Berdamai dengan keadaan

Jadi ceritanya kemarin, setelah bertahun-tahun lamanya, gue merasakan lagi yang namanya dipijet. Ga pijat seluruh badan gitu sih, cuma pijet kaki doang selama kurang lebih 40 menit. Dan coba tebak berapa biayanya? Karena gue pakai diskonan dari Let’s deal jadi harganya hanya 149 SEK atau sekitar Rp. 260 ribu dari harga aslinya yang sebesar 400 SEK (sekitar 700rban).

Kalau dulu jaman baru pindah ke Swedia gue pasti bakalan hela napas panjang dan ga kepikiran deh untuk beli tawaran tersebut. Biar kata diskonnya lumayan, tapi tetep ya bokk dua ratus rebu cuma buat pijet (kaki doang) selama 40 menit. Dan pastinya gue akan berpikir “coba kalo di Indo.. dua ratus ribu udah dapet berapa jam tuh!”.

Sama juga kalau rambut mulai panjang nan awut-awutan. Mau ke salon dan potong rambut rasanya melaaaass bener. Kok ya ongkos potongnya bisa dapet bebek goreng pak slamet 10 porsi kalau masih di Indo.

Kalau masih di Indo.

Kalau.. masih… di Indo..

Well.. dirimu sekarang ga di Indo kan Bebe!

Sekarang setelah menghadapi kenyataan kalau gue ga pulang-pulang juga ke Indonesia setelah nyaris 4 tahun, gue udah mulai berdamai dengan keadaan. Udah ga mikir lagi “coba kalau di Indo” setiap kali mau beli/melakukan sesuatu yang gue tau pasti akan lebih murah harganya kalau di Indonesia. Karena apa? Karena emang gue udah bukan disana lagi. That place is far far away. Setidaknya 14 jam perjalanan dengan pesawat. Yang artinya… Jauh bung!

Kalaupun gue pulang kampung dan potong rambut dengan harga let say Rp. 50rb. Diitung sama ongkos tiket juga kagak jadi murah kali yaaa. Lah wong harga tiketnya aja udah jutaan. Sementara kalo ke salon di pusat kota gue masih bisa jalan kaki. Dan satu lagi.. gue ga perlu nunggu 4-5 tahun sebelum bisa potong rambut atau dapet pijet. Toh gue masih bisa cari-cari diskonan seperti yang gue lakukan untuk bisa pijat kaki kemarin.

Berdamai dengan keadaan.

Itulah yang gue lakukan sekarang. Menyadari kalau sekarang gue udah bukan di Indonesia lagi. Mau ga mau harus udah bisa menyesuaikan diri dengan mahalnya biaya hidup di Swedia. Ga melulu harus selalu ingat dan berpikir “coba kalau di Indo”, karena kalau gue terus begitu hanya akan menutupi hal-hal baik yang gue dapat dengan tinggal disini.

So.. halo keadaan.. kita salaman yuuuuk!! *udah mulai gila* hahaha

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

65 thoughts on “Berdamai dengan keadaan

  1. rianamaku

    I want hug you bee..

    Tapi kamu hebat be, bertahan dan kuat aku salut aku yang ngak ngak tau apa aku mampu sedangkan aku tidak pernah keluar dari zona aman.
    Aku saja merasa ingin juga merasakan apa yang kamu rasakan mungkin 1 tahun pertama aku akan nangis darah..
    :'(

    Reply

    1. Bébé

      Hihihi.. hug hug..
      Makasih.. ini juga bisa karena terpaksa Ri.. :laugh:

      Reply

  2. Lia

    semangaaat mbak bebe :hug: :hug:
    kadang aku malah bosan dan pusing ama keruwetan jakarta. pengen banget ngerasain hidup di kota lain yg lebih tenang.

    tapi namanya manusia pasti gak bakalan puas ya.. di belahan bumi manapun pasti ada plus minusnya. satu2nya cara supaya kita menikmatinya ya benar kayak judul post ini, “berdamai dengan keadaan” 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Iya Lia.. makanya sekarang aku udah ga mau lagi mikirin gimana kalo di Indo.. cape ati.. hahahaha..

      Reply

  3. MrsSunshine&Butterflies

    Bener Be, waktu saya dulu baru aja pindah ke US, selalu pikiran kalo di Indo jauh lebih murah dan gampang di dapet terutama karena
    banyak orang yg bisa bantu juga… Tapi waktu udah lama disini, lulus kuliah, nikah dan kerja disini.. perasaan kalo di Indo lebih enak dan
    mudah sedikit demi sedikit menghilang… Terutama kalo saya inget kalo di US saya lebih bisa “independent” dan punya banyak “opportunity” untuk terus belajar dan bekerja…Plus I love my hubby :muhaha: :banana1:

    Reply

    1. Bébé

      Persis mba.. setuju :yes:

      Reply

  4. putri

    mbaa be aku aja yg cuma beda pulau masih suka bandingin “iiih coba di jawa yaaa kan….” hampir semuanya aku bandingin, sampe kalo pas balik dari pulang bawaanku buanyaak bgt n selalu bayar kelebihan bagasi, rugiii kalo dipikir2 hahahaha. Tapi skrg udah kemajuan nih cuman bawa yang emang ga ada disini aja. Dulu ada lho temen disini yang bawa diapers sedus gede banget, cuman krn dijawa lebih murah, padahal ribet yaah. hihihi…

    Reply

    1. Bébé

      Hahahahaha.. iya bayar kelebihan bagasi sama ribet bawa2 juga kadang kelupaan yaa kalo lagi kalap :laugh:
      Waduuuuh.. sampai segitu niatnya.. ckckck

      Reply

  5. siti

    suka banget dengan judul ini, ngena deh dengan berbagai kegalauan hidup sehari hari……….. i feel u banget deh be …..!! biar kata bukan masalah harga sih ada aja yang buat galau, bos ganti lah, terlalu banyak maunya..kemampuan kurang…..terpaksa deh Berdamai dengan keadaan 🙂 :good:

    Reply

    1. Bébé

      Kalau udah berdamai sama keadaan biasanya udah lebih pasrah ya Ti.. 😉

      Reply

  6. Vinda Filazara

    Yang di Indonesia ” Ahh~ pengeen banget tinggal di luar negeri “.
    Yang disana, ” Coba kalo di Indonesia “.
    Seperti itu manusia, tak pernah ada puasnya. Hehehe :grin: But, jangan pernah menyerah bunda :) tetap bersyukur atas setiap anugerah. Ketika bunda disana dalam keadaan seperti ini, Allah sudah memperhitungkan semuanya bukan? Ya, bunda wanita kuat di mata-Nya.
    Hug hug :cozy:

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha iyaa.. Untung sekarang udah ga mikir gitu lagi sih.. Karena itu.. jadinya kok malah kayak ga bersyukur dengan yang ada, ngeliatinnya ke belakang terus. InsyaAllah emang udah dikasih rejekinya kan untuk ini itu walaupun harganya mungkin ga sama kayak waktu lagi di Indonesia dulu.. :yes:

      Reply

  7. Epi

    pukpukpuk bebe semangat beee 🙂 rumput tetangga itu emg selalu lebih hijau yaaa… Yg di indo pgn ke luar, yg di luar malah pengen pulang 😀

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. iya Pi.. tapi sekarang keinginan gue untuk balik liburan ke Indo udah ga terlalu menggebu-gebu sih.. hahaha.. lebih kearah kangen keluarga sama makanan aja.. eh sama pijet juga ding teteup :laugh: 😆

      Reply

  8. Anggi Lagorio

    Akuh pun baru mau memulai itu. Yang masih nyesek kalau mau beli baju, biasanya tinggal mlipir ke Ambas mall dari kosan, sekarang masuk H&M aja kok gak tega gituu ngeluarin duit segitu buat beli baju. Mau ke salon juga gitu sih, sekali potong aja 28 euro. Itupun udah di salon temen suami. Kapanan sempet kena 35 euro aja doong potong rambut. itu udah nggak tahan banget, rambut udah kayak singa awut-awutan. Masih harus belajar nerima keadaan emang. Nerima keadaan bahwa di depan rumah gak ada abang2 lewat jualan bakso, nasgor, etc. Nerima keadaan cuma bisa delivery pizza, gak bisa delivery warteg (iya dulu di daerah kosan di jakarta, wartegnya nerima delivery). Huuuuft.. Yaah gimana yaa.. Yah begini ini.. Tos dululah kita mbak Be..

    Reply

    1. Bébé

      Hihihi iya Nggie.. Kalo dipikir “haduh di Jakarta lebih murah nih” ato “haduh di Indo lebih enak nih” ga akan bikin betah deh. Insya Allah rejekinya emang udah selevel dengan biaya hidupnya juga toh. Malah semoga lebih banyak.. hihihi :pray: :pray:

      Reply

  9. Arman

    iya be, kalo apa2 diitung dan dibandingin ama indo, lama2 gak beli apa2 dah disana 😛

    Reply

    1. Bébé

      Ho’oh.. Mending terima nasib aja kan. Sama cari cara ngakalinnya supaya tetep bisa murah a.k.a modal diskonan hahaha

      Reply

  10. kutubuku

    Sudah 4 tahun enggak pulang? melongo kalau aku pasti udah kangen akut sama…. makanan (anak durhaka! bukan keluarga yang dikangenin)

    Soal potong rambut, emang susah banget. Disini juga harga minimal 500 kr baru dapet potong yang decent, itu juga biasanya tukang potong sini nggak ngerti cara menghandle rambut asia. Pernah ke tukang potong malah dia nya ngomel2 katanya rambut asia susah banget, licin. Yeee, dese yang sekolah potong malah ngomel. In the end, aku potong rambut yang bener2 potong pake model setahun sekali klo pas pulang ke Indonesia (sekalian perawatan ini itu, smoothing dst), dan baru tahun kemaren ketemu cewek Bulgaria (yang buka salon di negara asalnya) yang bisa dipanggil ke rumah untuk potong rambut, doi pinter motong, nggak pake ngomel, dan yang jelas harga friendly di kantong.

    Susahnya hidup merantau ya 😛

    Reply

    1. Bébé

      Wah akhirnya ketemu yg cocok juga ya. Aku udh ada salon langganan sih.. Org Swedia yg motong dan harganya masih tengah2 lah dan hasil motongnya bagus, telaten dan ramah banget.

      Kalo soal pulang malah skrg udh ga terlalu kepikiran lagi.. Pingin balik karena kesian ortu ga bisa ketemu cucunya aja

      Reply

  11. Nella

    Klo potong rambut, untungnya aku ada teman kursus yg emang dulu waktu dia di negaraasalnya kerjadisalon. Lumayan banget cuma 10 euro, klo di salon mari bisa 30 euro, hasilnya juga ga memuaskan. Frank juga jd potong ama temanku tsb, sama 10 euro juga, klo disalon 20 euro, belum tipnya :mrenges: .
    Lain2nya klo banding2kan melulu dg harga di Indo bisa2 ga belanja deh, jd ya tutup mata aja ga sering banding2in :giveup: .

    Reply

    1. Bébé

      Wah enak dong Nel.. Aku sekarang udh ada salon langganan juga sih.. Harga dia motong lmyn lah ga semahal yg lain dan hasilnya bagus.

      Iya kan ya.. Udh pasrahin aja emg segitu biaya hidupnya.. Kan masih bisa diakalin pake diskonan.. 😛

      Reply

  12. qonita

    wah 4 taun udah ga pulang be..bang toyib pun kalah hehe…becanda :laugh:
    yg penting selalu bareng keluarga yg disayang kan Be…moga abis ini makin betah di swedia, dan klo pun pulang liburan ke indo pasti bisa dipuas-puasin dengan maksimal
    ato abis ini belajar pijet sendiri, ato Bubu disuruh belajar pijet hihi :evil_grin:

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha pastinya Nit.. Puasin pijet sampe badan lemes.. :haha:

      Si bubu mah tanpa harapan deh. Dia juga ga suka pijet soalnya

      Reply

  13. suriyati

    Semangat mba Be, dimanapun kita berada pasti selalu kangen ma kampung halaman 🙂
    Aku juga sering kangen ma kampung halaman, tapi cara terbaik ya menikmati apa yang ada mba Be 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Iya nih.. Tp aku skrg udh mulai ga kangen juga sih.. Udh pasrahan.. Haha

      Reply

  14. novifauzie

    mbak, saya yg ngerantau beda pulau ja suka… “klo di jkt enak dah… ” sampe akhirnya ya sud lah… jalanin wae… wong skrg dsini… *tapi tetep usaha balik ke jakarta huahahaha *LDM acemmmm…
    semangat mba be… yg penting kumpul terus ma keluarga mungilnya… hehehehehehe…
    salam buat baby Jo…
    salam kenal mba =) :bye: :cozy:

    Reply

    1. Bébé

      Salam kenal jugaa.. Semangat LDMnya yah

      Reply

  15. monda

    wah..Be.. aku aja yg masih di Indo kadang suka berkaca2 kl dengar lagu daerah, bahasa daerah….,
    bgmn kl tinggak di luar ya
    kamu hebat Be.., bertahan 4 tahun

    Reply

    1. Bébé

      Makasih mba.. Kalo bisa pulang tiap taun sih pinginnya gt mba.. Hihihi

      Reply

  16. dianahs

    akupun mbak Be, jangankan pindah ke LN yang pindah ke lain daerah di Indo pun bikin kangen (masakan) keluarga.

    Reply

    1. Bébé

      Hihihi.. Iya kalo masakan keluarga mah susah didapetnya ditempat baru ya

      Reply

  17. Pypy

    Setujuu bangett Be.. Kalo apa2 dibandingin bisa2 5 tahun lagi dirimu potong rambut.. hehehe 😀

    Reply

    1. Bébé

      Muahaha.. Iya Py.. Bisa udh gondrong berat :haha:

      Reply

  18. Orin

    Aiiih….entah kenapa eike malah terharu Be hahahaha. Tapi baguslah yaa, memang harusnya begitu bukan? 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Hihi.. Iya Rin.. Kebanyakan dipikirin gimana kl di Indo mah malah pusing sendiri

      Reply

  19. vera

    kaan..kan..kan..taun ini mo mudikkk….jadi bakalan terobati kangennya. Mudah2an lancar2 ya

    Reply

    1. Bébé

      Ahahaha.. Tahun ini ga mudik juga Ver.. :haha:

      Reply

  20. De

    Jangan kan udah tinggal bertahun-tahun di luar, be.

    Gw kalo tugas kantor ke luar aja, udah harus berdamai dengan keadaan. Gak boleh sibuk ngitung kurs kalo mo ngapa2in. Dari pada sakit hati dan malah gak bisa ngapa2in.

    Yah dinikmati aja lah, selama masih bisa bayarnya. Kalo emang gak sanggup, ya udah gw diem aja gigitin jilbab. Hahahaha

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha sama mbaaak.. Gw puun kalo jalan2 udh berusaha ga sering2 ngekurs balik deh. Kl ga malah ga ngapa2in 😉

      Reply

  21. Leony

    Wah, ada yang lagi bener-bener kangen dengan Indonesia nih yeee heheheh. Be, kalo lu balik ke Jakarta, terus lama di Jakarta, tulisan elu itu akan berlaku: KAPAN GUE BALIK LAGI KE LUAR NEGERI YA? Pusing di Jakarta!! Hahahaha. Sama2 berdamai dengan keadaan

    Reply

    1. Bébé

      Ahahaha ini justru bukan tulisan lagi kangen Le.. Tapi tulisan udah pasrah.. Hihihi..

      Gue udh mulai ilang kepengenan buat pulkam kecuali biar si Jo bisa ketemu ortu doang.

      Reply

  22. Angela

    Iya bener Be, harus melihat sisi positifnya. Karena di Swedia juga banyak hal yang lebih baik daripada relatif lebih murahnya biaya hidup. Eh… Tapi di Jakarta biaya hidup juga makin tinggi. Rasa-rasanya uang 1 juta itu sekarang nggak teralu berarti banget deh. Dibuat belanja bulanan juga langsung habis atau malah kurang. Malah curcol.

    Reply

    1. Bébé

      Hiii.. Iya kayaknya sejuta bakalan cepet abisnya ya? >__< makanya gw mau pulkam juga mikirnya banyak. Pasti kalap soalnya ntar :sigh:

      Reply

  23. zilko

    Hahaha, memang pada akhirnya kita harus berdamai dengan keadaan ya Be. Toh standar pendapatan disini juga lebih tinggi daripada di Indo kan jadi ya sama-sama aja lah, hahaha :tongue: . Eh tapi aku belum pernah berdamai sama yang namanya pijat ini sih :tongue:

    Reply

    1. Bébé

      Bener Ko.. Toh pendapatannya emg udh sesuai sama biaya yg harus dikeluarin yah.. Hadapi aja deh.. Lol

      Ahaha.. Aku juga belum pernah nih ngerasain pijet sluruh badan. Pingiiiin

      Reply

  24. Rere

    waaa udah 4 tahun gak pulang hebat ih kak bebe aku sih pasti udah bakal banyak banget yang dikangenin di indo. huhu semangat kak bebe, emang pada akhirnya gak bisa dibanding2in terus ya sama di Indo, daripada gak potong rambut 5 tahun hihihi :tongue:

    Reply

    1. Bébé

      Ahaha iya Re.. Itu pun abis 5 tahun belum tentu pulang juga :haha:

      Reply

  25. Melissa

    Pukpuk bebe…
    Emang home sweet home ya be, sejelek2nya indo, semacet2nya jakarta, sebanyak2polusi kendaraannya, kalo lama ditinggal ngangenin juga. Eh Tp kan disana ada ikea be jaka sembung bawa golok

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. Tapi ikea bentar lagi buka juga disana hehehe

      Reply

  26. tissa

    entah kenapa jadi sedih baca nya..huhu ngebayangin gimana ya klo gw yg kaya begitu. pindah dari persada kemala ke galaxy aja bawaan gw uda mewek mulu..padahal deket doank

    semangat bebe!!

    Reply

    1. Bébé

      Omg Tissaaa.. Rmh lo di galaxi? Deketan dong kitaaaaa… Nanti main bareng yaaaah yaaah.. 😀

      Reply

  27. Bibi Titi Teliti

    Bebeeeeee….
    Semangat terus yah Beeeee!

    Pasti berat lah hidup di rantau, jauh dari orang tua dan sodara, semuanya serba beda:(
    Mudah-mudahan dikuatkan terus yah Beeeeee 🙂

    Emang bikin sakit hati sih Be kalo pijet kaki doang harga segitu mah, ikhlasin aja yah beeee 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Ahahaha… Daripada melas mijet sendiri ya mba.. Gpp lah ya sekali2.. Ahahahaha

      Reply

  28. idang

    Disini kalo pijat seluruh badan cuman 25rebu Mbak 😀

    Emang ya kalo dipikirin dan diitung2 mulu jdnya ya sutris sendiri, mknya mgkin Tuhan gk mentakdirkan ceile aku hidup diluar ‘kandang’ku sendiri ya krn ketahuan kali ya kemampuanku segimana, salut sama Mbak Bebe bisa kuat tinggal jauh dr sanak family :hug: :bow:

    Cemungudh qaqaaaaa 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Makasih Idang..
      Iya kalo kebanyakan dipikirin malah sutris.. :haha:

      Reply

  29. Woro Indriyani

    Buset mahal amat Be…gue sih milih pijitin kaki sendiri aja deh kalo semahal itu hahaha. Tapi namanya nikmat dipijit sih ya……sabar yah Bebe mari pulang ke Indo pijet ampe puas haha 😆 😆

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha… Kalo udah nikmat jadi lupa deh wor.. 😛

      Doakan ya bisa pulkam cepet

      Reply

  30. nh18

    700 ribu … kaki saja ?
    adduuhhh mihil imit …
    refleksi – pijat kaki … di Indonesia … 50 ribu … (itupun sudah kemahalan sepertinya)

    salam saya Be
    Sehat selalu yaaa

    (22/6 : 16) :good:

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. Itu seluruh badan kok Om.. Kalo kaki aja yaaaa beda tipis lah.. Ahaha..

      Reply

  31. sdrsashaa

    aku juga merantau sih mbak bee, cuma beda kota sih lebih tepatnya 😀
    yg pasti jarang sama orang tua sejak kecil, tp alhamdulillahnya nggak pernah ngerasa “coba di surabaya..”, efek terlalu senang hidup merantau mungkin ya 😀
    kecuali pas lagi sakit, kerasa banget ngapa”in sendiri 🙁

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha.. Udah kebiasa banget ya?

      Reply

  32. Lidya

    aku gak biasa dipijat, sakit . tapi dipijat suami enak hehehe. be biaya pijatnya mahal bener ya

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha.. Aku malah kebalik mba.. Suami kl pijetin perih.. 😥
      Di sini yg bersifat service memang mahal mba

      Reply

  33. kutukamus

    Kalau di kampung 700 ribu itu mungkin bisa untuk langganan pijat seluruh badan sebulan ya? 🙂

    Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P