Tentang nama panggilan

Di umurnya yang ke 20 bulan, Jo mulai lancar memanggil orang-orang di sekitarnya. Yang dulu cuma seasal random keluar dan abis itu mogok ga mau nyebut lagi, sekarang udah konsisten tiap kali manggil yang orang dimaksud selalu menggunakan nama yang sama. Panggilan Jo buat kami di rumah biasanya seperti ini:

  • Ca

Yang paling konsisten dari dulu sampai sekarang tentu aja panggilan tante tersayangnya. Semenjak baru bisa ngomong juga Jo udah pinter manggil tantenya dengan sebutan ‘Caca’.

  • Mama

Setelah Caca, sekarang Jo udah bisa dengan jelas menyebut kata MAMA untuk memanggil gue. Biasanya sih panggilan ini dipakai dengan suara kencang dan demanding, seperti saat minta susu atau ketika mamanya kabur sebentar dari hadapannya.

  • Mamaaa (2)

Panggilan Mama juga digunakan si anak kecil untuk manggil eyang Utinya. Jadi kalau dia teriak “mamaaaaaaa” biasanya yang nyaut jadi dua orang karena ga tau dia lagi manggil siapa.. LOL. Kayaknya sih si Jo manggil Utinya dengan sebutan Mama karena gue selalu manggil nyokap dengan sebutan mama juga. Tanpa gue sangka ternyata si anak kecil malah ikutan ngebeo instead of nyebut neneknya dengan panggilan Uti seperti yang selama ini gue ajarin.

  • Bubuuuu

Kebiasaan beo membeo ini juga ternyata berakibat ga enak buat seseorang, yaitu bapake Bubu. Karena sehari-harinya gue selalu manggil suami dengan sebutan Bubuuu, bubuuuu, eh si kecil pun jadi ikutan manggil bapaknya Bubu. Tiap kali dibenerin sama bapaknya, bukannya didengerin, anaknya malah memilih melengos aja. Huahahaha.. Kesiaaaan deh Buuu.eh Paa. eh Pabuuuu.. 😛

  • Abushanakdhajfnaugaif

Tapi dari semua, yang paling tragis nasibnya adalah bokap gue. Sampai saat ini, biarpun udah diajarin dengan berbagai macam cara dan rupa, belum sekalipun Jo bilang kata “tatung” ato “atung” atau apapun variasi dari nama panggilan kakeknya tersebut. Mungkin bagi Jo panggilan tersebut masih terlalu susah kali yaa. Jadi kalau ditanya atau diajak belajar nyebut kata atungnya, Jo malah memilih untuk gibberish aja. Haaaah.. Yang sabar ya tatungnya Jo.

Walaupun masih belum sempurna tiap panggilannya, It’s always fun to see this little baby getting smarter and smarter everyday..

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

37 thoughts on “Tentang nama panggilan

  1. Cut Inong Mutia

    Jadi ingat cara ponakanku yang paling kecil kalo manggil aku..Dia manggil aku “Nyakwa” (Dalam bahasa Jawa sama dengan Bude)…Awal-awal waktu umurnya belum dua tahun, dia cuma bisa manggil aku dengan ujungnya aja alias “Wa” doang…Eh, alhamdulillah, sekarang kalau panggil aku udah jelas banget nyebutnya “Nyakwa” dan rasanya senenggggg banget :banana1:

    Reply

    1. Bébé

      Waaaaa.. iya seneng banget kalau panggilannya udah jelas dan bener2 manggil kita. Jadi terasa lebih akrab. Hahahah.. apasiiiih

      Reply

  2. Nella (Emaknya Benjamin)

    Jooo lucu banget sih kamu 😎 . Kalau pelafalan huruf hidup sptnya paling gampang buat anak, spt mama tuh mudah bangett diingat, Klo panggil tatung lidahnya Jo mungkin belum bisa melafalkan susaahhh Be hehe. Anakku bilang makan dan minum sama aja dia bilang mamam, kalau dia kedepan kulkas berarti minta minum gitu aja taunya hahaha.

    Reply

    1. Bébé

      Kayaknya sih gitu Nel. atau memang masih males aja anaknya nyebut tatung gitu. Tapi setidaknya si kecil ngerti deh ngomongin siapa2.

      Reply

  3. zilko

    Huahahaha, Bubu dipanggil “Bubu” juga sama Jo.

    Lucunyaaa Joo, hehehe

    Reply

    1. Bébé

      Iyaa.. sampe skrg masih tetep Bubububu terus. Udah diajarin berulang2

      Reply

  4. ria angelin

    Segera panggil bubu dengan daddy, papa, atau apalah be, harus di biasakan.
    Btw kalau panggil oma dan opa yg di Swedia ada be?

    Reply

    1. Bébé

      Masih risih juga panggil Bubu pakai sebutan Papa.. hahah.. jadi biasanya sih kalau nyebut Bubu ke Jo selalu papa, cuma anaknya lebih ngeh kalau panggilan antara aku sama BUbu nya sendiri..
      Kalau di Swedia panggilannya jadi Farmor (untuk nenek), Farfar (untuk kakek)

      Reply

  5. Anggie

    Hahaha, jadi geli ndiri Beb… Sejak awal Athar lahir, otomatis udah di agendakan panggil jadi Mama Papa, sekalian biasain ke anak juga… Masih amaan seh sampai sekarang.. Cium Neng Jo aaahhhh….

    Reply

    1. Bébé

      Iya nih Nggie.. masih risih2 gitu deh berdua saling panggil “mama papa” ahahahaha.. kalah sama anak ABG kitaaah

      Reply

  6. Jalan2Liburan

    gw geli sendiri ngebayangin gaya melenggos nya si Jo :evil_grin:

    Reply

    1. Bébé

      tengil gitu deh bocahnya hahaha

      Reply

  7. dani

    Hihihi. Kamipun akhirnya ganti nama panggilan sejak si A bisa mulai ngomong Be. Ga pernah ada lagi panggilan pas masa pacaran dulu. 😛

    Reply

    1. Bébé

      Emang harus gitu ya Dan? uhuhuhuhu. Masih malu euy kami ber mama papa.. Nyahaha

      Reply

  8. tiwie

    Xixixixi,,, kebayang banget deh pas Jo manggil mama sama eyang Utinya 😀 dan kebayang bgd gaya melengosnya dia pas dibilangin. Wkwkwkwkwkwk, GMZ ama Jo :heart: :heart:

    Reply

    1. Bébé

      hahaha.. masih inget lah ya muka jailnya si Jo… apalagi kalo lagi demanding banget.. haaaaaah..

      Reply

  9. Tissa

    Haha ponakan gw dulu ga bisa bilang “yangkung/nkung” bilang nya “ntun” tp alhasil skrg malah bokap gw mau nya dipanggil ‘ntun’ biar ga pasaran kata nya..rayhan pun akhirnya manggil gt juga.jd liat ntar aja be si jo bakalan manggil nya apa,pasti bakalan unik juga deh hihi

    Reply

    1. Bébé

      Waaa.. malah jadi ga pasaran panggilannya. Iya nih masih nungguin keluarnya apa. Kesian juga sama bokap sendirian ga dipanggil2 sama si cucu

      Reply

  10. Niee

    Jo makin pinter aja neh mbak. Tunggu udah pandai ngoceh. Kita sendiri yang capek ngeladennya ?

    Reply

    1. Bébé

      hihi.. iya sekarang mulai bawel, mulai kewalahan juga ngebalesinnya..

      Reply

  11. sandra

    si Ibuu ga masuk dalam list be ? ??

    Reply

    1. Bébé

      ahahaha…. ah iya lupaaaaa..

      Reply

  12. melissa

    lah be, anakku aja yang udah lancar ngomong manggil papaku “kungkung” sampe skrg gak bisa loh! Akhirnya dia punya panggilan sendiri yang yakin gak bakalan dimengerti orang lain, yaituuuuu “AHA”. gara2 bokap gw suka bilang “kungkung datang, hahahaha”. Yang ketangkap haha nya doang hahaha. ya nasib.

    Reply

    1. Bébé

      Muaahahahahahahahahahahahahhaa… aaaagh kocak banget panggilannya. Tapi pasti mah kakeknya seneng2 aja dipanggil apa ya sama cucu.. seajaib apapun sebutannya

      Reply

  13. bagshoes

    lucu yah baby jo. Di depan jo, km panggil kakek / neneknya dng panggilan kakung / uti tadi jd terbiasa

    Reply

    1. Bébé

      udah sih.. cuma kan kalau ga ada Jo balik lagi manggil ortu pake mama papa.. eh sikunyil malah dengernya itu muluk.. hahaha

      Reply

  14. qonita

    Jojo kamu lucu banget sihhh…jadi Mama ny ada 2 versi yak hihi

    Reply

    1. Bébé

      iyaaa.. ada mama sama mama utiiii

      Reply

  15. Melissa Octoviani

    jayden belom bisa mamamamama loh… bisanya babababa… tapi kadang kalo kepepet keluar kata ma….kayak kalo mau nenen, dia nangis2 sambil bilang ma hahahaha…

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. naaah ituuu. Awal2 juga si Jo kalau manggil mama kalau ada maunya aja.. LOL (sekarang juga sih.. :P)

      Reply

  16. Resna

    huehehhee..iya yah anak2 itu emang suka2 deh manggil orang hehehe

    adek2ku akhirnya dipanggil nama aja sama qila dan eisha< orang2 yang suka rada “sopan” suka memperbaiki panggilan mereka supaya mereka panggil pake kata tante padahal sih yah tante2nya malah lebih suka dipanggil pake nama supaya berasa muda terus katanya hehehe

    dan karena masalah panggilan ini juga, nyokap gw mengharuskan gw memanggil suami dengan panggil sesuai panggilan anaknya supaya anak2 bener manggilnya. jadi deh yah ayah bunda deh saling manggilnya. :mrenges:

    Reply

    1. Bébé

      Hihihi sama kayak si Jo manggil tantenya ya.. cuma nama aja.
      Naaah.. masih malu2 nih manggil bubu pake Papa.. :haha: geli geli gimana gitu.. :lmao:

      Reply

  17. Idah Ceris

    Hihihi, berarti ada baiknya manggil suami jgn pakai nama, yaa.

    Hi Jooo, apakabaar kamu?

    Reply

    1. Bébé

      Iya niiih.. tapi malu manggil Bubu pake Papa… :blush: :blush:

      Alhamdulillah, Jo sehat2 aja tante..

      Reply

  18. Dina

    Jadi inget waktu Raka belom setaun, gw n Mas Ben pernah ditegor sama om-tante di gereja karena saling panggil nama. Nanti Raka ikut-ikutan panggil nama, kata mereka. Waktu itu kita ketawa dan cuek aja. Eh ternyata bener tuh, jadi sekarang sebisa mungkin panggil “mami papi” kalo di depan Raka walaupun agak jijai bajai sih hahahaha. Ya tapi tetep aja, kalo Papinya lagi ga sabaran nunggu Maminya dandan atau ke WC kan suka teriak tuh “Diiin” alhasil si Raka kalo lagi keluar iseng nya suka ikutan jerit sambil teriak: “Ninaaaaaaa…!!!!” lalu cengegesan pengen jitak rasanya hahahaha

    Reply

    1. Bébé

      Muahaha.. nah gue masih dalam fase jijai bajaj nih Din.. agak2 geleuh gimana gitu rasana.. LOL

      Reply

  19. Bubu dan si Kecil (Part-4) | BebenyaBubu

    […] pertama kalinya nyariin bapaknya. Woohoooooo!!!!     Dan yang disebut “Papa” loh, bukan “Bubu” kayak […]

    Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P