Our Trip to Germany 2015: Wonderful day at Miniatur Wunderland

MW-01a

Holaaaa… kembali ke cerita jalan-jalan kami ke Hamburg bulan Juni 2015 lalu. Ini udah telat banget yaaaah?? Ho’oh I know. Waktu pulang dari Hamburg sebenernya berniatan mau cerita. Tapi biasa deh, baru mau nulis aja keburu males. Setelah itu keburu kami pulang kampung dan begitu balik ke Swedia keburu lupa. Nah sekarang mumpung inget dan udah ngedit-ngedit fotonya, mari jalan-jalan bersama ke Miniatur Wunderland…

Jadi, seperti yang udah gue ceritakan di post terdahulu mengenai perjalanan kami ke Hamburg, kami ga punya itinerary khusus selama berada di sana. Yang penting jalan-jalan keliling kota aja sekuat kaki ini melangkah. Tapi walaupun tanpa arah yang jelas, ada satu tempat yang udah gue rekues ke suami untuk dikunjungi, yaitu Miniatur Wunderland ini. So, di hari Minggu yang mendung kami bertiga pun berjalan-jalan ke sana.

Tapi… Miniatur Wunderland itu tempat apa siiih?

Well.. secara singkatnya sih MW adalah tempat eksibisi miniatur jalur-jalur kereta. Tapi yang bikin istimewa adalah tingkat kedetailan dari diorama di sekitar trek kereta apinya itu. Lebih jelasnya mungkin bisa dilihat contohnya di foto di bawah ini:MW-03a

those details… tjakep banget yaaaa

Sebelum kami sampai di gedung Miniatur Wunderland yang terletak di daerah Warehouse District, kami sudah memesan tiketnya terlebih dahulu seharga 13€/orang dewasa via website Miniatur Wunderland. Saat itu sih kami hanya ngeprint selembar kertas biasa yang berisikan info jam yang kami booking dan tiket fisik baru didapat di loket masuk. Tapi sekarang ga tau deh sistemnya masih sama atau ga. But eniho, karena kami sudah booking waktu tertentu, jadi ketika sampai sana kami ga perlu ngantri lagi dan bisa langsung masuk ke dalam area Miniatur Wunderlandnya.

MW-12

Bentuk MW sendiri terdiri dari beberapa tingkat, dengan lokasi miniatur berada di 2 & 3 lantai teratas. Di lantai yang sama dengan pintu masuk tersedia souvenir shop dan ruang restoran. Kami bertiga karena sudah makan siang langsung menuju ke lantai paling atas untuk melihat miniaturnya. Dan ternyataaaa.. Bagus banget bentuknya.

MW-09a

MW-08a

Jadi di ruangan yang ga terlalu besar itu terbagi menjadi beberapa segmen yang terpisah-pisah. Ada bagian Eropa, Asia, Amerika, dll. Ada pula satu bagian yang memperlihatkan miniatur airport Hamburg lengkap demgam pertunjukkan pesawat landing dan lepas landas. Saking kerennya, bagian ini selalu menjadi bagian yang paling padat dipenuhi oleh para pengunjung. Ya kapan lagi kan liat miniatur pesawat terbang beneran. Selain pesawat yang naik turun, diorama ini juga dipenuhi oleh mobil-mobil mini yang bergerak kesana kemari selama di atas daerah landasan airport. Dan uniknya, para mobil tersebut ga menggunakan rel di bagian bawahnya. Jadi keliatan super realistis banget. Masih ga paham cara mereka mengendalikan berbagai macam miniatur mobil di landasan, cuma yang pasti berhasil lah bikin yang nonton kagum dan terpana.

MW-05a

miniatur landasan pesawat lengkap dengan pesawat yang siap terbang. Sayangnya pas kami kesana pertunjukan pesawat mendarat dan lepas landasnya lagi error. Jadinya ga bisa direkam deh T_T. Tapi kalo masih pensaran, bisa langsung cari di yutub videonya. Kalau ga salah dari pihak MW juga punya deh.

Selain miniatur airport Hamburg, masih banyak lagi bagian dari tempat ini yang bisa membuat para pengunjungnya ternganga. Seperti miniatur pegunungan Aspen, Neuschwanstein Castle, dsb yang sangat realistis dan super niat banget buatnya. Semua lengkap dengan trek kereta yang selalu sibuk dengan berbagai macam kereta yang melintasinya. Setting lampunya pun selalu berganti dari pagi sampai malam dan terus begitu. Jadi kita ga hanya menikmati semua pemandangan dalam keadaan terang, tapi juga malam dengan hiasan lampu yang menyala dimana-mana. Contoh pemandangan malamnya seperti yang terlihat di foto landasan di atas.

MW-12a MW-04a

MW-06a

Yang gue suka banget dari tempat ini adalah hampir semua sudut yang miniaturnya selalu interaktif dengan para pengunjung. Semua yang datang bisa menggerakan beberapa bagian eksibisi dengan cara memencet tombol yang berada di railing yang membatasi antara set miniatur dan penonton. Sayangnya, semua tombol yang di pasang informasinya hanya ada dalam bahasa Jerman aja. Jadi saya ora paham blas tombol-tombol tersebut untuk apa dan terkadang harus sibuk cari-cari bagian mana yang bergerak selesai memencet tombol.

MW-11a

tombol-tombol interaktif yang bikin saya lost in translation *buka google translate*

Puas berkeliling, kami bertiga memutuskan untuk istirahat sebentar di restoran yang terletak di dekat pintu masuk. Ternyata di restoran ini ga hanya menjual snack dan minum aja, tapi menu-menu berat pun juga ada. Semua dengan harga yang ga terlalu mahal. List makanan beserta harganya pun bisa dilihat di website MW-nya langsung. Yang lucu dari resto di MW ini adalah bentuk kursinya yang dibuat seperti kursi kereta api, lengkap dengan “jendela” di sebelahnya. Bikin nuansa kereta api jadi lebih total dan maksimal deh.

image1image2 ruangan restonya

Karena kami pergi bersama seorang anak bayi yang masih menggunakan stroller, untuk memudahkan kami berdua menikmati miniaturnya secara maksimal, akhirnya kami sepakat untuk pergi secara bergantian. Masing-masing diberi waktu 30 menit untuk berpetualang dan setelahnya gantian jagain bocil di restoran. Memang sih agak kurang seru gitu kalo jalan-jalannya sendiri, abis ga ada yang bisa diajak spazzing bareng. Tapi daripada ribet dorong-dorong stroller di tempat yang sempit, mendingan sendiri-sendiri aja deh.

Dari semua hal yang dipajang di MW, gue paling suka mencari hal-hal unik yang tersebar di seluruh ruangan. Seperti contohnya mobil yang setengah terangkat karena kelebihan barang, miniatur seorang wanita yang sedang membetulkan mobilnya, bahkan ruang rahasia di bawah tanah ala Area 51 yang berisikan sebuah pesawat UFO. Di brosur yang kita ambil juga diberikan sebuah kuis mencari beberapa karakter yang tersembunyi di seluruh ruangan. Kalau lagi iseng, pasti seru banget deh ngeliatin semuanya satu-satu secara teliti supaya ketemu karakter-karakternya. Gue sendiri ga ketemu satu pun karena emang males nyarinya.. huahahaha

MW-02a

ada aja ide bikin beginian cobak

MW-10a

mba.. awas jangan nungging lagi yaaa

MW-07a

serius amat motonya mba’e

Overall.. gue sangat sangat SANGAT merekomendasikan tempat ini untuk kalian yang berencana berliburan ke Hamburg. Selain harga tiketnya yang ga terlalu mahal, koleksi miniaturnya pun ga mengecewakan. Semua detail yang ada di tempat ini sangat amat luar biasa. Koleksi miniatur yang dipasang juga ga hanya ada di kawasan dioramanya aja. Tapi di kamar mandi pun mereka memasang beberapa karakter miniatur yang kadang nyeleneh banget isinya. Selain itu juga walaupun emang tempatnya sendiri sempit, tapi benar-benar family friendly banget. Di ruang resto disediakan tempat menghangatkan makanan untuk bayi, ruang menyusui dan kamar mandi khusus anak-anak (lengkap juga ada popok gratis kalo lupa bawa atau keabisan). Harga-harga souvenir Hamburg yang dijual di tokonya pun lebih murah (sedikit) daripada toko souvenir di tempat lain. Saran gue sih sebelum kesana booking tiket aja dulu supaya ga perlu ngantri, apalagi kalau datang di musim liburan. Lumayan bisa motong antrian dan langsung masuk.

Haaaaaah… Nulis post ini jadi pingin balik lagi ke Hamburg. Suamiiiiiiikkk… bawa aku kesana lagi doooongg!! :kiss2:

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

30 thoughts on “Our Trip to Germany 2015: Wonderful day at Miniatur Wunderland

  1. Jalan2Liburan

    road trip dari Swedia ke Hamburg Be ? :bye2:

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha iya kmrn pas ke Hamburg roadtrip Feb. Cuma 5 jam sih dari Helsingborg – Hamburg ?

      Reply

  2. Ajeng

    lo ngambil cokelat dari pabriknya langsung ga, Be, waktu di miniatur wunderland? btw, tiap Januar dia gratis, kemaren juga hampir sebulan.

    Reply

    1. Bébé

      Emang ada coklat Jeng? Dimanaaaa? Ga ngeh ???

      Waaa.. Asiknya kl Januari gratisan. Lmyn banget ?

      Reply

  3. Yance

    Wohooo..keren amat miniaturnya be..,detil banget yaa..seru ajaa!

    Reply

    1. Bébé

      Gila mba detilnya tuh. Beda sama model2 miniatur di Madurodam dll yang kebanyakan lebih ke bentuk tempat2nya aja. kalo ini tiap2 karakternya dibikin unik :thumbsup:

      Reply

  4. Arman

    Jadi penasaran siapa yg motret in lu dari belakang be kalo masuk nya sendirian? Hehe

    Reply

    1. Bébé

      HUahahahaha.. itu si Bubu kok Man. Di fotonya pas masih puter2 bareng :laugh:

      Reply

  5. Lispa Lui

    Wowww, kak Be bikin envy bangetttt nihh :cry2:
    Cobanya pertunjukkaan mendarat dan landasnya pesawat gak error ya, jadi liatnya di blog kak Be aja, gak usah buka tab youtube lg, hehehehe..
    Itu cw berbaju ungu yang berdiri di samping Pegunungan Aspen beneran ya, kak? Kalo iya, gilakk niat banget bikin miniatur segede ituuu :waat:
    Btw, di postingan ini kok gak ada foto Neng Kecil? :dreaming:

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha.. iyaa. sayang banget begitu aku sampe depan railing buat ngerekam.. eh error pertunjukkannya.. GRRRRRR.. :annoyed: :annoyed:
      Hihi, itu salah satu pengunjung yang lagi liat ke bawah. Kalo ga salah inget sih itu besarnya 2 lantai deh. Jadi ada tangga turun juga disitu dimana kita bisa ngeliat miniaturnya lebih deket

      Reply

  6. tissa

    keren banget be..rayhan pst doyan bgt liat beginian..di lembang ada miniatur kereta api gt tp si bocah kok ga terlalu excited pas disana haha..tampak kurang seru buat dia sepertinya nya

    btw foto2 nya keceeee be

    Reply

    1. Bébé

      Rayhan ga mau pulang kayaknya Tis.. hahahaha..
      Thank youuu… 😀

      Reply

  7. Yuni

    Awal2 baca mikirnya: anak cowo pst nih yg seneng bgt kesini, udah kelarnya: gw pengen kesiniii :tongue: :heart_beat:

    Reply

    1. Bébé

      Hahahahaha.. semua pasti senang deh. :mrenges:

      Reply

  8. ria angelina

    Tempat yang wajib ya be di kunjungi plus harganya bersahabat pula…
    Tempat juga kece badai..

    Reply

    1. Bébé

      Iya Ria. lumayan worth the money buat didatengin kalo lagi liburan ke Hamburg. Apalagi kalo bulan Januari selalu gratisan buat siapa aja.

      Reply

  9. Maya

    Itu miniatur nya kereen banget. Super detail ya :bow:

    Reply

    1. Bébé

      bangeeet.. niat abis bikinnya. Dan koleksinya selalu nambah setiap beberapa tahun sekali. 😀

      Reply

  10. nabilla

    cakep banget miniaturnyaaaa hahaha

    Reply

    1. Bébé

      Iya memang bagus banget bikinnya. Niat abis 😀

      Reply

  11. coretan denina

    wah, saya belum ke sini… keren banget, detailnya ctjakap betul. oh ya, boleh tau pake kamera apakah motretnya? naksir sama kualitas jepretannya juga,.

    Reply

    1. Bébé

      Detailnya memang bikin terpana mba. Bagus banget. Aku fotonya pakai Canon 5D Mark II

      Reply

  12. andyhardiyanti

    Hiks, gak ada fotonya neng Jo 🙁
    Sepiiii hihihihi

    Reply

    1. Bébé

      hahaha.. iyaa. si Jo nemplok di stroller terus soalnya 😀

      Reply

  13. Qonita

    Cantik banget itu miniature worldnya…
    Kepikiran bikin gtuan segala kerenn

    Reply

    1. Bébé

      bangeeeet.. Emang. Trus karakternya itu loh.. aneh2 banget dibuatnya. Bikin ga bosen liatin satu2

      Reply

  14. Wid

    Keren banget! pengen banget kesana 😀
    itu miniaturnya dibuat bersalju karena disesuaikan dengan musim yang sedang berlangsung ya mba?

    Reply

    1. Bébé

      Yang bagian bersalju biasanya negara2 scandinavia.. Jadi setting mereka emang sengaja di buat bersalju terus.

      Reply

  15. Pypy

    Bagusss bangett, Be.. Itu yg miniatur bandara superb banget!! :good: Kalo mo foto maksimal emang mesti bawa kamera kece ya 😀

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha kamera yg kuat di tempat gelap sih Py. Kalo dslr kan kebanyakan lmyn lah kemampuannya di tmpt yg low light dibanding kamera pocket yg langsung ngadelin flash. ?

      Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P