How do you do it?

Ketika liburan pulang kampung tahun lalu (sebentar.. saya mau meratap 1-2 detik akan kenyataan kalau udah nyaris berapa bulan sekarang ga pulang kampung lagi.. huhuhu), gue menyempatkan untuk bertemu dengan beberapa teman blogger. Nah ketika ketemuan itu ada satu pertanyaan yang diajukan oleh teman-teman yang bikin hati kebat kebit. Pertanyaan tersebut adalah…

“Beee, gimana caranya sih? kok bisa, ga ada yang bantuin di rumah tapi masih mampu ngurus anak, masak, bikin kue, foto-foto, ngeblog, dll??”

Jujur aja pas denger pertanyaannya reaksi pertama gue adalah.. GEER. hahaha. Abis… kesannya gue supermom/superwife banget gitu loh. Namun setelahnya gue bingung mau jawab apa. Apakah gue lebih baik bohong supaya image superwoman yang sepertinya tersirat dari cerita-cerita gue selama ini tetap terjaga (karena ya bookkk hari gini kan. Image ibu ideal/superwoman kayaknya menjadi idaman banyak orang deh), atau mengatakan yang sejujurnya kalau aslinya ga segitunya amat koook.

In the end, karena pada dasarnya emang gue penakut, akhirnya hari itu pertanyaan tersebut pun gue jawab dengan penjelasan singkat…

“seriusan.. aslinya ga gitu-gitu amat kok..” sambil mesem-mesem *ternyata ga jawab jugaaa* Hahahaa.

Di post ini gue ingin “membongkar” proses dibalik layar beberapa kebiasaan di rumah kami yang berhubungan dengan masak, bebersih dan lain sebagainya. Anggap aja kayak pesulap yang mengungkap rahasia trik-triknya selama ini.

Baiklah.. mari kita mulai dari…

MASAK + CUCI PIRING

Di rumah kami, proses memasak itu hanya dilakukan 1 kali, yaitu untuk menyiapkan makan malam. Itu pun biasanya gue hanya masak 1 menu aja (kalau pakai nasi, ya cuma 1 lauk). Jarang banget gue niatan bikin menu 4 sehat 5 sempurna di meja karena ya males banget aja ngerjainnya.. LOL.

Tapiii.. meski cuma satu menu, porsinya selalu dalam porsi besar. Misalnya gue masak ayam goreng, ya bikinnya sampe 9-10 potong ayam walau makan cuma berdua. Kenapa harus banyak banget? Demi efisiensi waktu aja sih. Sisa dari makan malam itu disimpan beberapa untuk lauk makan siang gue dan suami esoknya (suami selalu bawa makanan dari rumah). Kalau masih bersisa banyak, langsung diporsi kecil-kecil dan masuk ke dalam freezer untuk cadangan kalo tiba-tiba gue mogok masak karena sakit ato lagi malas akut. Kalau gue malas masak dan cadangan di freezer habis? Alternatif lainnya ya antara beli makanan di luar atau suami yang masakin deh.

bubu masak

dimasakin potatis grätang sama suami

Masaknya udah, trus yang cuci piring siapa dong? Semenjak kami tinggal di rumah sendiri, kami berdua udah sepakat kalau masalah masak dan cuci piring kami bagi dua. Yang masak Bebe dan yang beberes Bubu. Karena itulah setiap kelar masak atau makan gue bisa santai istirahat tanpa harus pusing mikirin tumpukan cucian lagi. Kalau Bubu yang masak, apakah Bebe yang nyuci? Nggak juga sih. Tetep doski yang nyuci.. LOL *dimasukin suami ke dishwasher*.

BERBERES RUMAH

Untuk urusan berberes, kami hanya lakukan ketika wiken tiba. Yup, hanya seminggu sekali aja. Antara hari Sabtu atau Minggu biasanya kami nyempetin dulu untuk vacuum dan lap-lap perabot di rumah. NO NYAPU karena gue paling ga demen nyapu (berasa percuma soalnya tetep keliatan kotor aja – emang dasar ga bisa nyapu sih hehehe) dan NO NGEPEL karena lantai kami pakai kayu, ga berani dibasahin sering-sering. Sesi bebersih yang super detail (termasuk gosek kamar mandi, dsb) biasanya baru kami lakukan sebulan sekali atau kalau ada yang mau namu ke rumah, terutama kalau ibu mertua yang  mau dateng. Kalo yang terakhir itu pastilah kami kedubrakan dari pagi supaya rumah ga keliatan kapal pecahnya.. LOL

Hmm.. what else…

NYUCI – SETRIKA

Bagian ini hampir bisa dibilang sudah diambil alih nyaris sepenuhnya oleh suami. Tiap dua minggu sekali setelah pulang kantor suami bantu nyuci semua baju kami bertiga di ruang cuci apartemen. Setelahnya pun masih suami yang ngelipetin bajunya satu-satu (kecuali bajunya Jo karena banyak banget jumlahnya). Nyetrika?? Udah setahun terakhir ini kami memutuskan untuk ga nyetrika lagi. Begitu keluar dari tempat pengering baju, langsung semua dilipet, pet, pet. Yang di setrika biasanya cuma kemeja-kemejanya Bubu aja atau baju-baju yang berbahan gampang kusut.

Kayaknya udah itu aja yaa..

Intinya sih, kalau ada yang bertanya lagi tentang “how do you do it?”, jawaban gue adalah.. karena ada Bubu di samping gue.

Pada akhirnya image “supermom” yang mungkin terlihat (or maybe I’m doing it on purpose? LOL) dari foto atau cerita yang gue share selama ini di social media atau blog ga akan ada kalau bukan atas bantuan bapak suami yang tercinta. Emang sih kami suka potong jalan dengan cuma cuci baju 2 minggu sekali, ga nyetrika, ga ngepel, ga lupa penggunaan angle yang tepat ketika foto? *smirk*, tapi gue rasa faktor yang paling memberi pengaruh paling besar adalah pembagian tugas antara gue dan Bubu, yang bener-bener bantu banget akan tingkat kewarasan gue selama di sini dengan masih bisa melakukan beberapa hal yang menjadi hobi gue seperti main game atau foto-foto (walau sekarang karena ada si eneng jadi sedikit susah juga). It’s all about giving and receiving, having and sharing (read in Joey Tribbiani’s voice).

So, dalam kesempatan ini gue ingin mengucapkan rasa TERIMA KASIH kepada suami yang selama ini secara diam-diam udah bikin istrinya terlihat seperti wanita yang luar biasa. Jangan pernah kapok dan bosen bantuin beberes, nyuci baju dan cuci piring yaaa.. I lop yuuuuh…  :kiss2:   :kiss2:   :kiss2:

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

59 thoughts on “How do you do it?

  1. denaldd

    Sama Be aku sering dapat pertanyaan kalo ada teman dari Indonesia yang berkunjung ke rumah, ataupun beberapa blogger dari Indonesia yang mampir ke rumah, mereka nanya kok bisa rumahnya masih cling dan pekerjaan rumah “nampak” tanpa masalah (meskipun belum punya anak) padahal aku dulu sekolah, trus sekarang lagi ruwet mau ujian dan kerja part time, beberapa waktu lalu juga ikut beberapa volunteer. Aku jawabnya sederhana : kerjasama suami dan istri, seperti yg pernah kutulis diblog beberapa waktu lalu. Pengertian disini kayaknya lebih besar suamiku karena istrinya sering dilanda males huahaha.

    Reply

    1. Bébé

      Aku pas nulis post ini mampir ke blogmu dan ternyata tulisannya mirip2.. hahaha.. LOL

      Sama dong Deny.. Aku juga kayaknya kebanyakan minta pengertiannya suami deh.. :haha: makanya kali ini mau sekalian bilang makasih udah tahan sama istrinya.. hihihi

      Reply

  2. Wien

    Selama suami dan istri bisa komitmen satu sama lain seperti yang mba Bebe dan Bubu lakukan, aku pikir semuanya fine-fine saja.
    Kurasa engga perlu terlalu mikirin soal supermom untuk please other person mba, mba udah supermom untuk Jo kog 😉

    Reply

    1. Bébé

      Hahaaha.. biasalah Wien. Pressure ibu2 muda kayak aku dijaman socmed gini.. halah LOL..

      Reply

      1. Wien

        Mwahahahahaha. Peer pressure yeh mba 😀

        Reply

        1. Bébé

          Banget Wieeeen.. Hahahaha

          Reply

  3. Arman

    sama kita juga gak nyetrika lagi kecuali kalo emang bajunya yang bahannya lecek. makanay gua kalo beli kemeja syarat utamanya harus yang wrinkle free. hahaha. gak sanggup lah kalo mesti tiap kali nyetrika ya. ngelipet baju aja rasanya gak ada abisnya. hahaha.
    kita tuh do laundry ampir tiap hari lho, gile bener ya. hahaha.

    Reply

    1. Bébé

      Buset Man. Tapi lo ada mesin cuci sendiri sih ya. Gue kan pake ruang cuci apartemen. Jadi ga mungkin nyuci tiap hari. Makanya dicari sistem yang paling enak deh. Hahaha.

      Bener.. gue juga sekarang cari baju yang ga gampang lecek. Hahaha

      Reply

  4. oppie83

    Betullll! Teamwork ya Be 🙂 dan right angles kl moto hahaha. Wah 2 mgg sekali aja Be nyuci baju? Gue seminggu 3x kadang 4x kalo si kecil ada ‘kecelakaan’ .. Paling sering chores di rumah ya itu laundry, dishes, sama vacuum soalnya kucing ada 2 bijik. Sehari ga vacuum snack nya Tarou adalah bulu kucing di lantai lol jd setiap hari musti di vacuum deh.

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. posisi foto itu penting Pie.. 😆

      Soalnya gue ga punya mesin cuci sendiri Pie. jadi musti ditumpuk kalo mau nyuci. Kan ga bisa mendominasi ruang cuci juga, musti gantian sama yang lain. 😀 Dulu sih kalo si Jo bleberan bajunya, gue cuci sendiri dulu di kamar mandi. Abis itu cuci lagi pas jadwal nyuci gedenya.

      Reply

  5. zbethz

    Eh aku padahal udah masukin agenda mau nulis tema ini hihi… Kurang lebih samalah, cuman kl bersih2 rumah detil termasuk gosek kamar mandi musti seminggu sekali secara bocil sering bikin kotor ?

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha.. iya hayuk tulis juga Beth. Ahahaha.. ini si kunyil masih jarang ngacak2 kamar mandi. jadi masih bisa dientar2in. kalo beberes rumah.. haaaaah.. aku menyerah aja.. LOL

      Reply

  6. Ester Aprialon

    aku juga gak nyetrika mba be, langsung lipet. kalo baju nya bahan yg lecek, udah males dipake lagi hhehhe..
    suami aku pun gak segen buat bantu2 urusan rumah tangga..

    Reply

    1. Bébé

      Waaah.. senangnya kalau emang suaminya mau bantuin 😀 berasa ada temen seperjuangan yah di rumah. Aku juga sekarang kalo cari baju yang bahannya ga gampang lecek. Jadi ga perlu disetrika juga gpp. 😀

      Reply

  7. andyhardiyanti

    —Sesi bebersih yang super detail (termasuk gosek kamar mandi, dsb) biasanya baru kami lakukan sebulan sekali atau kalau ada yang mau namu ke rumah, terutama kalau ibu mertua yang mau dateng. Kalo yang terakhir itu pastilah kami kedubrakan dari pagi supaya rumah ga keliatan kapal pecahnya..—

    bwahahahha..kirain saya doang yang gini :p

    Oh ya, terus Be itu baju-baju gak disetrika emang gak kelihatan tuh leceknya?

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha.. iya kaaan. Demi pencitraan ya 😛

      ga terlalu sih. apalagi yang bahan kaos. Soalnya pas keluar dari ruang jemuran masih agak anget, jadi bisa dilipetin langsung. Kalaupun ada lecek, ga keliatan banget.

      Reply

  8. Wati

    Hallo mba bebè,salam kenal dari saya,, seneng baca tulisan tulisannya..

    Reply

    1. Bébé

      Halo.. salam kenal juga. makasih udah mampir baca2 yaaa.. ^_^

      Reply

  9. tiwie

    hihihi,itu toh rahasianya ternyata. wkwkwkwk, soale di mata aku.. kamu tuh angel bgd tauuk. perfectly all out. ehh,.ternyata ada trik nya..xixixixi :-):-)
    tapi iya loh,nyetrika itu kerjaan yg paling PR sedunia… sigh

    Reply

    1. Bébé

      Eciyeeeeeh.. angel bangeeet.. huahahaha.. cubit gemez pipinya Tiwie

      banget Wiee.. makanya gue males dah setrikaan.. Hahaha.. Semasi bisa lipet, ya lipet aja.. LOL

      Reply

  10. sondangrp

    Samaaaaaaa Bee aku malah gak punya setrikaan, apalagi di sini semua under the jacket hahahahaha kalo makanan thank God banget dr dulu kami makan yg gampang bikinnya apalagi pasta hoalah udahlah kalo pas mau makanan indonesia pesen aje pesen . Bener Be kalo kita doang yang ngerjain mah bisa depresi di bulan ke 3 (setelah 3 bulan pertamanya nenek sihir luar biasa). Tapi foto fotomu emang keren banget sih Be, semua hal simpel aja jadi keliatan elegan dan kayak di pinteres, dan caramu nulis sama menampilkannya effortlessly look so cute and adorable.

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha.. Ya kan mba. Pasta emang udh paling enak lagi. Bisa dicampur macem2 trus gampang buatnya. Kalo untuk makanan Indonesia aku selalu potong jalan pake bumbu instant. Males beberes setelah acak2 dapur soalnya. Hahahaha

      Aiiih hahaha jadi tersipu akuu.. ??

      Reply

  11. dessy

    Klo disana karna kering udaranya jadi ga perlu nyapu ngepel tiap hari ya Be. Klo di Indo atau Singapur yang udaranya tropis gw ga betah euy karna pasti langsung berdebu banget klo sehari ga disapu. Tapi memang sih salah satu factor pendukung juga adalah punya suami yang ga sungkan2 turun ke dapur atau beberes.

    Reply

    1. Bébé

      Iya Des. Sama jarang buka jendela kali yaaa. Jadi debunya ga terlalu separah di sana. Ho’oh.. Setidaknya berasa ada temen seperjuangannya di rumah ?

      Reply

  12. sdrsashaa

    oh begitu ya mbak be 😀 efek belum nikah
    tapi emang sih, team work suami istri penting banget 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Iya.. Tapi balik lagi ke perjanjian masing2 sih. Kalo aku lebih milih yang saling bantu gini ?

      Reply

  13. resnans

    wah keren team worknya hehehe
    aku tadinya juga pengen ikut gerakan tanpa setrika tapi belum bisa. mungkin karena mesin pengering di rumah kurang kering kali yah jadi abis jemur2 tetep aja kusut walaupun lgs lipet2

    Reply

    1. Bébé

      Aku juga cuma modal ruang pengering yg pake hawa panas aja (jadi bukan diputer di mesin) buat ngeringin bajunya. Sama beberapa masuk mesin tumble dry. Awalnya juga berasa masih kusut. Lama2 kebiasa.. ??

      Reply

  14. Haya Najma

    catettt ahh, etapi kok ga pake art di sini rasanya berat banget ya? huhuhu… terutama buat pegang bayi 8 kilo kalo ditinggal

    Reply

    1. Bébé

      Mungkin belum terbiasa kali yaa. Sama susah potong jalannya, ga kayak disini ?

      Reply

  15. Lorraine

    How do you do it? I just do it, mirip slogan merk sport apparel itu 😉 Memang harus dibagi berdua tugas rumah. Apalagi kalo punya anak ya, kan si kecil juga anak dia. Eh tapi ada juga beberapa pasangan yang pembagian tugasnya masih sangat tradisional (baca si suami hanya kerja di kantor, dirumah ngga bantu sama sekali).

    Kalo dari awalnya udah jelas perjanjian ya ok. Sayangnya ada perempuan yang dibesarkan dengan ajaran ‘kodrat’ perempuan, jadi segan dan ngga enak bahkan risih kalau suaminya ikut bantu-bantu dirumah.

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha.. Pas ya mba slogannya ?

      Iya yg penting dua2nya setuju mau pembagiannya gimana jadi enak. Tiap RT kan beda2 yaa.

      Nah tipe yg kyk gt bukan aku baget tuh. ?? malah sebel kalo suami ga bantuin ?

      Reply

  16. Epiness

    Jadi ini harusnya judu post nya superbubu dong be? XD hahahaha. Btw gue jg paling sebel nyetrika, pernah baju rumah gue ga setrika tp abis tu ga betah soalnya rasanya gerah gatel gmn gitu. Akhirnya ya mau ga mau deh tiap 2 hari sekali setrika baju huhuhu

    Reply

    1. Bébé

      ??? kayaknya sih gitu Pi.. Hahaha.
      Ahaaa.. Kalo gw biasa aja sih. Udah badak kayaknya kulitnya ?

      Reply

  17. CeritanyaMira

    pembagian tugasnya oke ya mba, sedangkan saya & suami masih nyari2 jalan terbaik, apalagi pas punya anak, masih ribet aja sana sini padahal udah mau 3 tahun nikah -.-

    Reply

    1. Bébé

      Pelan2 aja.. Yang penting semua setuju gmn2nya. ? smg cepet ketemu jalan tengah yang paling pas buat kalian berdua yaa ?

      Reply

  18. Melissa

    disana pake dryer ya be? emang kalo pake dryer tuh baju keluar udah anget2, wangi, dan wrinkle free.. demen deh gw 😀
    Nah kalo disini, abis jemur yang ada bau matahari, gak di setrika rasanya kok takut ada kutu2 yg lompat selama proses penjemuran parno haha..
    tapi si supermom ini akan jadi super-duper-mom nih pas si dedek bayi sudah lahir hehehehe

    ps. seneng deh gak usah ngisi2 data diri lagi kalo mo komen di blogmu

    Reply

    1. Bébé

      Cuma ada tumble dry sama ruangAn untuk gantung baju yg dikasih angin panas gt deh Mel. Jadi ya dijemur juga sih. Cm ga langsung kena matahari.

      Haha iya skrg udh diganti sistemnya. Cuma ga ada smileynya lagi huhuhu

      Reply

  19. Maya

    Ah supppeeer sekali. Nyokap ku sering terkagum2 kok anaknya rumahnya bisa selalu bersih (aku orangnya rapi tapi engga bersihan), padahal anaknya kalo urusan bersih2 kayak nyapu, ngepel, dll cuma dapet ponten 5 saja. Jawabannya, buka sulap bukan sihir ya sama kayak kamu Be karena ada suami mwahahahaha…
    Jadi urusan nyapu, ngepel, vakum, cuci kamar mandi, ganti sprei, pokoknya yg berat2 pasti dikerjain pak suami. Istri cuma masak sama cuci piring aja 😉

    Reply

    1. Bébé

      Ajahaha.. Tukang sulapnya suami ya May ??

      Reply

      1. Maya

        tukang sulap sih bukan Be, tapi punya kerelaan seluas samudra tsaaah
        udah gitu dia ngerjainnya lebih rapi dan kinclong lagi.
        Huhuhu pernah ngerjain sekali eh terus dikerjain ulang sama dia karena menurut dia hasilnya gak oke cediih kakaaaa

        Reply

        1. Bébé

          Yaampuun.. hahaha.. yang dikerjain ulang tuh kadang bikin mites deh. Tapi suka ga jadi kalo emang hasilnya bersihan dia.. hahaha..

          Reply

          1. Maya

            Hahaha iya, kita (kitaaa?! ahuk, daku maksudnya 😀 ) terima aja dengan lapang dada yak 😆

            Reply

  20. neng fey

    haiiss.. bebersih rumah masih jd peer buat aku, males to the max huhuhu

    Reply

    1. Bébé

      Ahahaha samaaaaak. Apalagi udh ada bocil gini. Baru diberesin udh diacak2 lagi. Sutralah ??

      Reply

  21. Siwi

    Nyuci 2 minggu sekali gak numpuk banget itu, Be? Aku aja nyuci seminggu 2 kali kayaknya udah menggunung hihihi.. Btw, Bubu keren banget ya mau bantuin kerjaan rumah 😀 😀

    Reply

    1. Bébé

      Bajunya Jo biasanya yg numpuk. Tapi berhubung mesin cuci juga punya umum (punya komplek apt) jadi ga bisa pake sering2 juga. Musti gantian sama yg lain kan.. Hehehe..

      Reply

  22. nola

    Intinya, berumah tangga itu memang harus saling bantu ya mbak Be 
    Si istri lagi pegang ini itu ya si suami ikut juga bantu-bantu..
    Gw malah salut juga sm mbak Be dan salut sama perantau-perantau yang di LN jauh dari keluarga yang apa-apa harus mandiri..

    Reply

    1. Bébé

      Ho’oh. Cuma tinggal saling bantunya itu aja dipasin sama kondisi masing2 gimana. Kalo idealnya kan 50-50 yah. tapi mungkin yang lain beda kondisi, beda pula keperluannya. ^_^

      Reply

  23. Ceritaeka

    Intinya kerjasama yaaa ^_^ Pas dulu belom ada mbak ART di rumah aku juga modelnya kayak kamu gitu. Hehehe

    Reply

    1. Bébé

      Bener Ka. Yah sistem kerjasamanya sih beda2 pastinya yah tiap RT. ga bisa satu cetakan buat semua. Sepasnya buat masing2 aja. Kalo untuk aku dan Bubu ya begini deh sistem yang klop di hati.

      Reply

  24. Lydia

    be, sama banget deh ini, gue dari kecil liat bokap nyokap gue juga gini, untung banget dapet suami jg yang mau bantuin kerjaan rumah tangga, hahaha enak yaaa plusssss bener banget tuh, kalo dia lagi masak ya dia juga yang nyuci piring hihihihi toss tapi rajin banget be beres2 lap2 rumah seminggu sekali, duhhh gue bisa 2 minggu sekali aja udah rajin bener kayaknya hahaha, padahal di LN kan ga ada debu ya be, ga kayak di Jakarta ampunnn deh apalagi pinggir jalanan..

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha.. iyaa.. soal cuci piring tuh kadang si Bubu juga cuma bisa elus2 dada doang. LOL

      Reply

  25. Anggie

    Sama aja ya Beb… kerjaan rumah tu ga akan pernah selesai kl dilihat… emg harus pinter2 bagi waktu n teman berbagi tugas… Thats why knapa di Indo sangat meng-idolakan adanya PRT, hahaha….
    Yg plg penting bs tetap beraktivitas dg perut terisi..

    Reply

    1. Bébé

      Iya Nggie.. kalo tiap hari diisi beberes rumah bawaannya pusiiiing.. LOL. Jadi dicari gampangnya aja deh. Yang penting sehat dan senang.. Haha

      Reply

  26. Tri

    Be, kurleb sama, tinggal di negri es emang begitu yah settingannya (saya di kanada)
    ?
    Btw langsung ngakak pas baca quote nya joey ?

    Reply

  27. Widya

    Waaahhhh dapet tips oke bgt nih, slama ini merantau 4,5thn yg jalanin lap2 rumah 4hr skali, vacuum rumah tiap hr kadang shari 2x ? cuci baju tiap 4hr + sprei n keset2.. baju slalu di setrika, cuci piring tiap saat bhuahahaha kayaknya aku yg kerajinan ya mba? ??? suami si Alhamdulillah slalu mau bantu apalg kl weekend ?

    Reply

  28. niee

    Bersyukurlah di indonesia ada laundry kiloan mbak be. Hahahahahaha. Balik kantor aku biasanyavudha tepat. Mana sanggup mau beberes lagi. Emang pandai pandai antar suami istri ya manajemennya. Yang penting anak keurus makannya aka kalau aku. Hihihi.

    Reply

  29. puti

    Ahaha ternyata yah tp sama jg apalagi gw sm nyokap paling kebagian beberes aja, nyuci baju sendiri n hubidut masuk londri krn airnya suka mati, cuci piring adalah kewajiban masing2 stlh makan wajib cuci wkwkw, gak pernah masak beli terus, baju nyokap dan bocil kdg dicuci in krn gw gak bersih cucinya, voila hidup berasa santay, ohya dan nyokap jg bersihh bangettt jd sebulan sekali pasti dia cleaning inspection.

    Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P