Cooking Diary: Avocado Juice with Espresso

Yup… postingannya masih soal masak-masakan lagi kawaaaaaan… hahaha. Semoga belom pada bosen yaaaah. Kali ini bumil kece (sekali-kali narsis boleh doong) lagi pingin berbagi resep jus alpukat favorit, yaitu alpukat campur kopi..  :coffee: . Ada yang suka juga kah kombinasi maut ini??

Oh iya sebelumnya kalau ada yang mikir kok bumil minum kopi? Setelah gue baca-baca, ternyata walaupun hamil masih bisa kok minum kopi, tapi disarankan konsumsi kafeinnya ga lebih dari 200mg/hari. Nah espresso itu sendiri kandungan kafeinnya sekitar 64mg – 75mg/shot, tergantung merek, dll. Jadi masih masuk batas aman lah. Asal abis itu konsumsi kafein dari produk lainnya (seperti teh, coklat, dll) tentu dibatasi yaaah. Oh iya, jangan lupa banyakan minum air putihnya  :yes:   :thumbsup: .

jusalpukat-01

Bahan-bahannya:

  • 1 buah alpukat (karena di Swedia alpukatnya cilik-cilik, jadi 2 buah)
  • 1 gelas espresso (aku buatnya pakai coffee machine, jadi hasilnya cuma ½ gelas kecil (125ml))
  • 1 sdm susu kental manis (putih)
  • 250 ml susu segar

Caranya:

  1. Blender alpukat dengan  susu dan susu kental manis sampai halus. Tambah kopi sedikit demi sedikit. Blender lagi. Terus tambahkan kopi sampai rasanya sesuai selera (ga perlu dituang semua).
  2. Kalau misalnya jus alpukatnya masih terasa terlalu kental, tambahkan susu dan susu kental manis sampai keenceran dan kadar manisnya pas.

Optional: Tabur coklat bubuk dan diminum bareng 1 scoop es krim vanila kayaknya caem ga siiiih?  😀

Untuk 2 porsi gelas sedang

jusalpukat-02

Sayangnya karena ada kandungan kopi di dalamnya jadi bumil ga bisa minum sering-sering deh. Tapi bolehlah setiap seminggu atau dua minggu sekali.  :evil_grin:

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

66 thoughts on “Cooking Diary: Avocado Juice with Espresso

  1. feni

    ngileeeeeerrr.. :beer: mau bikin aaaaaah

    thanks resepnya Be.. :cendol:

    Reply

    1. Bébé

      Sama2.. semoga sukaaa… 😀

      Reply

  2. nophi

    Keliatan seger mb beee…. jadi haus :like_food:
    aku belum pernah nyoba kalau campur kopi…

    Reply

    1. Bébé

      Enyak loh kalo campur kopi :like_food: :like_food:

      Reply

  3. Vynique

    Suka minum Java Avocado nya bengawan solo juga! Enakkk….
    Lain kali coba bikin sndr ah pake resep nya bebe :like_food:

    Reply

    1. Bébé

      Hihihi.. iya kalo lagi males jalan2 ke mal, jadi bisa icip2 sendiri hihihi

      Reply

  4. Lidya

    bumil tetep rajin masak ya

    Reply

    1. Bébé

      Iya mba.. akhir2 ini lagi menggila niat masak2nya.. ada aja yang pingin dicoba terus :laugh:

      Reply

  5. RITA

    wow… patut di coba inih… aku jg pecinta kopi nih be… 🙂 teringat wktu zaman sklh dulu, kalau mo ujian minu kopi itu wajib hukum nya. biar gk ngantuk, gitu… etp… kopi nya sdh habis, ngantuk nya teteeeeep datng menguasai mata…. hahahaha….

    Reply

    1. Bébé

      Hahahahahaha.. ga ngaruh ya jadinya.. Ato kurang banyak kali, mungkin harus seember, bukan segelas lagi.. :laugh:

      Reply

  6. yulia

    mbak bebe….alpukat+kopi paporit ku bangeetttt
    cuma kalo aku lebih seneng kalo alpukatnya gak di blender
    cuma di aduk-aduk aja pake sendok
    yummy……

    *salam kenal dari silent reader mu ini :mrenges:

    Reply

    1. Bébé

      Aaaaaaaaaaa… aku juga suka ituuuuh. Mamaku biasanya juga cuma diancurin pakai sendok aja. Tapi ga tau kenapa sekarang senengnya diblender. Mungkin cuma pingin ngacak2 rumah aja sih.. :laugh:

      Reply

  7. astridtumewu

    Penasaran sama rasanya, yang digambar bisa dikirim gak Be? 😛 Aku biasanya alpukat campur coklat oreo 2 biji, enakkk banget 😀

    Reply

    1. Bébé

      Hahahah.. sayangnya yang difoto udah abiiis.. :tongue:
      Itu diblender juga atau cuma diancur2in aja Tried? :thinking: jadi penasaran pingin nyobaaa

      Reply

  8. Adisty

    aiiihh…tampaknyaaa enaaakk…mau dunk saayyy…hehehehe…

    Reply

    1. Bébé

      Yuk sini yuuuk.. nanti kita ngemil jus bareeeng :yes:

      Reply

  9. idang

    Huaaaaaahhh *ileran* brhubung kito org gk punya bahan apa2 dirumah, baiklah…mari melipir k cafe idola kito sekeluarga 😀 *pasang jaket dan helm*

    Reply

    1. Bébé

      Sekalian nitip 1 porsi dong Dang.. :mrenges:

      Reply

  10. Idah Ceris

    Baru tau larangan kopi untuk bumil. . . :coffee:
    Pasti enak nih, maniiiiis. . .

    Reply

    1. Bébé

      Hihihi.. iya ada larangan dikit, tapi bukan berarti ga boleh juga sih 😉
      Iyaaaa.. manis2 tapi ada pait kopinya gitu.. enyaaaaak

      Reply

  11. Dina

    Gw waktu hamil minum kopi tiap hari loh. Kalo gak bisa pusing pala. Bandel yak.

    Reply

    1. Bébé

      Hahahahaha.. tapi buktinya Raka sehat2 aja kan Din? 😀
      Kalo gw ga terlalu suka kopi item sih, tapi suka ngemilin coklat.. 😀

      Reply

  12. mamipapa

    huuuuuu bebe glekkkkk jadi kepengen dari kmrn marathon posting resep melulu hiks….bikin ngiler diriku yang bukan bumil ini *loh*

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. iyaaa, lagi iseng bikin makanan terus nih Fel.. jadinya juga sering foto2 deh.. hahaha
      Kan bumil mau ngajak ndutnya rame2.. ahahah

      Reply

  13. dian_ryan

    bebe, enak banget sih juicenya…*glek ngiler*

    Reply

    1. Bébé

      Hihihi.. seger lagi Dian rasanyaa.. Abis di warung kopi sini ga ada yang jual beginian.. 😀

      Reply

  14. Lia

    berhubung ga suka kopi, ide pake bubuk cokelat sama es krimnya okeh juga tuuuh. enak diminum siang-siang. jakarta lagi fanaaaasss :haha: thank you resepnyaaa…
    lanjutkan mbak bebe, besok resep apa lagi ya? mau resep buat bekel ke kantor dong *lah minta* hihihihi :hungry:

    Reply

    1. Bébé

      Uugh iyaaa.. pake eskrim vanila gitu kan… nyam nyam nyaaaaam.. :like_food: :like_food:

      Hahahahaha.. buat bekel ke kantor mungkin harus nunggu Mibe gedean *eh.. emangnya sama bekelnya* :laugh:

      Reply

  15. Haya Najma

    as always, cakeebb.. seger banget ni jus

    Reply

    1. Bébé

      Thank you..
      Iyaa.. enyaaaak banget :like_food: :like_food:

      Reply

  16. indah

    waah, resepnya sama kayak saya be..
    Udah pasti maknyus lah.
    Dan sekarang buat avocado cuma pake susu kental manis coklat. Enak jg loh. Krn anak saya kurang suka kopi, emaknya ratu kopi.. *_* :banana1:

    Reply

    1. Bébé

      Hihi.. asiiiiik ternyata ada yang bikinnya gini juga.. jadi makin yakin pas nih resepnya 😀

      Iya, sayangnya disini ga jual kental manis coklat, adanya cuma yang putih aja.. :cry2: jadi yah pake kopi deh

      Reply

  17. liamarta

    Aku ga doyan kopi, tapi sepertinya avocado juice with espresso ini boleh dicobaaa hihihi. Cakep amat sih mbak fotonyaaa..

    Reply

    1. Bébé

      Abis kan yang moto juga cakeeeep *diguyur jus*
      Rasa kopinya ga terlalu kenceng kok, apalagi masukinnya kan dikit2, jadi bisa kira2 sendiri mau kopinya seberapa banyak 😉

      Reply

  18. Nisa

    Sayangnya aku gak sukaa avocado. Just suka liat hasil poto2mu aja bumil disini ciamik as usual 🙂

    Reply

  19. Rere

    Waaah ini enyaaak banget, mamahku juga suka bikinin jus alpukat dikasih kopi gini kak Bebe ato gak ya susu kental manis coklat deh enaaaaaaaak banget hahaha

    Reply

    1. Bébé

      Uuugh iyaaa.. sayang di sini ga jual susu kental manis coklat Re.. 🙁 Jadinya kopi deh palingan.. huhu

      Reply

  20. Arman

    eh kemaren juga esther baru bikin juice alpukat. pas gua mau minum katanya suruh pakein milo. karena males, gua minum alpukatnya doang. enak udah manis, gak perlu ditambah apa2 lagi….

    Reply

    1. Bébé

      Hihihi iya kalo udah manis sebenernya udah enak sih ya Man.. tp kalo alpukat ditambah ini itu jadi tambah endus kayaknya 😀

      Reply

  21. aftri

    Kayaknya aku kalo mau maen ke sana ga cukup sehari nih.. Mungkin harus seminggu?
    Biar dibikinin semua yang ada di blog ini? :hungry:

    Reply

    1. Bébé

      Ahahahaha.. asal dedek John gantengnya dibawa gpp kok Trie.. 😆

      Reply

  22. qonita

    tampak enak dan bikin espressonya ga pait pasti :drinking:
    tapi teringat alpukat di korea itu mahal jadi malas bikin 😥
    btw nichkhun lagi hiatus atau ada masalah atau emang liburan kah? kemaren liat 2pm gak ada soalnya
    pertanyaan gak penting dot com :haha:

    Reply

    1. Bébé

      Dia lagi sibuk… sibuk hadir di mimpiku Nit.. #eeeeaaaa.. aahaha.. Kayaknya dia lagi sibuk sama drama taiwannya itu yah? Aku juga kangen nih liat si dedek dung2. Ketemunya di mimpi terus.. 😆

      Iya, kalau pakai alpukat jadinya ga terlalu berasa kopi. Malah kayak makan duren >__<

      Reply

  23. Candela

    Belom bosen sih Beee…. Wong makanan lo itu enak-enak & menginspirasi sekali kok :).

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha.. alhamdulillaaaah.. :fiuh: *langsung siap2 posting makanan lagi* hahaha

      Reply

  24. Fitri3boys

    bikin ngiler..tapi aku ndak suka kopi…kalau susu masih okelah …

    Reply

    1. Bébé

      Susu juga enak sih mba.. Tapi lebih kearah manis aja yaa.. Sama alpukatnya masih berasa banget. :yes: :thumbsup:

      Reply

  25. yuni

    Mau coba bikin ahhh berhubung aku suka dua2nya, tp ga pernah kepikiran dicampur jadi satu loh *kurang kreatip* 🙁
    TFS be 😉

    Reply

    1. Bébé

      Sama2.. Semoga suka ya Yun.. :coffee:

      Reply

  26. Desi

    eyaa ampuunnnnn….dari gambarnya aja udeh bikin gue kepengeeeen Beee…. :like_food:
    btw itu espressonya, pake nescafe instant yang sachetan aja bisa kan yaak..? :evil_grin:

    Reply

    1. Bébé

      Haha.. bisa banget Des.. airnya ga usah banyak2 buat ngelarutinnya.. 😉 :coffee:

      Reply

  27. Baginda Ratu

    jadi inget… jaman hamil dulu, aku ngotot tetep minum kopi loh, Be. SETIAP HARI! Sampe si dokter cuma bisa senyum2 sambil geleng2 kepala kalo bagindaraja ngadu. :tongue:
    Aku nggak doyan alpukat, tapi ini resep boleh juga nih dipraktekkin, biar makin disayang suamiiii… :yahoo:

    Reply

    1. Bébé

      Ahahahaha.. kalo si Bubu mah cuek aja dia Mba.. wong dulu malah suka nawarin indomie ke istrinya… hahahaha :laugh:

      Iyaaaa.., biar makin lengkeeeeeeet kayak perangko :laugh:

      Reply

  28. dea

    Glekkkk *nelen ludah
    :waat:

    Reply

    1. Bébé

      hayo dibikin langsung.. :evil_grin:

      Reply

  29. Niar Ningrum

    mauuuuuu dong mbak itu alpuketnya, enak banget tampilannya cuma dikit banget, kurang nendang 😀

    Reply

    1. Bébé

      Hahahahaha.. itu yang ditaro gelas itu emang cuma ½nya Niar.. sisanya diminum bumil sendirian.. hahaha :like_food: :like_food:

      Reply

  30. lulu

    sip….aku juga suka alpukat campur kopi
    kalau aku lebih suka alpukatnya diancurin pakai sendok…trus sodaraku bakal menatap aneh ketika aku mencampurnya dgn nescafe, hahahaha

    Reply

    1. Bébé

      Iyaaa.. mamaku juga sukanya gitu Luk.. diancurin aja pake sendok supaya masih kerasa potongan2 alpukatnya.. nyam nyam..

      Reply

  31. niee

    Enak banget mbak kelihatannya

    Reply

    1. Bébé

      Enak beneran kok Niee.. hihihi.. kapan2 dicoba deh.. 😀

      Reply

  32. Pypy

    Owhh bisa toh ternyata bumil minum kopi 😀 #barutau :p

    Reply

    1. Bébé

      Boleh doooong.. kan hamil bukan berarti ga boleh makan/minum apa2.. hahaha.. Yang penting ga berlebihan ^__^

      Reply

  33. Every day is a coffee day | BebenyaBubu

    […] minuman yang mempunyai rasa kopi atau campuran kopi, seperti contohnya kopi susu, frappe, tiramisu, jus alpukat pakai kopi, dan sebagainya, bisa gue santap habis. Malah kadang pakai nambah […]

    Reply

  34. andyhardiyanti

    Kalau gak salah ada nih produk kopi instan kayak gini. Coffee avocado apa gimana gitu namanya 😀
    Udah cobain, gak enak T_T eneg sih menurut saya 😀

    Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P