Every end is a new beginning

Ketika gue memutuskan untuk memberi ASI untuk neng Jo, gue udah pasrah kalau perjalanan ini akan menjadi perjalanan yang cukup panjang. Kenapa? karena gue bertekad untuk bisa ngasih ASI ke Jo setidaknya sampai Jo berumur 2 tahun. Dan kenapa 2 tahun? Ya karena emang pingin aja.. LOL

Perjalanan menyusui gue dimulai dengan awal yang sangat pilu karena pengennya bisa ngasih ASI sebagai minuman pertama si kecil tapi gagal total karena beratnya Jo rendah banget dan harus langsung minum susu formula. Perasaan idealis musti ngalah dan menjadi realistis demi kesehatan si kecil juga. Baru hari ke 2 (atau ke 3 ya?, lupa), Jo baru mulai minum ASI sedikit-sedikit sembari masih nyampur formula.

Setelah itu bukan berarti proses ngasih ASI ke Jo lancar mulus tanpa masalah. Adegan tangis ngegeraung sampai mata hitam sembab sempat terjadi ketika ASI gue mampet ga keluar beberapa hari dan musti balik lagi ngasih Jo susu formula. Lagi-lagi pemikiran idealis gue musti mengalah. Belum lagi masa-masa puting berdarah dan rasa takut nyusuin karena ga tahan sakitnya. Haaaaah..

Namun, kendati semua luka dan duka, gue berhasil konsisten ngasih Jo ASI hari demi hari. Dan jujur aja gue merasa banggaaa banget. Bukan karena faktor ngasih ASI-nya, tapi kenyataan kalau gue berhasil konsisten dengan keputusan yang sudah gue buat walaupun sepanjang perjalanan kayaknya suka pingin nangis dan menyerah aja. Ternyataaaah, aku bisyaaaaa!!

Tapi.. tetap aja, perjalanan tersebut pun pada akhirnya harus berakhir juga.. Oh yes, it’s nyapih timeeee.

Rencana untuk nyapih Jo sebenarnya gue niatkan setelah anaknya ulang tahun yang ke-2. Tapi dengan kondisi kehamilan gue ini, lagi-lagi niat idealis gue harus mengalah dan prosesnya pun harus dipercepat karena gue ga merasa kuat harus “ngasih makan” 3 orang sekaligus. Apalagi awal-awal hamil kemarin yang namanya napsu makan itu kayak ngilang gitu aja dan lebih banyak jongkok depan WC karena mual dan muntah melulu.

Tapi namanya juga turunan anak sapi yaaaah, neng Jo ternyata masih pingin nyusu terus meskipun nyusunya juga cuma buat ngempeng doang, 2-3 menit dan abis itu anaknya pergi *hiks, aku merasa dipergunakan* huhuhu. Dan walau hati suka pedih nolakin permintaan Jo buat nyusu, tapi tetep harus pasang muka tega dan nyoba ngalihin permintaannya menjadi minum susu biasa.

Setelah beberapa lama (baca:beberapa bulan) baru deh ada perkembangan walaupun perlahan. Dari yang Jo bisa tidur tanpa harus nyusu, bertambah menjadi frekuensi nenen yang makin lama makin sedikit dan akhirnya minggu lalu sampai juga pada titik anaknya ga nyusu sama sekali seharian. Yeaaaaay…

jo-big girl

I’m a big girl now mommy

Dan hari ini… tepat seminggu sejak hari bersejarah tersebut.. Jo masih konsisten udah ga nenen lagi. Walaupun kadang suka kebangun malem-malem. Tapi ga seperti dulu yang nangis jejeritan bangunin gue untuk minta nyusu atau malah agak penuh inisiatip self-service dengan ngangkat baju gue tanpa dibantu. Sekarang dia cuma bangunin gue dengan dorong-dorong badan dan bilang “mamma, mimi.. mamma, mimi”. Ketika gue tinggal ke dapur untuk bikin susu pun anaknya nunggu manis di tempat tidur dan selesai minum langsung balik tidur lagi. Tanpa tangis, tanpa drama. Pinternya kamu nak.

Gue bersyukur banget walau hamil tapi masih bisa menjalankan niat gue untuk nyusuin Jo sampai 2 tahun. Ditambah juga Jo bisa move-on dari masa persusuan dengan legowo walau kadang anaknya masih suka usaha minta nyusu walau ga pake drama maksa dan kalau ditolak ya udah nyerah. Emang siiiih, kadang berasa sedih sedikit. Namanya juga dua taon ditamplokin bocah trus tiba-tiba berenti kan aneh yah. But, oh well, anggep aja sekarang masa-masa istirahat sebelum beberapa bulan lagi ada bocil baru yang bakalan nemplok juga untuk dua tahun kedepan.

So good job mamma Bebe (and baby Jo).. you both did well.. *self-tepuk bangga di pundak*. :thumbsup:

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

39 thoughts on “Every end is a new beginning

  1. ester

    pinternya neng jo..
    good job mba bebe, lulus 2th

    Reply

    1. Bébé

      Thank you.. Iyaa seneng banget bisa berhasil menjalani komitmen dengan diri sendiri

      Reply

  2. Lia Harahap

    Hebat nih yang mau jadi kakak sebentar lagi 🙂
    Mbak Bebe, jadi penasaran Jo udah bisa ngomong kah? Pakai bahasa apa? Hehehehe tetep ya kalau mau nyusu bilangnya mimi 😀

    Reply

    1. Bébé

      Makasih Lia. Iya nih si calon kakak ternyata makin lama makin berasa udah gedenya.

      Reply

  3. Arman

    Congrats yaaaa
    Jd skrg minum susu nya pake gelas atau botol? Kalo botol ntar mesti melewati proses nyapih lagi. Hehe

    Reply

    1. Bébé

      Thank you Man.
      Minumnya pake botol. Dan kalo emang bocil ini ngikutin emaknya.. kayaknya sih bakalan baru kesapih kalo botolnya dibuang.. :haha: :haha:

      Reply

  4. Jalan2Liburan

    yaaay hebat kakak Jo, eh mami nya jg deh 🙂

    lu kapan due nya sih Be ?

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. mamanya juga dooong.. niat nulisnya kan mau nyombongin mamanya.. 😀 :haha:
      Insya Allah sekitaran Agustus gitu deh Feb. Kali ini summer baby.. :mrenges:

      Reply

  5. Tissa

    Semangat be!! Sebentar lg kan bakalan lodoh lagi nenenin adik nya jo :mrenges: kadang ya klo lg cape dll suka pgn cepet2 anak nyapih tapi kalo lagi nenenin trs anak nya natap mata kita tuh rasa nya ga ada dua nya banget ya.bahagiaaaa..gw pun msh suka keinget masa2 rayhan nenen sambil liatin mata gw, skrg mah anak nya bodo amat kalo liat tetikadi :ngakak: padahaall pas dulu disapih drama nya uda kaya sinetron multivision

    Be,jo dipakein gelas yg ada ujung nya ajaa klo pas tidur..di ikea ada tuh gw beli disana juga.emg sih suka greget kalo pas di minum trus tumpah ke sprei tp lama2 sih engga kok asal kalo anak nya uda selsai minum dan ketiduran,kita lgsg gerak cepat ngambil gelas nya sblm netes2 wkwk

    Reply

    1. Bébé

      Si jo kalo minum biasa pas siang bisa pake gelas Tis. Tapi kalo malem ga bisa. Abisnya dia sekali minum malem tuh sekitar 250ml. Jadi gelasnya ga cukup hahahaha

      Hahahaha.. kalo Jo masih ngarep nih kalo liat emaknya.

      Reply

  6. Rere

    huaaaa aku bacanya sedihhhh gak kebayang gimana rasanya ntr mesti nyapih si bayi ini lagi hahaha pasti drama di emaknya .. but anyway bisa nyusuin sampe 2 tahun aja udah good job banget kak be.. lumayan lah ya itung2 istrahat sblm ntr ada lg yg nemplokin hihihih.. smg aku jg bisa sampe 2 tahun ntr. jo pinter bgt sih kamuuuu

    Reply

    1. Bébé

      Semoga nanti bisa juga ya Re. Aku juga kadang mellow tapi kalo inget bentar lagi ditemplokin langsung lega.. hahaha.

      Reply

  7. Cut Inong Mutia

    Congrat, Mama Bebe and Kakak Jo 🙂 Alhamdulillah proses nyapihnya ga ada drama ya :claps:

    Reply

    1. Bébé

      Iya alhamdulillah ga pake drama banget. Semoga sih ga tiba2 anaknya balik lagi pingin nemplok nih.. Sutris deeeeh.. hahaha

      Reply

  8. Maya

    Yeaaay, good job mama Bebe :banana1: hebat euy
    hehehe semangat ya buat dedek nya Jo 🙂

    Reply

    1. Bébé

      hihih makasih ya May..

      Reply

  9. Melissa Octoviani

    bebe hebat… jayden juga masih asi ampe sekarang… frekuensinya kalo malem uda mulai berkurang sih, mungkin karena dia ga sadar ya… tidur juga uda bisa ga pake nenen… cuma tidur siang nih yang masih pake nenen hehehehe… mudah2an bisa ngikutin jejaknya bebe ampe 2 taon…

    Reply

    1. Bébé

      Aamiin.. semoga ya Mel. Kalo seumur Jayden mah gpp masih suka nenen siang. Emang masih jauh dari disapih kan yaa..

      Reply

  10. Dina

    Good job Mommy Bebe dan Jo!
    Iya nyapih itu emang agak sedih ya. Gw juga awal2 kangen gitu loh pengen nyusuin lagi tapi terpaksa harus konsisten. Hehe

    Reply

    1. Bébé

      Thank you Din.
      Iya emang berasa ada yang hilang gitu deh. Tapi ya mau gimana. Untung gue lagi hamil skrg. Jadi kalo kangen inget bentar lagi juga nyusuin. hahaha

      Reply

  11. evita wijaya

    Good Job Jo dan mommy bebe. hihihi.. duh kocak self service. lol. 😀

    adem banget yah liat foto jo. emang udah gede beneran. pinter yah sayang. sebentar lagi jadi kakak.

    Reply

    1. Bébé

      Iya tuh.. kepikirannya aja self service. Pertama kali begitu ngagetin banget. Abis itu ya sudahlah.. hahaha.. Malah enak, bisa tetep tiduran :lmao: :lmao:

      Reply

  12. Ceritaeka

    Ah kereeeen! Akuc uma sampai 17 bulan aja. Anaknya nggak mau lagi

    Reply

    1. Bébé

      Aaah.. tapi ggp juga self weaning kan. Artinya udah ngerasa cukup anaknya.. 😀

      Reply

  13. Niee

    Hebat banget mbak prosesnya. Gak dipaksa dan berjalan lembut kan yaa. Aaahh aku suka menyapih seperti ini. Si K mau aku sapi beberapa bulan lagi aja deh. Masih pengen dicariin anak soalnya. Hihihi. Emaknya yang belom siap.

    Reply

    1. Bébé

      Ga sih Niee. Aku nyoba pelan2 juga nyapihnya dan ngasih alternatif minum yang lain selain asi. Jadi si Jo kayaknya juga udah mulai ngerti kalau udah ga boleh lagi nyusu.

      Reply

  14. Nisadanchicco

    Ahhh seneng sekali Be bisa lulus 2th! Smoga gue yang kedua ini bisa lulus juga asi 2th hehehe

    Reply

    1. Bébé

      Aamiiin.. semoga ya Nis. Gue juga ngarepnya sih adeknya Jo nyampe 2 tahun juga. :yes:

      Reply

  15. Desi

    jadi ngakak deh bagian Jo suka inisiatif ngangkat baju emaknya sendiri buat nenen… hihihihihi

    selamat yaaa…you both did well.. :girl_kiss:

    Reply

    1. Bébé

      iya Des.. pertama kali si Jo kayak gitu gue kaget banget. Tengah malem tiba2 berasa ada yang nyusu kan ngagetin.. :haha: :haha: :pingsan:

      Reply

  16. sdrsashaa

    ahhhh pinternya baby Jo, udah mau jadi kakak juga sih, hehe
    udah berapa bulan mbak Be kandungannya ?

    Reply

    1. Bébé

      Sekarang udah masuk minggu ke-14 nih. Jadi sekitar 3 bulanan yaaa.. 😀

      Reply

  17. Qonita

    Selamat yak Jo udah bisa beralih total ke susu sapi…hihi

    Reply

    1. Bébé

      Hihihi.. iyaaa.. jadi anak sapi beneran deh.. :girl_tougue:

      Reply

  18. tiwie

    :thumbsup: keren sekali Jo…. hehehe, aku tak berhasil sayangnya. Hiks hiks hiks
    Sekarang mimik susu gelas apa botol? Pinter yaa, calon kakak yg hebaat :heart:

    Reply

    1. Bébé

      Susu botol sama gelas skrg. Tapi lebih seringnya botol sih krn Minumnya edan banyak banget soalnya.. Hahaha

      Reply

  19. Ridha

    Well done kakak Jo dan mamma Bebe. Seneng ya rasanya klo anaknya nyapih sendiri, jd ga pake drama, dan kita juga jadi ga perlu ngerasa bersalah. Hehehe. Semoga eira nanti begitu juga :yes:

    Reply

    1. Bébé

      Iya Dha. Walaupun proses supaya nyapih tanpa dramanya berbulan2 tapi pas beneran lepas seneng bgt. Aamiiin.. Eira tapi masih lama ya sapihnya ?

      Reply

  20. Shinta

    yeaaaay, Jo lulus jadi anak ASI… sehat-sehat terus ya Jo and bumil…

    Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P