Oh the Night Terrors…

Cerita ini terjadi tahun lalu ketika kami liburan ke HongKong. Berhubung yang bercerita adalah ibu hamil yang kadang memorinya agak-agak macet, jadi kalau ada ketidak akuratan dalam detailnya (seperti tempat atau waktu), mohon maaf dulu yaaaa.. ^_^. Insya Allah sih inti ceritanya ga melenceng dari kejadian aslinya.  :blush2:

Sebelumnya ada yang udah familiar dengan istilah Night Terror (atau Sleep Terror) ?

Kalau menurut website What to Expect, Night Terror itu adalah sebuah fenomena dimana sang anak tiba-tiba “terbangun” dan kemudian menangis histeris. Bedanya dengan anak yang mengalami mimpi buruk dan kemudian bangun, anak yang sedang kena night terror ini sebenarnya masih tidur. Karena masih tidur itulah dia ga sadar sama sekali akan kondisi di sekelilingnya. Termasuk orang tuanya.

Dan itulah yang terjadi ke Jo.

Jadi malam itu, kalo ga salah (liat info di paragraf pertama), kami baru pulang dari jalan-jalan seharian di Disneyland. Kondisi badan yang udah dibawa bangun dari pagi dan baru bisa geletakan di kasur pas hampir tengah malam pun mulai menunjukkan tanda-tanda kecapean total. Tapi sesampainya di hotel kami masih bisa beberesin Jo dan setelah nyusu, ga lama pun anaknya tidur pulas.

Setelah Jo tidur, gue dan Bubu ga serta merta langsung ikutan tidur juga. Kami masih ngobrol ringan sambil nonton TV. Biasa deh, kalo badan capek banget itu kan kadang malah jadi susah tidur yaa..

Well, enihoooo…

Baru aja kami memutuskan untuk tidur, tiba-tiba Jo bangun dan duduk. Ini bukan kejadian yang ajaib sih, karena memang si kunyil suka kebangun untuk minta nyusu atau sekedar ngecek ibu bapaknya masih di sebelahnya atau ga. Yang berbeda itu ketika dia langsung nangis ngejer dan kenceng, sekenceng-kencengnya. Bayangkan tangis histeris dikali 1000000x. Manalah anaknya malah ngamuk kalau dipegang. Diajak nyusu pun nolak. Pokoknya cuma nangis dan nangis.

Tentu aja gue dan Bubu panik. Bukan cuma karena bingung si Jo kenapa, tapi juga karena kami kan lagi di hotel ya bookkk. Dengan anak yang nangis sekenceng itu takut aja gue tiba-tiba pintu kamar digedor security dan kita diusir keluar (ok ini mungkin agak lebay takutnya). But still.. takut lah ganggu tamu yang lain.

Untunglah (teteup), gue tiba-tiba teringat obrolan ibu-ibu di grup dimana pada sempet ngebahas masalah night terror ini. Buru-buru gue google dan disaat bersamaan nyoba nanya mentemen di grup dan ternyata bener aja si Jo  kena night terror. Kayaknya sih penyebabnya adalah badannya akhirnya berontak kecapean setelah “ditenteng” kesana kemari selama beberapa hari terakhir.

So, what to do ???

Yang menyebalkan dari night terror itu adalah hampir ga ada yang kita sebagai orang tua bisa lakukan untuk membantu meredakan tangis sang anak. Dari beberapa website yang gue baca hampir semua bilang lebih baik menunggu sampai anaknya capek sendiri dan balik tidur. Sementara itu jagain mereka aja supaya ga nyakitin dirinya karena biasanya mereka bakalan tendang sana sini atau ngamuk mode gitu lah.

Tapi ini kita lagi di hotel mamiiiiih…  :hide:   :cry2:   :lonely:

Pada akhirnya, gue nyoba cara yang dibilang Rifi di grup. “Coba aja bawa ke kamar mandi dan raup mukanya”. Alhamdulillah sih, setelah itu si Jo kayak kebangun dan akhirnya mau tenang juga.  (Tapi sungguh cara ini ga terlalu gue sarankan karena beda anak bisa beda efeknya). Setelah itu dia gue susuin dan bocahnya langsung balik tidur pulas lagi kayak ga ada apa-apa.

O.M.G

Semenjak itu gue selalu berusaha untuk ga bikin si kecil kecapean. Kayaknya sih itu teguran buat gue dan suami yang sebelumnya nganggep kalau liburan sama anak itu bisa seaktif seperti waktu kami berdua doang yang jalan-jalan. Supaya inget juga kalau si kecil bisa ngerasain capek, bahkan mungkin lebih dari kami berdua walau dia cuma duduk-duduk di stroller aja seharian.

Harus santai aja broh!

Alhamdulillah, setelah kejadian di HK itu si Jo belum pernah lagi terkena serangan Night Terror. Semoga sih ga pernah lagi yaaa.. Pusing pala mami berbi kalau kejadian lagi… huhuhu

Ada yang pernah mengalami kejadian yang sama juga?

PS. Untuk baca lebih lanjut soal night terror bisa liat di web ini atau ini.

PS2. Tadinya pingin nulis tips on what to do kalau anak terkena Night Terror. Tapi setelah gue pikir-pikir ga pantes amat kalo gue yang nulis ? .Wong baru kejadian sekali dan solusinya pun mungkin hasil kebetulan aja. So kalau ada yang sudah pengalaman dan mungkin mood untuk berbagi, boleh banget loh sharing di sini ??

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

27 thoughts on “Oh the Night Terrors…

  1. andyhardiyanti

    Anak saya kayaknya dulu juga pernah kayak gitu. Tapi mana tahu kalo istilahnya night terror 😀
    Tapi gak nangis kencang sih, cuma lama berhentinya sampai dianya keringatan dan capek sendiri buat nangis.
    Ckckckck.. jadi emang ya kalau jalan sama krucil harus disesuaikan sama energi si anak juga. Jangan diforsir hehehe

    Reply

    1. Bébé

      Iya nungguin capek sendirinya itu loh hang spaneng ?

      Bangeeet. Kadang suka lupa kalo si kecil juga capek. Abis liatnya dia cuma duduk di stroller aja kan ??

      Reply

  2. zilko

    Huaaa, aku baru tahu tentang night terror ini Be. Trims ceritanya. Aku catat deh siapa tahu nanti bakal jadi pengetahuan yang berguna kaan, hehehe….

    Iya ya, kadang sebagai orang dewasa mungkin mikir “Ah, anak kecil mah duduk di stroller doang jadi pasti ga terlalu capek lah”. Padahal mah beda ya, karena masih kecil tentu staminanya dan daya tahan tubuhnya juga masih berkembang dan belum “maksimal”…

    Reply

    1. Bébé

      Sama2 Ko. Coba baca link yang di kasih Arman di bawah deh. Ada lagi yang namanya BHS dan itu lebih horor lagi ???

      Nah ituuuh.. Aku suka banget lupa karena mikirnya gitu muluk. Pdhl ya kalo kita capek bisa jadi buat si kunyil capeknya di kali 3. Walaupun dia duduk aja. Hiks hiks

      Reply

  3. yanti

    Untung saja tidak dibilang kesurupan hehe. Anak saya dulu… waktu kecil pernah begitu. Ke sini2 kalau jalan2 patokannya dia, kalau dia sudah capek bubar jalan2nya. Memang tidak ada jalan lain menunggu sampai dia capek sendiri, usaha juga deng mencoba menenangkan 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Haha kalau di Indonesia mungkin udah dianggapnya gitu. ?

      Iya musti nunggu anaknya tenang sendiri itu yang susah. Panik, takut, stress, kesel udh keburu campur aduk semua ?

      Reply

  4. monda

    anakku dulu kalau kecapean tidurnya rewel…, kebangun2 melulu..
    jadinya kalau abis pergi2 begitu nyampe rumah, langsung mandiin air hangat dan borehin minyak telon aja, anaknya nggak tahan gerah dan keringatan

    Reply

    1. Bébé

      Aha iya mba. Kalo kebangun gt Jo emang juga sering. Tapi bangun biasa. Ga yang bangun nangis tapi ga bisa ditenangin lagi.

      Kalo night terror levelnya lebih nyeremin dan bikin panik. Hiks hija

      Reply

  5. Yance

    Baru tau juga be ada istilah night terror ini..,untung Jo gak kelamaan nangisnya ya…kalo ga kan tambah panik aja..

    Reply

    1. Bébé

      Iya mba. Soalnya kalo liat anak nangis trus ga mau diapa2in tuh perasaan campur aduk banget. Dr panik, takut sama lama2 kesel. ??

      Reply

  6. Arman

    Berhubung Andrew juga sleep terror dari bayi… Ini gw pernah tulis disini :

    https://armantjandrawidjaja.com/2015/08/20/spells-and-terrors/

    Moga2 bisa membantu….

    Reply

    1. Bébé

      Liat tanggal postingnya kayaknya sekitaran gw baru kejadian juga deh Man sama Jo. ?? Tapi kok gw bisa kelewat post lo yang itu yaa huhuhu

      Baru tau soal BTS huaa.. Kalo yang itu stress beneran kayaknya gw. Serem banget. ???

      But anyway, thank you sharingnya ya Man. ???

      Reply

      1. Arman

        Yg BHS emang serem banget. Jangan sampe deh ngalamin. Amit amit.

        Reply

        1. Bébé

          Iyaaa.. Gw baca cerita lo aja serem bangeet. Dan harus keep calmnya itu looooh. Pasti susah ???

          Reply

  7. vari | www.travelingcow.com

    omg baru tau ada beginian, deg2an ya pastinya

    Reply

    1. Bébé

      Iya aku pun dulu cuma denger2 aja. eh taunya beneran kejadian juga 🙁

      Reply

  8. Sandra

    Bener banget, kalau liburan ama anak ngga bisa terlalu seaktif dulu, sekarang tiap pergi2 sama Raya selalu menyesuaikan dgn jam tidur biasanya & ngga terlalu bikin cape.. Alhamdulillah selama ini aman terkendali. Kebayang bakal panik kl kejadian night teror 🙁 Semoga Jo baek2 selalu yaa

    Reply

    1. Bébé

      Ho’oh.. si Jo juga biasanya selama jalan2 selalu tidur di stroller sesuai jadwal dia biasa. Makanya kita santai aja karena mikirnya jadwal dia tetep ga berubah. Tapi ternyata ga gitu juga.. huhuhuhu

      Aamiiin.. makasih doanyaaaa ^_^

      Reply

  9. fitri3boys

    dulu pernah anak masih 2 taun nangis mlm2 ngamuk2 sampe muntah dikasur hotel kr dia sariawan dan mungkin kecapean krn kita ikut tour gt dan schedulenya cukup pdt..baru tau istilah itu night terrors

    Reply

    1. Bébé

      Aaaah.. iya mba.. kayaknya kecapean banget ya itu. Hhuhuhu sedih bayanginnya sampe muntah 🙁

      Reply

  10. tiwie

    Ohh, itu namanya night terrors yak baru tauk buru2 saved link nya kirain krn anaknya kecapean aja, rupanya kalo berlebih dampaknya g baek yaak.
    Alhamdulillah Jo gak kelamaan kena nya. ?
    Mudah2an Jo dan dedeknya ntar g kena serangan night terrors lagi yaa ☺

    Reply

    1. Bébé

      Ho’oh.. kadang bisa sampe kena night terror kalo kecapean atau stress anaknya. Tapi tergantung anaknya juga sih. Ga semua bisa kena juga rasanya.

      Aamiiin.. semoga yaaaaa.. huhuhu

      Reply

  11. Lidya

    jadi penasaran night teroro ini bisa menimpa anak umur brapa aja , meluncur deh ke tkp

    Reply

    1. Bébé

      Kalau berdasarkan pengalamannya Arman sih bisa sampai besar mba. Emang tergantung anaknya banget gimana.

      Reply

  12. qonita

    kebayang capeknya ya Be..
    gw pernah ngalamin pas tidur sekamar ama sepupu jauh gw yg baru berumur 3 taun,,bingunggg tau2 dia nangiss jam 2 pagi,,terpaksa deh bangunin tante ama om huhuhu

    Reply

    1. Bébé

      Walaaaah.. Gw juga pasti bingung kalo kejadian gt. Kepikirannya aneh2 nan horor pasti ??

      Reply

  13. Halfway to London (Part-2) | BebenyaBubu

    […] (hehehe.. Liburan aja minta doa ?). Semoga ga ada kejadian ada yang tumbang demam tinggi atau kena night terror lagi. Huhuhu… Wish us […]

    Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P