Belajar bahasa lewat lagu

swedish-02

Kayaknya mulai beberapa tahun belakangan ini gue mulai rajin mendengarkan lagu-lagu dari artis lokal Swedia. Awalnya sih karena suami selalu rajin ngajakin nonton sebuah acara tahunan yang bernama Melodifestivalen di TV. Dari acara tersebut mulailah gue mengenal beberapa artis lokal yang jenis musiknya ternyata cocok di telinga. Selain dari acara TV, gue juga mengenal beberapa penyanyi via radio kalau lagi iseng dengerin siarannya online. Sejauh ini penyanyi Swedia favorit gue ada beberapa, seperti Loreen, Albin, Matthias Andersson, Mårs Zelmerlöw, Kim Caserion, Danny Saucedo, dsb (pasti ga ada yang familiar dengan nama-nama yang barusan gue sebut deh Hahahaha).

Satu hal dari para penyanyi Swedia, they looove using English lyrics for their songs. Kayaknya banyaaaaak banget penyanyi Swedia yang memang merekam satu album full berbahasa Inggris dan bukan Swedia. Hal ini tentu aja gue terima dengan senang hati karena artinya gue bisa paham mereka nyanyiin apa tanpa perlu susah-susah buka kamus segala. Dan karena mereka berbahasa Inggris itu lah gue jadi kepincut dan suka banget sama musiknya. Naaaah karena udah suka dan merasa cocok, gue pun mulai merambah ke lagu-lagu berbahasa Swedia mereka. Emang keliatannya ga efektif yaa. Pilih-pilih beneeer. Tapi pada akhirnya kan sampai juga ke tujuan utamanya, yaitu mendengarkan bahasa Swedia. Hehehe

Karena rajin mendengar lagu-lagu berbahasa Swedia, tanpa sadar gue jadi sering ikutan nyanyi juga menggunakan bahasa tersebut. Dan ternyata menurut gue pribadi sih, untuk gue yang jarang bisa berkomunikasi dengan orang lokal karena ga sekolah/kerja, cukup membantu gue dalam belajar melafalkan beberapa kata yang memang selama ini jarang gue dengar atau masih suka keselimpet nyebutnya. Selain itu dengan sering-sering mendengarkan lagu, gue pun belajar untuk nangkep arti kata-katanya dalam waktu singkat. Seringnya sih gue berusaha sebisa mungkin ga liat liriknya di internet dan berusaha mengulang-ulang sendiri sampai ngerti. Tapi kalau udah mentok ya cari di yutub deh videoklip versi lirik yang sekarang kayaknya lagi in banget buat beberapa artis.

Salah satu artis dan lagu favorit di Swedia. Lagu-lagunya selalu enak buangeeet. Kayaknya dia ga muncul di Indonesia ya?? Hehehe

Ofkors, sebenarnya metode belajar mendengarkan text berbahasa Swedia ini pun bisa dilakukan dengan cara lain seperti nonton berita di TV, nonton film atau mendengarkan radio. Tapi yaaah.. kalo lagu pan lebih menyenangkan gituuuh. Kita dengan rela mengulang lagu favorit sampai speaker jebol kalau memang dasarnya udah suka. Coba kalau dipaksa nonton berita atau film yang kita ga tertarik sama sekali. Baru juga orangnya ngomong satu kata udah dimatiin TVnya.. LOL. Pada akhirnya kan yang penting setiap hari tetap terus belajar walaupun tanpa ke sekolah, eller hur??

Ada yang suka belajar bahasa baru via lagu juga? Kayak para penggemar K-Pop.. belajar bahasanya ga selama dengerin lagu-lagunya?

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

29 thoughts on “Belajar bahasa lewat lagu

  1. zilko

    Ah, lagunya Loreen kan hits banget Be, yang “Euphoria” itu. Tahun 2012 itu sewaktu dia menang Eurovision kayaknya dimainin dimana-mana dah, hahaha :laugh:

    Lagunya Måns Zelmerlöw “Heroes” tahun ini juga lumayan!

    Reply

    1. Bébé

      Huahah.. iya dua2nya karena menang Eurovision jadi tenar dimana2 yaa.. setidaknya di Eropa ikutan ngehits.. Pingin tau tahun 2016 besok menang lagi ga Swedia..

      Reply

  2. Wiwien

    Saya juga suka belajar bahasa lewat lagu mba. Sambil nyelam minum air ya mba. Haha.. Tapi entah kenapa K-pop sering mental :haha:

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha.. Samaaa.. Aku kalau k-pop nyerah duluan deh. Asal ikutin liriknya aja tapi ga pernah mau belajar ngerti artinya apa ???

      Reply

  3. Ristin

    Sambil belajar mnm air yaa.. dgr lagu sambil bljr bahasanya. Sekalian dari film2nya. Klo Bhs Korea jd tau dikit2 karena filmnya, bukan dari jenis Kpop gtu, ga ngerti soalnya… :laugh:

    Reply

    1. Bébé

      Hihi iya mba. Kalau film aku suka males karena kelamaan. Jadi suka lost di tengah2 trus bingung jalan ceritanya ??. Nah kalau Korea aku juga lebih banyak belajar dari dramanya. Lagunya kecepetan buat diikutin.. ??

      Reply

  4. arman

    gua suka denger lagu2 bossanova berbahasa brazillian. tapi gak pernah ngikut2 nyanyi sih, cuma suka dengerinnya. rasanya eksotis denger bahasa mereka. hahaha.

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. beneran ga pernah ga sadar tiba2 ngikutin kata2nya gitu Man? gue kalau dengerin lagu berbahasa lain yang keseringan didenger suka sotoy ikutan nyanyik.. hahahaha

      Reply

  5. Dita

    kayaknya emang lebih menarik kalo belajar lewat lagu, daripada berkutat sama buku melulu 😀

    Reply

    1. Bébé

      lumayan Dit sebagai alternatif. Biar sekalian kenal artis2 lokalnya juga 😉

      Reply

  6. Cut Inong Mutia

    Toss dulu ah, Be 🙂 Aku juga sampe sekarang salah satu sarana untuk belajar bahasanya (Dalam hal ini bahasa Jepang) adalah dengerin lagu-lagu berbahasa Jepang dan juga dorama-dorama Jepang. Dan kalau udah suka sama satu lagu Jepang, pasti aku cari full textnya plus juga artinya 🙂

    Reply

    1. Bébé

      huaaaaa.. kalau lagu jepang biasanya aku selalu cari textnya, tapi ga pernah mau tau artinya. Jadi ngertinya cuma beberapa kata aja yang sering banget didenger. Sisanya ga mudeng :mrenges:

      Tapi seru yah kalau udah bisa ikut nyanyiin lagunya bareng. Langsung berasa fasih ngomongnya.. hahaha

      Reply

  7. Desi

    Gue dulu awal mula belajar bhs inggris ya dari lagu juga Be… kayak dulu ngefens banget ama BSB ya udin diputeerrrr abis2an itu lagu sambil belajar bhs inggris dari liriknya. Keknya emang lebih efektif begitu hihihihi

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. iya kan Des. Gue juga sempet melewati masa2 nyatet lirik via dengerin lagu di radio. Sampe niat direkam dulu ke kaset kosong trus disetel berkali2 supaya kecatet semua liriknya. Hahahaha.. Berasa pinteeeer banget. Tapi pas kroscek sama di majalah, ternyata banyak yang ngawur dengernya.. :lmao: 😆

      Reply

  8. aina

    Bener beee..kadang denger lagu tuh bisa buat belajar bahasa. Gua dulu waktu masih sekolah suka inget2 lirik lagu kalo lagi ujian bahasa inggris trus ga yakin ama grammar nya..
    Tapi ragu ya ama lagu2 jaman skrg. Kadang banyak yg udah dipleset2in jadi grammar dan kata2nya ga baku.

    Klo korea, lebih ngena klo nonton variety shows.. lol..

    Reply

    1. Bébé

      Nah iya.. sekarang banyakan pakai bahasa gaul sih yaaa.. atau emang penyanyinya emg suka ngasal grammarnya.
      Tapi untungnya sih kalau Swedia masih bener lah secara grammar, cuma kata2 yang dipake aja kebanyakan bahasa ga baku gitu.

      Naaaah.. samaa. kalo korea gue lebih banyak belajar dari Variety Show sama dramanya..

      Reply

  9. kutubuku

    Gutlak belajar bahasa lewat lagu. Aku dulu juga sering dengerin lagu2 Danish jaman masih belajar2.

    Sekarang aku gara2 punya proyek di Swedia dan punya kolega orang Swedia dan harus bekerja dalam bahasa Swedia juga suka panteng kuping, lama2 sudah mulai terbiasa sih, yang dulu kalau nguping pembicaraan orang di kereta harus konsentrasi penuh, sekarang sambil lalu juga udah ngerti apa yang diomongin. Hahaha, cuman masalahnya orang Swedianya yang kadang suka nggak ngerti eke ngomong apa (aku tetep ngomong Danish)

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. iya orang sini kan pada ga bisa Danish.. Abis beda banget yah cara ngomongnya walaupun tetanggan gitu.
      Tapi hebatlah udah bisa ngerti Swedish juga sekarang. aku masih suka bengong kalau diajak ngomong.. haha

      Reply

  10. Ceritaeka

    Dulu belajar bahasa Inggris juga cepet kalo lewat lagu 😀
    Sekarang.. Umm… Belom kepikiran bahasa lain yang pengen dipelajarin 😛 Hehehe

    Reply

    1. Bébé

      Hehehe.. susah juga cari lagu2 berbahasa asing di Indonesia yaaa.. Jarang dipasang di radio juga.

      Reply

  11. Deny

    Sama Be, aku juga mulai sering mendengarkan lagu bahasa Belanda nih. Lumayan membantu buat listening. Efektif buat nebak-nebak sebenarnya mereka ini lagi bercerita apa lewat lagu. Sering ga jelas juga sih haha.

    Reply

    1. Bébé

      Nah iya Den.. lumayan banget buat latihan listening. Apalagi kalau lagunya bernada cepat.. uuugh pingin nempelin kuping di speaker biar kedengeran mereka ngomong apa.. LOL

      Reply

  12. Niee

    Aku termasuk yang susah buat belajar bahasa mbak. Hiks

    Reply

  13. qonita

    ah iya band dari swedia kan banyak yak kayak aaba, ace of base ato penyanyi jaman sekarang sbangsa tove lo atau icona pop jg dari swedia tp lagunya in english

    Reply

  14. Titin

    Klo duo band First Aid Kit disana termasuk yg terkenal bgt ga ? Sy suka Swedia karena Suka First Aid Kit. 🙂
    Salam dr Bandung

    Reply

    1. Bébé

      Mmm.. Kalau First Aid Kit aku malah belum pernah denger di radio. Kayaknya agak indie gt ya.. Tapi tadi nyoba dengerin di Yutub ternyata enak2 juga lagunya 🙂

      Reply

  15. Shanti

    sbg penggemar kpop jd terpanggil utk komen hahaha

    aku “tiba2” bisa baca tulisan korea gara2 keseringan liat kekoreaan :)) awalnya bisa baca nama penyanyi yg aku suka, trus ternyata baca hurufnya gampang jd kalo baca doang mah lama2 lancar. kalo tata bahasanya lebih susah jadi buat bikin kalimat paling ya “ngapalin” aja dari yang sering didenger.

    Reply

    1. Bébé

      Aaah.. Mirip adekku. Dia juga jd bisa “baca” karakter korea saking sering nonton semua yg berbau korea.. Hahaha

      Reply

  16. Pypy

    Duluuu jaman abg belajar english dari lagu 😀 Inget banget lagu pertama yg diartiin itu si lagunya Titanic yg fenomenal. Emang enak sih ya, jadi fun gitu makanya lebih masuk kayaknya belajarnya 😀

    Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P