About a name (part 2)

Ingatkah kalian atas kegalauan gue (dan mungkin Bubu. Walaupun agak ga yakin sih kalo dia sampe ikutan galau juga) soal memilih nama untuk (saat itu masih calon) bayi kami?

Pasti inget lah yaaaa… ya kaaaan? kaaan? *maksa*

Eniho, seperti yang kalian ngeh sekarang, kegalauan tersebut sudah terbayar manis dengan hadirnya si kecil yang kami beri nama Josefin. Tapiii rasanya sampai sekarang gue belum pernah cerita soal gimana akhirnya kok ketok palu dengan nama itu. Hmmm.. iya rasanya sih belum yaaa..

Ah baiklah.. mari sini saya ceritakan.. *yakali ada yang penasaran gitu* 

Setelah tau kalau calon bayi kami berdua berkelamin perempuan, gue dan Bubu langsung mempersempit pencarian nama dengan hanya fokus ke bagian nama cewek aja yang sayangnya ga berarti prosesnya jadi lebih mudah. Tiap malam sebelum tidur gue selalu ngajakin Bubu untuk main umpan-umpanan nama. Dan udah ketebak sih dari awalnya serius ujung-ujungnya pasti jadi ngasihin nama yang aneh-aneh yang tentunya langsung gue tolak mentah-mentah.

Dari semua nama yang gue kasih ke Bubu ada satu yang sengaja gue simpen rapat-rapat, ya si Josefin itu. Gue udah suka banget sama nama ini sejak beberapa tahun yang lalu dimana pas gue belajar bahasa Swedia di SFI salah satu guru gue bernama yang sama. Orangnya cantik dan tinggi, ngajarnya asik, ramah dan nyenengin banget lah. Saking terkesannya semenjak itu Josefin jadi salah satu nama favorit gue. Apalagi setelah diliat asal usul dan arti ternyata bagus juga. Namanya pun umum di Swedia walaupun sekarang udah ga terlalu banyak dipakai. Semakin sering disebut (dalam hati) nama itu tetap ga ngebosenin. So I thought this is it!

Tapi sesuka-sukanya gue sama nama Josefin, bukan berarti kan si suami juga langsung otomatis suka. Jadilah malah gue takut untuk ngasihin ke Bubu karena gue ga mau nama itu di veto seperti calon nama lain yang udah gue suka juga. Hiks.. hatiku pasti hancur lagi.

Sampai satu malam tiba-tiba aja out of nowhere si Bubu bilang “hmmm.. how bout Josefin?”

Wat? Ga salah denger kan yaa?

“Josefin?” jawab gue saat itu dengan gaya sok mikir. “Bagus juga!” tetep dengan suara yang masih sok cool, padahal dalam hati udah mau teriak “OMG OMG OMG” hahahaha.. Dan setelah itu kami pun ketuk palu, jabat tangan kalau si kecil akan kami beri nama Josefin. Hooraaaah…

Nah untuk dapet nama tengahnya Jo juga harus melalui proses perdebatan panjang dan baru benar-benar ketok palu waktu mau mendaftarkan nama Jo ke kantor pajak. Tentunya yang dipakai akhirnya nama pilihan gue dooong. Saat itu gue bilang ke Bubu “kan nama depan udah kamu yang milih, masa nama tengahnya aku ga dapet?!” muahahahaha..  :muhaha:   :muhaha:  Saya pintar yaaaa.. *diselepet cucian kotor sama suami*.

So yeah.. begitulah ceritanya kok kami sampai sepakat memakai nama Josefin. Inisial lengkap nama si kecil sebenernya udah cucok banget sama perkiraan bulan lahirnya saat itu yaitu J. A. N. Etapiii ya kali anaknya memutuskan untuk lahir satu hari lewat dari bulan Januari. Ckckckckck.. bisa banget sih kamu Joooo..

Arti nama lengkap Jo (depan dan tengah) sendiri adalah “Tuhan akan memberi kekuatan (mulia)” *aiissh untung bukan kekuatan bulan.. Sailormoon dong*. Semoga sih sesuai namanya Jo nanti selalu kuat menghadapi kerasnya hidup dan seperti guru SFI gue dulu Jo bisa menjadi anak yang pintar, menyenangkan, cantik dan ramah. Aamiiiiin…  :bow:

Eciyeeeeeeeeh.. akhirnyaa bisa juga nyambung-nyambungin arti nama ginih.. hahaha..

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

53 thoughts on “About a name (part 2)

  1. Yeye

    Wow.. arti namanya Jo bagus yah 🙂

    Reply

  2. monda

    jadi Bubu udah tau belum nama Josefin itu memang sudah diincar2…

    Reply

    1. Bébé

      Rasanya sih belum mba… Aku lupa deh udh pernah bongkar ke dia atau belum kalo sebenernya itu udh incaran dari lama.. Hahahaha :thinking:

      Reply

  3. Nella

    Josefin nama yang bagus Be, kesannya feminim bangett kalau diucapkan, trus klo nebak2 nama (belum lihat orangnya) mikirnya hmm pasti orangnya secantik namanya :yes: .

    Reply

  4. Melissa Octoviani

    kalo aku dan suami…uda milih2 nama bahkan sebelum aku hamil hehehehe… dua nama sekaligus cewe dan cowo, jadi begitu ketauan gendernya apa, tinggal dipilih aja hehehe…

    Reply

    1. Bébé

      Huaaaaa.. Asik banget Mel.. Udah ga pusing lagi dong sekarang.. :good:

      Reply

  5. dani

    artinya bagus Be. dan taktik yang lu pake gilingan. dahsyat! jahahaha. Gimana ceritanya kok Bubu tiba-tiba bisa kasih usul nama Josefin? Dihipnotis pas tidur kayaknya ya Be. 😛

    Reply

    1. Bébé

      :haha: :laugh: inception Dan! 😎
      Udah jodoh kali yaaa.. Jadi bisa sehati gitu sreg-nya.. :blush2: ciyeeeh

      Reply

  6. MrsSunshine&Butterflies

    Jadi spellingnya juga persis “JOSEFIN”? Cantik dech namanya… :good: :whistle:
    Terus panggilnya itu “JO” atau “JOJO” atau “JOSEFIN”…mudah2an aja nggak “JOSEF” ya…hihihihihi… 😆 :lmao:
    Baby Jo tambah cantik dech dan udah mulai jalan2 ke Mall, ya Be…

    Reply

    1. Bébé

      Iya mba spellingnya ngikut gaya Swedia.
      Panggilannya sih kalo sama aku & bubu pasti Josefin ato kadang malah “adek” ahahaha.. Kalo sama keluargaku kadang dipanggil jojo ato baby jo.. Masih ganti2 nih. Tunggu anaknya deh manggil dirinya sendiri apa.. 😀

      Reply

  7. RITA

    Josefin, nama secantik orang nya 🙂

    Cari nama itu sama kayak pilih2 jodoh.
    Aku nyimpen nama awan dihati 7 thn sblm anak kedua ku lahir (yg pertama perempuan). Entah knapa nyaman aja rasanya dg nama itu.
    Anak ku AURA dan AWAN
    Semoga nama anak2 kita menjadi berkah!
    Amin… 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Makasiiiih.. ^_^
      Waaaah.. 7thn.. Lama juga ya nyimpennya. Tapi senangnya bisa kepake juga.

      Aamiiiin.. :pray:

      Reply

  8. Una

    Hahaha keren Mbaaa, kok si Bubu bisa nyebut yang sama di pikiran Mbak Bebe 😀

    Reply

    1. Bébé

      Ahahaha.. Iyaaa.. Aku pun kaget Na waktu dia nyaranin nama yg aku mau. Padahal ga di #kode loh… Jodoh kali yaaa sama nama itu 😀

      Reply

  9. Cut Inong Mutia

    Jadi penasaran, nama lengkap baby Jo ada unsur bahasa Indonesianya jugakah? Atau pakai bahasa Swedia semua? #kepo :thinking:

    Reply

    1. Bébé

      Ga ada unsur Indo-nya… Soalnya nama belakang suami susah dicocokin sama nama Indo. :sigh:

      Jadi nama barat semua deh.. Huhuhu

      Reply

  10. Kimi

    Meskipun aku belum menikah, tapi sudah dari jaman kapan tahu aku sudah tahu nama apa yang bakal aku kasih untuk anakku kelak. Ada 2 nama sih, 1 nama cowok dan 1 nama cewek. Aku suka banget 2 nama itu. Tapi, nama yang satunya sudah dipakai buat nama anak kakak sepupu aku. Kemudian, aku sekarang dilema. * halah, nikah aja belum sudah pusing urusan nama * :haha:

    Reply

    1. Bébé

      Hihihi.. Sama.. Aku juga udah punya 1 nama yg aku suka banget.. Tapi ternyata suami ga suka.. Akhirnya dijadiin nama tengahnya Jo deh.. 😛

      Tapi enak kok udah punya simpenan nama gt.. Tinggal liat nanti pasangannya mau ato ga.. :laugh:

      Reply

  11. Lidya

    nama yang bagus, apalag artinya. Nama adalah doa ya Be

    Reply

    1. Bébé

      Makasih mba..
      Ho’oh.. Makanya tantangan juga nyari nama yg cocok di hati dan artinya juga bagus 🙂

      Reply

  12. qonita

    aaa nama baby Jo bagus yak…nulisnya jg agak beda kan setauku biasanya josephine :good:
    kepikiran dipanggil joey ga? kayak yg di dawson creek :laugh: :laugh:
    sempet minta saran nama ke ortu ga Be?
    eh jadi ingat temen yg susah nyari nama buat waktu itu calon bayinya, udah ketemu pas dikasih tau ke para calon eyang sukses ditolak. kata ortu temen biasa aja dan rada kuno, kasian temenku jadi patah hati :laugh: :laugh: dan langsung cari nama baru, untung nama barunya diterima hehe

    Reply

    1. Bébé

      Iya kalo Josefin ini versi Swedianya.
      Hmm.. kayaknya ga dikasih deh sama bapaknya manggil itu. Tapi si Bubu sempet bilang sih “apa kita pangilnya Hosé aja yaa?” tabok :laugh:

      Ortu ga ikutan milih sama sekali. Pokoknya mereka terima beres aja nama cucunya apa. Ga boleh protes :mrenges:

      Reply

  13. Arman

    iya bagus nama josefin… 🙂
    nah ini bubu kalo baca ini jadi ketauan dong be kalo sebenernya first name nya itu juga lu udah kepikir dari dulu… .hahaha.

    Reply

    1. Bébé

      Thank you Man..
      Hahahahaha.. untungnya dia kalo liat teks banyak gini suka males bacanya.. jadi ssstttt diem2 aja yaaa.. :sstt: :laugh:

      Reply

  14. MCS

    Namanya bagus be, classic, kebetulan di kel ada yg pakai jg, tp versi co’nya, Josef

    Reply

    1. Bébé

      Thank you..
      Nama Josef termasuk umum juga ya dipakai.. :yes:

      Reply

  15. sondangrp

    Bebeee kamu pintar sekaliiii ahahahahaha jadi dapat nama pertama dan kedua yaaaa, itu Bubu gapapa deh udah kebagian nama belakang kan. Aku juga sukaaa denger nama Josefin (aku dulu pas tau nama yang Josephine sih tapi bacanya kan josefin ya), masuk dalam golongan nice to say bgt nama itu). Dan emang kebayang cantik, dan tah kenapa otakku ngebayangin balet baletan

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. iya mba.. dia kan udah enak ya dapet nama belakang.. 😛
      Beneeer.. enak disebut namanya. Biar lagi kesel sama si kecil juga pas ngomelin enak nyebutnya.. eh hahahahaha :blush:

      Reply

  16. Cica

    jaman kuda gigit besi dulu, BPK Gunung Mulia sempat terbitin buku-buku karya Maria Gripe…( Josefin, Hugo dan Josefin , Hugo ).. di sini tokoh Josefin-nya kayaknya pemalu, penyendiri, agak aneh, tapi cool. Kalo di buku Little Women, Josephine ( Jo ) March.. orangnya tomboy, aneh , tapi baik hati..dan juga penulis, sangat cool…..Semoga baby Josefin tumbuh menjadi anak yang baik ( juga cool ) !

    Reply

    1. Bébé

      Aamiiiiin.. semoga ketularan karakter2 baik dari tokoh2 itu.. ^_^

      Reply

  17. Pypy

    Josefin emang nama yg bagus dan cantik 😀

    Reply

    1. Bébé

      Thank you Py.. 😀

      Reply

  18. silvi

    disetiap nama indah anak yang diberikan orang tuanya kan selalu ada doa dibaliknya ya be…semoga apa yang didoakan oleh mama papa terkabul ya baby Jo…kalo masalah cantik, udah keliataann….kok yo bisaaa toh yo bayi bayi kalo difoto fotogenik begitu…apalagi kalo udha senyum atau ketawa…lucuuunyaaaaa baby Jo :girl_kiss:

    Reply

    1. Bébé

      Aamiiiin.. :bow:
      maaci tante silpiii.. :girl_kiss: Alhamdulillah keinginan mamanya pas hamil diijabah sama yang di Atas. Beneran dikasih bayi sumeh :heart:

      Reply

  19. joice helena

    pas pertama tau minibe diberi nama “Josefin”, yang terlintas di pikiran adalah ‘pasti yang ngasih nama bapaknya’… ga disangka ternyata mbak bebe yang lebih menginginkan nama itu hehehe. anw, arti namanya bagus ya mbak, semoga Tuhan memberikan kekuatan/kemuliaan kepada baby jo, nama itu adalah doa orang tua kan mbak? 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Aamiiin.. ho’oh bener banget.. 😀
      Hahahaha… technically sih yang ngasih nama beneran bapaknya.. cuma yang emang ngarep duluan emaknya.. :laugh: :laugh:

      Reply

  20. sarmanps

    wah, nama anaknya Kerren mbak…
    :good:

    Reply

  21. zilko

    Iya Be, Josefin memang nama yang indah banget, hehehe :good: . Kok bisa ya tiba2 Bubu juga menyarankan. Eh berarti ini artinya jodoh dong ya? apa sih Hahahahaha…..

    Reply

    1. Bébé

      Hahahha kalo kata org mah “it was meant to be” gitu ya Ko.. :laugh:

      Reply

  22. t3ph

    pinter juga ya namanya disimpen dulu. emang kadang kita suka otomatis reject ide pasangan sih ya, laen critanya kalo ide murni dari dia hahaha. Josefin enak didengernya 😀

    Reply

    1. Bébé

      Hihihihi.. Iya apalagi kl udh punya kepengenan nama tertentu..

      Thank u 😉

      Reply

  23. resna

    wah bebe…beruntung sekali akhirnya bisa pilih nama tengah sekaligus nama depan yang secara langsung udah dipilih sendiri yah hehehe

    liat foto jo di instagram gemees banget deh
    salam cubit gemes buat jo yah

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha iyaaa untunglah ternyata emang udah sehati maunya.

      Maaciih.. Nanti Jo-nya diuwel2 deh 🙂

      Reply

  24. Vera

    Nah kalo aku, nama anak2 aku yg pilihin semua. Suami sama sekali ga sumbang nama. Jd pusing2 sndr. Waktu punya anak cowo, mikir, kayaknya gampang milih nama anak cewe deh, eh begitu punya anak cewe, ternyata susah juga

    Reply

    1. Bébé

      Waaa.. Suamimu udah mau terima beres aja ya Ver?

      Kalo buat aku sama bubu lebih susah nama anak cewek. Soalnya dr sebelum hamil udah ketemu nama anak cowoknya.. Hahaha

      Reply

  25. K. Larasati

    Halooo, mbak Bebe… :bye:
    Maaf OOTF yaa, kenalin saya Laras yang masih newbie soal perblogingan. Pertama kali menclok ke blog ini waktu saya iseng nyari di google dengan kata kuci “blog pernikahan” dan akhirnya nyasarlah saya ke blognya mbak Bebe (sekitar September tahun lalu).
    Dari yang awalnya saya hanya baca postingan tentang pernikahan Bebe & Bubu saja sampai mbleber baca kemana-mana dan akhirnya saya jatuh hati sama blog ini.
    Keliatan banget dari awal postingan mbak Bebe yang masih sedikit dan terkesan bingung mau nulis apa, sampai lama-lama tulisan Mbak bebe semakin bagus dan semakin “cerewet”. Saya suka gaya penulisan Mbak Bebe yang santai, ringan, nggak kaku, banyak emoticon, banyak menggunakan “suara setan dalam hati”, dan melibatkan pembaca seolah-seolah kita sedang mendengarkan Mbak Bebe bercerita bukan mengetik. Kalau habis baca postingan Mbak Bebe hawanya jadi semangat banget untuk bikin postingan baru di blog, tapi apalah daya ketika terbentur dengan “mau posting apa” ujung-ujungnya nggak jadi posting dan lanjut-lanjut blogwalking :muhaha:
    Postingan-postingan Mbak Bebe banyak menginspirasi saya akan banyak hal, seperti dari yang gak bisa masak jadi ahli masak, dari yang gak mau LDR tapi akhirnya bisa LDR, dari yang takut sama merawat bayi baru lahir sampai akhirnya diberani-beraniin. Dari situ saya belajar bahwa takut itu boleh, tapi tetep harus berani mencoba. Iyaa kan, mbak? Iyain aja deh :tongue:
    Oke, sekian dulu perkenalan dari saya. Maaf kalo kepanjangan dan baru berkesempatan berani komentar sekarang.
    Oiya, selamat atas kelahiran baby Jo yaa, Mbak. Sepertinya bakat-bakat modelnya sudah tercium nih, fotogenic banget lhooo. :dreaming:

    Reply

    1. Bébé

      Halo Laras.. Salam kenal. :wave:
      Whoaaaaa.. Makasih banget loh udah rajin baca blogku.. Apalagi dirimu bilang jadi terinspirasi.. Uhuk uhuk… Jadi terharu aku… 😥 semoga lama2 ga kapok ya baca cerita2nya hihihi

      Makasih buat ucapannya. Hahaha iya si Jo emang nasip deh dikaryakan terus jadi model mamanya :laugh:

      Reply

  26. Evita Wijaya

    Hahaha.. diriku dan si jp aja udah milih2 nama anak.. hahaha jauh bener yah boo dan selalu berakhir puyeng dan gak ngelanjutin lagi.. memang sih yah.. nyambungin nama depan tengah dan keluarga yang susah. hahaha.. 😀 apalagi nama belakang jp logat2 jawa begitu. hahaha.. :evil_grin:

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. Iya nama belakangnya si bubu pun susaaaaaah banget dicari padanan yg enak.

      Tapi pilih2 dr sekarang juga gpp. Biar nanti ga pusing lagi :smirk:

      Reply

  27. Maria

    Bebee kok kalian bisa sehati banget gituu sih? Arti namanya bagus yaa :’)

    Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P