Cooking Diary: Muffin Keju

muffinkeju-02-blogNampaknya akhir-akhir ini gairah gue untuk balik ngacak-ngacak dapur dan baking mulai muncul lagi karena tiap hari pasti gatel pingin nyoba resep ini itu. Setelah sebelumnya ngejajal resep Classic Cheesecake yang agak gosong, jatuh bangun dikerjain Chiffon Cake setengah bantet dan akhirnya berhasil menaklukkan NY Cheesecake, kali ini gue memilih Muffin Keju yang gampang dan bahannya juga ga mahal-mahal banget.

Sebenarnya gue agak ragu dengan rasa Muffin Keju ini karena dulu gue sempat bikin Muffin Parmesan dan meski Muffin dengan keju parmesan + daging smoked beef yang gue coba dulu rasanya enak tapi sayangnya kalau ditinggal beberapa lama teksturnya jadi keras dan kering. Jadi kali ini pun gue takut akan mengalami hal yang sama. But then again, we’ll never if we don’t try it ourselves kan?

Resep Muffin Keju yang gue contek cara pembuatannya bisa langsung dilihat di link ini. Gue memakai bahan dan cara dari resep yang paling atas (di post tersebut ada beberapa resep Muffin Keju yang berbeda-beda).

muffinkeju-01-blog

I love this recipe.

Tektur muffinnya lembut, rasa keju yang menjadi highlight resep ini nya juga cukup keluar (wanginya apalagi.. hmmm lezatnyaaa). Rasanya sendiri mengingatkan gue akan pancake dengan sedikit manis diantara asin dari keju. Ketakutan gue akan muffinya berubah menjadi keras setelah ditinggal pun ga terbukti karena begitu dimakan 2-3 jam setelah dibuat, muffin ini masih lembut dan ga keras sama sekali. Yeaaay..

Tapi apakah menurut gue resep ini sudah sempurna? Kalau ngikutin selera gue sih lain kali gulanya akan gue kurangi hingga setengahnya dan jumlah kejunya yang akan gue perbanyak. Menteganya pun akan gue pakai yang normal salt, ga seperti tadi gue pakai yang no-salt. Supaya lebih dapet rasa savory-nya dibanding manis/asin yang gue dapat dari resep ini. Oh iya, kalau muffinnya dicocol ke saos tomat dan dikasih daging juga kayaknya seru deh.. hmmm.. Kapan-kapan coba ah..

muffinkeju-03-blog

Yang paling menyebalkan dalam membuat kue berbahan keju dan resep berasal dari Indonesia adalah… bahan kejunya itu sendiri. Di Indonesia biasanya kalau bikin apapun yang menggunakan keju pasti yang dipakai keju cheddar batangan dari kraft (kecuali kaastengels biasanya baru pakai keju Edam dari Belanda). Masalahnya.. di Swedia yang namanya keju itu macamnya buanyaaaaaaaaaaaaaaaak banget dan keju cheddar yang dijual disini ga mirip sama sekali jika dibandingkan dengan cheddar ‘ala’ kraft yang ada di Indonesia. Dari bentuk udah ga sama apalagi rasanya, meh jauh. Plus begitu dipanggang/dimasak pun hasil akhirnya ga mirip. Makanya waktu mau mencoba resep ini gue pusing tujuh keliling harus pilih jenis keju yang mana supaya dapat rasa yang kira-kira mirip dengan resep aslinya. Hiks.. But anyway, untuk resep ini pada akhirnya gue menggunakan keju cheddar yang sudah diserut karena sempet nyoba pakai keju jenis lain pas dilelehkan pakai susu bukannya nyampur ke susunya tapi malah berubah menjadi kenyal. Ga tau juga sih apakah mirip dengan aslinya tapi  yang kubuat ini hasil akhirnya enak juga.. Fiuuuh

burger

one way to eat the cheese muffin is by adding the muffin with meat and cheese, topped with tomato sauce.. yummeeeeeeeh!!!

Cake manis udah, yang asin/manis juga udah.. besok-besok bikin apalagi yaaaa…

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

37 thoughts on “Cooking Diary: Muffin Keju

  1. Wien

    Looks good! Ga jauh-jauh dari cheese yah kak

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha.. Iya nih.. Ujung2nya keju lagiii 😀

      Reply

  2. rianamaku

    Be, gara gara kamu bikin NY Cheesecake jadi motifasi aku bikin roti tp aku bikin bolu keju, tapi sayang bantet gagal total ya ahkirnya aku potong2 aku pangang lagi jadi roti kering hahaha.

    Reply

    1. Bébé

      Nyahahaha.. Tapi yang penting masih bisa dinikmati kan ya Ria.. :like_food: 😀

      Reply

  3. Lia

    menggoda banget Muffinnya :like_food:

    Reply

  4. qonita

    hahaha iyaaa orang indonesia rata2 taunya keju itu ya kraft…padahal macam keju kan banyak bangettt…
    eh aku suka keju gorgonzola yg buat pizza itu..enak 😀

    Reply

    1. Bébé

      Tapi emang keju Kraft yang di sana berguna banget buat segala macem sih ya.. Baking, masak cocok2 aja.. Kalau cheddar yang disini ga bisa 😥

      Waaa.. Feta cheese suka ga? Pizza pake itu enak juga.. 😀

      Reply

  5. Julie

    Setuju banget ne soal keju. Walau sama2 cheddar tapi kok rasanya bisa beda ya? Anyway, gua salut ama loe be, masih jago banget bagi waktu ampe sempet baking dari scratch ??

    Reply

    1. Bébé

      Hiks itu dia masih penasaran kok bisa beda. Kayaknya yang di Indonsia cheddarnya lebih banyak kandungan susunya ya? Jadi lebih creamy?

      Hahaha.. Makasiih. Ini juga nyolong2 waktu pas anaknya lagi anteng baru bisa bergerak. 😀

      Reply

      1. Julie

        Kalau iya begitu, next time tinggal tambahin susu donk 😆 ngarang banget yak hahaha

        Reply

        1. Bébé

          nyahahahaha… yakalli bisa jugaa.. :mrenges:

          Reply

  6. Atabelle

    Aaaaa keju >.<
    Kalo aku sukanya mozarella tapi di sini gak gitu berasa ‘ngeju’. Cobain brownies trus tengahnya dikasih mozarella Mba Be, pas mateng cokelatnya nyampur bareng keju yang meleleh, beuh. *jadi laper 😐

    Reply

    1. Bébé

      Waaa.. Aku dulu sempet pingin nyoba bikin brownies kukus coklat keju gt.. Cuma lagi2 selalu bingung sama kejunya.. Mezarella bisa yaa? Hmmm kapan2 coba deh.. 😀

      Reply

  7. Rina

    Wah Be, bikin ngiler penampakannya, fotonya keren hehe. Ahhh jadi pengen nyobain bikin juga nih 😀

    Reply

    1. Bébé

      Makasiiih.. Hayo dicoba juga.. Kali2 ada masukan juga buat aku.. :yes:

      Reply

  8. Evita Wijaya

    cakep banget hasil akhirnya be. makin mantap dalam dunia perbakingan ya. hihihihihi

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha makasiih.. Tapi belooom.. Masih banyak bantetnya juga :laugh:

      Reply

  9. Rere

    kak bebe itu muffin kejunya looks yummmyyyyyy.. aku juga malesnya nih kemarin2 kalau bikin muffin sama deh pasti abis ditinggal beberapa jam udah agak keras gitu, nanti mau coba resep yg ini ahhh 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Yang ini aku makan besoknya mash enak Re.. Tapi emang harus dipanasin sebentar di microwave sih.. Anget2 gt.. Nyam nyam :hungry:

      Reply

  10. arman

    keliatannya enak nih be… 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Thank you Man.. Limayan buat snack ato sarapan pengganti pencake :joyful:

      Reply

  11. MrsSunshine&Butterflies

    YUMMY, Be… :good: Mau coba juga resepnya… :hungry:
    Saya juga pernah bikin savory muffins buat breakfast pake pancake mix (bisquick), cheddar cheese, broccoli cheese dan susu… enak dimakan hangat2 di pagi hari… :heart:

    Reply

    1. Bébé

      Waaa… Bisa juga pakai pancake mix gt ya mba.. Asik bgt ga perlu aduk2 sendiri lagi.. :yes:

      Reply

  12. Lidya

    Aduh aku mupeng sam aBebe yang rajin baking. Aku gak punya yang mau nampung makannya nih kalau bikin karena kurang suka camilan

    Reply

    1. Bébé

      Ahahaha.. Iya nih mba lagi rajin.. Banyak resep yang pingin dicoba.
      Sama, aku juga yang makan cuma berdua. Makanya 1 cemilan lama abisnya 🙁

      Reply

  13. Pratiwi Andre

    Jem segini (wib) nyasar kemarih, liat postingan ginian. Bikin encess…. >.<

    Reply

    1. Bébé

      hahaha.. aku sengajaaaa :evil_grin: :mrenges:

      Reply

  14. Puji

    Kak Be, ayo baking lagi. Aku seneng liat foto – foto kue orang hehehee :banana3:

    Reply

    1. Bébé

      Hihihi.. nanti yaaah.. mood bakingnya ilang lagi.. hahahah

      Reply

  15. NisadanChicco

    Duh Be..kirimin aja boleh gak si ahahaha mengingat dapur belum beres total ;/ :fiuh:

    Reply

    1. Bébé

      Hahahah.. punyamu keren banget Nisaaa… atasnya keliatan lebih garing nyammy gituuuu

      Reply

  16. elrica

    Mak, request dong..bikinin tips tips bagaimana mengambil photo supaya bagus kayak poto poto dikau..^^
    Akiu suka kali dengan poto poto muuu…

    Reply

    1. Bébé

      Huaduuuh.. hmm.. dulu sempet bikin post tips&triks gitu siiih.. tapi ga tau deh jelas apa ga postnya… hahaha.. ga pede ngajarin orang nih.. :hide:

      Reply

  17. Ika Koentjoro

    Ini diedit pakai LR ya Beb. Kapan2 bikin tutorial LR ya. Aku udah download tapi nggak ngerti cara pakainya :fear: :fear:

    Reply

    1. Bébé

      Iya mba pake LR.. siph..Nanti aku cari waktu luangnya dulu ya mba buat bikin tutorialnya.. susah ada krucil.. ga konsen nulisnya

      Reply

  18. Beby

    What a beautiful muffin.. :q gerogotin

    Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P