Oh pregnancy brain

babybrain1

source: http://www.someecards.com/

Katanyaaaa.. salah satu kondisi bawaan kalau lagi hamil itu adalah dengan menurunnya kemampuan kerja otak sang bumil. Bisa jadi tambah pelupa, makin susah nyambung diajak ngomong, dan lain sebagainya.

Dan harus gue akui, “penyakit” yang satu ini walaupun ga hamil juga udah sering kambuh sih. Tapi semenjak hamil, makin parahlah kondisi tersebut.

Tentunya kalau soal lupa-lupa mah udah ga usah ditanya lagi. Contohnya gue berniat ke kamar Jo untuk ngecek sesuatu, baru jalan dan masuk kamarnya langsung clueless mau ngapain. Begitu pula kalau lagi cari barang. Biar kata barangnya di depan mata juga bisaan aja gitu ga keliatan sama sekali. Seperti waktu gue lagi nyari jam tangan gue yang berwarna hitam. Udah ubek-ubek laci meja ga ketemu, di atas meja rias di kamar ga ada. Kamar mandi pun nihil. Akhirnya suami pun turun tangan bantu nyariin dan doski hanya butuh 5 detik aja untuk nemuin jam tersebut yang ternyata tergeletak manis di laci yang udah gue ubek-ubek tadi.

Tapi gongnya adalah yang terjadi hari ini…

Berhubung nanti malam gue mau masak ayam bumbu rujak, gue dan neng kecil pergi ke toko asia dekat rumah untuk membeli beberapa bahan yang ga ada di rumah. Setelah puas ngisi keranjang belanja dengan ini itu (dimana sekarang mereka jualan INDOMIE JUGA LOOOOOH *salah fokus*), gue menuju ke kasir untuk membayar belanjaan gue. Dan panik serta keringat panas dingin pun melanda ketika gue sadar kalau kartu debit yang biasa gue pakai selama ini ga ada di dalam dompet. Langsung ngubek-ngubek tas beserta semua kantong yang ada, tetep hasilnya nihil. Uhuhuhu… Kartunya hilang entah kemana. Untunglah gue masih ada kartu debit dari bank lain yang bisa gue pergunakan saat itu. Jadi setelah urusan belanja selesai gue langsung pulang dan berusaha cari lagi di dalam rumah.

Ketika lagi cari-cari itulah gue baru inget kalau kemarin gue baru aja belanja susu di supermarket dekat rumah dan kebetulan bayarnya pakai self-service kassa (ngescan dan bayar sendiri di mesin khusus tanpa dibantu petugas kasir). Lutut langsung lemes ngebayangin kalau benar kartunya ketinggalan di sana dan ada yang ngambil bawa pulang. Buru-buru gue ajak neng kecil ke supermarket sambil nelpon suami untuk ngabarin kalau kartu gue hilang dan lagi nyoba nyari ke supermarket. Ga berenti-berenti komat kamit berdoa jangan sampeeeeee kartunya bener dibawa pulang orang lain. Huhuhu

Sesampainya di supermarket gue langsung ke arah kasir dan bertanya ke petugas kasir tentang kartu gue tersebut. Dengan santainya dia membuka laci kasir dan ngecek BEBERAPA KARTU (ternyata yang dodol ketinggalan kartu ga cuma gue doang maliiih) sambil ngecek nama yang gue sebut. Alhamdulillah masih rejeki, kartu gue termasuk disalah satu tumpukan yang dia pegang dan tanpa proses sulit, kartu tersebut langsung gue pegang kembali.

Haaaaaaaah…

Semoga sih kondisi dodol nan pelupa karena pregnancy brain ini ga berlangsung lama ataupun makin parah. Udah cukuplah cuma kartu debit aja yang ketinggalan. Jangan sampe anak atau suami yang kelupaan. Walaupun seneng juga sih ada alasan kenapa dodol kalo diajak ngomong suami. Ya aku kan lagi hamil Buuu… HUahahaha..  :pukul:  :pukul:

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

38 thoughts on “Oh pregnancy brain

  1. pinkuonna

    Waduh, alhamdulillah banget ya kartu debitnya ketemu…ikut deg degan dan akhirnya senang bacanya (^-^)

    Reply

    1. Bébé

      Iya seneng banget ternyata ada yang balikin ke kasir dan ga dibawa pulang huhuhuhu.. males banget kalo sampe harus ngurusin claim ini itu ke banknya 🙁

      Reply

  2. FibeCanada

    Hi Bebe, teman bikin research di bidang Neuroscience tentang pregnant brain ini. Selagi hamil, short term memory memang agak ‘terganggu’ karena pengaruh hormon dll. So it is normal. Sample-nya ada ribuan orang jadi conclusion-nya cukup legitimate 🙂 You’ll get your short term memory back, eventually 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Hihihi emang kondisi wajar ya jadi pelupa gitu. Tapi bener2 deh parah banget berasanya. Cepet banget lupanya 🙁

      Reply

      1. FibeCanada

        Untungnya hanya ‘short term’ memory 🙂 Buka kulkas lupa mau ambil apa, kunci lupa taruh dimana dll. Yup, it is scientifically proven apparently, pregnancy brain exist.

        Reply

        1. Bébé

          Hahahaha.. senangnya ada alasan medis dibalik pregnancy brain. Biar kalo lemot bisa nyalahin kondisi.. LOL

          Reply

  3. Arman

    Wah untung ketemu ya be. Kalo ilang beneran kan repot ngurus ngurus nya. Next time mesti lbh ati ati 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Iya Man. Bersyukur banget kartunya ada yang ngasih ke kasirnya lagi dan ga jahat bawa pulang. Udah kebayang yang aneh2 kartunya dipake buat transaksi online dll. Belum lagi harus blokir dsb. Huhuhuhu.. Pelajaran banget deh nih.

      Reply

  4. harnasta

    Salam kenal mbak bebe, saya waktu hamil pernah kelimpungan cari hp. Yang mana akhirnya ketemu di dlm kulkas

    Reply

    1. Bébé

      OMG.. ahahahaha.. itu lucu bangeeeet.
      Aku sampe sekarang ada barang yang aku simpen pas awal hamil dan sampe sekarang ga inget ada dimana barangnya.. :sigh:

      Reply

  5. Qonita

    Ya ampun bee..kebayang gw soal short term memory loss gini..gw pernah dong ninggalin dompet di printer room dulu dan baru ingatnya 2 hari kemudian padahal ada kartu debit yg tinggal gesek doang buat bayar..ttd g butuh2 amat biasanya di korea…duduuulll…pdhl gw belum hamil..klo ntar pas hamil apa kabar yak..

    Moga abis ini g ada yg aneh2 lagi ya Be hihi…
    Sehat terus bumill

    Reply

    1. Bébé

      Astagaaaaaa.. igh untung ga ada yang mental klepto ya Nit. Kayaknya ntar kalo hamil bakalan kayak gue juga deh.. Hahahaha..
      Aamiin.. thank you yaaaah

      Reply

      1. Qonita

        Makin parah dong berarti haha..
        Kemaren aja transport card ilang lg..trs lupa lg ambil kembalian do mesin ngecharge kartu…
        Sigh haha

        Reply

        1. Bébé

          Ckckckck.. Puk2 dari sekarang deh ??

          Reply

  6. Epiness

    Kayaknya gua malah sejak punya anak jadi pelupa parah be, uda 3x kartu atm gue tinggalin gt aja di mesin atm dan 1x duit nya yg gue tinggalin di atm tepok jidat gak sih dan semua nya hilangg huhuhuhu. Tp perasaan pas hamil ga sampe separah ini pelupa nya

    Reply

    1. Bébé

      Huaaa.. ugh berasa banget pedihnya Pi.. hiks..
      Mungkin karena ribet sama si kecil kali yaaa.. jadi sering skip pikirannya keburu mikirin yang lain.

      Reply

  7. Dita

    waduuhh gak hamil aja pelupa….ntar gimana kalo hamil yaaaa x_x

    Reply

    1. Bébé

      Nah itu aku juga gitu dulu. Hasilnya ya begini.. hahahaha

      Reply

  8. tiwie

    Hoaaa,, aku pernah gitu juga… lemess bgd itu mah ?
    Tapi kalo jam tayang adek joong ki sih kagak lupa yak? ?

    Reply

    1. Bébé

      BUahahahahahahahaha.. :haha: 😆
      Kalo sama dedek JoongKi aku ga bisa lupa Wie.. terlalu erat di hati.. apasiiih

      Reply

  9. sdrsashaa

    oh jadi begitu ya mbak Be, baru tau haha
    apakabar aku yg lupaan nanti kalo hamil 😐
    semoga nggak keulang lagi mbak Be 🙂

    Reply

    1. Bébé

      IYa semoga ga lagi2 deh..

      Reply

  10. yanti

    Salam kenal mbak. Saya punya tulisan super panjang tentang penyakit pelupa saya yang semakin hari semakin parah, bukan karena hamil tapi mungkin mulai pikun ?

    Reply

    1. Bébé

      Hihihi.. aku pun aslinya udah begitu mba. Tapi kayaknya hamil ini bikin parah deh.. :sigh:

      Reply

  11. CeritanyaMira

    wah aku ngerasain banget ini pas hamil. Terus juga ngerasa kehilangan fokus dan susah mikir. Padahal pas hamil lagi skripsi, harus mikir tapi ga bisa mikir. Berasa banget, huhu.
    Tapi sekarang walopun udah ga hamil tetep masih sering lupa-lupaan mah, hahaha

    Reply

    1. Bébé

      Ahahaha.. iyaaa. Aku kayaknya bekas pregnancy brain waktu hamil anak pertama masih berbekas deh, trus sekarang tambah hamil lagi jadi dobel combo.. 😛

      Reply

  12. zilko

    “Asyiknya” tinggal di negara yang tingkat kejujurannya sangat amat tinggi ya Be. Untuuung banget, hehehe 😀 .

    Reply

    1. Bébé

      Iya Ko… bener2 bersyukur banget deh kartunya ga ilang. SOalnya di daerah tempatku ini agak ga aman juga sih. Wong tas di mobil aja bisa diambil dengan cara mecahin kaca jendela mobil. Apalagi kartu yang tergeletak manis di mesin gitu. Minta dibawa pulang banget.

      Reply

  13. leonyhalim

    Be, masih mending elu pregnant. Gue kemarin ini ketinggalan 1 backpack isi perlengkapan Abby di counter bank di mall, di bagian kakinya! Gue udah sampe parkiran, baru ngeh. Untung pas balik, posisi masih di tempat yang sama, walaupun gue yakin counternya udah ganti2 customer. Jadi menurut gue kalo pikun mah pikun aje kayaknya, ga peduli hamil or ngga hahahah.

    Reply

    1. Bébé

      Nyahahahaha.. emang udah penyakit umur aja kali ya bulele.. 😀

      Reply

  14. emma

    Bisa gtu yah kak. .
    Kalo dari sebelum hamil udah pelupa pas hamil pelupanya bs makin parah yaa haha
    Taun ini jg aku ngerasa kalo aku udah mulai jd pelupa. .paling sering yah lupa naro alat2 jait,yg pdhl ada didepan mata tp beneran kok ga keliatan ?

    Reply

    1. Bébé

      Iyaaaaa.. aku dari awalnya emang udah lupaan, sekarang makin parah.. grrrr.. 🙁

      Reply

  15. Cooking Diary: Mie Ayam Jamur ala Ibu Mertua | BebenyaBubu

    […] ini gue berniat bikin mie ayam lagi, etapi dasar emang lagi agak dodol yah (I still blame the pregnancy brain tho), gue lupa blas aja gitu resep yang gue coba sebelumnya. Akhirnya dengan terpaksa gue mereka […]

    Reply

  16. Dina

    Dulu waktu hamil, aku dipanggil ibu sms sama suamiku. Short memory syndrome :)). Parah bgt soalnya 🙂

    Reply

  17. Oh the Night Terrors… | BebenyaBubu

    […] terjadi tahun lalu ketika kami liburan ke HongKong. Berhubung yang bercerita adalah ibu hamil yang kadang memorinya agak-agak macet, jadi kalau ada ketidak akuratan dalam detailnya (seperti tempat atau waktu), mohon maaf dulu […]

    Reply

  18. AADC2: Nostalgia and Baper Feeling Detected – chicklyfresh

    […] yaowoh ya ndudnya (dari dulu bodi dia emang bongsor kan ya), dodolnya, cueknya? Bedanya sih doi dodol di film karena lagi hamil aja, dimaklumin lah? Dan bedanya lagi gue pendek LOL. Tapi tetep aja ndud-ndud gitu buat gua dia […]

    Reply

  19. niee

    Aku jugaaa. Aku jugaaa mbaaakkk. Setelah melahirkan rasanya masih berlanjut deh. Jadi si abang komentar ini baru anak satu aja udah pelupa gini. Kalau ntar anak kedua jangan jangan lupa ingatan. Hahahahahaha

    Reply

  20. The London Trip – On The Way There | BebenyaBubu

    […] ke London kemarin masih berasa banget (plus ingatan bumil masih agak fresh – maklum pan kite rada short-term memory loss nih), jadi gue pingin cerita-cerita tentang pengalaman kami selama di sana. Seperti biasa, gue kalau […]

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *