Mengurus paspor si kecil

Minggu ini akhirnya urusan ngurusin paspornya si kecil kelar juga. Dan alhamdulillah semua prosesnya (baik paspor Swedia atau Indonesia) berjalan lancaaaaar tanpa hambatan. Kok Jo bisa punya 2 warga negara? Karena Swedia menganut asas Ius Sanguinis (kewarganegaraan berdasarkan asas Keturunan) jadi untuk anak-anak yang lahir dari orang tua yang salah satunya WN Swedia otomatis ikut menjadi WN Swedia. Dan alhamdulilah sejak tahun 2006 (kalo ga salah) Indonesia juga sudah memberlakukan...

Mendadak Me Time

Bermula dari datanganya sebuah surat panggilan dari klinik OBGYN dekat rumah untuk pemeriksaan Pap Smear rutin tiga tahun sekali. Karena ga tau apakah mungkin bawa Jo atau ga ke pemeriksaannya (strollernya masuk ga, yang megang Jo ntar siapa selama diperiksa, dll)  dan ga ada yang bisa dimintain tolong untuk jagain bentar, akhirnya gue minta bapak suami untuk ambil cuti, yang alhamdulillah langsung disetujui sama orangnya. Oh yeaaaay… akhirnya kesempatan untuk...

Tentang Privasi Anak

Lagi pingin nulis posting yang mungkin agak serius nih, tapi tetep dong yah pastinya harus dibawa santai aja diskusinya. Kali ini gue pingin ngebahas sedikiiiiit soal privasi anak. Semua orang punya hak privasi masing-masing yang ga bisa diganggu gugat. Baik itu oleh orang tua, istri, suami, anak apalagi tetangga. Seperti layaknya suami berhak pasang password HP atau istri bilang kalau dompetnya off limit ga boleh dibuka-buka, anak pun pasti punya...

(Tips) Betah tinggal di negeri orang (ala bebe)

Pindah ke tempat baru terutama ke negeri orang kadang menakutkan untuk beberapa orang, apalagi kalau pindahnya sendirian (baik karena menikah, sekolah, kerja, dsb) dan untuk pertama kalinya. Ga cuma harus rela keluar dari zona nyaman, yang biasanya rame.. eh ini jadi sendiri jauh dari keluarga dan kerabat. Udah gitu (mungkin) harus belajar bahasa baru yang seringnya ga mudah juga. Belum lagi tradisi dan kebiasaannya yang terkadang sangat berbeda. Pendeknya sih, ga semua...

Apa kabarnya “Me Time” ?

Me Time noun: me time; plural noun: me times time spent relaxing on one’s own as opposed to working or doing things for others, seen as an opportunity to reduce stress or restore energy.  * * * * Semenjak Jo udah bisa merayap (dan sekarang merangkak) plus ditambah manjat sana sini, yang namanya “Me Time” itu layaknya fatamorgana. Kalo diliat-liat kok kayaknya ada dan indaaaah bangeeet, tapi pas beneran mau...