Aku pilih 2 saja

Tenang.. posting ini bukan post kampanye kok… hihi…

Kalau dulu sebelum nikah atau sebelum punya Jo gue ditanya mau punya anak berapa pasti dengan cerah ceria akan gue jawab “mau punya EMPAT!”.. hahaha.Mungkin karena terlalu sering ngeliat bagaimana heboh dan serunya keluarga nyokap (yang 8 bersaudara) kalau lagi kumpul bikin gue juga kepinginan nanti kayak gitu juga sama anak cucu. Apalagi setelah nikah sama Bubu yang juga 4 bersaudara dan kalau pada dateng ke rumah itu ampuuun suaranya rame bener, bikin gue makin yakin pingin punya anak banyak.

Tapi itu dulu…

Dulu sebelum gue ngerasain hamil…

Dulu sebelum gue mikirin kedepannya…

Sekarang kalau ditanya pertanyaan yang sama, jawaban gue akan berubah drastis. Kalau nanti dikasih lagi kesempatan sama yang Di Atas, dua anak cukup lah.

Yup.. cukup 2 aja! :peace:

Kok tiba-tiba berubah pikiran gitu kenapa? Ada beberapa alasan sih kenapa bagi gue sekarang punya dua anak itu cukup…

Pertama… hamil kemarin bikin hati ini stress! Wuiits.. tenang.. jangan emosi dulu baca statement gue. Begini loh… bagi gue hamil kok malah bikin stress itu karena pada dasarnya gue tipe orang yang parnoan. Selalu over-thinking dan cenderung memikirkan sisi terburuk dari semua keadaan. Jadi kondisi dimana gue “membawa” seorang bayi di dalam tubuh tanpa gue bisa bantu apa-apa kalau anak itu kenapa-napa bikin gue merasa.. apa yaaa.. tak berdaya gitu lah. Ditambah lagi pengalaman sama Jo dulu, berat gue naik sampai 20 kilo, tiap cek rutin juga katanya anaknya sehat-sehat aja.. eh pas keluar.. jeng jeng jeng.. Jo cuma 2 kilo aja gitu. Hati ini perih dan merasa bersalah banget.

Mungkin kalau di Swedia kayak di Indonesia yang bisa cek USG tiap sebulan sekali gue ga akan se-stress kemarin yah. Sayangnya yaa disini ga seenak Indonesia dalam soal mudahnya ngecek kehamilan. Ihik…

Walaupun begitu alhamdulillah karena kehamilan gue kemarin termasuk mudah tanpa banyak komplen berarti plus lahirannya pun secepat kilat (masuk RS jam 12 trus jam setengah 2 siang Jo udah lahir), bikin gue masih pingin punya anak lagi. Semoga nanti adeknya Jo bisa lebih sehat.. aamiiin.

Selain soal stress, sebagai orang yang tinggal diperantauan nan jauh dari orang tua pastilah gue ada keinginan bisa pulang kampung setidaknya setahun sekali. Tapi setelah melihat kondisi gue dan Bubu sekarang, punya anak lebih dari dua itu kok rasanya berat ya. Harga tiket pulangnya jadi mihil qaqa! Mak, dulu masih berdua aja kagak pulang-pulang kite.. apalagi kalo ntar anak empat. :pingsan:

Udah gitu kalau liburan juga cari hotelnya susah yaa kalau ber-5 atau 6. Kamarnya musti nambah lagi dooong  :thinking: . Kalau anak dua kan setidaknya sampai mereka umur 12 tahun di beberapa hotel masih boleh gratis bobok sekamar, yang artinya bisa ngirit buat belanja gituuuh.. hahahaha.

Belum lagi masalah kendaraan kalau sampai ber-6 duduknya gimana. Mobil 7-seater di Swedia jaraaaang. Banyakan mobil kecil atau city car. Trus kamarnya nanti kalau udah punya rumah musti banyak dong? Pokoknya ya begitulah. Ribet bener mikirnya ye situ Be.. :pukul:

Kalau soal sepi atau ramenya pas kumpul, bagi gue cuma punya adek satu juga udah berasa cukup rame sih. Apalagi kalau umurnya ga terlalu jauh seperti gue dan adek gue. Masih bisa pinjem-pinjeman baju, sepatu, tas karena bodinya mirip, punya teman cerita kalau lagi butuh, nonton konser bareng hayuk, jalan ke mall berduaan juga okeh. Malah sering ortu komentar cuma berdua aja ributnya udah kayak punya anak 10.. hahaha.. :highfive: Yah semoga kalau nanti Jo dapet adek cewe, bisa kayak mama dan tantenya… aamiiin (lagi).

Yah gimanapun juga toh manusia cuma bisa berencana, akhirnya Tuhan yang memutuskan. Hanya bisa berdoa dan berusaha, InsyaAllah masih dikasih kepercayaan buat nambah satu krucil lagi. Betul ga? *eciyeh bebe ciyus bener* :panic:

Trus Bubu sendiri maunya berapa?

Doski sih masih kepengenan punya anak 4 sodara-sodara… hahaha. Soalnya karena dia sendiri juga kakak adiknya banyak yaa, jadi udah terbiasa dengan serunya ngumpul rame-rame apalagi pas udah pada gede gini. Tapi tapi tapi Buu.. kita kan harus ikut mensukseskan program KB.. hahahaha…

* * * *

PS: Ide posting ini datang dari Arman dan terinspirasi juga dari postingnya Angela yang ini.

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

74 thoughts on “Aku pilih 2 saja

  1. Evita Wijaya

    hahahahahahaa.. jauh bener be sampe mikirin hotel dan kendaraan kalo punya 4 anak.. kwkwkwkwkwkwkkwkww.. Tapi bener juga sih ditabok bebe Kalo gua dulu berandai2 punya 3 anak.. tapi seiiring dengan jaman yang makin mihiiilll.. kayanya nanti 2 juga cukup deh. hahaha.. tapi gak mikirin hotel dan kendaraan. wkwkwkwkwkw… :devil:

    Reply

    1. Bébé

      huahaha.. abiiis kan gw demen jalan2 Pi.. jadi soal hotel dkk mah dipikirin beneeeer.. Apalagi kalo udah urusan pulkam. pedih kaka! :laugh:

      Reply

  2. sandra

    tapiii…tapiii…tapikaaan kata orang tua duluu, banyak anak banyak rejeki, bukan banyak anak ongkos jadi mahaal…. :eyeroll: :money: hehehe

    Reply

    1. Bébé

      tapi tapi tapi… ah yasudahlah.. :ngakak:

      Reply

  3. Feni

    SAMAAAA! *ga sante gitu hahahaha
    Klo gw lebih seneng dua karena alasan cetek : karena gw 2 bersaudara muahahahahaha
    Daaaaan, semua alasan yang lo bilang tadi bikin gw makin semangat punya anak DUA aja hhihihihihi 😉

    Reply

    1. Bébé

      buahahaha.. yesss.. dapet temennya satu :muhaha:

      Reply

  4. mamipapa

    2 anak cukup yah Be, laki perempuan sama saja….lingkaran biru KB…btw di swedia sendiri ada program pemerintah nggak sih, harus punya anak berapa gitu buat warganya?

    Reply

    1. Bébé

      Ga ada program KB disini Fel.. malah kalo bisa banyak kayaknya. Wong makin banyak anak tunjangannya makin gede.. hahaha.. Cuma yakali deh banyak2 kalo ngurusin sendiri semua ga ada yang bantuin.. Akuh.. tak.. sanggup… :giveup:

      Reply

  5. vera

    hihihi Bebe mikirnya udah jauuuhh banget sampe mikirin kalo nginep di hotel berlima ato berenam. ya pastinya ga bs 1 kamar, mesti 2 kamar 😀

    Reply

    1. Bébé

      ahahaha.. abis demen jalan2 Ver… jadi mikirinnya kamar hotel dah.. :laugh:

      Reply

  6. Bibi Titi Teliti

    aaaakh..aku pun cukup 2 aja lah Beeeee…
    rempongnya itu lhoooo…

    Dulu juga aku bilang ama Abah, kalo bisa hamil gak mau lewat usia 30 tahun ah,
    jadi pas hamil FAthir sengaja di pas pasin usia 30 biar kagak usah nambah lagi…bhuahahaha…

    Reply

    1. Bébé

      ahahaha.. bisa banget mba modusnya.. :good:

      Reply

  7. Pypy

    Setuju Be, semua memang harus dipikirkan dgn matang 😀 2 anak lebihh baik.. nyanyik

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. ikutan dong nyanyinyaaaa :music: :music:

      Reply

  8. rianamaku

    Wah aku mau berapa ya..
    kalau dapat rejeki 1 saja cukup ngak muluk muluk habis ngak jadi jadi 😉

    Reply

    1. Bébé

      :pray: semoga yang pertama sebentar lagi dikasih ya Ria..

      Reply

  9. joice helena

    aku maunya 4, suamiku maunya 2…*kebalikan mbak bebe kan? hihihi.
    tapi 2 or 4 nya nanti ajaaaaaaaaaaaaaa…1 aja belommmm 😥

    Reply

    1. Bébé

      hahaha.. gpp Joice.. sekalian nunggu yang pertama kan bisa rembukan dulu mau 4 atau 2 atau malah 5? hahaha kok tambah banyak

      Reply

  10. Nella

    Tiap kali mau periksa ke dokter aku sudah semangat aja, bakalan lihat si kecil dalam perut melalui USG, ternyata aku salah duga .. pemeriksaan USG cuma 3 kali aja (sampai 37 minggu nih), dikasih print out USG 2x doang ampunnn dah pelitnya :doh: .
    Di Swedia emang ada program KB Be?, ditempatku mari malah disuruh bikin banyak anak :dreaming: .

    Reply

    1. Bébé

      Iya Nel.. emang pelit2 yaa.. aku pun cuma dapet foto USG 1x doang waktu Jo masih 17 minggu X_X

      Ga ada sih Nel.. tapi ga tau kenapa orang2nya malah ga terlalu suka banyak anak yaa.. mikirnya jangan2 sama rempongnya kayak aku ahahaha

      Reply

    2. Tami Kunz

      nimbrung thread orang Koq cuma 3x ya mbak Nella? Aku tiap 4 pekan loh di USG, dicover asuransi. Trimester 3 cek setiap 2 pekan.
      Tadinya aku pengen 5 anak (naifnya :blush: ). Pengalaman selama 10jam kontraksi, sakitnya luar biasa sampe harus “menghibur” diri bahwa di luar sana ada orang2 yang tercincang-cincang dalam kecelakaan sementara aku masih ada peluang hidup lebay. Dengan anak pertama di umur 28, kayaknya ga bakal kesampaian punya anak 5 sbelum umur 35 :laugh: onderdilnya ga sanggup…

      Reply

      1. Bébé

        hahahaha.. samaa.. aku juga pinginnya siiih sebelum 35 lah kalau masih mau nambah lagi.
        Waaah asiknya bisa USG sering gitu.. dan dicover asuransi pula.. :drool:

        Reply

  11. Allisa Yustica Krones

    Hahahaha..aku juga cukup dua aja, Beee…. bukan apa2 sih, krn aku kerja jadi kan butuh banget itu ada org yang jagain anak di rumah. Nah, nyari BS itu yang susahnya setengah mati… :D:D

    Reply

    1. Bébé

      Huaaa.. iya ya Lis.. kalo di sana rasanya nyari BS yang pas tuh sama susahnya kayak cari jodoh.. hahaha

      Reply

  12. suriyati

    Mba Be, 2 aja cukup, buat suksesin KB 😀
    Sekarang hidupin anak butuh banyak uang, ngurusnya juga susah kalo banyak >.<

    Reply

    1. Bébé

      hahaha.. iya bener banget :good:

      Reply

  13. MrsSunshine&Butterflies

    Hahaha… kayaknya asli orang Indonesia, ya… 2 anak untuk mensukseskan program KB…
    Cepet2, ya bikin adeknya Baby Jo :banana2: :yahoo: Semoga Be + Bu dan Baby Jo tambah sehat2 aja disana :rose:

    Reply

    1. Bébé

      Aamiiin.. Makasih banyak doanya mba.. :heart:

      Reply

  14. siti

    sama be, aku juga dua anak cukup… kalau bisa langsung kembar 2 deh..jadi bisa fokus urusin anak deh ………..dan fokus pada education mereka…………………..semoga ..yaa… aamin YRA………!!!!!

    Reply

    1. Bébé

      Aamiiiin.. Semoga cepet dikasih ya Ti..
      Waaah kembar.. Seru kyknya kalo kembar.. Tapi aku ga mampu deh rasanya..nhahaha

      Reply

  15. devita

    hahaha.. kalo gw malah pengen 3. nunu pengennya 2 aja. tapi yaaa, 1 jg belom nongol kok,, jadi santai sajoo..

    Reply

    1. Bébé

      Iyaaa.. Enakan dibawa santai yaaah.. :yes:

      Reply

  16. Arman

    Iya gw juga merasa anak 2 udh paling pas.

    Oh kalo di Swedia gak banyak yg pake mobil minivan atau suv ya? Padahal anak 2 juga kalo lg pergi2 kan bawaannya banyak ya, enakan pake mobil gede. Hahaha. Kalo disini banyak banget org pake minivan kalo udh beranak… 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Disini lebih suka pk mbl model combi gt man.. Jadi belakang gede cuma tmpt duduknya 2 baris aja. 7seater mulai ada dikit sih, tp modelnya ga ada yg cakep hahaha

      Reply

  17. Cha

    Betul bé, setuju sekali, kl liburan pasti yang ada paketannya 2D + 2A ,, kl gak gt yg 2 bikinnya deketan, ntar 10tahunan lg bikin lagi bé dikira bikin sovenir?? hehehe …
    Tapi bé, aku saluuut, baby Jo tumbuh sehat, lucu dan menggemaskan, aku skrg deg2annya gmn ngerawat baby …

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. Bikinnya ntaran ya Cha.. :laugh:
      Makasih Cha.. Tenang.. Pasti dirimu bisa deh.. 😀

      Reply

  18. zilko

    Hahaha, iya ya Be. Makin kesini memang makin dipikirin banget kalau mau punya anak, hahaha…

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha iya Ko.. Makin lama mikirnya makin ribet

      Reply

  19. Felicia

    Ga 3 aja Be? jadi pilih tengah2 antara 2 dan 4….hehehe….

    Reply

    1. Bébé

      Ahahaha.. Iya sempet kepikiran.. Tapi tapi… :laugh:

      Reply

  20. Fety

    Kalau gitu yang tengah-tengah antara dirimu dan Bubu aja, Be. 3 anak cukup hehehe.

    Reply

    1. Bébé

      Kompromi yah ceritanya hihihi

      Reply

  21. Dinny

    Klo aku dr dulu emang pengen dua, tp kembar. Sejak punya Eden, bersyukuuuur bgt ga punya anak kembar hahhaa walopun ttp pengen dua anak.

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha iyaaa anak kembar keliatannya lucu yaaa.. Tp pusing kl ya ngurusnya.. :laugh:

      Reply

  22. qonita

    aww moga tercapai..ato kalo ga 3 gtu buat jalan tengah hihi

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha.. Tp ntar kamar hotelnya? ah tetep dibahas 😆

      Reply

  23. Lidya

    Toss Be, aku juga cukup dua saja 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Yeaaay… Udah pas ya mba dua aja.. ^__^

      Reply

  24. Maya

    ya ampyuuun aku nih satu aja mikirnya masih sampe sekarang Bu :mrenges:
    hehehe bukan apa apa, sekarang punya anak kayaknya gak bisa segampang dulu. Mesti dipikirin biaya nya terutama terus siapa juga yang jaga kalo aku sama suami mesti kerja secara kita berdua juga perantauan di Jakarta 😉
    tapii kalo berandai andai kayaknya aku sih punya anak cukup satu aja kayaknya, keluarga minimalis :woot:

    Reply

    1. Bébé

      Aku juga abis ngelahirin sempet kepikiran punya satu aja loh May.. Tapi setelah kesini2 baru kepikiran satu lagi gpp deh..

      Kalo kerja emang ribet yaa.. BS pun ga menjamin.. Malah kadang serem

      Reply

  25. nyonyasepatu

    iyalah gak usah terlalu banyak juga yaa Be heehehhe. Ehh kalau suka dan cocok gpp juga sih 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Iya.. Tiap org beda2 ya Non cita2nya.. :yes:

      Reply

  26. Epi

    ga kebayang kalo anak 4 ngurusin nya kayak apa cape nya jahahahaha :wacko: ini satu aja uda semaput mama nya sangkin aktiv nya minta ampun. jadi anak ke 2 kapan be? disambit popok sama bebe

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha… Tunggu pulang kampung dulu Pi.. Baru bikin batch ke-2 hahahha…

      Reply

  27. Melissa Octoviani

    aku juga pengennya dua aja… bukan sekedar masalah ngurusnya repot ato apa, tapi lebih mikir ke biayanya… uang sekolah aja skrg bisa puluhan juta… belom kebutuhan sehari2nya… perintilannya hahahaha… makanya dua aja deh…

    Reply

    1. Bébé

      Ahahaha.. Iyaaa biaya sekolah di Indonesia mah sekarang… Sereeeeem

      Reply

  28. Rere

    aku setujuuuu soalnya aku pun pengennya punya 2 anak aja. bukannya mikir yang rempong2 yah, tapi memang bener kok kalau punya anak itu tanggung jawabnya gede dan aku pun sama kaya kak bebe suka overthinking-an jadi suka mikir daripada nanti anaknya banyak tapi gak bisa memenuhi kebutuhan anak kan malah kasian anaknya ya.. jadi kayanya 2 aja udah cukup deh.. 😉

    Reply

    1. Bébé

      Hihi iya Re.. Abis kan musti bisa tanggung jawab juga yah kemereka.. :yes:

      Reply

  29. della

    Wiiihh.. kalo soal parnoan semasa hamil mah kita samaan, Be. Tapi pas Nadya doang sih, pas Zaidan gue malah super nyantai.
    Kebayang deh kalo Jo punya adek cewek dan secantik dia, trus kompakan ngemol kayak mama dan tantenya dulu.. aaaaaaaaaaahhhh..
    Mudah-mudahan diberi yang terbaik deh sama Alloh, ya ^^

    Reply

    1. Bébé

      Mungkin karena anak pertama kali ya Del? Jadi bawaannya spaneng.. Hahah

      Aamiiiiin.. Nanti ngemol brg mamanya deh hahaha

      Reply

  30. Yeye

    Tosssss.. Gw jg pengen 2 aja hihihi
    Tp mbee pengen nya 4 ajeee.. Ohhh Noooo -___-“

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha yaudah 3 ajaaa.. eh

      Reply

  31. Una

    Wakakak sampai jumlah seat mobil aja terpikirkan… Ditunggu Mbak cerita adeknya Jo 😀 😀

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha… Ceritanya biar visioner gt Na.. Jauh kedepan mikirnya 😆

      Reply

  32. RITA

    Aku sdh punya Aura & Awan. maunya 3 jd masih utang 1 Anak lagi. maunya cowok aja, biar si kakak gk da saingan. hihihihi…

    Mama ku yg sadis be, mosok disuruh anak lima cuma karena akunya tunggal. 🙂

    Semoga rencana bebe dikabulkan oleh yg diatas…. amiinnn…

    Reply

    1. Bébé

      Ahahaha… Kalo nenek emang seneng punya cucu banyak yaa.. Rame soalnya.

      Aamiiin.. Semoga yah.. 😀

      Reply

  33. IbuDzakyFaiRaffa (@fitrianita13460)

    ha ha toss..dulu juga maunya cuma 2 aja, keinginan py anak 5 kayak nyokap dah dibuang jauh2…eh ternyata ketambahan satu lagi, jadinya salam 3 jari deh…..

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha.. dapet rejeki tambahan ya mba.. 😉

      Reply

  34. Dee Ayu

    halo mba bebe… apa kabarr?? :heart: samaa mbaa aku juga setelah merasakan punya anak 2, hmmm kayanya cukup 2 sajah… pabrik tutuppp.. padahal dulu pengen 3. tapi sekarang mikir..mikir..dan mikir lagi. 2 anak cowo agak buat snewen :fight: :banana2: :banana1: :banana3: :ngakak: klo suamiku, mikirnya sama seperti pemikiran mba bebe.

    Reply

    1. Bébé

      Hallooo Dee… :bye2:
      Hahahahaha.. jadi 2 aja niiih? yakiiin?? loh hahahah..

      Reply

  35. Woro Indriyani

    SAMAAA! ahahhaa tapi laki gue malah pengen satu aja ahahaha. Ya ampun satu aja belom lahir iniiiih hihi

    Reply

  36. evi

    salam kenal mbak bebe sebelumnya, seru baca tulisan mbak jadi semangat pengen nulis.saat membaca tulisannya seakan membuka jendela lebih lebar

    Reply

Leave a Reply to RITA Cancel reply