Cooking Diary: Bihun Goreng

Melihat bihun kering tergeletak tak berdaya di dapur setelah kemarin nyoba bikin ketoprak, bumil kepikiran untuk dibuat bihun goreng aja. Apalagi rasanya udah laaaamaaaaa banget dari sejak terakhir kali nyoba bikin bihun goreng di rumah. Ngubek-ngubek website dan ketemu satu resep yang kayaknya kok cucok karena bahannya punya semua di rumah. Ga pake lama langsung deh dibuat dan Alhamdulillah… hasilnya memuaskan bangeeeet. Mirip abis kayak bihun goreng yang biasa dijual di Indo (menurut bumil yang udah 3 tahun ga makan bihun di Indo loh yaaa, .. muahahahaha).

Bahan-bahan dihaluskan:

  • 6 butir kemiri
  • 4 bawang merah
  • 4 bawang putih
  • 1 sdt lada putih butiran

Bahan-bahan lain:

  • 220 gram bihun kering – rendam dengan air dingin sampai lemas, tiriskan
  • kecap manis
  • garam
  • merica bubuk
  • 10 buah bakso sapi – potong kecil-kecil (bisa diganti ayam fillet kalau mau)
  • 2 buah wortel (boleh dipotong lidi atau diserut. Kemarin bumil cuma serut wortelnya aja biar cepet)
  • 2 butir telur – dikocok rata kemudian dibuat telur orak-arik

Caranya:

  1. Panaskan minyak goreng sedikit, tumis bumbu halus sampai harum.
  2. Masukkan 1½ sendok makan kecap manis, aduk rata.
  3. Tuang telur orak-arik, bakso sapi dan wortel, goreng sebentar sampai bakso hampir matang.
  4. Tambahkan bihun dan aduk-aduk sampai tercampur seluruhnya. Bumbui dengan kecap manis, garam dan merica sesuai selera.

Untuk 3-4 porsi.

bihungoreng-01

fotonya kelaperan jadi seadanya aja deh 😛

Haaah, untunglah karena mau bikin ketoprak kemarin bumil jadi sempet baca-baca soal merendam bihun di air dingin. Soalnya terakhir kali gue bikin bihun goreng, bihunnya gue seduh dengan air panas yang berakibat bihunnya lengket + jadi bau aneh gitu. Pas dimasak pun lengketnya ga ilang dan malah jadi bikin ga enak dimakan. Kali ini dengan direndam air dingin, bihunnya jadi lemas sempurna dan pas di goreng pun jadinya kering gitu. Alhamdulillah sesuai rencana deh. ..  :heart:

Untuk isi bihun sebenernya sih harusnya itu dikasih sayuran lain ya? seperti sawi atau kol? Tapi karena kemarin juga mikirnya dadakan dan cuma pake apa aja yang ada di lemari es, jadinya agak sepi dari yang ijo-ijo deh.. huhuhu. Yah lain kali nyempetin dulu ke toko asia deh. Mumpung suami udah ngasih tanda setuju juga kalo dia suka.. uyeaaaaah..  :hungry: :hungry:

Sekarang tinggal belajar bikin nasi uduk yang endang bambang nih.. Ada masukan resep yang gampang buat bumil coba?  :thinking:

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

76 thoughts on “Cooking Diary: Bihun Goreng

  1. dian_ryan

    asik, dapet resep yang praktis dan gampil, nanti malem bikin ah, makasih bebe 😀

    Reply

    1. Bébé

      Sama2… semoga suka yaaaaah.. Jangan lupa tambahin sayur2nya Dian.. biar makin enyaaaak.. ^_^

      Reply

  2. Haya Najma

    uuhhhmmmmmm… make me hungggggry

    Reply

    1. Bébé

      Hihihi.. ayo langsung bikiiiin.. :hungry:

      Reply

  3. Fitri3boys

    bebe heubat….menggiurkan bihunnya.

    Reply

    1. Bébé

      Hihihi maacih mbaaaa.. :blush2: :blush2:

      Reply

  4. sofi

    bihun salah satu makanan favoritku Be…. Pengen nyoba resep bebe ini aahh….

    Reply

    1. Bébé

      Samaaa Sof… apalagi kalau makannya pakai nasi uduk gitu, trus dibungkus daun pisang.. Serasa beli waktu kecil dulu.. :yes:

      Reply

  5. dea

    waaa bihunn .. aku mau :hungry:

    Reply

    1. Bébé

      Ayo coba dibuat Dea.. mumpung gampang looh bikinnya.. :yes:

      Reply

  6. Lidya

    apa yang dimasak Bebe kok kayanya enak semua ya

    Reply

    1. nophi

      setuju sama mbak lidya hehe… kalo liat masakannya mbak bee, kepingin mulu ceritanya :like_food: :p

      Reply

      1. Bébé

        Hihihi.. Alhamdulillah bikin orang jadi laper terus.. kan nemenin bumil lagi suka makan banyak.. hahaha

        Reply

    2. Bébé

      Ahahahaha.. jangan2 tipuan kamera nih mba? :laugh: :ninja:

      Reply

  7. Nella

    Lihat fotonya sih benar2 mirip bihun tanah air nih :good:
    Boleh nyontek resepnya ya Be :yahoo: .

    Reply

    1. Bébé

      Silahkan Nel.. Semoga suka yaaaa.. Kalau ada input tambah ini itu, jangan lupa bisik2 tetangga ke sini.. :evil_grin:

      Reply

  8. Esti Sulistyawan

    Nyam nyam…ntar bikin ah, mumpung punya bihun dan sop2an 🙂
    aq punya blog masak mbak, banyak menu yg praktis karena dasarnya aku juga gak suka ribet wkwk
    kesini aja ya ajarmasak.blogspot.com

    Reply

    1. Bébé

      Waaa.. blognya banyak isinya.. Nanti aku intip satu2 ya resepnya.. kali aja ada yang bisa dicoba nih.. 😀

      Reply

  9. Melissa Octoviani

    cara masaknya sama kayak aku masak, cuma aku ga pake kemiri hahahaha…. belom afal kemiri bentuknya yg kayak gimana hehehehe…

    Reply

    1. Bébé

      Hihihi.. kemiri kacang kacang gede gitu Mel..
      Berarti resepnya beda tipis dong ya kitaa.. hahaha..

      Reply

  10. dee

    slam kenal mbak bebe..
    enak yah bihunnya..aq kemaren juga nyoba..praktis soalnya..dan suami juga suka..hehe :yes:

    Reply

    1. Bébé

      Iyaaa.. aku suka rasa bihunnya.. Mirip yang aku suka makan dulu di rumah.

      Reply

  11. Baginda Ratu

    3 tahun nggak makan bihun Indo: aku mendadak khawatir lidahmu sudah terdistraksi sama rasa loh, Be.. ihihihi…
    Bihun goreng ini kesukaannya krucilsku juga, Be. Makan ini mereka bisa habis banyaaakkk…! 😀

    Reply

    1. Bébé

      :lmao: 😆 ahahahahaa.. nah makanya aku tulis mbaa.. jadi kalo meleset dikit, ya maklumin laaaaah.. :muhaha: :ninja:

      Hahaha.. krusar (kru besar – bubu maksudnya :P) di rumah juga suka nih mba. Tadinya aku suruh makan pake nasi gitu (biar ambil bihunnya dikit) eh ga mau.. maunya bihun semua.. abis deh.. :lonely: :laugh:

      Reply

  12. astridtumewu

    Kelihatannya menggoda dan enakkk banget Be. Aku doyan banget sama bihun goreng, tapi belum pernah nemu yang bener2 enak kecuali masakan nyokap 😛 Tinggal tambah potongan cabe rawit n kecap asin, maknyusss banget kayanya punya kamuu 😀

    Reply

    1. Bébé

      Whoooaaaa.. pakai rawit.. hmm.. iya yah.. Sama kecap asin juga? kalo pake kecap asin ga perlu garam berarti ya? hmmm.. :thinking:

      Hihihi.. semoga yang nyobain bikin bikin maknyus juga, soalnya aku sukaaaa.. :mrenges:

      Reply

  13. Orin

    jadi inget, pernah salah beli, mau bihun jadinya malah ngambil soun, lengket2 begitu yaaaa kagak bisa dimasak *sutris* *Komen ter-OOT* hihihihihi

    Reply

    1. Bébé

      Hahahahaha.. lah aku dulu ambil bihun jadinya malah kayak soun Rin.. lengket rakaruan.. Ga enyaaaak banget.. huhuhu.. :lonely: :cry2:

      Reply

  14. Angela

    Ooh kalo nyeduh bihun pake air dingin toh. Pantes selama ini gagal kalo bikin bihun goreng, selalu nggembel.

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha.. Nah itu diaaaa.. Gw juga baru tau gara2 bikin ketoprak kemarin Ngel. Selama ini juga semua mie selalu gw seduh pake air panas. Dan jadinya lengket+bau tajam :doh: :doh:

      Kita belajar hal baru setiap hari yaa.. :laugh:

      Reply

  15. Allisa Yustica Krones

    Aku pernah nonton di my kitchen rules, ternyata mie kuning juga habis direbus musti lgs direndam ke air dingin biar gak lengket2 dan gak benyek gitu, abis itu baru deh diangkat.

    Walo seadanya, tetep aja fotonya keren ya Be 😀

    Reply

    1. Bébé

      Ahaaaaaaa.. ternyata walaupun di rebus juga harus masuk air dingin yaaa? :thinking: :thinking: Thank you infonya Lis..
      Maaciiiih… padahal pas mau dipajang di blog sempet bingung, takut kurang menggoda iman.. :laugh:

      Reply

  16. indah

    hmm..
    Kata pak bondan, ini namanya maknyuuus. . .

    Reply

  17. epi

    bihun goreng biasa jd menu sarapan gue sehari2 be, tp ga pake bumbu banyak2 cuma bawang putih, garam, merica, telor, kecap manis, saus tiram sama sawi 😀 Biasa nyeduh bihun gue malah di rebus air panas hihihi tp ga lengket sih, jd penasaran pengen di rendem air dingin juga

    Reply

    1. Bébé

      Wah pakai saus tiram bisa juga Pi? ntar kapan coba ah..
      Nah itu, gw selalu gagal deh kalo nyeduh pake air panas. Jadinya pasti lengket. Ga pernah ga. Salah dimana yaaa? :lonely:

      Reply

  18. RITA

    kayak nya aku akan sering komen dimari nih… boleh yah? hehehe… tahu gk be, lihat foto bihun mu inih, aku jd ngiler. keingat dirmh ada bihun yg blm di-apa-apa-in, lngsung telpn mamah minta dibuatin yg kayak ginih… *ampun mah si bebe yg propokator nih mah!* hihihihihi….

    Reply

    1. Bébé

      Hihihi.. silahkan.. 😀
      Nyahahaha.. iyaaa kan biar gembulnya rame2 gitu ceritanyaaaa hahaha

      Reply

  19. tamie

    Mie dan sodaranya menu fav.ku jg Bee.. Aq suka pake bihun merk AAA., ga gampang remuk soalnya, disitu ada ga ya..hehe.. aq rebus setengah mateng di air mendidih, trus tiriskan, kasih minyak goreng sama kecap manis sekalian, dijamin ga lengket dan bihunnya udh berasa. Soal bumbu, aq ga suka pk kemiri, kl ditumis suka “nggembeel”, jd bawang putih digeprak , merica halus, kecap ikan n mokocing *kaldu jamur gantinya MSG. Enak lagi kalo dikasih ebi ato udang yg diuleg. Plus sayurannya yg banyak.. ga lupa bikin acar timun+ceplusan cabe rawit ijo…hmmmmm yummie.. :hungry:

    Reply

    1. Bébé

      Waaaa.. lebih banyak lagi bahan2nya..
      Tapi mokocing itu cari dimana yaa? hmmm :thinking:

      Reply

      1. tamie

        Mokocing yg aq pake merk totole, coba kl pas ke toko asia, kali2 ada Be..

        Reply

        1. Bébé

          Nanti aku liat2 di toko asia yaaaaah.. ^_^

          Reply

  20. ita

    Kalo resep nasi uduk simpel gw biasanya cuma pake lengkuas/laos, serai, daun salam, santan kental n garam… jumlah santannya sama kayak lagi masak nasi (biasanya satu ruas jari).. tinggal cemplungin semua ke dalam rice cooker atau magic com.. ntar kalau udah mateng kadang ada sisa2 santan kental sedikit di pinggir rice cookernya aduk2 aja. Tunggu beberapa saat sampai nasinya agak kering dan udah nggak menggumpal. Eh tapi pernah pas udah matang ternyata masih basah banget krn kebanyakan santan, biasanya gw aron lagi..

    Reply

    1. Bébé

      Mau coba ah kapan2.. lengkuas, serai sama daun salamnya seberapa nih Ta? Kira2 aja kah? hihihi..

      Reply

  21. joice helena

    padahal cuma bihun goreng biasa ya kak be, tapi ngeliat fotonya kok ngerasa slurrrppp aja gitu :hungry: :hungry: :hungry: hahaha.

    Reply

    1. Bébé

      Hihihihi.. senangnya kalau keliatannya gituuu.. Berarti niat saya berhasil :muhaha: :muhaha:

      Reply

  22. monda

    makin enak kalau pake disiram bumbu kacang … slurp..
    fotonya udah menggoda iman nih be

    Reply

    1. Bébé

      UUgh iya mba.. makannya sama nasi uduk gitu.. haaaaaaaaaaah.. nyam nyam nyam.. hahaha
      aku pun jadi pingin lagi mba.. hahaha

      Reply

  23. Cha

    Resep lagi males apa lagi rajin ini bé ? Endang bambang nih nampaknya ….:)

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. ini lagi tengah2 Cha.. 😀
      Karena resepnya gampang jadi ga ribet bikinnya Cha.. :yes:

      Reply

  24. Nisa

    Akuuu suka bihun goreng bumillll, murmer n gampang buatnya hihihi.
    Jadi laper liatnyaaaa nyam nyam nyam :good:

    Reply

    1. Bébé

      Hihihi iya Nis.. sebenernya sih lebih enak kalo dimakan sama nasi uduk yaaa.. haduuuh.. :lonely:

      Reply

  25. aftri

    Haduuh.. postinganmuu mbaaak… Ketoprak aja aku belum nyobaaa.. :taser:

    Reply

    1. Bébé

      Biar makin banyak pilihan dinner bareng sama si unyu Trie..hahahaha.. Kan kali aja dari perut naik ke hati? :haha:

      Reply

  26. tintin syamsuddin

    be, kalu bihun direndem air dingin masih ada bau langu dikit, ku biasanya abis rendem air dingin, gabrukin ke air panas bentar aja, biar empuknya jadi lebih enak.. bentar loh ya gabruk ke air mendidihnya, hitungan ke5 gitu setelah diaduk.. terus saring..
    jarang masak bihun pake kemiri deh, cukup bawang merah dan barang putih ato daun bawang aja sekalian.. dan seringnya pake minyak wijen & minyak worwor.. lebih wangi.. mau beda juga bisa pake saos tiram..
    iihh lihat gini jadi pengen soun.. [lebih suka soun dibanding bihun deh] :hungry:

    Reply

    1. Bébé

      Ahaaaaaa.. siph mba.. kemarin aku cuma disiram air panas dari keran aja sih sambil diaduk2 gitu. sama ga ya?

      Aku kemarin nemunya pakai kemiri. Hmm.. tapi next time mungkin bisa dicoba pakai minyak wijen+saos tiram nih.. :thinking:

      Reply

  27. Yance

    Wahhh..seperti biasa, fotonya ciamik be…hmm, jadi kepengen bikin bihun goreng juga ahh, dan baru tau biar bihun lemes harus direndam air dingin….

    Reply

    1. Bébé

      Hihihi.. ayo mba bikin jugaaaa ^_^

      Iyaaa, aku juga baru tau.. Selama ini semua mie aku rebus loh sampe lodoh :doh:

      Reply

  28. arman

    nah ini berhasil be bikin bihun gorengnya… looks yummy… 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Iya Man.. akhirnyaaaaaaaa…
      Terakhir kali gw bikin, bihunnya lengket semua.. hiiiii.. :tears: :hide:

      Reply

  29. Pypy

    Gampilll bangett resepnya.. Tapi entahlah kpn bisa dibuatnya.. Ut sementara kenyang liat gambar dulu deh..

    Reply

    1. Bébé

      Hihihi kalo lagi iseng2 gitu Py.. kali aja pingin nyoba bikin sendiri.. 😉

      Reply

  30. qonita

    tampak enak..ntar dicontek yak klo bikin bihun 😀 :hungry:

    Reply

    1. Bébé

      Sippph.. nanti kabarin yaaa suka ato gaaa.. hahahaha

      Reply

  31. lis

    buat nasi uduknya di majigcom aja mba tapi santen ma bumbu2nya direbus dulu biar ga rasa santen mentah praktis Dan enak jg kok

    Reply

    1. Bébé

      Santennya di rebus dulu? aaaah.. good idea.. Makasih yaaaaa.. :thumbsup:

      Reply

  32. liamarta

    foto seadanya tapi tetap mengundang selera mbaaaa.. :like_food:

    Reply

    1. Bébé

      Hihii jadi Lia kapan nyoba bikin juga nih? :evil_grin:

      Reply

  33. lulu

    aku selalu bikin nasi uduknya instan Be
    cuci beras, masukkan rice cooker (kalau aku magic com) tambahkan irisan jahe, kencur, geprekan sereh, sobekan daun jeruk, trus ditambah air santan dan garam. air santannya ya sesuai kaya kita masak nasi biasanya. Icipin dulu apa udah pas asinnya, trus masak deh….. simpel. sementara nunggu, bisa siapin lauk dan sambelnya

    Reply

    1. Bébé

      Waaaaa…
      Kapan2 aku mau coba ah Luk.. kayaknya enaaaaak.. 😀

      Reply

  34. niee

    Enak banvet mbak kelihatannya..

    Reply

  35. Main masak-masakan wiken kemarin… | { a Memory Bliss }

    […] santan+bahan-bahan lainnya sampai matang (baca rekomen dari salah satu temen blogger di komen post yang ini). Setelah itu cuci bersih beras seperti biasa. Masukkan beras ke rice cooker, tuang santan dan […]

    Reply

  36. amel

    whuaa baru tau kl rebus bihun pk aer dingin! kl aku biasnya bikin suka ditambahin aaos tiram sama minyak wijen jd lebih gurih.

    Bikin nasi uduk gampang kooq.. dulu pernah posting disini http://aghnellia.wordpress.com/2012/03/20/nasi-uduk-kakaaak/

    Reply

  37. amel

    whuaa baru tau kl rebus bihun pk aer dingin! kl aku biasanya bikin suka ditambahin saos tiram sama minyak wijen jd lebih gurih.

    Bikin nasi uduk gampang kooq.. dulu pernah posting disini http://aghnellia.wordpress.com/2012/03/20/nasi-uduk-kakaaak/

    Reply

  38. Siti Yuyu Yuningsih

    ada rsep lain yg prktis jga dngn bhan yg sma yaitu bhunn?

    Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P