Menyambut datangnya hari natal bulan depan, berbagai macam keriaan bernuansa xmas udah muncul dimana-mana. Termasuk salah satunya ya makanan khas satu ini, yaitu Pepparkaka atau lebih dikenal sebagai Gingerbread.

Btw, jadi pingin nanya nih.. Kan si gingerbread itu sejenis kue kering yaa? Tapi kok disebutnya “bread” sih? Why? Kenapa? Ada yang bisa mencerahkan kebingungan bumil satu ini? *penasaran tingkat tinggi*

Enihooo…

Setelah bertahun-tahun melewati hari natal tanpa persiapan spesial *ya secara ga ngerayain juga sih yaa*, tahun ini gue akhirnya mencoba bikin pepparkaka sendiri. Gara-garanya minggu lalu kami main ke rumah kakak ipar dan disuguhi pepparkaka oleh empu-nya rumah. Eeeeeh bumil jadi nagih aja mamaaah… ga berenti-berenti ngemilin terus kue-nya dan nyaris ngabisin jatah keponakan *ini antara emang enak sama rakus sih*. Setelah kami pulang, bumil pun masih kebayang-bayang pingin lanjut nyemilin si kueh dan akhirnya maksa suami untuk nanya ke kakak ipar rahasia resep pepparkaka-nya biar endus begitu.

Eternyata… istri kakak ipar pakai adonan pepparkaka siap pakai yang bisa dibeli di supermarket aja mamah.. ahahaha.. Dan suami pun berbaik hati untuk nyempetin beli adonannya sewaktu pulang kantor karena tau istrinya udah kebayang-bayang pingin ngegrayem. Alhamdulillah… artinya pan bumil ga perlu ribet bikin adonannya dulu dari awal. Lebih simple, tanpa ribet dan hasilnya pun udah dijamin enyaaaaak…!

pepparkakor-blog-01

Untuk percobaan pertama, pakai adonan siap jadi aja yaaaa

pepparkakor-blog-02

bumil udah keliatan besar banget yaaaaa  :lonely:

Oh iya, dalam percobaan pertama membuat pepparkaka ini, pamil pun turut turun tangan loooh. Pulang kerja, doski memergoki istrinya lagi nipisin adonan dan tanpa basa basi langsung mau ikutan ngebentuk adonannya sebelum masuk oven.. thihihi.. Saking serius ngedesain, mukanya tegaaaang bener…  :laugh:

pepparkakor-blog-03

“Be.. this is the shape of my heart” – kata pamil

pepparkakor-blog-04

in the oven

and voila… jadi deeeeh pepparkakornyaaa ^_^

Untuk 1 adonan siap pakai itu hasilnya lumayan banyak. 1 toples sedang langsung penuh + toples kecil. Hmmm.. cookiieeeeesssss… Bumil is super happy.

pepparkakor-blog-06

Trus… kalau hasil masterpiece-nya si pamil tadi gimana?

jeng.. jeng.. jeng… Besar bener kakaaa jadinya.. hahaha…

pepparkakor-blog-05

naaww.. you broke my heart Bu  :(

Betewe yaaah, bikin-bikin kue bareng suami gini seru bangeeet. Aku sukaaaa. Selain bisa sembari ngobrol, bisa sekalian gantian poto-poto juga. Apalagi nanti kalau Mibe udah gedean, beuuuh seru kali yaa kalo bertigaan ngacak-ngacak dapur bareng. Paling ntar bapake yang rada-rada bete karena selalu kedapetan tugas buat bersihin dapurnya.. muahahahaha.. piss PaBu.. yang penting istri (sama nanti anaknya juga) seneng kaaaan?  :evil_grin: :evil_grin: