Ketika Batu ketemu Batu

Memasuki usianya yang ke 20 bulan, Jo makin ekspresif menunjukkan sifat dan kepribadiannya. Seperti yang sudah terlihat dari bayi, anak ini suka banget senyum dan cukup ramah kepada orang asing. Walaupun pemalu tapi masih mau lah diajak ngomong atau menebarkan senyumnya. Selain itu si Jo juga ga pelit. Kalau lagi menikmati makanan atau minuman favoritnya, pasti dia ga segan-segan membaginya ke mamapapa atau eyang dan tantenya. Misalnya kita yang iseng minta pun ga pakai lama anak ini dengan senang hati memberi sedikit makanannya. Walau kadang suka diambil balik juga sih.. muahahaha.. But seriously, I couldnt be more proud of the little girl.

Tapi tentu saja, dibalik semua “kesempurnaannya”, Jo juga mendapat warisan  sifat keras kepala dari gue dan Bubu. Yup, anak ini aslik kepala batu banget. Ga tau juga sih apakah sifat persistent campur keras kepala ini memang dimiliki semua anak atau memang Jo’nya aja, tapi kalau udah pinginan sesuatu dan ga keturutan. Oh mamiii.. siap-siap aja mendengar suara jeritan nyaring membahana ke seluruh ruangan. Terkadang ga puas hanya sampai disitu, si nona kecil ini juga memiliki jurus lain dalam meminta keinginannya agar dipenuhi, yaitu dengan membanting-banting barang atau kadang malah memukul.

Haaaaah.. nulis begini aja cukup bikin gue pening nyut-nyutan.

Sorry for the strong language comics 😀 . Photo borrowed from Fowllanguangecomics.com. You should check that website for tons of funny parenting comic stories. I personally can relate to most of it and it’s hillarious.

Masalahnya, gue sendiri ga memiliki kesabaran yang panjang dan seringnya ikutan esmosi ketika si kunyil mulai rese. Segala macam petuah kayak “jangan bentak anak”, “jangan bilang JANGAN ke anak” dan saran-saran parenting mulia lainnya yang sering dishare di FB atau medsos terlupakan begitu saja.

Puff.. GONE!

Bagi gue yang penting si kecil berenti teriak dan ga bertingkah lagi.

Bubar sudah cita-cita menjadi ibu yang sempurna…

So how do I usually deal with the whinny baby?

Reaksi gue yang pertama biasanya sih suara gue akan mulai naik dan mulai kencang. Kata sakti “SLUTA!!” (atau yang berarti “STOP!”) selalu gue pakai untuk menghadang kelakuan Jo selanjutnya. Kadang siiih, sekali dua kali terdengar kata tersebut anaknya juga ngerti. Tapi kalau lagi bener-bener-rewel dan tetap melakukan aksi brutal ngacak-ngacak semua barang yang ada di meja, barulah urat ngomel gue putus. Suara gue makin kenceng dan ga jarang tangan Jo gue tepis kasar.

I know. I know.. seharusnya ga boleh gitu yaaa.. Tapiiiiiih… aku.. juga manusia biasaaa.. huaaaaa..

Seringnya setelah adegan tepis tangan kasar itu gue yang gantian merasa bersalah sama si kecil. Dan usaha gue “memperbaiki” keadaan adalah dengan menggendong anaknya, membawanya ke tempat yang lebih sepi dan berusaha ngobrol berdua. Ngobrol disini tentunya hanya gue yang ngoceh dan si Jo cuma ngeliatin gue dengan wajah penuh menantang dan ga lama doi cengar cengir plus tertawa tanpa dosa. Iiiigh sumpah yaaaa.. ini anak ngikut siapa sih sifat tengilnya begini? Minta di kuwel-kuwel banget bocah.

Tapi tentu sajaaa, ada masa-masa dimana semua langkah di atas sudah dilewati dan si kunyil masih tetap saja ngebatu, marah-marah dll. Nah kalau udah gitu biasanya gue nyerah dan kasih otoritas ke bapaknya. Terserah lah tu anak mau diapain. Don’t know, don’t care. Aku capek!!!

Ya gitu lah. Sepertinya memang gue harus rajin-rajin belajar ilmu parenting lagi nih atau mungkin banyak-banyak minum obat sabar (yakali ada yang jual gitu :P). Cuma memang kalo batu ketemu batu ya enaknya gimana yaaa?




Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

49 thoughts on “Ketika Batu ketemu Batu

  1. Ecaayu

    Haha rata-rata ortu emang gitu mah ngadepin anak kecil :3 terlalu emosi trus gak sengaja kasar, jadinya ngerasa bersalah sendiri :scratch: namanya juga manusia biasa~ 😀

    Reply

    1. Bébé

      Huhuhuhu iyaaa.. Kalo abis marahin tuh malah jadi ibunya yang merasa bersalah. Anaknya mah cengar cengir aja.. Uurgh

      Reply

  2. anggie

    Sabaar Bebb… Sabaaar…. Dulu pas Athar seumuran Jo jg gt kok.. Dan bikin mamanya pusing 99 kell.. Tp seiring berjalannya waktu, dan anak sdh bs diajak diskusi dan paham maksud kita, lama2 pasti bisa… Walaupun awal banyak yg heran, ni anak masih kecil jg ga bakalan tau loe gituin… Dan finally i did it.. Emg komunikasi itu penting bgt Beb.. Dan lbh baik dibiasakan sedini mungkin… Lov u both…

    Reply

    1. Bébé

      Hiks, oya nih masih menanti masa si Jo udah bisa ngomong jadi bisa ngobrol lebih enak. Sekarang masih ibunya terus yang ngedumel2 sementara anaknya cueeeek hahah

      Reply

  3. Bibi Titi Teliti

    Bebeeeeeee…
    Selamat datang di fase ‘terrible two’ yah Beeeee…fase paling challenging sepertinya siiiih dan bener2 menguji kesabaran banget hehehe….

    Dulu Fathir juga kayak gitu Beeee…
    kulkasku sampe menderita cacat psikologis sampe sekarang bhahaha…

    Usia segitu daya eksplorasinya lagi menggelora banget sih Beee…banyak coba2 dan banyak pengen tauuuu…

    Sabar aja yah Beeeee :))
    pukpuk Mommy Jo

    Reply

    1. Bébé

      Huaaa.. Belum masuk umur 2 tahun juga udah mulai ya mba? Oh noooooo… Haaah.. Iya nih, aku ngeabuse apa yah supaya bisa melampiaskan emosi lirik kordennya mamah hahaha..

      Reply

  4. Niee

    Iihhhh. Samaan mbakbeee. Atau semua anak begitu yaaa. Si K kalau lagi kumatnya semua semua salah. Kalau mau A ya harus dapet. Kalau lagi males ya aku kasih aja. Kalau emang gak boleh ya sampe guling2 deh dianya. Emang emaknya perlu belajar banyak ya sabarnya. Soalnya kalau mood akunya yang lagi bagus ya aku biasnaya geladen seh sampe anaknya ketawa tawa sendiri. Hahahaha.

    Reply

    1. Bébé

      Kayaknya emang semuanya begitu ya Niee. Ngelewatin fase keras kepala, mau semua.
      Aku juga kalo lagi mood masih dimanis2in anaknya. Lama2 makin tinggi dan menggelegar suaranya. :hide:

      Reply

  5. Lia Harahap

    Sabar, Mbak. Jadi orang tua tuh pekerjaan paling susah sedunia. Kadang aku salut liat sama orang tua di The Return Of Superman (terutama Il Kook) yang bisa kasih aturan ke anaknya dan tegaan sama anak. Hehehehe. Wahhh perjalananku masih panjang nih 😀

    Reply

    1. Bébé

      Iyaa.. Pingin tau mereka cara didik si triplet kayak apa ya sehari2nya. Bisa manis semua gitu tiga2nya..

      Reply

  6. Erina

    Omg, totally could relate to the post, i have the same struggle as well. Memang mendekati umur 2 ada aja tingkah polah nya :frustasi: Kalau jadi gini jadi inget kata orang, kalo udah jadi ortu baru berasa gimana ortu kita dulu ngadepin bandelnya kita. But let’s be real here, there’s no way to keep calm and carry on in this motherhood journey.

    Reply

    1. Bébé

      Hahahha.. Iyaaa.. Bener banget. Pastilah suka naik darah juga yah.. Lol.. Cuma bisa inhale exhale ajalah supaya ga stress.. :lonely:

      Reply

  7. irist

    same here Be. klo case anakku selain tereak dan berusaha membanting diri ke lantai yang selalu gak berhasil karna reflex emak bapaknya untuk nangkep lebih cepet trus paling sering ngejambakin rambutnya sendiri. dan sekarang mulai ngejambakin rambut emaknya. omg!

    Reply

    1. Bébé

      Huaaaaaaa.. Puk2.. Ternyata perjuangan kita sama2 bikin pusingnya yaa.
      Kalau si Jo masih jerit2 ga karuan dan kalo udah megang barang yang dia mau, susah banget ngambilnya.. Bayi tapi kok bisa tenaganya kayak herkules, ampe bingung sendiri.

      Reply

  8. Arman

    Kalo kita sih kalo anak lg jejeritan most of the time Kita cuekin aja sampe dia cam down sendiri. Lama lama dia tau kalo dia begitu tuh gak ada gunanya dan gak bakal sering sering gt lagi.

    Reply

    1. Bébé

      Huaaa.. Berapa lama Man bisa nyuekinnya? Gue paling ga bisa kalo lagi di tempat umum sih. Ga enak bok sama yang lain. Apalagi kalo di restoran. Kalo di rumah mah bisa lebih cuek.

      Reply

  9. qonita

    puk puk Bebe..blm bisa ngasih masukan..blm pengalaman.. :cozy:

    Reply

    1. Bébé

      Hihi gpp Nit.. Baca2 komen yang lain kan lumayan buat masa depan.. Ya ga? 😀

      Reply

  10. Jalan2Liburan

    Sabar beee xixxii bosen ya baca komen disuruh sabar :hussle:

    Reply

    1. Bébé

      😀 iya nih.. sabarnya sambil ditraktir frappucinno aja deh.. Boleh ga?

      Reply

  11. dani

    Kemaren pas ketemu Jo, gw udah ngebayangin kalo si Jo ini anaknya persistent dan strong willed Be. Hihihi. Calon pemimpin yang hebat nih Jo. Kalo nemu penjual cairan sabar kasih tahu ya Be.. Hihihi.

    Reply

    1. Bébé

      Huahaha.. Udah keliatan ya Dan keras kepalanya si bocil? Haaaah.. Hahaha.

      Reply

  12. Lidya

    kalo uda nemu obat sabarnya aku mau ya beli Be 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha… Iya mba. Bisa diatur nanti harganya..

      Reply

  13. Woro

    Uda bisa ngeyel yah Be umur segini, kalo gue masi aman yah Rey belom minta ini itu ahahha siap siap deh berarti

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha.. Sekarang nyetok obat sabar dulu Wor.. Sebelum datang masa2 ini.. 😀

      Reply

  14. Prita Dharmawan

    tos-lah masalah kasih ke bapake, terserah mau diapain. hihihi
    mbak oot yes, kmrn gw dengernya pas kopdaran malah “PRUTA” bukan “SLUTA” malahan :))))) maap kuping orang depok suka minus… :p

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha.. Sebenernya teriak PRITA koook.. Tapi kamu ga nengok.. Hahaha 😛

      Reply

  15. Tia

    Hi Bebe. Selama ini jadi pembaca pasif, akhirnya pas baca ini ga tahan juga mau ikutan curhat. Hahahah… Duhh..sama bener sama anakku, si Kay. Kalo lagi tantrum, ga tau mesti diapain. Di diemin, bisa ga brenti2 sampe sejam. Di ocehin, makin makin ulahnya. Dibentak, welehh… apalagiii.. sampe emaknya lagi kepengen cari psikolog buat ajang curhat dan minta petuah begimana cara menangani anak lagi tantrum begitu. Toss deh Be. Daku ga bisa banyak membantu dan kasih nasihat. Soalnya disini juga masih clueless 😀

    Reply

    1. Bébé

      Naaah.. Yaitu aku juga sama. Dicuekin makin kenceng, dimarahin makin kenceng lagi.. Hiks hiks.. Emang udah harus learning by doing kali yaaaa..

      Reply

  16. pipit

    pukpuk…

    kayaknya ini problem semua mamak-mamak yang punya batas sabar.. kalo sabarnya tak berbatas mah mungkin masih bisa nerapin ilmu-ilmu parenting ituh dengan sempurna 😛

    saya juga begitu dah kalo udah abis sabar, masuk aja ke kamar dan ngegoler sambil tutup kuping.. udah bener banget tuh, serahkan ke bapake dan terserah mau diapain deh tuh anak… akuh tak peduliiiiiiii 😛

    Reply

    1. Bébé

      Hihi buat ibu2 kurang sabar kayak aku mah, ilmu parenting kayaknya cuma jadi pengantar tidur aja. Susah banget nerapinnya. Hahah

      Reply

  17. melissa

    Mending batu atau cengeng Be? jadi pengen curhat (bole yaaa…)
    anak ku cengengnyaaaaaaaa pake banget. Gak boleh dikit memble, jatoh/kejedut nangis, diomelin atau suara kenceng sedikit jangan ditanya deh.
    Aku pengen coba didik ala militer dan biarin anaknya nangis, tapiiii.. dia nangisnya malah tambah parah sampe muntah T_T
    Akhirnya mamanya lagi deh yang ngalah…

    Reply

    1. Bébé

      Yaampun sampe muntah Mel? Hiks.. Emang bingung ya kalau belum nemi cara disiplinin anak yang sesuai dan yang pasti bergungsi untuk ngontrol anaknya. Aku juga sama Jo masih hit & miss nih. Dikencengin kadang makin batu, kadang mau dengerin. Dibaikin makin ga karuan. Haaah..

      Semoga kita bisa melalui fase ini tanpa jadi stress ya.. Hihi.. Semangaaat

      Reply

  18. fitrianita

    he he he banyak2in sabar ajah, apalagi kalau kita sudah menyadari ada turunan dari kita sendiri sifatnya itu be he he he he

    Reply

    1. Bébé

      Huahahaha.. Iya mba. Mana dari bapak ibunya juga. Jadi yah. Selamet deeeeh..

      Reply

  19. zilko

    Hehehe, sikap persistent itu memang bagus Be nanti buat ke depannya. Mesti terus dipupuk tuh :good: . Tapi anaknya juga harus diajari untuk bersikap sih tentunya, hehehe

    Reply

    1. Bébé

      Haha.. Oya Ko. Nantinya sih ok ya.. Cuma kalo sekarang.. Haaaaah.. Hahaha

      Reply

  20. aina

    Sama lah be. G jg bgitu.
    Org2 enak kasih saran jamgan ngomong JANGAN.
    Situ nulis bisa mikir dulu kalimat penggantinya apa, nah kite ngomong spontan mana bisa mikir cepet.. yg ada anaknya udah bikin ulah laen duluan..hahaha

    Tantangan terberat jadi ortu emang sabar sih.. susssaaaaah beuuut.

    Reply

    1. Bébé

      Hahahahahaha..gue udah bubar jalan Na kalo ngikutin ilmu2 parenting. Gagal total banget :mrenges:

      Reply

  21. emma

    kalo udah ketemu obat sabarnya aku minta yah kak be, aku jg orangnya ga sabaran soalnya 😀

    Reply

    1. Bébé

      Huahahaha.. Kalo stoknya belom abis sama aku yaa..

      Reply

  22. Melissa Octoviani

    teori ga semudah praktek be… segala teori dan idealismeku juga bubar jalan hahahaha… dan ternyata, kesabaranku tipis banget… contohnya sekarang jayden lagi susah makan… kalo lagi cape, mendingan dia ga usah makan sekalian deh… daripada aku emosi jiwa hahaha… dan tentang penggunaan kata jangan….itu teori yang paling susah diterapin hahahaha…

    Reply

  23. andyhardiyanti

    Kalau Sedja beda lagi, be. Ngambeknya gak berontak, tapi malah ngambek ala anak SMA. Langsung masuk kamar, banting pintu, terus nangis gitu sambil nutup kepalanya pake bantal. :scratch: :scratch:

    Reply

    1. Bébé

      Yaampuuuun. Trus kalau udah gitu biasanya diapain? Dicuekin aja atau disamperin?

      Reply

  24. Annisa Steviani

    weee, tantrum pasti berlalu. seperti aku yang baru aja tsurhat begini beberapa waktu lalu bahahahaha

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. Selama nunggu berlalu harus disabar2in aja kali yaaa ?

      Reply

  25. Ristin

    Selamat datang si dunia emak dan balita ya Dep.. klo mendadak teriak2 krn anak sih itu biasa di dunia peribuan dep hahahaha.. emang ga bgs sih.. cuma gmn.. kdg diluar kontrol kita,ujung2nya minta maaf dan kasih alasan sih knp kita jd gtu.. jd emak emang pil sabarnya harus banyak2. Mau pil sabar rasa apa Dep? Hahahha..

    Reply

    1. Bébé

      Mau yang rasa mangga sama coklat ada ga mba stoknya? ?

      Iya kalau udah kelar marah baru deh maap2an sama anak ??

      Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P