka Angry Birds sampai coklat Toblerone atau M&Ms seberat 2kg. Padahal tiap kali main juga ga murah-murah amat sih kalau gue bilang. Perorang musti bayar 10kr atau sekitar Rp. 13.000,- per game. Trus kalo kalah makin penasaran dan makin sering main. Hiiiih, kok gue ngerasa sayang yaaa? Mending beli kentang goreng (maklum bumil, mikirinnya makanan mulu.. hahaha)

stockhom24

Ngomong-ngomong bumil, selama di Gröna Lund kemarin Bebe ngapain dong? Ya karena tau diri lah yaaa, walaupun dari sebelumnya udah agak-agak rambo, tapi teteplah ga berani naik-naik wahana di Gröna Lund. Takut nek. Jadinya ya cuma puter-puter aja liat-liat sembari foto-foto di pinggir pantai.

stockhom22

stockhom27

Pinggir pantai?? Iyaaaaah. Salah satu faktor yang bikin taman bermain ini makin spesial adalah lokasinya ada di sebuah pulau kecil ga terlalu jauh dari pulau utama. Karena itulah dari Gröna Lund kita bisa melihat ke arah pelabuhan yang biasanya dipenuhi oleh kapal-kapal pesiar besar.

stockhom28

* * * *

∞ SKANSEN ∞

Terletak di pulau yang sama seperti Gröna Lund, Skansen ini adalah sebuah taman yang besaaaaaaaaar banget. Luasnya itu bener-bener gede deh. Tapi Skansen ini ga cuma sekedar taman aja, tapi ada outdoor & indoor zoo, ada contoh rumah-rumah jaman dulu di Swedia, sebuah panggung besar yang biasanya selalu ramai kalau musim panas, dan berbagai macam tempat hiburan lain.

stockhom30

stockhom29

miniaturnya aja segede gini kan? gimana aslinya cobaaa

Tujuan pertama kami berdua di Skansen adalah sebuah kebun binatang indoor mini. Untuk masuk ke dalam harus bayar lagi, tapi kalau kita pakai Stockholm Card langsung gratisss. Btw, ketika kita masuk ternyata langsung disuruh uji nyali aja dooong. How? Dengan cara diharuskan masuk ke kandang lemur aja loh.

stockhom32

Biasanya sih gue cukup lempeng kalo disuruh masuk-masuk ke kandang begindang. Tapi semenjak hamil jadi bawaannya parnoan aja gitu. Takuuuut banget. Selama di dalam kandang dan berjalan ngikutin alur, badan ini rasanya cuma bisa mengkeret doang pingin buru-buru lari keluar. Eh tau bininya takut, bukannya ikutan buru-buru jalan si Bubu malah lama-lama aja pake poto sana sini.. grrr *timpuk Bubu pakai lemur*. Di tengah-tengah trek dia sempet-sempetnya bilang “kamu takut reptile kan ya Be? Kalo gitu jangan liat ke kanan yaaa.. Pokoknya jangan!!!” Gue yang emang udah ga napsu mau liat kemana-kemana udah nurut ajalah. Pikiran gue saat itu “bawa aku keluar dari sini sayaaaaaaang!!” *kemudian ngompol*

Setelah sukses keluar kandang, gue minta kamera dari Bubu karena penasaran juga sama binatang yang tadi si Bubu bilang jangan liat. And O.M.G Alhamdulillah banget gue beneran ga liat, karena kalo iya kayaknya kaki gue bakalan lemes deh.. Kenapa? Ini bokk yang nemplok di dindingnya..

stockhom33

apaan sih itu? bukan komodo kan yaa? ahahaha

Selesai uji nyali di kandang Lemur dan Komodo(?), kami berdua lanjut lagi mengelilingi kebun binatang mini ini. Dari ukuran dan jenis binatang yang mereka rawat memang ga terlalu beragam. Tapi lumayan lah isinya ada beberapa yang gahar seperti anaconda dan buaya.

stockhom35

pengumumannya galak yaaa

stockhom34

Emaknya mibu/mibe gayanya udah dimanis2in, bapaknya malah begini.. *facepalm*

* *

Puas ngeliatin buaya mangap, kami pun melajutkan perjalanan mengelilingi taman besar ini. Tujuan berikutnya adalah sebuah daerah yang berisikan contoh rumah-rumah di Swedia. Bagian ini sih menurut gue ga menarik-menarik banget. Tapi sempet kami masuk ke salah satu contoh rumah dan penjaganya tiba-tiba ngajak ngomong Bubu. Awalnya dikira kami turis luar negeri dan diajak ngobrol pakai bahasa inggris. Setelah sama Bubu diajak ngobrol pakai bahasa Swedia eh mereka berdua malah ngobrol terus ga berenti. Huaaaah.. Bumil mau lanjut jalan-jalan pak! Hiks hiks..

stockhom40

Setelah liat istrinya duduk-duduk doang saking dead-stylenya, Bubu pun pamit sama pak tua penjaga tempat tersebut. Kesian juga sih, pasti beliau bosen banget nunggu pengunjung yang cuma bolak balik masuk doang, tapi tapi tapi…  :cry2:

Dari daerah rumah-rumah tersebut, kami berjalan menuju outdoor Zoo yang berisikan binatang-binatang besar seperti serigala, beruang, dll. Sewaktu kami sampai di depan kandang serigala, terlihat kandangnya sepi banget. Manalah bentuk kandangnya itu ga seperti kandang binatang di kebun binatang pada umumnya. Kandang-kandang binatang di sini dibuat seperti tempat hidup mereka aslinya. Jadi ya kayak layaknya hutan aja gitu, penuh pohon besar dimana-mana.

Lagi ngeliat-liat ke kandang, gue pun berkomentar soal serigala yang ga muncul-muncul. Sama Bubu komentar gue cuma dijawab “emangnya kamu ga inget Jurassic Park apa? Nanti tiba-tiba nongol serigalanya kamu langsung lari lagi” Errrr.. ya asal serigalanya ga pingin makan bumilnya sih pasti ga lari Bu..

Kecewa karena ga bisa liat serigala, kami pun pergi mengikuti alur perjalanan yang udah diatur rapi. Kandang berikutnya adalah kandang kucing hutan dan beruang. Untungnya di kedua kandang ini para penghuninya terlihat sangat jelas tanpa perlu nunggu lama lagi. Yeaaaay…

stockhom37

mamma bear dan anak-anaknya

stockhom36

* *

Saking seringnya ngeliatin beruang makan cukup membuat gue jadi kelaperan juga. Ditambah udah dari pagi kami berdua jalan kaki kesana-kemari yang alhasil bikin gue mulai ngerengek-rengek minta dicariin makanan sama tempat buat istirahat. Untunglah pas sarapan di hotel gue sempet ngembat beberapa buah roti coklat mini untuk kemilan selama di jalan. Ya namapun  udah termasuk di paket sarapan, gpp lah ya bawa lebihan…  :muhaha:

Seperti yang udah gue cerita di atas, Skansen ini isinya beraneka ragam. Salah satunya yang juga bisa dinikmati bersama keluarga adalah mainan anak-anak seperti di bawah ini…

stockhom38

Waktu ngeliat mainan ini, gue dan Bubu cukup lama juga terpaku dan diem aja sambil senyam senym sendiri. Aaarrghh ga sabar pingin bawa di krucil kesana lagi dan ikutan mainan. Pasti seneng deh. Ya kalo ga seneng paling nangis ngejer kan? nyahahaha.. Makanya sehat-sehat ya Dek, nanti kalo udah gedean kita main bareng disana *peluk-peluk perut*.

* * * *

∞ ROYAL CANAL TOUR ∞

Dari Skansen, kami balik ke arah pusat kota untuk naik boat tour. Kebetulan boar tour ini udah termasuk di dalam paket Stockholm Card yang akan gue jelasin lebih panjang di bawah. Tour ini seperti biasa sudah ada waktu-waktu tertentu dan ada beberapa pilihan rute yang bisa kita ambil. Karena kami berdua berjiwa gratisan, jadi kami hanya ngambil Royal Canal Tour aja yang berdurasi 50 menit. Setelah nunggu sekitar setengah jam di bawah gerimis tipis, kapal tournya sampai juga di pelabuhan.

stockhom43 stockhom42

peta rute perjalanan

stockhom41

interior kapalnya

Tournya sendiri gimana? Yah lumayan sih. Waktu awal-awal kapalnya bergerak, gue dan Bubu tiba-tiba kompakan aja gitu pulas tertidur selama 15-20 menit. Hahahaha. Capek nek abis jalan-jalan keliling Skansen kan. Lagipula karena duduknya kayak gitu, jadi rasanya kurang asik aja perjalanannya, kurang privasi *halah* (tetep ga menghalangi kami untuk tidur juga sih.. nyahaha).

* * * *

∞ SKY-VIEW AT GLOBEN ∞

Sepanjang perjalan kemarin, tempat-tempat yang kami datangi bisa dibilang hampir seluruhnya adalah hasil keputusan bersama alias emang dua-duanya pengen liat. Kecuali yang satu ini. Entah kenapa gue sungguh ga napsu-napsu amat untuk naik Sky View di atas gedung yang satu ini. Ga tau emang lagi males berdiri lama-lama atau gimana, pokoknya maleessss. Di sisi lain, si Bubu semangaaaat banget pingin nyoba, bahkan websitenya sampe diliat berkali-kali.

stockhom45

Yah demi nyenengin suami tersayang yah, kami pun akhirnya jalan juga ke Globen. Otw kesana sebenernya udah agak bikin males sih suasananya. Gimana ga, kami sekereta sama para pendukung sepak bola yang asliiiiik berisik banget. Mereka nyanyi-nyanyi disepanjang perjalanan dengan suara yang kencengnya nauzubillah, sukses bikin kuping pengeng. Sesampainya di Globen ternyata kami masih harus ketemu sama gerombolan pendukung sepak bola yang lain, karenaaaaa… dalam beberapa jam ternyata akan ada pertandingan bola di stadiun yang letaknya bersebelahan sama Globen. Sigh, bisa banget kita milih waktunya Bu.. 🙁

Eniho, untuk naik lift di Globen ini ga bisa langsung go show karena tiket yang tersedia sangat terbatas dengan waktu-waktu tertentu. Jadi kalau mau yakin dapet tempat ya harus booking dulu, kalaupun nekat go-show (kayak kami berdua) harus siap-siap kecewa. Seperti saat kami datang kemarin, sang kasir pun langsung bilang kalau tempatnya sudah penuh untuk jam yang kami mau. Bubu pun keluar dari ruang tunggu dengan muka kecewa. Akhirnya gue bilang ke Bubu kalau gue bisa lah ditinggal 45 menit doang sendirian. Toh di depan Globen persis ada mall ini. Setelah dipaksa, akhirnya Bubu mau juga ninggalin istrinya sendirian.

stockhom44

Jadi liftnya ini berbentuk seperti bola kecil dan berjalan di bagian luar gedung Globen tersebut. Durasi perjalanan bolak balik sekitar 30-45 menit. Dan selama di atas kita bisa melihat beberapa bagian kota Stockholm.

Kalau kata Bubu yang udah semangat banget pingin nyobain naik ini, perjalanannya sendiri ga seru-seru amat, bahkan cenderung membosankan katanya. Mungkin sih karena selama naik ini ga ditemenin Bebe bawel, makanya jadi bosen.

stockhom46

otw up

stockhom47

pemandangan sekitar

* * * *

∞ MUSEUM OF NATURAL HISTORY ∞

Museum ini letaknya agak menjauh dari pusat kota dan berada di kawasan yang sama dengan Stockholm University. Isinya lumayan menarik sih, dimulai dari awal mula kehidupan, proses evolusi ala Darwin yang menjelaskan awal mula manusia dari awal ditemukan di Afrika, sampai kehidupan di bawah laut. Karena setiap kawasan dilengkapi oleh beberapa alat bantu interaktif, museum ini ga terkesan membosankan sama sekali.

stockhom49

stockhom48

yang kiri mirip yaaaa..  :doh:

Selesai putar-putar di dalam museum, kami berdua nyempetin untuk nonton sebuah film dokumenter di sebuah bioskop yang terletak di museum yang sama. Bioskop ini lebih mirip seperti planetarium daripada bioskop biasa karena selama kita nonton posisi duduk kita nyaris tiduran dan nontonnya pun ke arah atas. Nyamaaaan banget. Saking nyamannya, Bebe pun pules ketiduran sepanjang film.. muahahahaha.. Yaabis ngantuk book.. cape jalan-jalan.. hahahaha..

* * * *

Selama di Stockholm kemarin, kami berdua memanfaatkan sebuah kartu yang bernama Stockholm Card. Seperti layaknya kartu wisata yang juga ada di negara-negara lain, kartu ini bisa dibilang paket lengkap untuk para turis. Dengan kartu ini kita bisa masuk secara gratis ke banyak tempat-tempat wisata (seluruh tempat yang kami kunjungi kemarin udah termasuk di dalam kartu ini) dan juga menggunakan seluruh transportasi yang ada di Stockholm (T-Bana, bus dan trem). Emang sih kalau kita lihat harganya berasa mahal banget (untuk 3 hari harga per-orangnya seharga 795 SEK atau ± Rp. 1.1 juta), tapi kalau dimanfaatkan secara baik dan benar seperti kami kemarin, langsung kerasa kok ngiritnya. Apalagi beberapa tempat wisata itu lokasinya deket-deket banget (Skansen, Gröna Lund, Vasa Museum, Nordic Museum, Canal Tour). Dan harus diingat yaaa, yang jalan-jalan ini bumil loooh. Kalau bumil aja bisa ke berbagai macam tempat seperti kemarin, yang lagi sehat pasti bisa lebih maksimal dong kelilingnya. Ya ga?  😎

Akhir kata, selamat menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan tahun ini kawan-kawan. Semoga ibadahnya lancar tanpa hambatan ya. Sekalian juga mo minta maaf kalo ada salah-salah kata selama ini. Watermelooooon!!!

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

45 thoughts on “Äntligen Stockholm (Part-3)

  1. putriviona

    waaaaaaa senangnya jalan-jalan 😀 😀

    Reply

    1. Bébé

      Iyaaah.. jadi pingin jalan2 lagi niiiy.. hahaha

      Reply

  2. dian_ryan

    asyik banget be, tempat yang dikunjungi emang keren,

    maaf juga yah be kalo ada salah2 kata juga , ramadhan mubarak 😀

    Reply

    1. Bébé

      Hihihi.. iya Dian.. tempatnya nyenengin.. 😀

      Semangat puasanya.. :yes:

      Reply

  3. Nella

    Permainan yg kaya dufan duuuhh ga kuat jantungku Be, lihatnya aja serem :doh: .
    Mending yg naik boat, ke kebun binatang, ke juseum aku sukaa :yes: .
    Be kamu sdh ikuran adsense yaa?? Sdh ada iklannya nih. Klo hasilnya oke kasih tau yaa, sapa tau aq mau pindah ke .org 😀

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha.. banget Nel.. aku juga ga akan mau disuruh main juga.. haha..

      Iya nih udah Nel.. Tapi kadang suka error, sebel aku. Kayak yang di halaman depan sekarang ga muncul lagi ad-nya ga tau kenapa. padahal kemarin2 normal2 aja.

      Hasilnya sih lebih keliatan daripada Amazon. Tapi ya pelan2 gitu lah naiknya.. :yes:

      Reply

  4. emma

    tamannya gede banget yah ituuu,,,

    pose2 kak bubu lucu2 yah kak,,hehe eh bumilnya kalem nih 😛
    itu pas di outdoor zoo ngeri ga siih kak ada beruang gitu,apa ga takut??
    aku belom pernah ke kebun binatang,,gelian soalnya ama binatang

    Reply

    1. Bébé

      Kalo dipikir-pikir paling se-dufan kok ukurannya. Tapi dia padet banget. Rollecoasternya numpuk2 gitu. Jadi seru.. :yes:

      Kan mereka kandangnya ada di bagian bawah Ma.. jadi jauh banget kita liatnya.. :yes:

      Reply

  5. Carolina

    Ahhhh bebeeee… Bikin iri ajaaa…. Jadi pingin kesana.. :whistle:

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha ayo kesini rollz.. :yes:

      Reply

  6. Melissa Octoviani

    jelas beda dong be ama di dufan, kalo dufan kan ga jelas safetynya hehehehe… rollercoasternya bikin mupeng deh, kayaknya esktrim banget hehehehe…

    Reply

    1. Bébé

      Ahahaha.. Iya sih.. tapi kadang ada yang liat sama2 aja namapun taman bermain yaaah.. ^__^

      Reply

  7. arman

    kok jadinya tidur mulu be.. huahaha. 😛

    itu yang naik eclipse gile serem banget… huahahaha. gua gak bakalan berani dah naik itu…

    yang masuk kandang lemur dan ada ‘komodo’ nya itu emangnya gak ada pagernya be?

    Reply

    1. Bébé

      Ga ngerti juga Man.. nyahahaha pas yg di kapal kayaknya emang kecapean deh, tp yang di bioskop itu.. entahlah.. hahaha

      Nah kan.. samaaa.. gw liatnya aja udah gemeteran, apalagi disuruh naik. Ogah deh.

      Ga ada… Pas di kandang Lemur ya binatangnya dilepas aja gitu. Gue ga tau deh si ‘komodo’ itu hiasan ato beneran, karena gue ga liat langsung. Tapi kalo beneran, horor ga seeeeh? hahaha

      Reply

  8. qonita

    itu roller coaster nya keren sekali tampaknya hihi :good: :good: :good: jd pengen nyobain :laugh:
    hmm..mgkn pas di globen bubu ngerasa bosan karena emang sendirian disana,,, :laugh:

    Reply

    1. Bébé

      Iyaaa pingin nyoba roller coasternya juga. Kayaknya asik2 gitu.

      Curiganya sih gitu Nit. Harus ditemenin istrinya baru seru.. 😛

      Reply

  9. Cha

    Watermelon? maksudnya piye??? Ba….na…naaaa aja bé , hehehehe
    Btw mahal juga ya Stockholm cardnya, sepuas- puasnya palingan sehari cuma masuk 3 tempat itu kali ya? Kecuali cuma nengok doank 🙁 Aaah Stockholm pelit!
    Aku juga mohon maaph lair batin ya bé. Kapan ke Stockholm lagi?! 😀

    Reply

    1. Bébé

      Watermelon maksudnya Semangka Cha.. Alias semangaaaat… 😛

      emang kerasanya mahal, tapi kemaren aku sama Bubu pake Stockholm card 3 hari bisa ngirit sampe 700 kr/orang loh. Kalau tanpa kartu, dengan kegiatan yg sama perorang bisa abis sekitar 1400an.. Jadi menurutku sih lumayan banget.

      Nanti nunggu dedeknya nongol dulu nih baru jalan2 lagi.. ^_^

      Reply

  10. Zilko

    Kebun binatangnya seenggaknya nggak terlalu mengecewakan ya Be. Dulu aku mampir di Alpen Zoo di Innsbruck dan itu isinya sapi, kerbau, dll gitu deh; yang mana, jangankan di Indonesia, di Belanda aja banyak bertebaran dimana-mana, nyahahaha… B-) . Ada sih binatang-binatang lain yang lebih langka, tapi tetep aja kan…

    Btw, Stockholm Card-nya lumayan mahal juga ya Be, berarti sekitar hampir 100 euro buat 3 hari kan? Hmmm. Tapi memang sih, biasanya kalau kartunya bisa ngasih entrance gratis gitu masih boleh dipertimbangkan deh. Kalau di Vienna, Vienna Card-nya cuma ngasih diskon aja dong. Yang mana waktu itu diskonnya dengan Vienna Card lebih kecil daripada diskon buat pelajar. Rugi deh belinya, hahaha…. :wacko:

    Reply

    1. Bébé

      Ahahaha.. ini juga ada Ko.. Sapi, babi, kambing 😀 Tapi untungnya sih masih ada beberapa binatang yang ada aneh-aneh, jadi ga rugi-rugi banget. 😛

      Emang keliatan mahal Ko.. Jadi sebelum beli harus tau dulu mau kemana aja dan diitung deh total kalau tanpa kartu berapa (plus harus ngitung ongkos transport kan?) sama kalo pake kartu berapa. Aku juga ga suka tuh kalo cuma ngasih diskonan aja. Ga berasa banget untungnya.. huh..

      Reply

  11. deva

    yang berani naik eclipse jagoaann! ngacung, ga berani juga be….

    Reply

    1. Bébé

      Ahahahaha.. sama Dev.. takut jugaaa

      Reply

  12. melissa

    wuihh bumilnya sehat bener yaa bisa jalan2 jauh gitu.. kalo gw udah terkapar dipinggir jalan kali ya hahaa..
    masih ada Part-4 nya gak Be? *ngarep*

    Reply

    1. Bébé

      Ahahaha.. kayaknya sih bebinya emang suka jalan2 nih Mel.. soalnya selama liburan, ALhamdulillah malah sehat waalfiat ga mual2.. 😀
      Sayangnya udah ga ada.. eh mungkin ada.. masih ada beberapa yang ketinggalan sih.. nyahahaha.. 😛

      Reply

  13. Desi

    yess watermeloooooonnn :gym:
    gileeee eclipse bener2 nyeremin yaak…gue nih biar dibayar berapapun, kalo disuruh naek eclipse, ogaaaah deh…gilingaan neeekkk sereeemm hahaha..

    Royal canal tournya cakeeep yaa kapalnya… :good:

    Reply

    1. Bébé

      Emaaaang Des.. dari gambarnya aja udah bikin merinding, pas liat langsung tambah lemes.. ahaha

      Reply

  14. -hni-

    Be, bedanya mata uang SEK, NOK dan KR apa sih? Koq kadang nulisnya NOK, eh pas di Stockholm nulisnya SEK tapi di salah satu reply nulisnya kr. Eh ya maap klo eike ga ngerti sama mata uang resmi Swedia ya.. hehe.. *salim*

    Reply

    1. Bébé

      SEK – Kronor – Kr itu sama aja.. Kalau SEK itu penyebutan resmi mata uang Swedia, kronor cara nyebutnya, kr kalo di tag harga biasanya nulisnya gitu.. 😛

      NOK itu norwegian kronor :evil_grin:

      Reply

  15. yeklin

    wah.. roller coasternya beraneka ragam bikin mupeng yaa .. :yahoo:

    Reply

    1. Bébé

      Ho’oh.. macem2 banget bentuknya.. :yes:

      Reply

  16. yance

    haiyaaa…itu eclipse nya menyeramkan…yang di dufan pendek aja aku gak berani naek…wakakakak….cemennn..apalagi yang ini?hadohhhhh, jantung bisa copot. aku sukaa foto2nya be…..bagus2 yahh, gaya bubu juga lucu tuhh

    Reply

    1. Bébé

      Nyahahaha.. tenang mba.. ada temen memblenya kok di bawah.. hahaha
      Maaciiiih.. iya tuh gayanya aneh2 banget

      Reply

  17. ariany

    Cakep pemandangannya be… Speechless banget.. hahaha..
    Kalo liat museumnya jadi keinget museum satwanya jatimpark 2 deh be.. 🙂 tapi masih kerenan disono deh pasti

    Dulu jaman masih sma, smua rides yg ekstrim2 dicobain, skrg udah berumur gini kok takut juga ya hahahaha walo mestinya tertarik juga sih..

    Selamat bulan ramadhan ya… Bumil ikutan puasa ngga nih ?

    Reply

  18. yuni

    omg…eclipsenya serem abisss :tears:
    gw sama kaya lu be, lebih parah malah! seumur2 blom pernah naek halilintar, bo! syereeem :sick:
    ahahaha si bubu ekspresif juga ya! :haha:

    Reply

  19. amadea

    be, asli deh foto2nya tsakep2 banget! apalagi yg di theme park itu, yg ada cafe2 di dengan view laut itu. bikin pengen liburannnn…!!
    anw, itu yg pengumuman yg di tempat crocodile itu galak bener yak, pake underline lagi haha. mungkin di indonesia perlu juga digituin ya biar pada takut (ato kalo ditaro di indo pengumumannya keburu ilang dicoret2 orang hahaha)

    Reply

  20. Lidya

    Perutnya Bebe sudah mulai berisi 🙂 foto2nya keren

    Reply

  21. angela

    Huaaaaa… roller coaster sama eclipse nya keren! Tapi yang langsung kepikiran, suhu di sana tuh berapaan yah? Ga dingin kah??? 😛

    Selamat puasa ya Be! *Eh dirimu ikut puasa ga yah lagi hamdun? 😀

    Reply

  22. Angela

    Paling menarik bagian Grona Lund-nya hehehe…

    Reply

  23. tiwie

    Ternganga2 liat poto2 bapake Mibu/Mibe 😀 Bebenya udah oketa bambang,, langsung pecah liat poto sebelah :)))) met shaum juga bumil,, jaga kesehatan.

    Ps : loading pas baca watermelon,, :)))) anyway cemungudh yaaak 😀

    Reply

  24. dani

    jadi inget kenapa gw jatuh cinta banget ama blog inih. Makasih ya Be…

    Reply

  25. tintin syamsuddin

    lemur itu seperti luwak ya? sejenis musang kan..
    itu kali bukan komodo tapi kadal?
    wuih bumil asik jalanjalannya..

    Reply

  26. liamarta

    ngeliat roller coaster dengan segala bentukannya itu aja udah syerem banget mbak, apalagi si eclipse itu. aku gak akan berani naik gituan! hahahhaha. tapi as usual, jepretanmu (dan bubu?) kece2 loh mbak.. jadi makin mupeng ingin ke sana, tergiur lihat foto2mu 😀

    selamat menjalankan ibadah puasa ya mbak.. mohon maaf lahir dan batin :yes:

    Reply

  27. Pypy

    Seruuu jalan2nyaaaa 😀 Blazer nya bagus deh.. hehee..

    Iya sih kalo dr bentuknya itu kek komodo.. :p

    Reply

  28. D I J A

    wuiiih bagusnyaaaaa
    doain Dija bisa kesana ya kalo sudah besar

    Reply

    1. Bébé

      Amiiiiiiin… amiiiin.. 😀

      Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P