The Scariest 60 Seconds of My Life

Hari Minggu kemarin gue didapuk sebagai fotografer di acara Namngivning (semacam baptis tapi non-religious ceremony) anaknya teman gue di sini. Suami dan anak ikut juga karena selama ini Jo selalu behave well setiap diajak ke acara kumpul-kumpul dan hari itu pun dia ga ngeganggu gue “kerja” sama sekali dan suami selalu siap sedia berperan sebagai asisten terpercaya.

Acara selesai, kami pun membantu si empunya acara beberes ruang serba guna yang digunakan tadi. Selain kami bertiga, saat itu masih ada beberapa teman Indonesia lain yang masih tinggal dan turut ikutan bantu bersihin ruangan. Diantaranya juga termasuk beberapa anak kecil seumuran Jo yang sibuk lari kesana main balon yang berserakan. Jo sendiri karena ga terlalu akrab sama anak-anak yang lain jadi masih malu-malu  buat ikutan dan lebih memilih ngintilin gue kemana-mana.

Setelah ruangan udah cukup bersih, Bubu bilang kalau dia mau masukin tas peralatan kamera ke dalam mobil dan dia pun pergi melalui pintu masuk utama. Sambil menunggu suami kembali, gue mendatangi meja penuh tumpukan kado dan mulai menulis di buku tamu yang tadi belum sempat gue lakukan. Jo, seperti biasa berdiri di sebelah gue tanpa suara.

Kelar nulis di buku tamu gue berbalik badan dan menemukan Bubu sudah berdiri di belakang gue. Kami pun memutuskan untuk pamit pulang dan saat itulah gue sadar kalau Jo udah ga ada di ruangan. Awalnya kami kira dia ikutan main sama anak-anak yang lain dan gue mencoba mencarinya keseluruh sudut ruangan tanpa hasil. Si Bubu langsung lari ke arah pintu belakang yang terbuka, takutnya si anak kecil penasaran keluar lewat sana. Gue pun mulai berteriak memanggil nama Jo berkali-kali dan hasilnya ga ada jawaban balik dari si anak kecil. Bergegas juga gue lari ke pintu menuju lorong ke arah pintu masuk utama, dimana ada meja tamu di sana tapi Jo masih belum keliatan batang hidungnya

Saat itu gue seperti terkena panic attack. Gue jadi susah bernapas dan nyaris nangis. Sumpah rasanya seluruh badan gue merinding ketakutan dan sangat amat panik banget. Rasanya mimpi buruk gue menjadi nyata. Walaupun gue berusaha ngomong ke diri gue sendiri “tenang, Jo ga bakalan kemana-mana. Ga ada orang lain di gedung ini” tetep aja namanya hati susah untuk diajak kompromi. Gue mulai berteriak lagi memanggil nama si kecil untuk kedua kalinya sambil menunggu di lorong pintu masuk utama tadi dan kali ini Jo muncul dengan muka lempeng sambil bilang “mamma? mamma?”.

Langsung badan lemes lunglai liat si kecil jalan ke arah gue. Nafas yang tadi tertahan akhirnya bisa terhembus lega. Oh my baby…

Selama ini walaupun nyaris 24 jam si kecil selalu bareng gue tapi bukan berarti dia ga pernah gue tinggalin ataupun gantian dia yang pergi sama bapaknya. Tapi walaupun ga ketemu muka terus-terusan setidaknya gue tau lah dia kemana dan sama siapa saat itu. Baru pas hari Minggu itulah si Jo yang bener-bener ilang dari pandangan gue tanpa gue tau dia kemana dan sama siapa. Karena itulah gue bersyukur banget gue diingatkan supaya ga pernah meleng dari ngeliatin anak dengan cara yang halus ini. Setidaknya dia ilang di tempat yang memang tertutup dan hanya kami-kami aja di gedung serba guna saat itu. Coba kalau dia memutuskan untuk melancarkan aksi menghilangnya di mall atau di resto yang ramai. Pasti gue bakalan bikin satu gedung geger dengan teriakan dan tangisan histeris.

Sayangnya seumuran Jo gini (she’s 22 months old) masih belum bisa dibilangin untuk jangan kabur-kaburan sendiri yah. Soalnya pas sebelum tidur gue nyoba bilangin ke Jo supaya ga ngilang sendiri kayak siangnya dan anaknya cuma ketawa-ketawa doang (minta dipites banget bocah).  Jadi memang harus guenya yang punya mata 5 (3 di belakang) supaya ga kejadian lagi anak ngabur ga ketauan.

Haaaaah.. it was the scariest 60 seconds of my life.. semoga ga pernah terulang lagi lain kali. :sigh:   :pray:   :pray:   :pray:   :pray:

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

52 thoughts on “The Scariest 60 Seconds of My Life

  1. Cut Inong Mutia

    Bacanya ikut deg degan, tapi alhamdulillah Jo ketemu n baik baik aja 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Iya Nong.. alhamdulillah banget ilangnya ga lama2. Kalau lebih lama dari itu udah pake adegan emak2 nangis dulu kayaknya

      Reply

  2. Puji

    Syukurlah Jo balik lagi, btw maap aku mau kepo. Itu ternyata anak kecilnya lagi keliling aja sendirian?

    Reply

    1. Bébé

      Ga tau si Jo kemana. Aku mikirnya dia nyariin bapaknya sih. Tapi bapaknya juga pas balik ke ruangan ga liat anaknya sama sekali padahal lewat lorong yang sama.. 🙁

      Reply

  3. Olivia

    Bacanya kayak nonton film thriller, tegang! Untunglah langsung ketemu ga lama kemudian ya. Mungkin itu kali ya alesan beberapa ibu di mall yang pakein semacam tali kekang ke anaknya ala-ala doggy gitu, biar ga ngilang. #berusahapaham

    Reply

    1. Bébé

      Iya.. aku pertama kali liat ibu2 pakai alat itu waktu di Disneyland dan keliatan banget sih bergunanya. Setidaknya ibunya ga perlu ngeliatin anaknya terus dan bisa ngerjain yang lain sebentar. Aku juga niatnya mau pakein itu ke Jo, cuma selama ini Jo kalo kemana2 selalu duduk di stroller. Akhirnya ga jadi deh.

      Reply

  4. Pipit

    Hah..it must be scariest time for every parents, mbak.. anakku jg pernah keluyuran di toko buku yg banyak lorongnya (she’s 18 mos) jantungku melorot ke perut rasanya, untung 30 detik kemudian ketemu di salah satu lorong lg ngajakin ngobrol mbak2 cantik..hadeh..klo ketemunya orang jahat gmn coba.. ???

    Reply

    1. Bébé

      Huhuhu.. iya kan.. Aku juga pasti panik deh kalo gitu. Makanya kalo ke mall, Jo pasti selalu di stroller. Kalaupun di lepas, harus ada yang ngeliatin terus.

      Reply

  5. Melly

    Errrr lemes lah pokoknya kalo urusan anak kecil ngilang gini, spot jantung rasanya :cry2:

    btw, itu si jo daripada dipites mending kirim ke Jerman :yahoo:

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. kalo di Jerman di sayang2 ya Bulur?

      Reply

      1. Melly

        Kalo di Jerman bakal diciumin sampe puas hahahaha :girl_kiss:
        Abis itu barengan kakak-kakaknya disini ngabisin donat :dance:

        Reply

        1. Bébé

          huahahahahaha.. mamanya ngikut dooong ngabisin donaaat :like_food:

          Reply

  6. Maya

    Aiyooo neng geulis bikin mamah nya jantungan ya. Haduh untung kamu ga kenapa napa dek…
    Anak kecil gampang tertarik sama sesuatu sih Be, kayak mainan atau makanan atau sesuatu yang unik, mereka masih belum aware sama bahaya. Pengalaman banget ya Be, mudah2an kedepannya ga kejadian kayak gini lagi. Huhuhu peluk Bebe :cozy:

    Reply

    1. Bébé

      Banget May. gampang banget ke distract apa gitu. Main ngeloyor aja pergi ga bilang2.. Grrrr..
      Iya semoga ga gitu lagi.. huhuhu :giveup:

      Reply

  7. Rina

    Walaaahhh ikutan deg2an bacanya, syukur kepada Allah ketemu ya Be. Smoga gak kejadian lagi ya be 😉

    Reply

    1. Bébé

      Iya mba. Semoga ga lagi deh. Kapok akuuu

      Reply

  8. Tissa

    Duuhh ya ampun untung banget ya be..yg bikin stres tu sbnr nya takut anak nya diambil orang..semog jd lbh waspada ya

    Reply

    1. Bébé

      Emang Tis.. Mana di Swedia juga udah bbrp kali kejadian kan. Jadi ya tetep aja parno walau di sini juga.

      Reply

  9. Evita wijaya

    Gw juga ikutan deg2an be. Apalagi waktu itu jg pernah nonton hal serupa. Bener2 serem yah. seperkian detik kita meleng. Anak jg bisa ngabur. Huhuhu. Semoga nanti jo bisa dibilangin dan ngerti gak boleh jauh2 dan mama dan papanya.

    Reply

    1. Bébé

      Iya Pi. semoga bentar lagi anaknya bisa dikasih tau nih. Sekarang mah masih lempeng banget. :lonely:

      Reply

  10. Lia Harahap

    Untung gak ada apa-apa dan cepet ketemu ya, Mbak. Was-wasnya minta ampun kayak gitu pasti.

    Reply

    1. Bébé

      Bangeeet. Kayak berenti napas deh beneran.

      Reply

  11. Anggie

    Ikutan panik deh bacanya.. Si Jo tuh kemana Beb sebenarnya.. Apa mau ajak main petak umpet gt yaa?? Alhamdulillah gpp… Kebayang paniknya spt apa, soalnya dl Athar pernah jg ngilang, eh dianya ternyata ajak main petak umpet…

    Reply

    1. Bébé

      Ga tau Nggie. Kayaknya sih nyari bapaknya. Tapi bapaknya pas balik masuk ke ruangan juga ga liat anaknya tuh. Ga tau ngumpet ga tau ngapain. Huhuhu

      Reply

  12. andyhardiyanti

    Huffft… Jo… ini baca postingannya aja sambil deg-degan endingnya gimana T_T
    Syukurlah ketemu juga. Tadi pikirnya si anak lolos keluar gedung, gimana jadinya dah itu 🙁
    Usia segini emang harus tetap dijagain sih yaa, paling gak yaa itu kita tau posisi mainnya aman atau tidak. Sedja aja yang udah umur 4 tahun, kalau saya lagi kerjain apa gitu (nyuci piring misalnya) yang beda ruangan sama tempat dia main, tetap saya panggil sekali-sekali sekadar ngecek kalau posisi dia masih di tempat bermainnya tadi.

    Yang ada sih malah Sedja yang males jawabnya. Hahahhah
    Saya panggilin “Sedja, Sedja dimana?”.
    “Masih di sini kok maaa..”

    *Beberapa menit kemudian emaknya nanya lagi.
    Trus sama Sedja malah dijawab “Ndak kemana-kemana kok maa, mama nii nanya terus”

    :mrenges: :mrenges:

    Reply

    1. Bébé

      Hihihi.. iya aku juga kalo lagi di dapur pasti tiap 30 menit sekali lah manggilin si Jo, ngecek lagi ngapain. kadang anaknya dateng, kadang cuek. Suka2nya aja.. :yes: 😀

      Reply

  13. sondangrp

    Bebeeeee, aku bisa ngerasain ituuu…Aku pernah gitu Be, di rumah sodara, aku lagi ngobrol keasikan , eh tetiba senyap kok gak ada suara Ephraim sama Gaoqi lagi (itu waktu mereka umur 4 dan 2 tahun) ya ampuuun aku sama tanteku yg tadinya ngobrol lari ke luar rumah, dan jalanan kosong, hatiku mau pecaaah, dan aku nangis di situ Be, nangis sambil teriak teriak nyari, soalnya itu pas liburan ke Medan dan jam kerja jadi emang kompleks sepi, aduh beneran jantung lemess banget itu ya, aku cuma lari lari tapi gak bisa mikir sambil teriak manggil. Dan ternyata merek pergi ke kantin deket rumah tanteku, pergi sama sepupunya (yg ternyata udah pulang sekolah zzzzzz), Itu mereka sampe skrg inget, moment yang aku sama tanteku nemuin mereka dan aku peluk sambil nangis nangis.
    Bener Be, itu teguran yang haluuus buat kita ya, buat semakin waspada. Sejak saat itu aku gak pernah sepele sama urusan waspada liatin anak di manapun. Rasa sakit yang beberapa menit (kalo aku waktu itu sampe 5 menitan deh Be) itu nancepnya sampe sekarang masiih jelas terasa hiks

    Reply

    1. Bébé

      Yaampun mba.. Aku juga pasti nangis deh kalo sampe “ngilang” lama gitu anak2. Pikiran udah kemana2 ya mba pastinya. :lonely:

      Reply

  14. astridtumewu

    ahh Be, syukurlah Jo nya udah balik, semoga gak pernah kejadian lagii, aminn..
    Btw. itu Jo lucuuuuuuukkkk banget sama kostum gitu <3

    Reply

    1. Bébé

      Iya Trid. Semoga ga kejadian lagi nih. 🙁
      Hihih makasiih. dia pake topi kebanggannya tuh 😀

      Reply

  15. Yance

    Wahhh, untung si Jo gak kemana2…gua nebaknya ada di kolong meja kado itu be…kebayang sihh paniknya kayak apa….

    Reply

    1. Bébé

      Ga ada mba di kolong meja. Soalnya dia nongol dari arah pintu masuk sana. Jadi jalannya udah jauhan dari ruangan kumpulnya.

      Reply

  16. melissa

    Emang beeeee.. nyariin anak itu bikin stress ya, untungnya cuma 60 second ilangnya.
    Gw sering nya kehilangan anak yang diajak jalan2 sama sus pas gw dan papanya makan. Katanya cuma jalan2 di depan resto, ternyata jalan2nya jauh sampe gw hrs keliling mall dulu -_-“. Bigimanapun kan gw parno ya takut anak diapa2in

    Reply

    1. Bébé

      Haaaaiiih.. Itu mah horor Mel. Kalo gw udah misuh2 kali. Huhuhu Hari gini gitu kaaan. Apalagi kadang2 suster itu percayaan aja sama orang asing.

      Reply

  17. Niee

    Waaahhh mbaaakkk i feel you. Makanya aku suka heran sama ortu yang anaknya seumuran jo atau K gini yang bisa bisanya biarin anaknya sendirian jalan di resto atau maen sama anak laen (yang tua palingan 5 tahun gitu) aku seh kemana sinK aku intilin terus deh.

    Reply

    1. Bébé

      Udah pede kali ya ortunya kalo kayak gitu Niee. Ato memang ada yang liatin dari jauh, makanya berani. Aku juga selalu taro Jo di stroller sih, supaya ga kabur2an..

      Reply

  18. santril

    aku ikutan tegang bacanya lho ini..duuuhh reminder banget buat aku nih yang kadang suka keasikan sendiri di tempat rame.. 🙁

    Reply

    1. Bébé

      Sama2 Tri. Aku juga kesentil banget ini kemarin. Cuma meleng 1 menit padahal. Huhuhu.. Ga lagi2 deh :fear:

      Reply

  19. IbuDzakyFaiRaffa (@fitrianita13460)

    ikut deg degan bacanya..

    mudah2an gak terulang lagi ya

    Reply

    1. Bébé

      InsyaAllah mba.. Semoga deh. Aku juga ga mauu. huhuhu :hide: :pray:

      Reply

  20. Desi

    ya ampuun Be…gue tau banget rasanya itu Bee…

    gue pernah kayak gitu soalnya…Radit ilang dari pandangan mata gue waktu gue lagi bersihin diaper Kinar di rest room mall…berdua sama nyokap. Ayahnya lagi di tempat lain, kalo ga salah lagi cari parkiran. Trus tetiba, karna gue repot nyari tisue basah, sementara nyokap pegangin Kinar, Radit tiba2 ga ada disamping gue… panik luar biasa gue ama nyokap langsung ngibrit keluar rest room, sambilan nenteng Kinar yang blom dibersihin.

    Dan ternyata tuh anak lagi berdiri ngeliatin toko mainan book…ya ampunnn..ampe lemes gue maakkkk…30 menit serasa di neraka saking gue sesek napas ngebayangin yang ngga2..

    Reply

    1. Bébé

      OMG Des… kebayang rasa paniknya Des. Huhuhu..
      Umur si Radit pun masih susah ya dikasih tau gitu. Apalagi se Jo gini yaa. Cuma ketawa2 doang :doh:

      Reply

  21. zilko

    Hihihi, jadi inget pas kecil dulu aku pernah “hilang” Be. Trus setelahnya dimarahin habis-habisan. Padahal aku mah nggak merasa “menghilangkan” diri karena memang dari kecil udah paham arah :tongue: . Tapi memang sih ya dari sudut pandang orangtua memang pasti khawatir banget

    Reply

    1. Bébé

      anak2 mah emang suka gitu ya Ko. Adekku juga sempet waktu masih TK, lagi acara family gathering kantor papaku di Dufan, dia tiba2 ngilang sendirian karena pingin main yang lain dan berasa udah tau tempatnya jadi ga nunggu aku ato papa mamaku. Akhirnya sempet ngilang dong. Ketemunya sama salah satu temen kantor papaku dan dibawa ke panggung utama. Haaaaah. Untung dia udah ngerti nama bapaknya siapa. Jadi pas ditanya bisa jawab. :lonely: :lonely: :unsure2:

      Reply

  22. Wiwien

    Sepertinya semua anak kecil akan melakukan hal seperti ini curcol 😀
    Puji Tuhan Jo tidak apa-apa ya mba.

    Reply

    1. Bébé

      Iyaaa.. suka ngilang ga ngomong2 bikin ibu bapaknya jantungan.. huhuhu

      Reply

  23. Beby

    Mbaaaak.. Hampir sama kayak kejadian aku. Aku ngilang waktu belanja sama Tante. Huahahah.. Giliran ketemu malah cengengesan 😀

    Reply

    1. Bébé

      ahahaha.. ga berasa bikin orang jantungan yah.. 😛
      Si Jo juga lempeng aja mukanya. makin bikin pingin nguyel2

      Reply

  24. tiwie

    Nyesekkkkkk,,,,, aku tau bgd itu rasanya bagaimana. Engaaapp bener bacanya. Alhamdulillah anak kunyil tau jalan balik lagi.

    Reply

    1. Bébé

      Iya.. untung si Jo udah ngerti kalo dipanggil. Jadi kemarin pas diteriakin namanya nongol.. huhuhu

      Reply

  25. Pypy

    Gilakkk.. Kebayang paniknya, Be.. Syukur lah Jo gak kemana2 ya.. Memang musti selalu waspada dah sama anak, meleng dikit takut dia kmn2..

    Reply

    1. Bébé

      Emang Py.. musti punya mata banyak sama tangan bercabang kayaknya biar bocil ga kabur2an.

      Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P