Aku Rindu… (Edisi 10)

Swedia..

Yup, there, I’ve said it. I miss the cold, and lonely Sweden.

snow2011-01

Dua bulan menghabiskan liburan di Indonesia ternyata cukup membuat gue rindu akan negeri kulkas nan jauh di sana. Anehnya kalau ditanya yang bikin kangen apa, pasti gue ga akan bisa mengungkapkannya secara detail. I mean, dulu waktu masih di Helsingborg dan ditanya “kangen apa sama Indonesia” pasti gue akan membalasnya dengan “kangen keluarga, kangen makanan, kangen jalan-jalan ke mall, dsb”. Banyak hal yang bisa gue sebutkan tentang Indonesia. Kali ini gue sendiri pun bingung, sebenernya yang bikin kangen sama Swedia itu apa sih..

Setelah gue pikirkan dan pikirkan.. sepertinya hal-hal di bawah ini yang menjadi penyebabnya

The Apartment

Sepertinya setelah merasakan 2-4 tahun tinggal sendiri di rumah sendiri dan kemudian balik ke rumah ortu, langsung berasa banget bedanya. Tentu gue masih bebas melakukan apapun di rumah ortu seperti waktu masih lajang dulu (dalam artian, ga perlu jaim atau malu-malu gitu lah). Tapi tetep aja, that home is no longer feel like a real home. Ada rasa yang sedikit hilang. Sesuatu yang hanya bisa gue temukan di apartemen kami di Helsingborg. Apalagi yang namanya tinggal sama ortu bawa suami yah, adaaa aja konfliknya. Alhamdulillah sih ga pernah sampe yang gimana banget, tapi tetep lah. Kadang ga nyaman juga.

Aneh ga sih kalo ngerasa gitu? atau gue nya aja yang berlebihan?

The Weather

Harus diakui, Jakarta & Bekasi itu PANAS SEKALI KAN YA. Bukan bermaksud sok-sok lupa akar sendiri atau reverse culture shock atau apalah, tapi seriously, this city and places all around it are SUPER HOT!! Gue pun sayangnya ga suka akan cuaca panas. Most of the time, gue lebih memilih kedinginan daripada kepanasan. Kalo kedinginan masih bisa layering baju atau peluk-peluk suami dan anak. Kalau kepanasan.. ya keleus ai buka baju. Bisa heboh sejagat raya nanti. LOL Jadilah selama di rumah ortu gue selalu ngendem di kamar atau kalaupun jalan-jalan balik lagi jadi anak mol. Karena itulah gue agak kangen angin semilir-semilir dingin yang biasa gue rasakan ketika jalan-jalan di tengah kota Helsingborg. Even tho kalau lagi musim panas suhunya bisa nyamain di Jakarta, tapi kadang masih dapet (sedikiiiiit) angin dingin diantaranya.

The Computer

Yang terakhir ini rasanya yang paling mendominasi rasa kangen gue akan Swedia. Gue kangen bisa main, ngoprek foto, ngeblog dll di laptop gue tersayang.

I MISS MY LAPTOOOOP

Di rumah ortu, komputer yang tersedia hanyalah laptop bokap. Itu pun bukan laptop dengan spesifikasi yang cocok dipakai untuk ngedit atau nonton. Ya memang sih beliau sendiri pakai laptopnya hanya sebagai alat ngecek internet, email, dll yang sama sekali ga ada hubungannya dengan desain mendesain, jadi tentu aja rada overkill kalau beliau membeli gadget dengan spec yang terlalu tinggi.

Tapi karena biasanya gue suka foto-foto random buat ikutan uploadkompakan atau sekedar motoin anak kecil, kemudian diedit-edit di komputer dan tiba-tiba kebiasaan itu hilang, rasanya ada yang ikut hilang juga dari hatikuuu. And I miss it.. hiks

But then again…

Setiap kali gue merasa kangen akan ketiga hal di atas gue selalu dan selalu mengingatkan diri gue akan kenyataan berikut ini.. Kesempatan untuk liburan ke Indonesia itu bukanlah sesuatu yang gue bisa gue dapatkan semau gue. Boro-boro setiap 6 bulan sekali pulang kampung deh, bisa balik setiap 5 tahun aja udah seneng banget. Jadi sebelum perasaan rindu itu menutupi hati dan bikin gue ga betah, langsung gue syuh-syuh dengan segera.

NIKMATI SAJALAH YANG ADA BE..

Iyaaaa.. I sincerely enjoy every minute I’m here koook.. sungguh. :peace:

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

45 thoughts on “Aku Rindu… (Edisi 10)

  1. rika

    Gue pun, Be. Lebih mending kedinginan daripada kepanasan dengan alasan yang sama. Kalo dingin masih bisa diakalin pake baju banyak-banyak. Tapi kalo kepanasan…ampun dijeeee….

    Reply

    1. Bébé

      Kaaaan.. tapi walaupun gue ga suka panas tapi gue suka pantai loh Rik.. percumah ga sih orang model begini.. hahaha.. Jauh2 ke pantai tapi nyarinya tetep yang dingin2 aja.. dilelepin di laut

      Reply

  2. melissa

    kalo kepanasan kan bisa kipas2 Beeeee.. hahaha
    btw selama di Jkt gw selalu berAC loh. Di rumah, kantor, mobil, mall selalu berAC. Jaraaaaaaang banget maen keluar rumah kecuali kalo pagi2 / sore2 🙂

    Reply

    1. Bébé

      huhahahah.. cari kipasnya harus yang gedean dan kencengan kayaknya biar adem.. LOL
      Aku pun samaaaa.. dikit2 pasti nyari AC ato kipas angin gede.

      Reply

  3. Cut Inong Mutia

    Waktu 5 tahun lalu training di Jepang dan tinggal sendiri di apartemen 2 bulan, pas balik ke sini jadi kangen sama apartemen itu dan sampai sekarang jd bercita cita suatu hari bakal bisa tinggal di apartemen ☺

    Reply

    1. Bébé

      Aamiiiin ya Nong. Semoga bisa cepet balik lagi. Tapi emang kalau udh terbiasa di satu tempat ya kadang berasa bener kangennya begitu jauh :yes:

      Reply

  4. Puji

    Sabar ya Mba, ibarat kata sejelek – jeleknya rumah sendiri tapi pasti ngangenin 🙂 tapi apartemen mba be super kece ko hehe :yes:

    Reply

    1. Bébé

      Hihihi.. Iya emang rumah sendiri selalu bikin kangen ya Ji.
      Ahaha.. Makasiih :blush:

      Reply

  5. Fenti

    Jangankan 2 bulan dan beda negara, aku yg cuma mudik seminggu doang ya begitu jg rasanyaa haha. Lg dirumah pgn bgt bisa mudik, nyampe sana lama2 kok gak nyaman ya krn kebiasaan kita sehari2 ilang. Misalnya aja drmh mamaku gak ada AC, sampe hari ke 3 biasanya msh kuat, selanjutnya aku nyari2 alfamart gt buat ngadem doang hahahhaha parah kaan manjanya :p Biasanya barra jg udah mulai gak jelas gt mainnya krn pgn pulang, Jo udah nunjukin tanda2 bosen belum?
    Eh mba gak jalan ke bali nih?

    Reply

    1. Bébé

      Huahahahaha.. Jadi akrab sama mba/mas di alfamart dong Fen.. Lol.
      Si Jo mah betah banget di sini. Rame soalnya. Apalagi kan di sini ada tantenya. Jadi kalo udah ketemu, nemplok terus seharian.

      Tahun ini ga ke Bali 🙁 huhuhu

      Reply

  6. Dina

    Gw sih kebayang banget perasaan lo. Sejak tinggal sendiri juga gw juga ga betah lama-lama di rumah ortu walaupun dulu tinggal di situ. Rasanya udah bukan rumah sendiri. Apalagi lo 2 bulan gitu. Dan lagi bener tuh tinggal bareng ortu di saat kita sudah berkeluarga, urusannya beda. Lalu… gw juga lebih suka kedinginan daripada kepanasan!!! Huhu… Makanya kalo liburan ke negara 4 musim gw paling males kalo summer. masa ketemunya matahari lagi!!!!

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. Iyaa kalo jalan2 ke negara 4 musim emang enaknya selain summer deh. Udah panas, seringnya ujan pula.. Hah

      Nah iya kan, kalo udah berkeluarga rada beda rasanya. Seneng ih gue ternyata ga sendiri yg ngerasa gini

      Reply

  7. Tissa

    Beee yang no 1 i feel youu.gw puunn..dan pas menyadari itu gw sedih sampe nangis loh (sounds lebay but it’s trueee) kaget krn kok bisa ya gw jadi merasa lebih nyaman tinggal di rumah gw sendiri daripada di rumah ortu yang puluhan tahun gw tinggalin.padahal gw cuma main doank atau kalopun nginep paling maksimal cuma 2 malem. Langsung mellow banget lah ? Tp pada akhirnya yaaa that’s life dulu pun pasti ortu kita merasakan hal yang sama kaya yang kita rasain skrg kan.

    Reply

    1. Bébé

      Huhuhu.. Iya Tis berasa gimana gitu kan pas sadar kalau feelnya udah beda. Tapi yah emang udah memang seharusnya gitu kali ya. Berarti rumah sendiri yang kita punya sekarang bener2 nest yang nyaman buat kita karena dikangenin banget.

      Reply

  8. qonita

    wah..tapi kan bulan sekarang Swedia jg belum dingin dan bersalju haha…dan beberapa bulan lagi bakal balik lagi hihi…
    dan AC emang ga bisa dipisahin kalo tinggal di jakarta dan sekitarnya yak…meski ga environment friendly dan suka komen terlalu bergantung ama AC jg ga bagus tp emang nyamann :drool:

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha AC udah paling bener lah Nit. Haha panas soalnya kalo ga ber AC. Geloo deh panasnya Bekasi sekarang.

      nanti pas balik udah belasan derajat nih.. Huhu

      Reply

  9. jalan2liburan

    hahaah i feel you deh, gw kadang di Jkt demi ketemu temen dan keluarga aja juga, maksimal seminggu di Jkt, panas dan jauh dari laut yg proper, gak tahan :p

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. Cuma betah seminggu ya Feb. Tapi kalo banyak keluar di Jakarta emang bikin puyeng sih.

      Reply

  10. aina

    Begitulah manusia ya be.. ntar klo dah balil swedia kangen lagi deh ama indo. Kangen ada yg bantu jagain anak.. hahahahahahahaha…

    Dinikmatin aja be.

    G jg orgnya ga tahan panas. Super gampang keringetan. Ada dikuar sebentar aja keringet dah kaya treadmill sejam. Tapi apa dayalah tinggal dimari. Salam dari bra basah.

    Reply

    1. Bébé

      Nyahaha pasti nih pas balik Swedia langsung berasa nelangsanya deh harus berhadapan sama Jo lagi sendirian.

      Reply

  11. arman

    begitu emang rasanya punya 2 rumah. kalo di swedia, kangen indo. pas di indo jadi kangen swedia ya. hahaha.
    gua juga inget pas dulu pulang indo. gua seneng banget di indo, tapi pas akhirnya mesti balik LA berasa lega dan seneng juga lho udah balik rumah. hehehe.

    Reply

    1. Bébé

      Hihi tapi sempet ngerasa kangen banget sama LA ga Man? Atau lempeng nikmatin aja?

      Reply

  12. yance

    Iyaa bener be, kalo tinggal di rumah sendiri dibandingkan rumah ortu pastilah ada rasa gimanaaa gitu…kalo dirumah sendiri bebas2 ajaaa mau ngapain juga…ck ck ck, liburannya sampe berbulan2 sihh, hahaha. ini tanda2 liburannya udah kelamaan be…

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha kayaknya sih gitu mba. cuma skrg udah mau balik Swedia jadi malah pingin nambah lagi. Minta diteplak banget kan hahaha

      Reply

  13. fitri melinda

    hihihi..ga aneh kok mba.. emang sih rumah itu masih berasa rumah, tapi udah beda banget rasanya kalo udah berkeluarga… kadang kangen rumah sendiri kalo lagi dirumah ortu.. 😀

    Reply

    1. Bébé

      Berarti normal yah ngerasa gitu. Hihihi soalnya baru sekarang pulang lagi setelah sekian lama jadi suka bingung apa akunya yang lebay aja sampe ngerasa gitu.. Hahaha

      Reply

  14. fitri3boys

    memang tahun ini cuaca luar biasa panas…kemarau panjang sekali tahun ini..

    bener bgt emang enak ngadem di mall be

    Reply

    1. Bébé

      Iya mba. Selama aku di sini belum pernah ngeliat ujan sekali pun loh.. Ampun

      Reply

  15. Lidya

    kalau udah nikah biasanya lebih betah di rumah sendiri ya Be

    Reply

    1. Bébé

      Iya mba. Kayaknya gitu.. Lbh bebas hehe

      Reply

  16. zilko

    Hehehe, aku juga kemarin gitu Be. Setelah dua atau tiga minggu jadi agak kangen Belanda lagi. Kangen sama naik sepedanya, cuacanya yang anginnya gede, gerimis-gerimis, dll. Walau setelah balik lagi dan ngalamin cuacanya yang kayak gitu lagi ya sebel juga sih, hahaha. Manusia ya, gak pernah puas :lmao: :lmao: :lmao:

    Mungkin kalau udah lebih settle gitu (apalagi ada keluarga dan anak), perasaan kayak gininya jadi bertambah kuat lagi ya, hmmm…

    Dan aku setujuh banget yang masalah PANAS ituu, hahaha…

    Reply

    1. Bébé

      Huahahaha. Nah kayaknya setelah balik Swedia bakalan ngerasa kayak dirimu gitu Ko. Jadi sebel trus pingin balik Indo lagi hahaha

      Reply

  17. kutubuku

    Makanya aku nggak pernah bisa liburan di Indonesia lebih lama dari 3 minggu maks. Panas, nyamuk dan bisa kemana2 sendiri tanpa harus ngandelin dianter2, taksi atau apalah. Ga ribet mau kesini kesana.

    By the way kemaren aku mampir Helsingborg, cuman numpang lewat aja sih, ambil kereta ke Malmö setelah roadtrip dari Stockholm

    Reply

    1. Bébé

      Haha.. Tapi kalau bisa pulka, tiap tahun mah masih lumayan lah ya 3. Minggu cukup. Toh masih bisa balik lagi tahun depannya.

      Haha.. Cuma liat stasiunnya aja atau sempet keluar juga?

      Reply

  18. Melissa Octoviani

    emang jakarta tuh belakangan panasnya ampun2 deh…dan paling enak emang ngadem di mol hahahaha…

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha iya kan Mel. Sekalian belanja2 dikit gituuuh ??

      Reply

  19. nayarini

    nyasar ke sini dari postingan bibi titi teliti 🙂 dan bahagia setelah baca postingan di atas bahwa ternyata aku ga sendirian jadi makhluk serba salah, hihi. kalo di UK kangen indo pengin banget bisa pulkam (impian sih tiap tahun, realita paling 2-3 tahun sekali), eh giliran pas pulang kampung kepanasan & digigitin nyamuk, nyumpah nyumpah kangen rumah di UK, hadeuh…. :wacko:

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. Senangnya ada teman yang jarang pulkam. loh hahaha.
      Suka dilema yah kalo giti, tapi pada akhirnya.. Nikmati sajaaa.. ??

      Reply

  20. Anggie

    Panasnya ini emg minta ampun kok Beb.. masih samalah… Semarang-Jakarta or Bekasi… Harusnya ud beberapa daerah ya disana yg hujan… kmrn baca bbrp update di wilayah jakarta ada yg mendung-mendung berawan bahkan sempat gerimis.. Have fun selama masih di Indo ya Beb.. n puas2in makan2 or potong rambut jangan lupa… Hehe

    Reply

    1. Bébé

      Iya sampe sekarang masa aku belum ketemu ujan loh Nggi. Tapi emang jadi enak mau kemana1 ga ribet keujanan.. Hehehe.

      Ahaha.. Kemaren udah smoothing rambut. Jadi mau biarin panjang dulu ??

      Reply

  21. andyhardiyanti

    Kalau saya biasanya yang bikin rindu ya koneksi internet itu 😀 Berhubung selama ini di rumah cuma bergantung sama speedy. Jadi kalau sudah diluar ya gak bisa internetan deh, paling kalau udah mentok butuh banget baru deh beli paket data…
    Ayo jalanjalan ke Lombok, Be.. disini dingin ^^

    Reply

    1. Bébé

      Huaaa.. Iyaa. Untung selama di rumah ortu. Internetnya lumayan sih. Tp suka mati2 juga bikin esmosi ??

      Reply

  22. Ristin

    Disini angin semilir jg jarang sih memang.. buat tpt kongkow kebanyakan klo ga di mall, cafe.. secara klo di taman bs luber sm keringat dan debu ya dep.. Ah.. senangnyaa.. bisa merasakan dua negara dgn dua kondisi dan situasi. Masing2 pasti ada kelebihan dan kekurangan. 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Iya mba. Masing2 ada yang dikangenin sih. Aku juga berusaha menikmati aja lagi dimana ?

      Reply

  23. Joanna

    Bebe .. Aq suka banget sama cerita nya bebe.. Kebetulan aq skr punya pacar orang swedia juga .. Tiap hari skype .. Hahaha.. Pokonya cerita nya bebe menginspirasi banget deh .. Aku suka .. Semoga aq sama dia bisa seperti bebe dan bubu yah .. Hihihi :yeaah:

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *