Rambut & Gigi

Sebagai anak yang lahir dengan berat badan rendah, perkembangannya Jo sampai sekarang ini bisa dibilang lumayan pesat. Memang siiih tinggi dan beratnya masih agak di bawah teman-teman sebayanya (apalagi dibandingin sama anak-anak sini yang mostly gen-nya pada gede-gede ya nek), tapi secara personal kurva pertumbungannya tergolong baik.

Sayangnyaaa… dari semua pertumbuhannya itu Jo masih sangat kurang di dua hal, yaitu rambut dan gigi. Seperti yang terlihat di berbagai foto-fotonya Jo, rambutnya masih ngiriiiit banget. Udah dikasih hair tonic yang khusus dikirim oleh neneknya dari Indonesia juga tetep ga ngaruh blas. Dikasih minyak kemiri juga ga ngefek. Gue sendiri ga berani nyukur karena serem aja gitu kalo salah motong. Yaabis kan kulit kepalanya masih agak lembek-lembek alus No.. no.. no.. no. Ora wani ah! Kalo Bubu? Hmmph.. Bapaknya apalagiii. Dia paling  males kalo udah yang ribet-ribet gitu. Menurutnya mah ga usah diapa-apain juga ntar bakalan numbuh sendiri. Jadi yaaa untuk sementara ini pasrah dulu ya nak ga bisa kibas-kibas rambut ala model sampo.

Soal gigi juga sebelas dua belas sama rambutnya, numbuhnya ngirit. Sampai perayaan ultahnya yang pertama kemarin Jo masih toothless alias ompong. Sejujurnya sih gue sempat khawatir juga kok si Jo ga numbuh-numbuh gigi padahal udah setahun. Cuma ya mo diapain lagi. Kan ga mungkin gue kasihin tonic buat numbuh gigi toh? Jadi supaya ga stress ya udahlah mending disyukuri aja. Setidaknya sesi nenennya bisa aman sentosa tanpa ada insiden jerit-jerit karena digigitin anak bayi.

Akhir bulan Februari kemarin si Jo mendapat panggilan dari Klinik Gigi untuk pemeriksaan rutin yang kedua. Kunjungan ini sebenarnya kunjungan yang tertunda karena seharusnya dia diperiksa sebelum ultahnya awal Februari lalu. Tapi berhubung ada kesalahan dalam pengaturan jadwal akhirnya ya diundur deh.

Seperti biasa, karena jadwalnya sudah diberikan jauh-jauh hari sebelumnya, begitu kami datang di tempat klinik, kami bertiga hanya butuh nunggu 2-3 menit aja sebelum Jo dipanggil masuk ke ruang dokter. Dan pertanyaan pertama yang diajukan sang dokter tentu aja “udah berapa giginyaaa?” hiks.. lah ya itu dia kita juga mau nanya dok.. Dan setelah diperiksa ternyataaa.. Jo udah punya dua gigi di bagian bawah dan sebentar lagi muncul juga di bagian atas. Yeaaaay..

Dengan munculnya dua gigi ini ibu dokter langsung mengingatkan tentang pentingnya gosokin gigi Jo di pagi dan malam hari sebelum tidur. Beliau juga sempet nyontohin gimana cara nyikat giginya si kecil yang dibalas oleh jerit tangis pilu dari sang anak. Shock kayaknya dese, belum lama ketemu kok yah mulutnya langsung diuwek-uwek. Dan trauma tersebut sepertinya masih membekas lama di hati Jo karena begitu kami berdua nyoba nyikat giginya di rumah sebelum tidur, anaknya langsung berontak ga mau. Hiks.. ga sakit kok ini Jo..

Alhamdulillah ngambeknya si kecil ga pakai lama karena besoknya kami coba lagi dia udah mau kerjasama. Tentu aja sebelumnya neng Jo harus disogok dulu sama sikat gigi tambahan buat dimainin dan begitu lengah, langsung sikat yang bener dicocop masukin mulut.. muahahaha..

sikat gigi supaya bersiiiih

Oh iya.. untuk perawatan gigi anak-anak di Swedia itu gratis sampai nanti anaknya berumur 19 tahun. Tapi begitu lewat dari umur gratisnya, harga perawatan langsung melonjak tajam. Makanya orang-orang dewasa udah paling males kalo sakit gigi. Soalnya sakitnya ga cuma di gigi doang, tapi di dompet juga. Karena itulah si Bubu udah wanti-wanti banget buat jagain giginya si kecil selama dia masih dapat perawatan gratis ini. Supaya gedenya udah cakep lah ga butuh ini itu lagi. Aamiiin. Semoga ya neng yaa..

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

49 thoughts on “Rambut & Gigi

  1. Evita Wijaya

    hihihihihi.. lucccccuuuu yaaa.. 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Hihihi.. makaasiiih.. :blush:

      Reply

  2. Aftri

    Bebeeee, soal rambut, bener kata Bubu, ntar juga tumbuh sendiri. Gue dulu waktu bayi, sampe umur 1.5 taun malah botak sama sekali. Pas liat poto umur 3 tahun, rambut udah hitam mengkilap seleher kayak bayi iklan shampoo hiperbolis

    Sehat-sehat aja yaaa Baby Jo. Ini tantenya kapan yak nyamperin ngasih kado 😥 tiada hari tanpa thesis

    Reply

    1. Bébé

      Buahahahaha… tuh kaaaan.. berarti santai aja nunggu ampe umur 3 tahun yah Tri..

      Eh iyaaaa.. manaaa? hiks.. thesis deadlinenya kapan? kabur2 sini dulu lah.. :devil:

      Reply

  3. Emaknya Benjamin

    Ben sdh hampir 8 bln belum ada giginya nih 😥 .
    Kadang sebel klo ada yg komen “anak dia usia 3 bln sdh ada 3 gigi” . Minta digigit tuh orang yg banding2kan anak2 :sebel: . Aku baca dr web. Parenting byk ko anak yg smp usia 1 thn belum numbuh gigi.
    Jo lucu gayanya, gosok gigi air dimulut ditelen ya tuh.

    Reply

    1. Bébé

      Huh iyaaa.. paling kesel kalo ada yang banding2in Nel.. disini juga sering lah denger gitu.
      Haha kayaknya ditelen.. tapi kan air disini gpp ya ditelen. jadi ya sudahlah.. :laugh:

      Reply

  4. dela

    Halo mbak Bebe..

    kebetulan ngikutin Jo dari lahir, karena anakku Zaf lahirnya sebulan setelah Jo.. ngikutin instagram Bebe juga, dan suka sedih karena anakku saat ini belum bisa jalan dan baru bisa ngerangkak dan ngerambat pelan-pelan.

    Tapi ternyata.. emang beda-beda ya tiap anak, soalnya Zaf giginya udah tujuh duluan. Ngerti sekarang ternyata setiap anak perkembangannya ngga bisa dibanding-bandingin yaaa…

    Reply

    1. Bébé

      Iya, sabar aja yah. Yang penting anaknya rajin distimulasi untuk belajar jalan nanti lama2 juga bisa kok.. Dan bener, tiap anak beda2.. Jadi dibawa santai aja. Kalau kita ngeburu2in, mereka juga lama2 kerasa loh. Kesian..

      Reply

  5. Prita Dharmawan

    mbak bebeeee…gemes iiih..jail gitu yak mukanya si jo

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha… Nurun papanyaaa 😛

      Reply

  6. arman

    yah senasib lah si jo ama si andrew dan emma. 🙂 rambut sama2 dikit. gigi sama2 telat numbuh. andrew gigi pertama tumbuh pas umur 13 bulan, emma malah pas 15 bulan lho baru numbuh gigi pertama. hahaha.

    kata orang sih kalo numbuh giginya lama berarti giginya nanti kuat. menghibur diri sendiri 😛

    Reply

    1. Bébé

      Aamiiiiin.. Seneng deh ada temennya 😀
      Tapi skrg rambutnya Emma tebel&panjang gt ya Man.. Ada harapan lah buat Jo.. Hahaha

      Reply

      1. monda

        iya bener, kalau gigi cepat numbuh tapi orang tua nggak perhatian jaga giginya ya makin cepat aja rusaknya

        yg penting malam sebelum tidur sikat gigi deh, biarpun anaknya ketiduran bangunin aja, he..he.. ratu tega

        Reply

        1. Bébé

          Hahaha.. iya mba.. ini juga karena baru numbuh, jadi suka lupa2 gosokin gigi kalo malem.. hiks.

          Reply

  7. Ayu

    Mba bebe, aku silent reader-mu, aku mau komen ah…
    Jo pinter amat sih mau sikat gigi!
    Jo soalnya lincah banget, duluan jalan ya daripada tumbuh gigi dan rambut.
    Keponakanku dulu juga rambutnya jarang, setelah dikasi sampoo zwits*l aloe vera lumayan tuh tumbuhnya hehe. mana tau disana ada juga 😀
    Sama dikasih minyak lentik (minyak kelapa) juga ngaruh kalo di sepupu aku.

    Salam sayang untuk Jo dari tante Ayu ya mbaaa 🙂 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Aku dikasih nya merek lain Ayu. Katanya bisa ngaruh juga. tapi sampe sekarang tetep aja.. hahaha.. jadi yasudahlah, ditunggu aja sampe numbuh sendiri. itung2 kapan lagi liat anaknya botak. :laugh:

      Reply

  8. Nita

    Haaaiii.. merasa terpanggil krn bahas gigi.. hihihihi…
    dimassage gusinya kakaaak,, utk rangsang giginya supaya cpt tumbuh.. 😀 😀 😀

    Reply

    1. Bébé

      waaaa.. dimassagenya gimana Nita? aku baru masukin tanganku langsung diemut2 gitu sama si Jo.. :sigh:

      Reply

  9. tissa

    tenang aja be..ponakan gw (cewe) pas umur nya 2 taun aja rambut nya masih kaya rayhan yang sekarang :laugh: tapi lama2 panjang juga kookk..dan gigi mirip tuuhh kaya rayhan haha lamaaaa banget tumbuh nya..ini dia 21 bulan aja gigi nya baru 10(+2 yang baru mau keluar) kalo kata laki gw “ini mah mirip sama kamu serba lambat..kurang kalsium! semoga tinggi nya ga ngikut kamu ya” :pukul: :pukul: :pukul:

    Reply

    1. Bébé

      Buahahahahahaha… dalem ya Tis.. :laugh: :laugh:
      Ho’oh.. ditunggu aja lah rambutnya panjang sendiri.. serem juga soalnya cukur2 gitu.. :tears:

      Reply

  10. Leony

    Wah lumayan Jo udah tumbuh 4 ya giginya. Abis ini mulai gigit2 mama deh hahaha. Lu msh nyusuin Jo ga Be? Siap2 gremet2.

    Si Abby tuh kan udah sikat gigi sendiri ya. Malah dia ga mau dipegangin and malah cm sikat depannya doang. Kl gue ambil alih dia marah. Grrhhh… ya akhirnya gue sikatan bareng dia biar dia bs niru. Mayan lah walau gue yakin msh kurang bersih.

    Reply

    1. Bébé

      Baru 2 tante Lele.. yang atas belum tau berapa tumbuhnya.. baru mau keluar.. 😀
      Masih nyusuin.. makanya kalo dia udah kelar minum suka mainan gitu gigit2, langsung gue kelarin. pedih kakak! hahaha

      Nah ya itu, si Jo juga maunya pegang sikat sendiri. makanya sikatnya 2 deh. supaya bersih

      Reply

  11. Melissa Octoviani

    sama kayak jayden be, dia jadi keliatan mungil kalo dijejerin ama temen seumurannya, padahal naiknya tergolong drastis loh kalo kata dokter… ya sudahlah, yg penting anaknya masih aktif dan ceria hahahaha…

    Reply

    1. Bébé

      Betuuuulll :good: Yang penting kurva personalnya bagus Mel.. nanti kalo udah gede juga bisa ngejar sendiri kok.. :yes:

      Reply

  12. Lia

    Itu mamanya caem banget di foto pertama. Tapi kenapa anaknya ngempeng sampe merem2 begitu. Keasikan yaaa dek? Hahahaha.
    Biar masih ompong sama belum berambut, Jo tetep photogenic kok Mbak Bebe 😀

    Reply

    1. Bébé

      Aiiih.. makasiiih mesem2 hahaha
      Itu lagi ngantuk tanteee. begitu naik stroller langsung bobok. :laugh:

      Alhamdulillaaaah.. masih tetep kece difotonya yaaa.. :laugh:

      Reply

  13. qonita

    video Jo pas sikat gigi lucu bangettt :heart: :woot: :kiss2:
    dulu gw ama kakak kecilnya prematur berat kurang sekarang beratnya kelebihan tinggi lumayan lah meski di eropa masih masuk hobbit kali yak.. :laugh:
    dulu rambut kakak jg katanya tipiisss,,, trs pas dibotakin ama ortu ga tumbuh2 dan bikin panik, jadinya dikasih seledri, merang, urang aring lidah buaya dkk ampe tumbuhnya banyak dan item..eh jadinya sekarang rambutnya tebel dan item abis hihi :mrenges:
    mungkin bisa dipraktekin ke Jo :unsure2: :wink2:

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. nah itu dia.. takutnya pas dibotakin eh numbuhnya lama lagi huahahaha.. manalah disini kan cari merang, urang aring, lidah buaya dan kawan2 susaaaaah.. Jadi biarin aja deeeeh..

      Reply

  14. Woro

    Wah jo samaan nih ama BabyR ngiriiiiiiiit rambutnya :wacko:

    Reply

    1. Bébé

      yeay.. toss dulu Baby R :highfive:

      Reply

  15. nabila saida

    ihhhh baby jo gemezzzzzzzzzzzzzzzzzz matanya merem-merem hehehe

    eh iya mba be fyi ada loh di youtube namanya sacconejolys mereka punya anak perempuan namanya emilia umurnya 2 tahun lebih tapi rambutnya baru tumbuh sedikit ya tapi numbuh sih cuma sedikit-sedikit ( karena aku suka nontonin mereka) hehe. Kalo kata ortunya si emilia numbuhnya sedikit karena emang udah keturunan dan emang pas aku liat foto mamanya waktu kecil juga rambutnya sedikit juga. Tapi emilia pinter banget mba beee seperti jo pinter deh.

    Reply

    1. Bébé

      Aamiiin.. semoga Jo nurun pinter kayak papanya.. 😀
      Iya kalo rambut mah aku biarin aja deh.. dikit juga udah lucu anaknya.. hahaha

      Reply

  16. ellalae

    gak papa kak, rambutnya masih irit, ntr kalau udh numbuh, sibuk kibas-kibas kan, trus mamanya kalah saing deh hehehe… ^^
    asiiik… giginya udah mau numbuh… berarti selama gratis mpe 19 tahun, hrs dimaksimalkan banget ya perawatannya…

    Reply

    1. Bébé

      Muahahahaha.. ntar kalo udah panjang, rempong sendiri dia.. mamanya aja ga tahan rambut panjang.. 😀
      Bener.. sampe umur 19 tahun nanti mau dimaksimalin banget. Kalau butuh kawat gigi dll langsung pasangin aja.. jangan nunggu bayar.. :haha:

      Reply

  17. zilko

    Horeee giginya Jo udah mulai numbuh ya Be :good:

    Btw iya sakit gigi itu udah sakitnya paling gak enak, sakit pula di dompetnya ya. Haha. Mana kalo disini biaya perawatan gigi itu gak termasuk asuransi kesehatan yang biasa lagi. Jadi kalau mau ada asuransinya harus beli paket ekstra deh, haha

    Reply

    1. Bébé

      Yup sama Ko.. disini juga ga masuk asuransi biasa. Harus beli paketan sendiri dan lumayan juga. Manalah untuk beli biasanya harus bagus dulu giginya alias dibenerin sendiri dulu.. Yah kan mahaaaaal.. :lonely:

      Reply

  18. desywu

    Salam kenal Bebe, masalahnya Jo hampir sama kayak anak saya. Di usia setaun lebih 4 bulan ini rambutnya tipis dan susah diatur. Giginya lumayan sih, udah numbuh 5 biji. Tapi Jo hebaaaattt, mau disikat giginya. Anak saya, si Baby Phoe, susah banget disikat. Hampir ga mau malah. 🙁

    Reply

    1. Bébé

      Halo salam kenal jugaa…
      Aku juga kaget si Jo mau disikat giginya. walau tetep harus berantem dikit sih :fiuh: Mungkin karena dibiarin main sikatnya sendiri kali ya? hmmm

      Reply

  19. rianamaku

    Wah suka tu yang gratis gratis…

    Biasanya kalau anak mau tumbuh gigi rewel, gimana ama jo, be..?

    Reply

    1. Bébé

      Jo rewel juga sih, tapi agak ga jelas rewelnya karena gigi atau emang lagi pundungan aja. soalnya dia ga deman ato apa gitu. makanya pas ke dokter ternyata udah ada 2 giginya, kaget juga.. hahaha..

      Reply

  20. sdrsashaa

    ahhhh tapi kamu tetep lucu baby Joo :rose: :kiss: :heart_beat:

    Reply

    1. Bébé

      hihi maaciiiih tante :girl_kiss:

      Reply

  21. cicianggitha

    Pernah ada yg bahas di grup birthclub-nya Cita nih soal gigi & rambut, kalo ngga salah waktu itu ada temen yang ngasih tau kalo ada local-wisdom yang bilang : “pertumbuhan bagian atas (rambut & gigi) biasanya berbanding terbalik sama bagian bawah (kaki)”. Jadi misal si anakkicik numbuh rambut & gigi-nya masih jarang2, biasanya lebih cepet bisa merangkak/jalan dibanding temen sebayanya.

    Sebenernya wallahualam juga sih ya bener/enggaknya, cuma kalo di Cita kok iya gitu. Yang penting anakkicik sehat selalu yak neng Jooo…

    Reply

    1. Bébé

      Oooh ada toh pendapat gt.. Hihi lumayan deh jadi penenang hati.. Hihihi

      Iya yang penting sehat2 aja anaknya..

      Reply

  22. Irina Stephanie

    Ihhh gemes deh liat Jo.
    Iya Be gak usah khawatir dengan waktunya, toh intheend nongol juga.
    Jo berbanding terbalik dengan J anakku, J itu cepet banget numbuh gigi dari 6 bulan udah kliatan bakal tumbuh dan pas setahun giginya aja udah 10. Dan skrg umur 14 bulan J blom bisa lancar jalan paling slangkah 2 langkah doang.
    Hehehe… Yang terpenting anaknya sehat :kiss:

    Reply

    1. Bébé

      Waaah.. giginya J udah banyak bangeeet..
      Ho’oh yang penting mah anaknya sehat yah.. emang tumbuhnya beda2,, :yes:

      Reply

  23. D I J A

    waaah asyik sekali kalo ke dentist gratis sampe umur 19
    Giginya dija aja sekarang udah bolong 2 loh Tante

    Reply

    1. Bébé

      Waaa.. Dija kayak tante Bebe dulu deh.. giginya bolong2.. hihihi.. Rajin sikat gigi ya Dija :yes: :heart:

      Reply

  24. Pypy

    Bener Bubu kok Be, gw lah waktu kecil juga botak sampe umur brp tahun.. Katanya udah dipakein kelapa, margarin, kemiri, dll tetep ga berhasil.. :p Tapi akhirnya ya tetep numbuh juga..hahah 😀

    Seru ya sampe umur 19 gratis 😀

    Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P