Cooking Diary: Brownies Coklat Cheesecake Kukus

brownies-cheesecake-08

Belakangan ini gue lagi ngidam kepingin bikin sesuatu yang bercoklat dan berkeju. Sempat dua minggu yang lalu ngejajal resep baru Kladkaka yang rasanya bener-bener coklaaaat banget tapi akhirnya ga abis karena terlalu magtegh coklatnya. Trus sempet juga kepikiran mau remake NY Cheesecake yang pernah gue buat dulu, cuma males ngumpulin bahan-bahannya. Haaaah.. kowe tuh pingine opo tuh nduk.. Banyak maunya kok gede malesnya?

Yaaa.. Bingung juga sih sebenernya. Kayaknya yang udah campuran keduanya pilihan paling ok deh. Ada coklat tapi ada kejunya juga. Bener ga? Dan setelah ngubek-ngubek mbah google, ketemu juga sebuah resep yang kayaknya harus banget untuk dicoba, yaitu Brownies Cheesecake Kukus.

Gue udah pernah beberapa kali nyoba bikin brownies kukus tapi hasilnya ga pernah padat (kayaknya sih kegedean api). Jadi percobaan kali ini juga sekalian pingin tau apakah akhirnya bisa dapet tekstur brownies yang padat dan enak itu.

brownies-cheesecake-04

Resep ini gue ambil dari foodblog Eelmsthebaker, dengan beberapa perubahan sesuai kondisi saat masak.

Bahan Brownie Coklat:

  • 5 butir telur suhu ruang
  • 50 gram tepung terigu serba guna yang sudah diayak
  • 50 gram cocoa bubuk
  • ½  sendok teh baking powder
  • 120 gram mentega (gue pakai unsalted butter)
  • 50 gram chocolate masak (gue pakai dark chocolate 70%)
  • 130 gram castor sugar
  • 3 sendok makan susu kental manis

Bahan Cheesecake

  • 250 gram cream cheese, suhu ruang
  • 50 gram unsalted butter, dihaluskan tapi tetap dingin
  • 50 gram tepung terigu yang sudah diayak
  • 50 gram castor sugar
  • 1 butir telur, suhu ruang

* * * *

Persiapan awal: Menggunakan loyang bulat (gue pakai springform berdiameter 22cm), oles dasar loyang dengan mentega (kalau gue ditambah lapisan kertas roti setelahnya). Setelahnya siapkan pengukus dengan jumlah air yang cukup untuk mengukus selama 60 menit. Lapis tutupnya menggunakan serbet supaya air tidak menetes ke kue ketika dikukus.

Membuat lapisan Brownie

  1. Menggunakan teknik double boiler, lelehkan coklat masak dan mentega di sebuah mangkuk tahan panas di atas panci berisi air yang sedang dididihkan. Setelah keduanya meleleh, pindahkan dari atas panci dan masukkan susu kental manis. Sisihkan sementara sampai dingin.
  2. Panaskan pengukus menggunakan panas sedang.
  3. Kocok telur & gula sampai mengembang dan warnanya berubah pucat. Adonan seharusnya mengembang sampai kurang lebih 3x dari volume awal (lama mengocok ± 10 menit)
  4. Ayak tepung terigu, cocoa bubuk dan baking powder.
  5. Masukkan lelehan coklat & mentega ke dalam adonan telur, aduk sampai rata.
  6. Dengan kecepatan mixer rendah, masukkan bahan kering (tepung, dll) sampai menyatu sempurna. Jangan lupa diaduk sampai bagian bawah wadah menggunakan spatula.
  7. Pisahkan bahan menjadi 2, kurang lebih 345 gram perbagian (kalau mau lebih tepat ukurannya bisa dihitung manual sendiri yaaa).
  8. Tuang satu bagian bahan ke dalam loyang, ratakan. Lalu banting loyang perlahan supaya gelembung udara yang besar hilang.
  9. Kukus brownie selama 15 menit.

Sementara bahan brownie pertama dikukus, siapkan bahan cheesecakenya:

  1. Kocok cream cheese, mentega, telur dan gula sampai rata.
  2. Masukkan tepung dan kocok lagi sampai halus dan tercampur semua.

Langkah pembuatan Brownies Coklat Cheesecake:

  1. Setelah ngukus bahan pertama selama 15 menit, pindahkan loyang secara hati-hati dari atas kukusan (my way: karena pakai tipe kukusan yang nemplok ke panci (kukusannya IKEA) jadi gue pindahin bagian atas kukusan seluruhnya – ga cuma loyangnya aja dan kukusan kembali di tutup supaya panasnya tetap stabil).
  2. Tuang bahan cheesecake dan sebarkan secara merata di atas lapisan brownie di dalam loyang.
  3. Kukus kembali selama 10 menit.
  4. Tuang sisa bahan brownie di atas lapisan cheesecake dan kukus selama 15 menit. Setelah 15 menit, cek apakah brownie sudah matang dengan cara ditusuk di bagian tengah kue. Jika tusukan keluar bersih berarti adonan sudah matang sempurna. Jika belum, tambah lagi waktu kukus selama 5-10 menit sampai adonan benar-benar matang.
  5. Setelah selesai, matikan kompor dan buka tutup sedikit saja supaya uap panasnya keluar. Biarkan selama 3 menit agar brownies tidak langsung menyusut.
  6. Pindahkan loyang berisi brownies dari kukusan dan biarkan dingin di dalam loyang selama 10 menit sebelum dikeluarkan dari loyang dan didinginkan secara sempurna.
  7. Biarkan brownies dingin sebelum dipotong.

Hasilnya… Hmmmmm….

brownies-cheesecake-05

I must say.. walaupun untuk percobaan perdana ini bisa dibilang kurang sempurna hasilnya, gue cukup puas dengan rasanya, apalagi teksturnya. Akhirnya tekstur brownies kukus yang padat berisi bisa juga gue dapatkan di percobaan kali ini. Yeaaaaaay. Soal rasa.. untuk kalian yang suka manis, resep di atas menurut gue kurang menghasilkan brownies yang benar-benar manis. It’s sweet but not too sweet. Lagom gitu lah. Which I like. Jadi kalau memang sukanya manis bangeeet, sepertinya beberapa bahan di atas harus di tambah lagi porsinya. But my favorit part of the brownie is the cheesecake part. Rasa kejunya  pas banget dan berhasil memberi rasa/tekstur cheesecake pada umumnya kalau dipanggang. Which is e-ma-zeeeeeng..

Saat memasak gue mengikuti resep di blog yang gue sebut di atas to a T dan ternyata bagian bawah brownies (lapisan pertama masuk) kurang matang dan masih basah banget di bagian tengah. Karena itulah di resep yang gue tulis di post ini gue menyarankan agar dikukus dulu selama 15 menit sebelum bahan cheesecakenya dimasukkan. Alternatifnya waktu masaknya diperlama lagi. Walaupun agak takut kalau cara kedua malah bikin seluruhnya kematengan yaaah.

brownies-cheesecake-03

aku ambil satu ya maaaa

Overall Verdict:

Resep ini OK banget buat dicoba untuk mereka yang lagi ngidam coklat dan keju. Ga seperti brownies keju yang lapisan kejunya cuma seiprit, resep brownies cheesecake ini benar-benar memuaskan para penyuka keju, seperti SAYAAAAA, karena lapisannya benar-benar tebaaaal dan bermakna. Proses pembuatannya pun ga rumit bikin gue ga terlalu jiper jika ingin mengulang lagi supaya makin kece hasilnya.

So… ada yang mau jajal juga? Kalau udah coba, boleh dooong kabar-kabari hasilnya. Siapa tau ada input ini itu soal proses masak atau bahannya..

DITUNGGU YAAAAAAAAAA…

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

28 thoughts on “Cooking Diary: Brownies Coklat Cheesecake Kukus

  1. dani

    Huaaaa. Bikin ngiler Be. Terutama bagian cheesecakenya. 😀

    Reply

    1. Bébé

      cheesecakenya enak Dan. Gue kayaknya mau bikin lapisan coklatnya 1 aja deh lain kali. Biar banyakan cheesecakenya 😀

      Reply

  2. Sandra

    Bikin lapaarrrr……?

    Reply

    1. Bébé

      aku juga jadi laper sekarang

      Reply

  3. Anita

    Mba bebeeee..bikin ngiler banget deh brownies nya..tp kayanya ko agak ribet ya hehe..kebiasaan bikin brownies panggang yg ngga pake mikser, cuma aduk2, tuang loyang, panggang, jadi deh..yg ini musti buka tutup kukusan beberapa kali..tapi ngiler banget liatnya..fufufu..

    Reply

    1. Bébé

      haha iya kalau panggang emang lebih gampang ya. Kalau kukus buka tutup tapi aku lebih suka. lebih fluffy.. 😀

      Reply

  4. tiwie

    Nyummy,,,, mau minta dilempar aja spotek ke bekasi. Boleh?? :yes:

    Reply

    1. Bébé

      boleeeeeeeeeeh.. seloyang juga boleeeh

      Reply

  5. Lia Harahap

    Gambarnya sungguh menggoda. Tapi aku paling gak bisa bikin yang kayak begini. Jadi pengen beli brownies Amandaaa 😀

    Reply

    1. Bébé

      Iya.. beli aja lebih gampang.. hahaha

      Reply

  6. Ata

    Duh itu kejunya ndak tahaaaaan, makasih resepnya Mba Be, aku wajib kudu mesti nyoba ini. :whistle: :thumbsup:

    Reply

    1. Bébé

      Sama2.. selamat mencoba. semoga cocok ya sama rasanya

      Reply

  7. andyhardiyanti

    Huaaa, kelihatannya enak banget itu :hungry: :hungry:
    Ini kalau Bebe tinggal di Indonesia udah bisa buka toko kue nih atau gak jualan online gitu.. Ngehits banget kue-kuenya.

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. aamiiin.. semoga beneran yaaah.. 😀

      Reply

  8. intanrawits

    wahh kejunyaaa nendang bangettt! Puasss rasanya ya mb, saya pernah coba bikin bronie panggang eee gatot adonannya tetep cuer walau udah dipanggang lama, hiks. habis itu belum pernah coba bikin kue lagi, haha

    Reply

    1. Bébé

      Waaah.. salah ukuran kali ya? aku sampe sekarang belum bisa bikin bronies kukus yang bener2 sempurna nih. Ada aja pasti salahnya.. huhuhu

      Reply

    1. Bébé

      Dicoba Dian.. siapa tau suka loooh.. 😉

      Reply

  9. lieshadie

    Hwaaaaaaa…bikin ngiler…mau coba juga ah…

    Reply

    1. Bébé

      kalau udah coba kabar2i ya mba bisa diupgrade dimana biar lebih enak.. 😀

      Reply

  10. Wiwien

    Uda mendekati jam makan siang dan saya jadi benaran lapar habis lihat fotonya 😛

    Reply

    1. Bébé

      hihihi.. yess. .berhasiilll.. 😀

      Reply

  11. Niee

    Aku pernah bikin brownies kukus jadinya malah kayak apam ?

    Reply

    1. Bébé

      hihihi.. tapi mirip2 kan Niee.. 😀

      Reply

  12. Desi

    wiiih..ini mirip ama brokus kejunya Amanda favorit eykeeh, cuma kalo Amanda kejunya diatas tok, tapi tebelnya sama kayak gini…

    issh..makin tjanggih aja nih mak bikin2 kuenya… kereeen…. gue mau coba ah kalo nanti pas libur, secara pake kukusan aja, soalnya di rumah akika blom punya oven…heuheuheu…

    Reply

    1. Bébé

      gue jadi pingin bikin versi Amanda deh Des. kayaknya enak kalo kejunya di atas doang gitu.

      Reply

  13. Pypy

    Enakkk bangett Be, andai dgn ngejilat kompiee bisa ngerasain kue nya.. Aaaaaaa..

    Reply

  14. pipit

    bikin ngileeeerrr.. bikin pengen bikin sendiri… tapi tapi tapi..



    malas euy 😛 belum kepepet kayaknya..

    Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P